Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur ketan hitam yang Lezat Sekali

Dipos pada November 24, 2018

Bubur ketan hitam

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur ketan hitam yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Bubur ketan hitam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur ketan hitam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur ketan hitam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur ketan hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur ketan hitam memakai 7 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur ketan hitam makanan asli indonesia, yg bisa dinikmati hangat atau dingin atau dicampur dengan macam2 bubur laenya. Si bocil kepingin makan bubur ketan kebetulan dirumah punya ketan hitam sedikit yuk lah exsekusi jadi sajian manis gurih.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur ketan hitam:

  1. 200 gr ketan hitam
  2. 100 gr kacang hijau
  3. 100 gr Gula pasir
  4. Daun pandan
  5. 200 ml Santan
  6. secukupnya Garam
  7. secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Bubur ketan hitam

1
Cuci bersih beras ketan hitam, dan kacang hijau rendam selama 2 jam, setelah direndam cuci lagi lalu masukan ke panci dengan air tambahkan daun pandan, rebus selama kurang lebih 1,5 jam sampai empuk atau sampai tingkat kematangan yg diinginkan. bila air menyusut banyak, bisa di tambahkan lagi.Masukan gula dalam rebusan, aduk sampai larut, tambahkan sedikit garam agar menambah rasa gurih, cek rasa.
2
Didihkan santan, serta daun pandan dan beri garam sesuai selera, kalau saya suka agak asin supaya lebih nikmat dipadukan dg bubur yg manis.
3
Sajikan bubur dengan menuangkan saus santan yg gurih.
Bubur ketan hitam - Step 3
Bubur ketan hitam - Step 3
Bubur ketan hitam - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Hijau Jahe

Bubur Kacang Hijau Jahe

Musim ujan, musim dingin, cuaca mendung emang paling enak banget makan yang anget2😉

2 porsi
30 menit
Bubur Kacang Ijo Ketan hitam

Bubur Kacang Ijo Ketan hitam

Hari ini menu takjil nya mommy ku minta di buatin bubur kacang ijo ketan hitam, tp mommy minta santan nya jangan kental2 takut kakinya linu2 lagi xixixixi yawes lah di turutin...😘

Bubur Kacang Hijau Durian

Bubur Kacang Hijau Durian

Alhamdulillahhhh lagi musim durian. Tiap ke pasar pasti menguar harumnya durian. Mumpung lagi musim cemplungin aja ke burjo request abahnya anak2. Enakkkkk!Happy cooking!

Bubur kacang hijau -santan

Bubur kacang hijau -santan

Ceritanya ini bubur kacang ijo ga pake santen, because bagus buat ibu hamil utk pertumbuhan rambut baby di dalam kandungan.

1 porsi
50 menit
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

bubur kacang ijo salah satu makanan kesukaan saya...

2 orang
-+30 menit
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Udah lama beli kacang hijau tapi belum di bikin2. Ini lagi agak kleyengan. Sepertinya HB saya turun. Kalo habis haid selalu gini. Kebetulan keingetan juga punya kacang hijau, dijadiin deh bubur kacang hijaunya. Buat sarapan besok pagi😄. Ini saya santannya di buat terpisah. Suami sukanya pakai santan, saya prefer tanpa santan. Yang santannya mau di campur mangga ya..

Barobbo/bubur jagung

Barobbo/bubur jagung

Kadang klo lg malas makan nasi, sy nguprek bikin makanan khas daerah sy bubur jagung alias barobbo

4 org
1 jam
Bubur manado simple

Bubur manado simple

suka sekali dengan sayuran ✌

Bubur ketang hitam

Bubur ketang hitam

#MurahMeriah mengenyangkan 🤤

Bubur Ketan Item

Bubur Ketan Item

Sangking Rindu Banget Bubur Buatan Emak yg satu ini, Akhirnya ku mencoba membuatnya kembali. Ini udah kesekian kali sih ak bikin nyaa...

4 orang
1 jam
Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis

Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis

29/03/18. Assalamualaikum.. Enak banget euy sore tadi ditemani burjo kesukaan. Saya doyaaaaan banget sama kacang ijo. Mau dibuat apapun suka. Apalagi bubur gini, bisa habis 2 mangkuk saya wkwkwk🙈 *gubrak. Judulnya apaan dah.. Cuma burjo aja pake tips" segala😂 Sedikit sharing aja ya mungkin masih ada yg kalau bikin burjo takut gas abis gara" empuknya lamaaa (dulu saya gini😳) Secara kacang ijo itukan kerass banget ya, nah lebih baik kalau kacangnya direndam dulu minimal semalaman atau kadang saya rendam seharian dari pagi, sore baru dimasak. Dijamin, cepet banget empuknya.. Cuma 15-25 menitan lah😆 Oiya kalau saya suka burjonya original alias tanpa santan/susu, nanti waktu mau disajikan baru siram saus santannya. Enak deh tetep gurih dan yg pasti nggak eneg ya karena terpisah.. Tapi kalau mau dicampur santan langsung juga gpp yah, yuk cusss resepnya simple banget😉

Bubur Manado Maknyuss mas Iyan

Bubur Manado Maknyuss mas Iyan

#5reseptierbaruku, lagi kepengen makan siang bubur Manado

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Kemaren dah bisa bikin bubur ketan skrg bikin pendampingnya... Resep by mamahh😂

10 porsi
40 menit
Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Setelah sekian lama tayang, baru hari ini sempet tulis resepnya. Bukan karena pelit cuma dasar emak lagi males... 😀✌ Yuk dicobain sebagai menu penghangat di musim hujan 😊

Bubur sayur

Bubur sayur

Menu ini simpel, sory biasanya sih pakai udang, berhubung stok dikulkas habis, tp kepingin makan bubur ini, jadinya gk pake udang😍