Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Es pisang ijo Gampil yang Menggugah Selera

Dipos pada November 20, 2021

Es pisang ijo Gampil

Sore-sore begini enaknya membuat Es pisang ijo Gampil yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Es pisang ijo Gampil yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Es pisang ijo Gampil, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Es pisang ijo Gampil ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Es pisang ijo Gampil kira-kira 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Es pisang ijo Gampil diperkirakan sekitar 1jam (kurleb).

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Es pisang ijo Gampil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Es pisang ijo Gampil memakai 10 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi ada sisa sirup pas puasa kemaren ya udah ku buat beginian aja mumpung stock pisang sana tepung juga banyak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Es pisang ijo Gampil:

  1. 6 Buah pisang di kukus dulu(boleh pakai jenis pisang apa aja)
  2. 15 SDM Tepung beras
  3. 5 SDM Tepung Terigu
  4. 4 Sdm Gula pasir
  5. 1.5 sdt garam
  6. 700 ml santan kelapa agak kental.(dari 1/2 buah kelapa)
  7. 3 lembar daun pandan
  8. Pasta pandan
  9. Sirup Coco pandan(saya pakai Marjan)
  10. Es batu (lebih bagus kalau di serut.)

Langkah-langkah untuk membuat Es pisang ijo Gampil

1
Siapkan wadah lalu tuang 5 SDM Terigu,5 SDM Tepung beras,4 Sdm Gula pasir,1/4 Sdt garam. Aduk merata lalu guyuri dengan 300ml santan aduk" sampai tidak bergerindil. Beri pasta pandan kemudian aduk rata.
2
Siapkan teflon masukan adonanya(Kalau perlu saring dulu bias lebih mulus). Beri 1 ikat daun pandan. Masak sampai adonan padat dan agak transparan (masak di api kecil sambil terus di aduk) ambil pandanya kemudian tiriskanm tunggu agak dingin dulu.
3
Siapkan daun pisang/ plastik olesi dengan sedikit minyak. Beri adonan hijau(1/4 centong nasi atau di kira"saja) kemudian pipihkan sampai rata seukuran panjang pisang lebihkan masing"1 cm untuk lebar bebas. Letakan 1 buah pisang di atas adonan(taruh di pojok atas) kemudian gulung adonan sampai buah pisang terselimuti sepenuhnya dg adonan hijau.
4
Siapkan kukusan tunggu mendidih. Di api kecil setelah itu kita tata pisang ijonya yg sudah selesai di buat kita kukus sebentar(10mnt) Jangan langsung di angkat ya jika sudah matang. Sebaiknya tunggu sampai dingin dulu. Tujuannya agar teksturnya tidak lembek dan kulitnya tidak terpisah. Jika di diamkan adonan bisa lebih kokoh.
5
Untuk bubur sumsum. 400 ml santan kita tambahkan dg 10 SDM Tepung beras. Di aduk rata lalu beri 1sdt garam (garam bisa diikira" sendiri jika di rasa kurang pas) aduk lagi lalu saring. Pindahkan adonan yg sudah di sarung dalam teflon kemudian masukan daun pandan. Masak buburnya dg api kecil sambil terus di aduk. Tunggu meletup" dan jika teksturnya sudah kental (adonan sumsum sedikit lebih encer dari adonan pandan ya) tapi jangan encer seperti air juga.
6
Jika sumsum sudah matang bisa matikan kompor ya. Siapkan mangkuk lalu beri es batu yg sudah di serut/potong kecil". Letakan sumsum yg sudah dingin di atasnya lalu tambahkan pisang ijo yg sudah di potong". Setelah itu tambahkan sirup Coco pandan.(3-4 SDM guyur di atas sum-sum)
7
Es pisang ijo siap di nikmati. Silahkan mencoba semoga suka☺️☺️☺️☺️
Es pisang ijo Gampil - Step 7
Es pisang ijo Gampil - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bobor Pucuk Labu

Bobor Pucuk Labu

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم Menu buka puasa hari ini, bobor pucuk labu. Pucuk labu biasanya sering di oseng atau di tumis, kali ini di bobor.

