Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Siomay Ikan Tenggiri yang Sempurna

Dipos pada October 11, 2019

Siomay Ikan Tenggiri

Anda sedang mencari inspirasi resep Siomay Ikan Tenggiri yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Siomay Ikan Tenggiri yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Siomay Ikan Tenggiri, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Siomay Ikan Tenggiri ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Siomay Ikan Tenggiri yaitu 7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Siomay Ikan Tenggiri diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Siomay Ikan Tenggiri sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Siomay Ikan Tenggiri memakai 35 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena masih ada sisa ikan tenggiri akhirnya dibuatlah siomay lengkap dengan bumbu kacangnya. Tekstur siomaynya enak banget dengan rasa ikan yang kuat tapi nggak amis. Disajikan lengkap bersama tahu, kol, kentang, dan telur jadi makin mantap. Oiya resep ini juga bisa diadaptasi jadi batagor. Simak Tips di bawah ya!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Siomay Ikan Tenggiri:

  1. Siomay
  2. 15 lembar kulit pangsit, bagi 4
  3. 500 gr ikan tenggiri
  4. 100 gr tepung tapioka
  5. 100 ml air
  6. 3 siung bawang putih
  7. 4 butir bawang merah
  8. 2 sdt garam
  9. 1 sdt gula
  10. 1 sdt penyedap rasa
  11. 1 sdt merica
  12. 1 sdt minyak wijen
  13. 1 sdm saus tiram
  14. 1 butir putih telur
  15. 1 batang daun bawang, iris
  16. Secukupnya jamur kuping, iris tipis
  17. Secukupnya wortel, parut
  18. Bumbu kacang
  19. 200 gr kacang tanah, sangrai dan haluskan
  20. 10 buah cabai merah keriting
  21. 6 butir bawang merah
  22. 4 siung bawang putih
  23. 1 sdm bawang merah goreng
  24. 7 lembar daun jeruk
  25. Secukupnya garam
  26. Secukupnya gula merah
  27. Secukupnya penyedap rasa
  28. Secukupnya kecap
  29. Secukupnya minyak untuk menumis
  30. Pelengkap
  31. Kol, kukus
  32. Kentang, kukus
  33. Tahu putih, kukus
  34. Telur, rebus
  35. Jeruk limau

Langkah-langkah untuk membuat Siomay Ikan Tenggiri

1
Siomay: dalam food processor, haluskan bawang merah, bawang putih, air, garam, gula, merica, penyedap rasa, saus tiram, minyak wijen, dan air. Setelah halus, masukkan ikan dan putih telur, campur hingga rata. Setelah itu, masukkan tepung tapioka dan campur hingga rata. Setelah rata, campurkan dengan irisan daun bawang, jamur kuping, dan wortel.
Siomay Ikan Tenggiri - Step 1
2
Siapkan kulit pangsit, tuangkan adonan ke atas kulit pangsit dan bentuk seperti kuncup bunga. Lakukan hingga adonan habis. Tips: anda juga bisa membuat varian siomay/batagor lain dengan adonan yang sama. Untuk batagor, siapkan tahu putih dan lubangi tengahnya kemudian isi lubang tersebut dengan adonan siomay. Anda juga bisa mengisi adonan ke dalam kulit pangsit dan menggorengnya.
3
Kukus siomay bersama dengan pelengkap yang lain selama 20-30 menit dalam api besar. Tips: 1. Agar tidak lengket, olesi kukusan dengan minyak goreng terlebih dahulu. 2. Supaya matang merata, rebus/kukus semua pelengkap terlebih dahulu hingga 3/4 matang sebelum dikukus bersama.
Siomay Ikan Tenggiri - Step 3
4
Bumbu kacang: haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan bawang merah goreng. Tumis dengan minyak hingga wangi setelah wangi, masukkan daun jeruk dan bumbui dengan garam, gula merah, serta penyedap rasa. Masukkan air dan kacang yang telah diharuskan. Masak selama 30 menit atau hingga kacang mengeluarkan minyak. Masukkan kecap manis, koreksi rasa.
Siomay Ikan Tenggiri - Step 4
5
Tata siomay bersama pelengkap, tuang bumbu kacang dan sajikan bersama irisan jeruk limau.
Siomay Ikan Tenggiri - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kuah Be Pasih

Kuah Be Pasih

Beberapa tahun yang lalu, aku ikut kelas memasak di Gianyar, Bali. Resep ini menjadi favoritku untuk Kuah Be Pasih. Buat bumbunya memang agak melelahkan, tapi di awal doang. Sisa bumbu bisa kita simpan di dalam freezer dan sangat praktis untuk digunakan di kesempatan masak berikutnya.

2-3 orang
1 jam
Tahu Gimbal Khas Semarang

Tahu Gimbal Khas Semarang

Bismillah.. Kepengen banget makan tahu gimbal, Alhamdulillah bisa kesampaian deh, bikin sendiri pakai resep dari mbak putri Alhamdulillah enak di puji sama suami Makasih resepnya mb putri Source : Putri ( Dapur Ryuna) #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Semarang

Sayur lodeh kentang kleci

Sayur lodeh kentang kleci

Alhamdulillah dapat kiriman kentang kleci dari jogja......bisa direbus aja buat cemilan bs juga disayur

Acar Kuning

Acar Kuning

Suka bgt makan acar kuning apalagi bikinan mamah wkt msh kecil, skrg bikin dulu edisi pake kuah nyemek & gk byk kemiri (suami kurang suka mf) #barapimanjuhu #maacar #cookpadcommunity_kalteng #cookpadcommunity_borneo #cookpadcommunity_sampit #reseptrio

Balado Kering Bihun

Balado Kering Bihun

baru kali ini buat masakan dari bihun yang digoreng, kriuk kriuk ternyata ya, hihi walaupun namanya balado tp saya mengurangi cabe karena anakΒ² ikut makan balado kering bihun ini bisa untuk lauk, bahkan bisa jadi cemilan, hihi Source : @ayunabillarumaropen #CookpadCommunity_Jakarta #bihunaaa #kreasibihunaaa #70thbihunaaa #bihunberas #bihun

Tahu Tek

Tahu Tek

Kebetulan aja ketemu petis, masyaAllah.. Resep diadaptasi dari Tahu Tek - Tastemade

2 porsi
Lodeh Putih Ikan Tongkol

Lodeh Putih Ikan Tongkol

Aku tipe yang males banget masak dini hari :") Jadi masak sore buat besok sahur deh, lodeh tinggal diangetin aja hehe.. Ini aku recook dari YouTube chef Devina yah, beda di ikan aja..

1 jam
Batagor Ekonomis ala Abang-Abang

Batagor Ekonomis ala Abang-Abang

Posbar kali ini..minta dijajanin sm mamah aaahhh.. mumpung gratis kan ya?? πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ Ini batagor ala abang-abang..yg tanpa ikan..tp enak banget..dapatnya banyak..jd bisa lebih puas makannya Resep ini milik @niabayens #wongsolomasak #timlo_jajanindongmah #MasakItuMudah #BerburuCelemekEmas #CookpadCommunity_Solo

Mpasi 11 bulan sayur bobor labu dan kacang panjang

Mpasi 11 bulan sayur bobor labu dan kacang panjang

Dari awal mpasi azka sudah sya perkenalkan santan , dan ini salah satu andalan kalau azka lagi males makan

3x makan
30 menit
Oseng Tempe Tahu

Oseng Tempe Tahu

Siapa tim ga ada hari tanpa tempe? Yuk angkat tangan! Haha, saya! πŸ–πŸ˜† Tempe & tahu adalah protein yang mudah di olah. Jadi apa saja, rasanya tetap enak di lidah orang Indonesia. Maka ga heran kalau yang lagi ke luar negeri, pasti rindu makan tempe πŸ˜‚.

2 orang
30 menit
Gado - Gado Homemade #229

Gado - Gado Homemade #229

Kemaren habis kupatan.. Stok lontong kupatnya masih banyak sedangkan kuahnya sdh habis.. Cuss langsung eksekusi ajha buat gado2 dengan bahan seadanya tapi tetap mantul dan nikmat. #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget

5 orang
1 jam
#366. Tahu Telur Ala-Ala (Surabaya)

#366. Tahu Telur Ala-Ala (Surabaya)

Sabtu, 260621 Posbar Semarak Minggu ini kita akan jalanΒ² bersama mba @any sasanti utk menikmati kuliner khas kota Surabaya, salah satunya hidangan yg saya sajikan kali ini meskipun ala kadarnya dgn stok bahan yang ada tapi langsung dapat request dari ponakan minta dibuatin πŸ‘ŒπŸ˜‹, kebahagiaan yang hakiki banget lho...πŸ™πŸ»πŸ˜˜πŸ‘ #Cookpad_id #CookpadIndonesia #Cookpaders #Memasaklahdgnhatidancinta #SuroboyoRek #Semarak_SuroboyoRek #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Subang

1 orang
20 menit
Sambal Goreng Kentang Jamur Merang

Sambal Goreng Kentang Jamur Merang

Selalu suka dengan sambal goreng. Karena dimakan pakai nasi anget aja udah nikmaaat banget πŸ˜‹. Terinspirasi dari resep sambal jamur merang kemangi punya @DapurIbukKayana , kali ini jamur merangnya saya modif menjadi sambal goreng. Kalau biasanya jodoh sambal goreng kentang itu ati ampela, nah sekarang cobain deh pakai jamur merang. Ternyata ga kalah nikmat, testur jamurnya yang lembut kenyal bikin ga bisa berhenti ngunyah, bumbunya juga meresap enak bangeet πŸ˜‹. Source: @DapurIbukKayana #ResepSambalGoreng #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Kacang sembunyi (Pedas Manis)

Kacang sembunyi (Pedas Manis)

Bismillah.. Ini harusnya dipostin kemarin buat event #CookiesPlesiran_Bali tapi qodarullah sy nya ketiduran🀭 Jadilah diupload hari ini. Sudah lama pengen bikin kacang sembunyi buat ngemil. Dulu pernah dikasih tetangga yg pedas manis, nah ini penasaran bikin sekalian recook resep temen2 di bali. Source: Bian's kitchen #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia