Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Manado (a.k.a Tinituan) yang Bikin Ngiler

Dipos pada December 14, 2018

Bubur Manado (a.k.a Tinituan)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur Manado (a.k.a Tinituan) yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Bubur Manado (a.k.a Tinituan) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Manado (a.k.a Tinituan), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Manado (a.k.a Tinituan) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Manado (a.k.a Tinituan) kira-kira 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang diperlukan dalam memasak Bubur Manado (a.k.a Tinituan) diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Manado (a.k.a Tinituan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Manado (a.k.a Tinituan) memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sy kira bkin bubur Manado ini ribetnya kebangetan tp ternyata simpel dan dijamin rasanya nyummy. Resep ini sy liat dr yt mb' *Ghaziya Warita* dan takaran sy sesuaikan dgn stok dapur.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Manado (a.k.a Tinituan):

  1. Bahan Bubur Manado:
  2. 1 1/2 cup beras yang telah dicuci
  3. 800 ml air biasa
  4. 1 tongkol jagung manis (iris/dipipil)
  5. 1/8 buah labu kuning (takaran sesuai selera), dipotong dadu
  6. 1 sdt garam
  7. 1/2 sdt kaldu bubuk
  8. 1/2 ikat kangkung
  9. 1/2 ikat bayam
  10. 1/2 ikat kemangi
  11. Bahan Sambal:
  12. 15 biji cabai rawit
  13. 6 biji cabai keriting kecil
  14. 2 buah tomat
  15. 2 siung bawang putih
  16. 4 siung bawang merah
  17. 1/2 sdt garam
  18. 1/2 sdt gula pasir
  19. Bahan Ikan Kering:
  20. 4 buah ikan kering (*kalo sy ikannya dicuci bersih dan disring)
  21. 200 ml minyak sayur

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Manado (a.k.a Tinituan)

1
Masak beras dengan air sebanyak 800 ml. Tutup sesaat(sesekali penutup dibuka dan diaduk).
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 1
2
Masukkan labu kuning dan jagung pipil. Masak hingga jagung dan labu kuning matang (labu kuning dipenyet menggunakan pengaduk hingga labu kuning menyebar di bubur). Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 2
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 2
3
Tambahkan kangkung, bayam. Aduk hingga agak layu. Kemudian masukkan daun kemangi. Aduk sesaat dan matikan kompor. Panci bubur ditutup (biarkan sayur matang sempurna karena hawa panas di dalam panci).
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 3
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 3
4
Panaskan 200 ml minyak sayur, goreng cabai rawit, cabai keriting kecil, tomat, bawang putih dan bawang merah. Saring. Setelah itu, masukan di blender. Haluskan bersama garam dan gula. Tumis sambal halus dengan sisa minyak di penggorengan awal.
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 4
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 4
5
Goreng ikan asin yang telah dicuci bersih dan ditiriskan terlebih dahulu hingga matang.
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 5
6
Bubur Manado siap dinikmati bersama sambal dan ikan kering goreng. Selamat menikmati.
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 6
Bubur Manado (a.k.a Tinituan) - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mpasi/Mpsufor 6bulan (Bubur Ayam wortel) #Day1

Mpasi/Mpsufor 6bulan (Bubur Ayam wortel) #Day1

Pusing bund, anak uda masuk usia 6bln per 11juni kmaren, scroll" menu mpasi makin bingung lagi krna buanyak bgt, akhirnya berujung dimenu ini aja yg bahan ada semua dirumah. Foto step kapan" aku perbaharui ya, lupa difoto

3x makan
Bubur Kacang Ijo 5 - 30 - 7

Bubur Kacang Ijo 5 - 30 - 7

Udah pada kenal sama metode 5 - 30 - 7 dong. Ini beneran ngebantu mamakΒ² banget. Masak jadi lebih cepet empuk dan irit gas tentunya. Nah, kali ini mau bikin teman hujan selain mie, pake metode ini. sekalian meramaikan #PejuangGoldenBatikApron

Bubur MPASI Dori Creamy

Bubur MPASI Dori Creamy

Resep MPASI pertama pakai uht, alhamdulillah anak lahap makan nyaa. Menu lengkap; Karbo : beras prohe : ikan dori fillet prona: kacang merah Sayur : labu Bumtik : duo bawang Lemak Tambahan : ub Untuk takaran bahan dan tekstur bubur bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya bu. Resep ini bs dimulai dari 6m. Usahakan selalu masak dengan api kecil ya bu... Happy recook πŸ₯°πŸ₯°

3 porsi
Bubur jenang sagu mutiara

Bubur jenang sagu mutiara

Menu iftar gak ribet, sekeluarga suka.

3 porsi
MPASI 6+ Bubur Ikan Kembung Brokoli Slow Cooker

MPASI 6+ Bubur Ikan Kembung Brokoli Slow Cooker

MPASI Gianna 4/8/21

3x makan
2 jam
Bubur Sop Ayam Cirebon

Bubur Sop Ayam Cirebon

Tiap mudik harus makan ini,, padahal cuma bubur nasi dikasih sop ayam. Yaudah tapi enak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ saya lebih senang sarapan ini drpd jamblangan hehe ||| Di resep ini saya tidak pakai ayam yg dimasak menjadi sup, krn stok ayam sdh diungkep dn di goreng πŸ˜… tp tetap akan sy tuliskan langkahnya tanpa gambar πŸ€— || #RasaCaiRebon #semarak_RasaCaiRebon #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Jayapura #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar

2 porsi
89. Bubur ayam tahu brokoli MPASI 6+

89. Bubur ayam tahu brokoli MPASI 6+

masih seputar resep mpasi, krn si adek krg suka bubur fortif jadilah mesti mikirin bikin menu apalagi, semangatt ! #PejuangGoldenBatikApron

3 porsi
Bubur MPASI Kentang Manis

Bubur MPASI Kentang Manis

Agar anak tidak bosan dengan menu yang itu itu saja, resep kali ini menggunakan kentang sebagai pengganti beras. Dan saya tambahkan jagung manis agar bubur memiliki rasa yang cenderung manis, supaya anak tidak bosan makan bubur yang asin terus. Untuk ikan boleh pake ikan apa aja tidak harus nila (bisa gunakan salmon, kembung atau lele). Saya menambahkan sedikit parutan keju ya bu (kejunya lupa gak kefoto) kalau tidak mau ditambahkan keju juga tidak apa-apa bu. Takaran bahan disesuaikan dengan kebutuhan anak ya bu, begitu juga dengan teksturnya Semoga resep ini bisa jadi inspirasi, happy recook πŸ₯°πŸ₯°

3 porsi
Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan (Bubur Manado)

Black sudah makan tinutuan sejak dikandungan πŸ˜† dulu waktu masih tinggal di Sulawesi, kalo makan di warung, sambil tunggu tinutuan jadi, nyemil pisang goreng kipas, pisang goroho, ato jagung rebus dulu, pastinya pake sambal yang super pedas! πŸ˜† Tinutuan ini bisa banget buat pilihan menu diet atau vegetarian loh.

2 orang
Bubur Tawan ala ala (slow cooker)

Bubur Tawan ala ala (slow cooker)

Udah kedua kali bikin ini. Anak saya doyan banget... Makannya cuma tambah telur rebus.. Yum ❀❀❀

1 porsi
6 jam
Bubur sagu Ambon

Bubur sagu Ambon

Assalamualaikum sahabat cookpad ☺️ cuaca mendung enaknya makan bubur,bosan sama bubur pulut hitam dan kacang hijau 😁hari ne mamak masak bubur sagu Ambon favoritnya paksu jajanan jadul yang selalu ngangenin ☺️ rasanya seger banget gurih lebih nikmat lagi dinikmati dingin segerrnya pol 😁.

Mpasi 6+ bubur ati ayam

Mpasi 6+ bubur ati ayam

Ibunya kudu rajin selagi anak doyan maem 😁

untuk 3 x makan
30 menit kurleb
Bubur (Tanpa) Ayam Gurih Fiber Creme

Bubur (Tanpa) Ayam Gurih Fiber Creme

Bosan sama yg bersantan....pengen sarapan pagi yg gurih tapi tanpa santan dan semua anggota keluarga suka....bikin bubur aja yuksss Saya pakai resepnya Bunda Agustina Sundari....entah udah recook yg keberapa.....baru x ini di posting....πŸ˜‚πŸ˜‚

Bubur ayam tomat (MPASI D-32) #6m+

Bubur ayam tomat (MPASI D-32) #6m+

3 porsi untuk pagi, siang, malam Alhamdulillah bayik udah 7 bulan,, tekstur naikin dikit ya,,.semoga suka ❀

3 porsi
45 menit
Bubur Ayam Abang

Bubur Ayam Abang

Pengen makan buryam versi gerobakan abang", tapi lagi sensitif perutnya jadi bikin sendiri aja. Saya pernah dikasitau mama kalo abang2 bkin bubur enak tu pake daun salam. Biasanya saya bkin bubur chinese, kali ini coba versi lain. Nah kalo bubur abang rahasia enaknya tuh di kecap asin dan emping. Begitu ada emping dan kerupuk pasti rasanya udah enakkk banget, kalo kecap asinnya harus merk angsa (jkt) ato kecap cianjur saya gtau merknya tapi khas bubur cianjur rasanya lain karena kecapnya.

1porsi banyak