5 orang
40 menit
Bakwan pontianak

Bakwan pontianak

Bismillahirrahmanirrahim... Ikutan jelajah kuliner khas daerah sendiri... "Bakwan khas Pontianak"... Gorengan ini lah yang selalu tertata dengan manis di meja makan setiap bulan Ramadhan...karena semua pada doyan...di makan kapan saja 👍 Satu juga yang dak boleh ketinggalan...wajib...sambal... Dengan pedas,manis dan asam membuat semakin dak terasa kalo makan bakwan nya banyak🤭 Untuk resep di bawah ini bikin nya dikit aja karena di rumah cuma bertiga doang, cukuplah... #Bakwanpontianak #jelajahkulinerkhasdaerahsendiri #resepmakwin #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia

17 pcs
45 menit
Kue Clorot

Kue Clorot

Jajanan khas banget. Nggak selalu ada di pasar, karena biasanya ada sebelum masa puasaan/ramadhan.

Gulai Ayam Kentang (Menu Berbuka)

Gulai Ayam Kentang (Menu Berbuka)

Baru kali ini nyobain bikin gulai ayam, Alhamdulillah suami bilang enak terus bisa nambah 2 piring 😁

2-3 porsi
Pisang Goreng Madu Wijen

Pisang Goreng Madu Wijen

3 Ramadhan. Harusnya ini digoreng 2x. Tapi males repot jadi sekali aja 😅 Source : Dian Ummu Hasbi #PejuangGoldenApron3

Ayam Geprek +Sambal bawang

Ayam Geprek +Sambal bawang

Menu yg praktis utk sahur. Makan ini aja + sambel..hadewhh..pedesnya nampol. Yg ga mau pete bisa di skip Sumber : Adindah Tahir #PejuangGoldenApron3 10052021/48

5 org
Bakwan jagung

Bakwan jagung

Takjil yg asin hari ini ,,😍

12 buah
Talam Pisang Rasa Pandan

Talam Pisang Rasa Pandan

بسم الله الرحمن الرحيم Takjil kemaren buat berbuka di Ramadhan yg ke 26. Utk lapisan atas sengaja tdk saya tambahkan gula, krn menurut saya lapisan bawah sdh manis😁. Bagi penyuka manis, silahkan di tambahkan gula, utk lapisan atasnya sesuai selera, ya...☺️ #KampoengRamadan #KURMA_KreasiDapurRamadan #cookpadcommunity_Kalsel #cookpadcommunity_kotabaru #ResepKueBasah

1 loyang
30 menit
Kolek jambu merah

Kolek jambu merah

Setelah satu tahun gak bikin resep di cookpad karena kesibukan ektra jadi bu guru di rumah buat anakku karena anak yg cikal ini kelas 6 jadi perlu bimbingan full. alhamdulillah sekarang sy bisa kembali ke cookpad comunity. Lagi bayar qodho puasa, tetiba kangen kolek yg seger pereda panas dalam yg wangi jambunya terasa banget, jadi bikin lah resep kolek jambu merah ini, walaupun jambunya belum begitu matang, nekat dipungut aja dari pohonnya karena sdh terbayang aroma jambunya 🤭

3 orang
30 menit
Telur Dadar Nasi Kukus (Magic Com)

Telur Dadar Nasi Kukus (Magic Com)

Alhamdulillah, masih ada sisa nasi sedikit. Ini saya manfaatkan karena kondisinya masih bagus. Waktu itu seingat saya mengukusnya sekalian menanak nasi baru. Hemat Listrik. #SaveEnergy Masakan ini bisa juga dipanggang di atas teflon, tanpa minyak. Cocok dikonsumsi segala kalangan. Kalau untuk MPASI, tinggal dihaluskan saja. Catatan: saya membuat ini 17 Mei 2020 (bulan Ramadhan), waktu itu belum ada Hud.

