Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Lapis Pepe Kacang Hijau yang Sempurna

Dipos pada December 18, 2019

Lapis Pepe Kacang Hijau

Hari ini saya akan berbagi resep Lapis Pepe Kacang Hijau yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Lapis Pepe Kacang Hijau yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Lapis Pepe Kacang Hijau, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Lapis Pepe Kacang Hijau bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Lapis Pepe Kacang Hijau biasanya untuk 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, kira-kira waktu penyiapan Lapis Pepe Kacang Hijau diperkirakan sekitar 2 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lapis Pepe Kacang Hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lapis Pepe Kacang Hijau memakai 19 jenis bahan dan 26 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hai, moms. Hari ini aku bikin lapis pepe tapi yang istimewa lapis pepe yang aku bikin ini pakai kacang hijau. Insha Allah rasanya enak, yuk disimak resepnya. #cloverdandelion17_lapispepe #cloverdandelion17 #JajanPasar #LapisPepe #PekanPosbar #SerbaDikukus #GlutenFree

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lapis Pepe Kacang Hijau:

  1. ● Bahan kacang hijau:
  2. 350 gram kacang hijau
  3. 800 mili air
  4. 360 mili santan kental
  5. 100 gram gula pasir
  6. ● Adonan Kue:
  7. 550 gram tepung tapioka (aku pakai tapioka curah warungan)
  8. 70 gram tepung ketan
  9. 530 gram gula pasir
  10. 800 mili santan kental
  11. 3 lembar daun pandan
  12. 1 sendok teh garam halus
  13. ● Adonan putih tambahkan:
  14. 1/2 sendok teh pewarna makanan putih
  15. ● Adonan coklat tambahkan:
  16. 1 sendok makan pasta kopi moka
  17. 1 sachet kopi instan rasa kopi mocca (30 gram)
  18. ● Adonan pandan tambahkan:
  19. 1 sendok teh pasta pandan

Langkah-langkah untuk membuat Lapis Pepe Kacang Hijau

1
Cuci bersih kacang hijau lalu rebus bersama 800 mili air sampai mengembang dan pecah. Sisihkan.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 1
2
Rebus 800 mili santan kental dan 530 gram gula pasir, garam serta daun pandan. Rebus hanya sampai gula larut tidak sampai mendidih.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 2
3
Campur tepung tapioka dan tepung ketan lalu aduk rata.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 3
4
Tuang air santan ke dalam tepung, aduk rata lalu saring. Ini kita sebut larutan santan dan tepung yah, moms.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 4
5
Blender kacang hijau rebus bersama 100 gram gula pasir, 360 mili santan kental dan 500 mili larutan santan tepung. Setelah halus lalu campurkan blenderan kacang hijau ke sisa larutan santan tepung.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 5
6
Ini adonannya yah, moms. Tinggal kita bagi 3. Ambil 340 mili adonan putih yang nantinya untuk adonan coklat. Lapisan coklat bawah 170 mili dan lapisan coklat akhir 170 mili. Sisa adonan kita takar: Adonan putih 1040 mili. Adonan hijau 520 mili Adonan coklat 390 mili (total adonan coklat 390+340=730 mili) Masing lapisan nantinya 130 mili kecuali lapisan coklat bawah 170 mili dan lapisan coklat paling akhir 170 mili (selain lapisan coklat bawah dan atas untuk lapisan coklat lainnya 130 mili).
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 6
7
Ini pewarna makanan putih, kopi rasa mocca dan pasta mocca yang aku pakai yah, moms. Oh iya moms, aku pakai tepung tapioka curah harga 7 ribuan sekilonya bukan tepung sagu tani atau tepung tapioka mahal lainnya. Tepung ketan aku pakai tepung ketan rose brand yang biasa aja bukan yang premium.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 7
8
Adonan coklat. Tambahkan 1 bungkus kopi instan rasa mocca dan 1 sendok makan pasta kopi moka. Aduk rata.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 8
9
Adonan hijau. Tambahkan 1 sendok makan pasta pandan aduk rata.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 9
10
Adonan putih tambahkan ½ sendok teh pewarna putih.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 10
11
Panaskan kukusan, setelah air kukusan mendidih lalu panaskan loyang ukuran 20×20×8 cm yang sebelumnya seluruh sisi-sisi loyang baik bagian bawah ataupun pinggiran loyang kita oles dengan minyak sayur sampai rata. Jangan lupa tutup kukusan dengan kain agar uap air tidak menetes ke kue. Panaskan loyang selama 5 menit (hidupkan timer) ● Ketika mengukus gunakan api sedang yah, moms Tuang 170 mili adonan coklat lalu kukus selama 5 menit (hidupkan timer).
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 11
12
Setelah itu tuang adonan putih dan kukus kembali selama 5 menit.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 12
13
Setelah itu tuang adonan hijau lalu kukus selama 5 menit. Setelah lapisan hijau dikukus 5 menit lalu tuang kembali lapisan putih begitu seterusnya hingga lapisan akhir bewarna coklat. Lapisan coklat akhir beratnya 170 mili dan untuk lapisan akhir kita kukus selama 25 menit (pakai timer).
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 13
14
Lapisan akhir setelah dikukus selama 25 menit.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 14
15
Keluarkan kue dari loyang setelah kita diamkan selama 1.5 jam (jangan nunggu dingin sekali karna akan susah dikeluarkan). Jika kue masih melekat bisa dibantu dengan memiringkan sisi² loyang dan kita bantu dengan tangan untuk menyampingkan dalam kue agar terlepas dari loyang (olesin tangan dengan minyak). Setelah kue keluar dari loyang biarkan kue dingin sempurna baru dipotong-potong.
16
Hai, moms. Begini caraku memotong lapis pepe tanpa perlu oles² pisau dengan minyak sayur dan tanpa memasukkan pisau kedalam plastik. Ini aku pakai video kue LAPIS PEPE COKLAT KLASIK.
17
Ini kuenya yang udah aku bagi 4, moms.
18
Ini kue lapis pepenya yang udah aku bagi 4, moms.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 18
19
Ini lapis pepe yang udah aku potong-potong dan dibungkus plastik, moms.
Lapis Pepe Kacang Hijau - Step 19
20
Ini yang udah dipotong², hasilnya 40 potong. ~Selamat mencoba, moms. Insha Allah rasanya enak dan anti gagal.
21
Lapis Pepe Coklat Klasik.
22
Lapis Legit Pelangi Serikaya
23
Engkak Ketan
24
Lapis Kojo
25
Lapis Puan
26
Lapis Legit.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pukis

Pukis

Source ; Youtube mama atha

Pukis

Pukis

Masih masa PPKM..pengen jajanan yg manis ..coba buat ini aja deh..nggak punya cetakan pukis pake cetakan kue lumpur ..beda di bentu aja rasanya mirip.heheh

14 buah
1. jam
Wadai Bingka Tape Singkong

Wadai Bingka Tape Singkong

Source : chef meliana Kamis kmrn sy dpt kesempatan ikut masak bareng #PejuangGoldenApron3 via zoom. Terima kasih banget bwt cookpad Baru kali ini makan wadai dan br kl ini jg buat hehe Kue ini katanya bs dimasak dg berbagai cara. Di oven bs, dikukus bs, dipanggang diatas bara api y bisa, pake cetakan kue lumpur y bisa. Kalau saya pake oven ya Cukup gampang jg ya..cuma dicampur2 aja bahannya. Kocok pake balon whisk aja cukup. Ga perlu mixer. Jika ga mau pake tape singkong, bs ganti bahan lain misal ubi, kentang dll.. cm nanti ga bakal ngembang sebagus pake tape, soalnya tape sndr sdh ada raginya. Jd utk bahan non tape, bs ditambahin ragi sktr 2 g (sktr 1/2 sdt)

Klepon Taro

Klepon Taro

Bosan dengan klepon yang berwarna hijau, saya buat klepon ungu dengan menambahkan pasta taro pada adonan. Penggunaan pasta taro bisa diganti dengan pasta pandan atau pewarna makanan sesuai selera. Sebelumnya saya pernah share resep klepon pandan dengan menambahkan tepung beras. Kali ini saya menambahkan 1sdm tepung tapioka supaya ada sensasi kenyal"nya.

Kue Lumpur Labu Kuning

Kue Lumpur Labu Kuning

Masi punya sisa labu yang sudah diolah menjadi gorengan kemaren itu, nah skr mau bikin si lumpur aja. Makan lumpur?? Gag belepotan?? Kalo lumpurnya manis dan berwarna kuning dengan taburan chocochip siapa yang mau nolak kan?? Yuk ahhh cobain jajanan legendaris ini dengan tetep dirumah saja, ngeri lho bebelian keluar di masa pandemi yang makin kritis ini.. Mending ikutan #Sumandan_DiRumahSajo bersama #CookpadCommunity_Sumbar Sekalian ikut pekan cooksnapnya #RememberGenkPeda_NetiYuliasari di #GenkPejuangDapur Yuk mariii kopi mana kopii..😋 Source : @netiyulias #Timlo_JajaninDongMah #PekanPosbar #OlahanLabuMamiFay

Klepon Ketan

Klepon Ketan

Bikin klepon untuk toping cake klepon pesenan, sisa nya dimakan sendiri 😁 #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Bekasi #Cookpad Source: https://cookpad.com/id/resep/1143665-klepon-ketan-gula-merah-kenyal-no-kapur-sirih?invite_token=Va2jbqk66xFZDfhf4FsMDBUb&shared_at=1619214608

GANDASTURI Cemilan Gorengan

GANDASTURI Cemilan Gorengan

GANDASTURI Cemilan Gorengan Yang Ngangenin | Gorengan Jadul Ini Favorit Bangett,

Wadai Bingka Tapai Singkong (Kukus)

Wadai Bingka Tapai Singkong (Kukus)

Wadai Bingka ini makanan khas Kalimantan. Teksturnya hampir mirip dgn kue lumpur kalau di Jawa. Namun setelah di makan rasa gurih lebih dominan karena jumlah santan lebih banyak. . Bahan dasar nya pun cukup mudah didapat kan. Cara memasak nya bisa di kukus ataupun di oven. Namun kali ini sy memakai cara dikukus saja. Namun tentunya jika di kukus warnanya lebih pucat ya, tidak bisa coklat seperti jika di oven maupun di bakar. . . Source : Meliana Christanty https://cookpad.com/id/resep/14974944-wadai-bingka-tapai-singkong?invite_token=QyCBKPtU9PF9UYPiUhact5CP&shared_at=1620288133 . #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Surabaya

loyang 14x14cm
Wadai Bingka Kentang

Wadai Bingka Kentang

Bismillah, setor resep ke 619 source resep : chef Meliana link resep asli : https://cookpad.com/id/resep/14974944-wadai-bingka-tapai-singkong?invite_token=zpKUjEWRaKkZvuTQfPmmm4V8&shared_at=1620447511 MaSyaaAllah senangnya, ikutan acara masak bareng mamah Cookpad bersama pejuang golden apron via zoom kita bikin kue khas Banjar, wadai bingka tapai. Karena saya kesilitan cari tapai singkong, akhirnya saya modifikasi menggunakan kentang kukus yang sudah dihaluskan. Rasanya enak gurih, dan menarik anak-anak karena chef menyarankan agar dihias sesuai selera dan ketersediaan bahan. Kerennya Kue tradisional ini unik, Boleh dipanggang atau dikukus, sesuai selera. Tapi tetap dengan takaran resep yang sama. Terima kasih chef atas resep dan ilmunya, dibimbing langsung via zoom. Terima kasih mamah Cookpad sudah memfasilitasi masak bareng pejuang golden apron. #GA_TheNextLevel #Cookpadcommunity_Depok #KampoengRamadan #Bingka

5 orang
50 menit
KUE LAPIS BERAS PANDAN | RESEP JAJANAN TRADISIONAL

KUE LAPIS BERAS PANDAN | RESEP JAJANAN TRADISIONAL

Bahan y simple dan cara buat y gampang banget tanpa ribet...

Lumpur Kentang

Lumpur Kentang

Uenaakk tenaan...aku makan habis tiga saking uenaknya😁. Kue ini yg bikin adik iparku,legit dan manisnya pas.😊 #KampoengRamadan #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek

Risol Isi Wortel Kentang Sambal Kacang

Risol Isi Wortel Kentang Sambal Kacang

#PekanPosbarManisGurih#

Pastel Renyah

Pastel Renyah

Assalamu'alaikum Cookpaders. Setelah ikut RAKIT rasanya banyak banget ilmu yang didapat. Wawasan pun menjadi luas. Mulai dari food preparation, manajemen keuangan, manajemen dapurnya, praktek seni melipat Furoshiki juga dalam hal perbakulan dari narasumber yang kece abis deh pokoknya. Misalkan seperti pastel renyah ini. Dalam satu resep ini bisa menghasilkan sekitar 20 buah. Nah, jika Cookpaders beranggotakan keluarga yang cukup kecil misalkan hanya bertiga. Maka sebagian bisa disimpan dalam bentuk frozen food sehingga sewaktu waktu ingin makan pastel maka tinggal keluarkan dari freezer dan goreng dalam jumlah yang dinginkan. Lebih hemat waktu dan tenaga jika kita bisa food prepation seperti ini. Bisa juga pastel renyahnya dijadikan hantaran untuk berbuka puasa sanak keluarga ya Cookpaders. Dibungkus cantik dengan teknik Furoshiki nambah kesan mewah walaupun isinya hanya pastel. Lain halnya jika kita jadikan pastel renyah ini sebagai bakulan di bulan Ramadhan. Pasti laris manis deh. Jangan lupa untuk menghitung cost foodnya supaya mendapatkan profit yang menguntungkan. Tak lupa postingan kali ini turut merayakan #PosbarGembira kelulusan RAKIT yang diadakan sama COOKPAD. Terima kasih banyak COOKPAD, RAKIT seru abis pokoknyaaaa. Source: Fitri Sasmaya #PosbarGembira #RayakanKelulusanRAKIT #RakitDiCookpad

Bingka Waluh, legit lembut, semua bahan hanya diaduk

Bingka Waluh, legit lembut, semua bahan hanya diaduk

Belum ke Banjar kalo ga nyicipin Bingka. Kue ikonik yang satu ini enak legit lembut😋😋😋 Ada banyak varian rasanya seperti bingka kentang, tape, pandan, labu(waluh) dll. Saya membuat versi dengan labu kuning (waluh) dan masih setia merecook resepnya Neng Puput 💝💝 Membuatnya simple banget, semua bahan tinggal diaduk, tanpa mikser. Kreasi kuliner Banjar bisa lihat di hestek #kulinerbanjarlingga . Kalian coba recook yaa.. #olahanlabukuninglingga #bingka #bingkabanjar #bingkawaluh #kulinerbanjarlingga #CookpadCommunity_jakarta

12 porsi (2 loyang mini)
1 jam
Kue mangkok all in one metode

Kue mangkok all in one metode

Dikasih tape sama adik ipar tercinta, lihat resep yg tersimpan ada resep kue mangkok dengan bahan tape punya @dapur maya... Langsung cuz eksekusi.. #PejuangGoldenApron3

Sentiling ala fe

Sentiling ala fe

Waktu kecil sering dibeliin mama dari pasar, jajanan yang satu ini bikin kangen Semarang. Kali ini pas kebetulan ada singkong, fe coba bikin sendiri. Ternyata mudah & enak rasanya. Sekarang gantian mama yang kabita minta resepnya 😁 Cooksnap cookpaders Semarang mba @monica_novara #fe #cookpadcommunity_bandung #pencok_kasemarang

1 loyang
30 menit
Kue lumpur

Kue lumpur

Waktu masih aktif jualan kue²,kue lumpur,risoles rogurt & risoles isi sosis telur mayones,bolu bakar tape & pisang, & tahu isi yg paling laris yg jd favorit yg sering di pesan orang²...resep kue lumpur ini boleh dikasih sm tetangga sdh dari 10 thn lalu...terimakasih Bu Hj. Wati 😍🙏🙏