Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Candil (Tanpa Santan) yang Sempurna

Dipos pada October 3, 2018

Bubur Candil (Tanpa Santan)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Candil (Tanpa Santan) yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bubur Candil (Tanpa Santan) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Candil (Tanpa Santan), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Candil (Tanpa Santan) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Candil (Tanpa Santan) yaitu 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, kira-kira waktu penyiapan Bubur Candil (Tanpa Santan) diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil (Tanpa Santan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil (Tanpa Santan) memakai 10 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makin kesini, saya menghindari santan, karena suka memicu GERD saya. Oleh karenanya, saya cari alternatif pengganti santan, yaitu fibercreme. Selain itu, saya juga mengurangi penggunaan gula putih, dalam resep ini, saya full menggunakan gula aren.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil (Tanpa Santan):

  1. 1/4 ubi jalar
  2. 1 buah pisang nangka
  3. 1 blok gula aren
  4. 2 lembar daun pandan
  5. 2 sdm gula aren bubuk
  6. 1 jumput garam
  7. 500 ml air
  8. 20 gram fibercreme
  9. 2 sdm tepung maizena
  10. 3 sdm tepung tapioka

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil (Tanpa Santan)

1
Kukus ubi hingga lunak. Setelah lunak, kupas kulitnya, lalu mash sampai lembut.
2
Masukkan 2 sdm gula aren bubuk ke ubi yang sudah di-mash, serta 1 jumput garam, dan tepung tapioka. Aduk hingga kalis.
3
Jika adonan belum kalis, tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Lalu, bulat-bulat adonan dengan diameter kira-kira 1,5 cm hingga adonan telah seluruhnya selesai dibuat bulat.
4
Rebus air matang dengan gula aren 1 blok + 2 lembar pandan.
5
Jika gula aren sudah larut dengan air, masukkan bulatan adonan candil, hingga candil dapat mengapung.
6
Masukkan pisang nangka yang sudah dipotong, memanjang serong.
7
Jika sudah meresap, larutan gula dengan pisang dan candil, maka siapkan tepung maizena yang dilarutkan dengan larutan air gula di wadah terpisah.
8
Setelah tepung maizena larut dengan air gula, masukkan larutan tepung maizena tadi ke kuah candil, aduk-aduk jangan sampai ada yang menggumpal. Kuah candil akan mengental seperti bubur.
9
Untuk kuah santan, saya ganti dengan 20 gr fibercreme yang dilarutkan dengan 200 ml air hangat.
10
Untuk penyajian: ambil bubur candil + pisang ke mangkok kecil, lalu tuang larutan fibercreme di atasnya.
11
Selamat menikmati!

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil Kacang Hijau

Bubur Candil Kacang Hijau

#GA_TheNextLeveL #PekanPosbarManisGurih #Cookpadcommunity_Tangerang #AkuAsin #AkuManis #KampoengRamadan #CookpadCommunity Pengen berbuka dengan yang manis tapi juga ringan dimakannya. Bubur ini hanya ada di Jawa Tengah pasar Tanggluk, memang agak aneh kok buburnya kental dengan sagu.

5 orang
30 menit
Kolak Candil Ubi Kuning

Kolak Candil Ubi Kuning

Kalau bulan puasa saat bukber hidangan yg paling ngangenin adalah KOLAK, salah satu nya kolak Candil. Masih #dirumahaja bikin kolak Candil kesukaan ayah n keluarga buat takjil puasa. #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_bandung #PejuangGoldenApron2

Jenang Grendul

Jenang Grendul

Menu berbuka puasa kesukaan keluarga saya. Walaupun mudah dibuat, saya berusaha hanya menyajikannya saat bulan ramadhan 😁 biar tidak bosan dan terasa spesial.

4 porsi
Jenang grendul/ candil ubi ungu

Jenang grendul/ candil ubi ungu

Karena masih uji coba, bikin sedikit dulu. Dan ukuranpun kira2.

5 porsi mungil
Bubur sumsum+candil

Bubur sumsum+candil

#siapramadhan #jemputrejeki Nah kebetulan nihh kemarin baru buat bubur sumsum dipakein candil .... dan pas bgt ada pengumuman GA dr mba fitsas salah 1 penulis resep favoritku yg resepnya dijamin enak. Resepnya ada bbrp modifikasi tp pd dasarnya sih sama aj.... bismillah smoga sya mjd salah 1 yg beruntung dpt GA nya mba fitsas😄😄 #recookresepfitsas #cookpadXfitsas

Candil/Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Candil/Kolak Biji Salak Ubi Ungu

بسم الله الرحمن الرحيم Resep yg tertulis versi saya, ya bund... Utk rasa manis gurihnya, bisa disesuaikan dg selera masing2, ya Dan sumber resep, ada 2 sumber berbeda yg saya intip🤭 bisa klik di link berikut : https://cookpad.com/id/resep/12717291-candil-ubi-ungu?invite_token=XLzHamF1HVEGwbcTvTRXd62r&shared_at=1624266588 https://cookpad.com/id/resep/14429897-biji-salak-aka-candil-ubi-ungu?invite_token=jbvBip9s6xpfNo3THSbGF2JK&shared_at=1624247501 #PekanCookSnap #BamasakBaimbai #CookSnap_KalTim #cookpadcommunity_Kalsel #cookpadcommunity_kotabaru #RecookOfTheWeek #DutaRecookBeraksi #DutaRecookKotabaru

Kolak Candil Ketan Rainbow

Kolak Candil Ketan Rainbow

Bismillahirrahmanirrahim... Assalamualaikum... Hallo apa kabar cookpaders semuanya... Saya membuat kolak Candil ini pas bulan puasa kemarin kalau tidak salah, bener g ya🤔saking saya lupa dikarenakan hp waktu itu sempet eror dan sama paksu di restart ulang dan Alhamdulillah foto-fotonya masih selamat🤭😅 Source Anggraini Oktora #ga_thenextlevel #cookpadcommunity_depok #banggakirimrecook

Bubur Candil Simpel 4 Bahan

Bubur Candil Simpel 4 Bahan

Duh sebenernya aku tu lagi diet Karbo dan turunannya a.k.a Keto.. tapi sungguhlah ku tak bisa menahan selera kali ini. sore-sore sepulang kerja akhirnya aku buat bubur candil karena dikasih tetangga ubi jalar kuy .. kuy eksekusi untuk bukaan #SiapRamadhan!

10 porsi
Bubur Candil/Biji Salak Ubi enak,lembut,kenyal dan legit

Bubur Candil/Biji Salak Ubi enak,lembut,kenyal dan legit

Kenyal nya dapet, empuk nya pass,ubinya berasaaaaa,siraman kuah santan nya gurih, dan gula arennya manis, nikmat sungguh menggoda. Ini makanan favorite saya dari jaman batu sampai jaman modern... Para unyil dirumah juga pada doyan. Dulu suka beli di emang emang kalau bulan puasa, yang ditunggu tunggu sibulat menggoda ini... Tapi kalau cuma bisa makan pas bulan puasa saja, sungguh terlalu...gimana kalau ngidam? wkwkwkwk.. kasian tar ngacai.. Buat ibu ibu yg kalau ngidam susah nyari bubur candil ,atau mau bikin buat buka puasa, barangkali bisa mencoba resep ini... bisa makan sampai puasss..Ini resep dijamin enak poll...cuma pakai tepung tapioka 200 gr, ubinya 1 kg. jadi pas digigit berasa ubi nya dan kenyel kenyel empuk.. Agar Semua Terasa Manis Dalam Hidup,makanlah yang manis manis ..semanis candill bikinan emak wkwkwkwk... (kebanyakan ngetik emak mulai lebay..) Video dari awal sampai akhir membuat bubur candil/biji salak ubi ada di youtube channel Smart Mama Vlog , jangan lupa like,share dan subscribe yah ^_^ https://www.youtube.com/c/SmartMamaVlog

Cendil Ubi Ungu (Kolak cendil)

Cendil Ubi Ungu (Kolak cendil)

Iseng karena lagi ga ada stok cemilan di rumah. Di kulkas ada Ubi Ungu. Akhirnya dibikin cendil deh. Hehehehheh.

Kolak biji salak/Candil Labu

Kolak biji salak/Candil Labu

#PejjangGoldenApron2

Bubur candil tepung kanji

Bubur candil tepung kanji

Habisin stok tepung kanji. Bingung mau dibikin apa, karena pengen yang manis, jadilah bubur candil ini ☺

Candil durian

Candil durian

endooollll surendol takendol kendol

Candil Rainbow/biji salak pelangi

Candil Rainbow/biji salak pelangi

Jadi hari ini buat yang meriah-meriah,eitss bukan meriah dari bahan yang mahal loh,ini dari bahan alami yaitu ubi jalar ungu daj ubi jalar orangye/kuning. Diketahui ubi ungu Kaya akan serat dan karbohidrat kompels,dapat membantu mengontrol gula darah dan masih banyak lagi. Sedangkan pada ubi ungu oranye dapat menurunkan berat bafan bagi yang ingin diet, mengandung vit A dan memiliki kandungan nutrisi yang baik. Mari budayakan mengonsumsi makanan yang berbahan dasar alami☺️ #WeekendChallenge #SeptemberCeria

10 orang
Kolak biji salak / candil

Kolak biji salak / candil

Reques suami pengen bikin candil😙, kebetulan ada yg ngasih ubinya 😍 dan semua bahan lengkap, akhirnya bikin dh , resep ini saya liat di chanel youtube favorite saya 😉😍 @dapur dina , cocok di mkan dingin atau panas 😄 #Berburucelemekemas #Resolusi2019 #Cookpadlovers #Cookpadcommunity_sukabumi

Grendul Ubi Jalar

Grendul Ubi Jalar

Yakin harga 11,5k bisa bikin hindangan penutup buka puasa? Harga ekonomis ini bisa memaniskan lidah sekeluarga (mantul dan endulita banget). Apalagi musim pandemi seperti ini jarang ngabuburit untuk melihat jajanan di luar. Kuy dicoba tsay di dapur masing" menu praktis ini. Don't worry, selamat mencoba! (Garam,gula, dan daun pandan tidak saya hitung karena stok di rumah masing" pasti ada).

2 porsi