1-3 orang
35 menit (5 menit mencampur, 30 menit mengukus)
Buko Pandan

Buko Pandan

Penasaran temen sering share, jadi iseng cari dan nyoba, enaakk bangetttt, lumayan buat menu buka puasa

Cincau Creamy

Cincau Creamy

#ga_thenextlevel #cookpadcommunity_denpasar #cookpadcommunity_bali #homemadeisbetter #citarasadarirumah Ramadhan kemaren sempet bikin cincau creamy gini. Asli enak banget.

Tumis ikan cuek pelangi

Tumis ikan cuek pelangi

Karena punya stock ikan cuek di freezer dan bosen klo hrs digoreng terus akhirnya kepikiran untuk ditumis pedas campur terong krn hbs panen terong dan rawit merah diteras 😅 yuk ah kita masak skrg lumayan untuk lauk buka puasa nnt sore..🤗 #TiketGoldenBatikApron

3-4org
30-40mnt
Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Source : @olive1994 Masih dengan tema Pekan Semarak Cooksnap Admin Clover.. kali ini aku mau cooksnap resepnya mbak @olive1994 yaitu bakwan Sayur. Pas buat buka puasa kemarin Resepnya simple yuuk ceks #PekanCooksnapAdmin #CooksnapAdminClovers #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Malang

1 jam
Dadar Gulung Kuah Santan

Dadar Gulung Kuah Santan

Masakan ibu saya jaman saya masih kecil,biar g jajan2.hehhe..sewaktu tinggal di Batam saya kangen makanan ini..tanya ibu resepnya..ini enak jg kl buat takjil wktu bulan puasa.🤤

6-8 orang
30 menit
Kolak pisang dan ubi

Kolak pisang dan ubi

Di tempat kami kolak merupakan hidangan setengah wajib di saat puasa Romadhan. Dengan cita rasa manis, kolak dibuat dari bahan yang mudah di temukan seperti pisang.

5 orang
30 menit
Nutrijell cincau

Nutrijell cincau

Enak ini, sekarang praktis kalau ingin makan cincau hitam gak perlu ke pasar. Soalnya kalau bukan bulan ramadhan pasti di tukang sayur biasa gak ada, hehehe. Dimakan langsung enak, jadi campuran es tambah enak. Ini aku buat sekalian nanti untuk bikin beberapa resep minuman cooksnap dari teh ecy dan mbk ruth, jadi dari satu resep ini bisa nambah dua atau tiga lagi koleksi resep aku. Resep asli teh ecy memakai cincau powder, tapi aku modifikasi samain aja dengan mbk ruth pakai nutrijell cincau. Sumber : @Desriayu_Ecy dan @RuDes #ArisanCooksnap3C_Desriayu #CookingCommunityClass #SalamKompakSelalu #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #GenkPejuangDapur #CookmemberGenkPeDa_RuthDestianty #GenkPeDa_RuthDestianty #ArisanCooksnap_RuthDestianty #GenkPeDa_Eksis #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

SALAD BUAH Menu Takjil

SALAD BUAH Menu Takjil

Salad buah Favorit keluarga..

Bingka Barandam

Bingka Barandam

Krn lg sok sibuk,, jd gk berani bikin mcam2 dl ... Nah ini termasuk simple resep.. 🤭... Bingka barandam ini khas Kalimantan Selatan, biasanya kudapan ini ada pada saat bulan Ramadhan. Trimaksih kak/bu @Alodia_Kitchen ,, sdh memperkenalkan kuliner Kalimantan Selatan di Semangcook,, kita jd lebih tau keanekaragaman kuliner di Indonesia ini ... Kali ini aku bikin pake tambahn tape singkong yg kebetulan msh sisa sedikit buat bikin bolu.... Lmyan lah.... 🤭 Terus gulanya aku mix dengan sedikit gula palm.... Harusnya ini jadi posbar #Semampir_Kalsel 😭. Gara2 lupa gk post jd ya sdh lah yang penting ikutan cooksnap..😞 #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang