Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut yang Bikin Ngiler

Dipos pada August 10, 2019

Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut kira-kira 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masak apa bund hari ini ? Menu ini sederhana tapi enak banget pokoknya makannya nagih pengen terus terusan gitu ... Sore ini dapur bahagia buat menu * Sate Jamur Tiram * pakai bumbu kacang bund, bisa juga pakai sambal kecap dan sambal lainnya sesuai selera ya bund..karena dirumah jarang ada yang suka kecap manis maka saya buat pakai bumbu kacang saja Rasanya uenak, harum banget bumbu kacangnya cocok kalo disantap bareng sayur lalapan bund 🀭 Sate jamur gantinya daging bund untuk yang vegant atau lagi diet Sate jamur tiram ini cocok banget jadi menu makan siang / makan malam dirumah πŸ’žπŸ‘©πŸ»β€πŸ³ Selamat mencoba πŸ‘©πŸ»β€πŸ³ #masak #masakanrumahan #masakanindonesia #masakannusantara #masakansimple #masakansederhana #kuliner #kulinernusantara #kulinerindonesia #kuenusantara #kueindonesia #kuetradisional #lauknusantara #kreasibunda #dapurbahagia #sate #satejamur #satejamurtiram #jamurtiram #jamur #vegant #vegetarian #menudiet #diet #bumbukacang #kacangtanah #kacangtanahgoreng

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut:

  1. 250 gr Jamur Tiram (Belah Belah)
  2. 1 sdm kecap manis
  3. 1 sdm saos sambal (jika suka pedas)
  4. 1 sdt saos tiram
  5. 5 siung bawang merah + 3 siung bawang putih (haluskan)
  6. 1 sdt merica bubuk
  7. Secukupnya Garam + penyedap rasa +kaldu bubuk
  8. 2 sdm mentega
  9. 15 batang Tusuk Sate
  10. Bahan bumbu kacang :
  11. 150 gr kacang tanah goreng
  12. 7 cabai rawit merah + 1 cabai merah besar
  13. 3 siung bawang putih + 5 siung bawang putih
  14. Secukupnya Garam + penyedap rasa
  15. 5 lembar daun jeruk
  16. 1 buah jeruk limau
  17. 500 ml Air mineral
  18. 1 butir asam jawa *larutkan dgn sdikit air*
  19. secukupnya Minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut

1
Siapkan semua bahan, Cuci bersih jamur tiram dan kacang tanah tiriskan. (peras jamur agak kuat agar bisa mengurangi kadar air pada jamur ya bund)
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 1
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 1
2
Ambil jamur, Marinasi dengan bawang putih dan bawang merah yg telah dihaluskan, kecap manis, saos sambal, saos tiram, secuput garam,penyedap rasa, kaldu bubuk dan merica bubuk.. aduk aduk hingga merata dan diamkan sekitar 10 menit.
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 2
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 2
3
Sambil menunggu marinasi jamur, kita akan goreng kacang tanah, bawang merah, bawang putih dan cabai untuk bumbu kacangnya.. goreng sebentar di minyak panas dengan api kecil saja hingga matang, angkat dan sisihkan. Haluskan kacang tanah bersama bawang merah, bawang putih dan cabainya yg telah digoreng. (Boleh diblender atau diulek)
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 3
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 3
4
Kembali ke jamurnya, setelah 10 menit dan bumbu marinasinya sudah meresap ke jamur, siapkan tusukan sate, ambil jamur satu per satu, tusuk jamur satu per satu hingga membentuk sate (jumlah per satenya sesuai selera ya bund kalau saya 4 jamur dilipat lipat) lakukan hingga jamur habis dan semua selesai. Tambakan olesan kecap manis dan saos sambal ke semua sate (aduk aduk angkat, bulak balik sate agar bumbu meresap ke jamur dengan rata)
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 4
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 4
5
Panaskan alat grill untuk bakar sate atau jika tidak ada bisa pakai teflon ya bund (saya sedang tidak ada alat grill jadi bisa juga pakai teflon saja), oleskan mentega lalu letakan sate satu per satu ke dalam teflon, bakar hingga matang dan harum, tandanya sudah matang jamur terlihat lebih gelap. Lakukan hingga semua selesai.sisihkan
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 5
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 5
6
Panaskan wajan dengan sedikit minyak, masukan kacang tanah yg telah dihaluskan tadi, masak hingga harum, tuangkan air kemudian aduk aduk hingga merata. Tambahkan daun jeruk, larutan asam jawa, beri taburan garam dan penyedap rasa (sambil koreksi rasa) Masak dengan terus diaduk aduk hingga minyak minyaknya terlihat dan matang mendidih. Angkat, beri perasan jeruk limau dan sajikan.
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 6
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 6
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 6
7
Sajikan sate jamur tiram dengan irisan daun bawang dan bumbu kacang.
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 7
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang/ Oyster Mushroom Satay with Peanut - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cimol Bumbu Kacang

Cimol Bumbu Kacang

Sebab ada stok cimol mentah dikulkas da rasanya bosen cuma digoreng-goreng aja hehehe

Rujak buah bumbu kacang

Rujak buah bumbu kacang

Liat tukang jambu di pinggir jalan kok jadi kepikiran bikin rujakan siangΒ². Ternyata segerrrr banget.

2 porsi
10 menit
Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Pasti ada yang kangen sama jajanan ini Tapi sayangnya di sini Ini udah nggak tahu lagi jualan beginian di mana Ya udah deh kita bikin aja sendiri rasa menyesuaikan lidah kita bonusnya dapat banyak yuk Coba Mam

2 porsi
30 menit
Bumbu kacang/sambal kacang

Bumbu kacang/sambal kacang

Mau bikin tahu gimbal, ga punya sambal kacang. Akhirnya bikin sendiri.

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Si Kakak pengen jajan cilok karena emang udah lama banget ga jajan ini sejak pandemi. Cari-cari resep di cookpad nemu resep Bunda Eka Astuti. Ciloknya tetap lembut meskipun udah dingin. Makasih yaa bun resepnya, Si Kakak sampe ketagihan minta dibuatin lagi 😊

4 orang
1 jam
61. Tahu Bumbu Kacang Petis

61. Tahu Bumbu Kacang Petis

Suatu hari menghadiri pesta perkawinan teman, ada tahu super dg bumbu kacang, sangat enak disajikan hangat. Tahu bumbu kacang dg petis tuna super enak, pas dg rasa tahu yg pernah sy nikmati di pesta itu. Cocok juga disajikan pagi hari, laris manis.. #CABEKU #FestivalRamadanCookpad

3 porsi
Ayam Goreng Bumbu Kacang

Ayam Goreng Bumbu Kacang

Sajian makan siang hari ini, coba berkreasi dengan bumbu, selama ini bikin ayam goreng yang begitu begitu saja. Resep ini terinspirasi dari resep ayam goreng bumbu sate nya mbak Yuliana.Menjoi (cookpad), hanya ku modif sendiri sesuai bahan yang ada.

Tumis kacang panjang bakso bumbu bawang iris halawa

Tumis kacang panjang bakso bumbu bawang iris halawa

Simple cepat saji sambil beberes dapur hihi

Cilok bumbu kacang sederhana😁

Cilok bumbu kacang sederhana😁

jdi iseng" nyoba bikin cilok bumbu kacang,eh kata misua enak,dan allhamdulillah ini jdii jualan akuπŸ€—πŸ€—

Pepes Ikan Bumbu Kacang

Pepes Ikan Bumbu Kacang

Nenek dulu suka buat pepes ikan pakai bumbu kacang. Rasanya enak. Jd stiap mau ngepepes ikan, udh trlanjur suka pake bumbu kacang gini. #PejuangGoldenApron3 #week49 #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Pontianak

2 orang
Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate ayam itu favorit aku bngettt, daripada beli mending bkin sndri, rasanya juga gak kalah sma yg dijual.hehe πŸ˜ƒ

Tahu Bumbu Kacang Kecap

Tahu Bumbu Kacang Kecap

Nah dirumah mama paling sering bikin tahu goreng dgn bumbu ini. Rasanya gurih dan harum dgn wangi bawang goreng dri bumbu tersebut. Bagi pencinta tahu boleh nih coba bikin bumbu bgini, jika tdk mau di campur bs jg dimakan dgn di cocol ajaa.. #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasak #RamadanMasakanCookpad #PejuangGoldenApron3 #CABEKU #DirumahAja #TenLastDayRamadan

Bumbu Kacang Cilok

Bumbu Kacang Cilok

Cilok biasa enak di mkn pakai bumbu kacang...rasanya sedap n gurih2 gt kl pakai bumbu kacang #PejuangGoldenApron3 #week5

5 porsi
30 menit
Tahu Bumbu Kacang

Tahu Bumbu Kacang

Yummii ini....tahu goreng siram saus kacang dgn sayuran toge timun yg segarrr....aduh ini paporit bgttt,kasih kerupuk sermiyer atau kerupuk udang diatasnya makin sempurnaaah.Sayangnya stok kerupuk habis..tp ga mengurangi kenikmatan nya .Krn Resep dr MB Triana ini enduuul.Yoook cekidot yaa Source:Griya Syar'i #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_GriyaSyar'i

Sate Goreng Ayam Bumbu Kacang

Sate Goreng Ayam Bumbu Kacang

sate identik dengan ayam yang ditusuk kemudian dipanggang atau dibakar dan ditambah bumbu kacang.. tapiii saya lagi males nusuk si ayam (jangan dicontoh malesnya ya Bun) daaaan blum lg buat bumbu kacangnya, jadinya buat sate goreng ini aja.. sate goreng ini unik, simple dan cepat proses masaknya.. untuk cabe nya bisa ditambahkan sesuai selera ya, ini tidak pedas karena anak saya ikut makan.. Source : Lis Achmady #PejuangGoldenApron3 #CABEKU #diKACANGinaja #MulaiMisiHero_Jakarta

2 - 3 porsi
Tahu telur bumbu kacang - makanan tempo doeloe

Tahu telur bumbu kacang - makanan tempo doeloe

Enak nih, menu kalau bosen makan nasi biasa (pdhal lontongny dr beras jg wkwkk😁), ketagihan lah, sehat pula krn ada taoge & telur ayamnya Source: Indri Hapsary #BelanjaIdeDiPasarCookpad #PejuangGoldenApron2

4 orang
60menit
Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate Ayam Bumbu Kacang

Minggu ke 37 Golden Apron The Next Level (resep 3 >>> 9 Februari 2021) Bikin sate dengan cara simpel dan cepat karena bumbu kacang homemadenya udah siap pakai. Dagingnya cukup dimarinasi dengan kecap manis dan bumbu kacang. Saat paksu mau makan, tinggal dibakar aja dengan tusuk sate. Dapatnya 17 tusuk dengan potongan daging yang lumayan besar, 5 tusuk aja udah puas makannya . . #GA_TheNextLevel #PejuangGoldenApronTheNextLevel #sateayam #sate #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring

17 tusuk
Tumis Kacang Panjang dan Tahu Bumbu Asam

Tumis Kacang Panjang dan Tahu Bumbu Asam

Bismillah Emakku kalau masak kacang, diginiin aja pengennya nambah mulu🀭 ini aku tambahin tahu biar banyak. #cookpadcommunity_Bogor