Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Rendang yang Anti Gagal

Dipos pada January 11, 2020

Rendang

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Rendang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Rendang biasanya untuk 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, kira-kira waktu penyiapan Rendang diperkirakan sekitar 6 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang memakai 17 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang:

  1. 1.5 kg daging sapi bagian kaki
  2. 100 gr Serutan kelapa
  3. 1.5 buah Santan kara kecil
  4. 6 buah Daun jeruk
  5. Bumbu halus bisa dengan diblender halus
  6. 200 gr Bawang merah
  7. 10 buah Bawang putih
  8. 1 ruas Jahe
  9. 1 ruas Lengkuas
  10. 15 buah Cabe merah keriting
  11. 8 buah Cabe rawat
  12. 4 batang Serai
  13. 1/5 bungkus Kunyit bubuk desaku
  14. 1/4 bungkus Ketumbar bubuk desaku
  15. Bumbu ulek
  16. sedikit Jinten
  17. sedikit Adas

Langkah-langkah untuk membuat Rendang

1
Sangrai kelapa parut hingga berwarna kecoklatan. Setelah coklat dapat ditumbuk hingga keluar minyak/diblender halus. Untuk langkah ini saya lakukan 1 hari sebelumnya.
2
Bahan utk bumbu halus diblender halus semuanya, tanpa air ataupun minyak.
3
Bumbu ulek adas dan jinten disangrai hingga harum kemudian diulek/ditumbuk halus. Dapat dicampurkan dg ketumbar. Kalau yg anda punya biji ketumbar sebaiknya disangrai bersamaan dan ulek bersama.
4
Masak bumbu halus dengan sedikit minyak hingga berubah warna dan campurkan dengan serai dan bumbu ulek + ketumbar + kunyit. Dan serai yg dimemarkan dimasukkan bersama.
Rendang - Step 4
5
Masak santan yg dilarutkan dengan air hingga mendidih
6
Setelah bumbu matang, campurkan dengan kelapa parut yg telah disangrai dan ditumbuk. Bila terlalu pekat dapat dicampurkan dengan air santan sedikit. Matikan api dan campurkan dengan daging sapi yg telah dipotong2. Diamkan selama 1 jam.
7
Campurkan sisa santan yang ada. Masak dengan api sedang hingga keluar minyak. Saya juga menambahkan daun jeruk untuk lebih harum.
Rendang - Step 7
8
Setelahnya masak dengan api kecil hingga reduce. Ketika sudah agak mengering harusbsering diaduk supaya bumbu tidak gosong.
Rendang - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Padang Bumbu Campur (Original & instant)

Rendang Padang Bumbu Campur (Original & instant)

Mumpung stok daging lagi banyak sesudah Idul Adha kali ini jadi belajar aneka masakan daging deh. Enggak terlewat juga dagingnya dibikin rendang. Saya pakai bumbu instan tapi tetap dicampur sama bumbu alaminya. Biar makin sip, santannya pakai yang perasan kelapa parut biar hasilnya lebih enak. Proses memasaknya memang lama, tapi hasilnya sangat memuaskan 😃 And I am a happy koki🥰 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok

Rendang Nangka Muda

Rendang Nangka Muda

Assalamualaikum, ngerendang dulu ah, tapi pake nangka 🥰🥰 #CookpadCommunity_Depok #GA_TheNextLevel #week_42

Rendang ayam

Rendang ayam

Ini adalah masakan kesukaan Almh .Mamak Q yang biasax beliau buat untukQ....masak ini jadi ingat beliau.

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

💞 Bismillah.. Kocokan Semarak Clover minggu ini dimenangkan oleh mbak Hana Rapunzel dan beliau memberikan tantangan untuk membuat Kreasi Santan.. Untuk kali ini saya memasak rendang jengkol dengan dibumbui ala2 resto Padang.. Tips untuk meminimalisir bau jengkol bisa dengan menambahkan irisan mentimun/daun salam pada saat merebus jengkol.. Semoga berkenan yaa mbak 🥰 Source : Dapur Mama Keys https://cookpad.com/id/resep/7963259-rendang-jengkol-makjleb-%F0%9F%98%84?invite_token=TfJgXD7zdTdCfMTuA8WJisLp&shared_at=1616860183 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Malang #PejuangGoldenApron3 #Dapoer_Bia #GodaTeflon_Minggu43 #MasakAsyik #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #CloverCookingLovers #AkulahSangSantan #Semarak_AkulahSangSantan

Rendang jengkol🤭

Rendang jengkol🤭

Biarpun tapi jengkol alternatif menurunkan kolesterol loh,,,,selain suami suka bgt ada jg manfaatnya,,,

Rendang Ayam Suwir simple

Rendang Ayam Suwir simple

Tips : Kalo males nyangrai kelapanya karena makan waktu, bisa dengan cara di oven di suhu 160"c selama kurleb 10menit, usahakan kelapa disebar diloyang, tidak bertumpuk Aduk2 kelapa setiap bbrp menit saat proses memanggang agar merata hasilnya dan cantik warnanya

Rendang Ayam Simple

Rendang Ayam Simple

Tiba tiba tengah malem laper dan males masak, jadi mikir buat masak yang cepet. Di kulkas ada bumbu rendang sama ayam

1 porsi
20 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

Masi ada stock daging kurban, Di rendang aja kali yaa 🤤 Udah lama ga ngerendang

Rendang jengkol #dapurmamatria

Rendang jengkol #dapurmamatria

Jengkol pulen empuk dan bumbunya uenak meresap...

10-15 orang
1jam 30menit
Ayam rendang

Ayam rendang

Menu ini dibuat untuk kreasi penyajian yg males memotong-motong bagian ayam. Menu untuk santapan keluarga dirumah disaat berkumpul.

6 orang
60 menit
Rendang sapi 🐄 (perdana bikin🥳)

Rendang sapi 🐄 (perdana bikin🥳)

Diksh daging sapi sm sdra main terima2 ajj...bingung lah mau diapain...mau dbkin bakso mager...ehh ada yg mnt d bkin rendang peer GK tuh...buat yg gak bisa bkin remdang past peer ya ..tapi tak apalah ..kita coba ajj...kalo berhasil kan bisa jd lauk hehehe Yuk kita cerita bahan dan cara buat👇

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Full Video bisa cek youtube aku : Viviean Anneesa #Cookpad #CookpadIndonesia #PadangFood #CookpadCommunity_Sumbar

6 orang
2 jam
Rendang ayam bumbu indofood

Rendang ayam bumbu indofood

#jatengdirumahaja tgl 6 -7 feb..ujan deres..banjir...jd mles keluar...dirumah mumpung masih setock ayam...pngn rendang ayam...cuuuss laahh

Nasi Goreng Rendang Rumahan, Enak, Mudah dan Simpel

Nasi Goreng Rendang Rumahan, Enak, Mudah dan Simpel

Assalamualaikum! Alhamdulillah meskipun lebaran udah lewat, vibes lebar-annya masih kerasa yaaa sist ihihii. Yok biar tambah lebar-an, mari kita coba buat bekel yang menggugah selera dan lamak bana! Nasi goreng rendang! Setelah kemarin dapet rendang terus langsung disikat abis dagingnya yang tersisa cuma bumbu rendangnya, daripada mubazir kan yaaa mending dimanfaatkan ihihii, yoookk langsung ekperimen, kasih toping telor ceplok sama irisan timun dan .... walaaaa jadi😁 Semoga bermanfaat💕 #nasigoreng #rendang #nasigorengrendang #masakanrumahan #simpel #resepmudah

2 - 3 porsi
30 menit
53. Rendang

53. Rendang

Mungkin ini termasuk resep gagal bikin rendang karena masaknya lama aku tambahin santan instan,,, Jadi antara rendang dan ungkep daging rasanya ... mianhae

Rendang Padang

Rendang Padang

Resep dari Mama, akhirnya bisa recook juga. 11-12 kayaknya rasanya sama rendang bikinan Mama 😊😊. Lamak bana 😘😘.

Ayam Rendang

Ayam Rendang

6-8 orang
1 jam