Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pandan Melaka Cake yang Enak

Dipos pada June 3, 2018

Pandan Melaka Cake

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Pandan Melaka Cake yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Pandan Melaka Cake yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pandan Melaka Cake, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Pandan Melaka Cake enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pandan Melaka Cake sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pandan Melaka Cake memakai 28 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Halo Sobat Cookpad ๐Ÿ˜˜ Walaupun bentuknya masih belum sempurna, namun Pandan Melaka Cake ini enak dan yumm. Di antara layer cake pandannya dilapisi oleh diplomat cream dan lapisan luarnya dari whipcream gula merah. Creamy namun ringan serta memiliki manis yang pas. Belum lagi dengan ada taburan kelapa keringnya. Yuumm. Enak ๐Ÿ˜‹๐Ÿ‘Œ. Memang pengerjaannya sedikit memakan waktu karena paling tidak ada 3 bahan yang harus di buat, namun semuanya terbayarkan. Yuk dicoba buat Pandan Melaka-nya. Selamat dan happy baking! ๐Ÿ˜˜ Source: Gracious Treatz (cake), Nominoom (diplomat cream), Kathrine Kwa (melaka cream) #cookpadindonesia #cookpad #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #IjoRoyoRoyo #Semarak_IjoRoyoRoyo #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pandan Melaka Cake:

  1. Bahan Pandan Cake
  2. 4 butir kuning telur
  3. 40 gr gula pasir
  4. 1 sdt pasta vanila
  5. 70 ml minyak goreng
  6. 50 ml jus pandan (25 gr daun pandan + air)
  7. 30 gr santan instan
  8. 120 gr tepung terigu protein rendah
  9. 4 butir putih telur
  10. 1/4 sdt garam
  11. 1/4 sdt cream of tartar
  12. Secukupnya kelapa kering untuk taburan
  13. Bahan Diplomat Cream
  14. 2 butir kuning telur
  15. 30 gr gula pasir
  16. 10 gr tepung terigu protein sedang
  17. 10 gr tepung maizena
  18. 200 ml susu cair uht full cream
  19. 1/2 sdt pasta vanila
  20. 15 gr unsalted butter
  21. 100 gr whipcream cair dingin
  22. Bahan Melaka Cream
  23. 65 gr gula merah, sisir kasar
  24. 3 sdm air
  25. 250 gr whipcream cair dingin
  26. Bahan Sugar Syrup (aduk rata)
  27. 3 sdm gula pasir
  28. 3 sdm air panas

Langkah-langkah untuk membuat Pandan Melaka Cake

1
Bahan Diplomat Cream. Didalam wadah bersih, masukkan kuning telur dan sebagian gula (dr 30 gr). Aduk menggunakan balloon whisk sampai berwarna pucat. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena. Aduk rata. Hangatkan susu cair dengan sisa gula diatas api sedang cenderung kecil sampai ada gelembung2 dipinggir panci. Tuang kedalam adonan kuning telur sedikit-sedikit sambil diaduk dgn whisk.
Pandan Melaka Cake - Step 1
Pandan Melaka Cake - Step 1
Pandan Melaka Cake - Step 1
2
Tuangkan kembali adonan kedalam panci lalu masak sampai mengental dan meletup-letup sambil terus diaduk dgn whisk. Matikan api. Masukkan pasta vanila dan unsalted butter. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. Tuangkan adonan cream kedalam mangkuk bersih. Tutup permukaan dgn plastic wrap agar permukaan cream tdk berkulit. Masukkan kedalam chiller (bisa dibuat 1 hari sebelumnya). Dinginkan. Begitu dingin, lembutkan kembali cream dgn mikser. Sisihkan.
Pandan Melaka Cake - Step 2
Pandan Melaka Cake - Step 2
Pandan Melaka Cake - Step 2
3
Didalam wadah lain, kocok whipcream cair dingin dgn mikser kecepatan sedang sampai stiff peak. Ambil 1/3 adonan whipcream kedalam adonan cream, aduk balik menggunakan spatula.
Pandan Melaka Cake - Step 3
Pandan Melaka Cake - Step 3
Pandan Melaka Cake - Step 3
4
Lakukan sampai adonan whipcream habis, aduk balik, aduk rata. Masukkan kedalam piping bag. Sisihkan sampai akan digunakan. NOTE: lakukan pencampuran antara whipcream dgn cream pada saat menjelang digunakan.
Pandan Melaka Cake - Step 4
Pandan Melaka Cake - Step 4
5
Bahan Melaka Cream. Campur gula merah dgn air didalam wajan/panci. Masak diatas api sedang sampai sedikit kental. Lakukan tes dengan mencelupkan belakang sendok kedalam cairan gula merah. Apabila menempel seperti pada gambar dibawah ini, matikan api. Tuangkan kedalam wadah. Sisihkan dan biarkan dingin. PENTING: Nanti hanya akan menggunakan 3 sdm saja.
Pandan Melaka Cake - Step 5
Pandan Melaka Cake - Step 5
6
Pada saat menjelang akan digunakan. Kocok whipcream cair dan 3 sdm sirup gula merah dengan mikser kecepatan sedang sampai stiff peak. Sisihkan.
Pandan Melaka Cake - Step 6
Pandan Melaka Cake - Step 6
7
Bahan Cake Pandan. Di dalam wadah bersih. Masukkan kuning telur dan gula pasir. Aduk menggunakan whisk sampai pucat. Masukkan minyak sayur, aduk rata. Masukkan santan instan, jus pandan dan pasta vanila (aku jadikan satu), aduk rata. Masukkan tepung terigu kedalam adonan sambil diayak. Aduk rata sampai semua bahan tercampur sempurna. Sisihkan.
Pandan Melaka Cake - Step 7
Pandan Melaka Cake - Step 7
Pandan Melaka Cake - Step 7
8
Di dalam wadah lain. Kocok putih telur, garam, cream of tartar dan gula pasir dgn mikser dimulai dari kecepatan rendah ke sedang. Kocok sampai putih telur mengembang dan mengkilap. Kocok sampai firm ke stiff peak.
Pandan Melaka Cake - Step 8
Pandan Melaka Cake - Step 8
Pandan Melaka Cake - Step 8
9
Ambil 1/3 adonan putih telur, lalu masukkan kedalam adonan kuning telur. Aduk balik menggunakan whisk. Aduk rata. Lakukan hal yg sama ke 2 bagian sisa. Pada bagian terakhir, aduk balik menggunakan spatula karet. Aduk rata. Tuangkan adonan sama rata kedalam loyang sekat 3 uk 28cm yg telah dialaskan kertas roti. Panggang kedalam oven yg telah dipanaskan 15mnt sebelumnya di suhu 180C. Panggang selama 18-20 mnt atau sampai matang.
Pandan Melaka Cake - Step 9
Pandan Melaka Cake - Step 9
Pandan Melaka Cake - Step 9
10
Angkat. Segera keluarkan kue dr dalam loyang dan dinginkan diatas cooling reack. Setelah dingin, potong permukaan cake dgn bantuan pemotong kue (ini opsional). Jika tdk mau dirapihkan atasnya, kupas kulit permukaannya supaya cream dapat menempel.
Pandan Melaka Cake - Step 10
Pandan Melaka Cake - Step 10
Pandan Melaka Cake - Step 10
11
Oleskan sugar syrup keatas kue. Oleskan merata. Lalu ambil 1 lembar kue. Oleskan rata dengan diplomat cream. Ambil 1 lembar cake, tumpuk rata. Beri lagi diplomat cream. Tutup dgn lembar cake terakhir. Rapihkan dan ratakan dgn spatula.
Pandan Melaka Cake - Step 11
Pandan Melaka Cake - Step 11
Pandan Melaka Cake - Step 11
12
Oles seluruh cake dengan Melaka Cream. Lalu taburkan dengan kelapa kering ditiap sisi kue (1/3 bagian saja), dan permukaan kue (beri jarak kosong tuk motif cream hias nantinya). Disini aku menggunakan ujung spuit yang seperti di gambar bawah tuk hiasannya.
Pandan Melaka Cake - Step 12
Pandan Melaka Cake - Step 12
Pandan Melaka Cake - Step 12
13
Lalu hias sisi ujung kue. Taburkan lagi kelapa kering pada sisi-sisi yang masih kosong. Masukkan kedalam kulkas MINIMAL 30mnt (atau 1 jam) supaya kue kokoh pada saat dipotong. Sajikan ๐Ÿ˜˜. Paling nikmat disajikan dingin.
Pandan Melaka Cake - Step 13
Pandan Melaka Cake - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

465. Es Susu Yakult Selasih

465. Es Susu Yakult Selasih

Mari segarkan harimu dengan minuman segar-segar begini Source aniesaryono, titiek purnomo #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeDa_aniesaryono #PejuangGoldenApron3 #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan #DutaRecookBorneo #DutaRecookBalikpapan #Bunnabelajarmasak #resepalaBunna๐Ÿ’œ #alaBunna๐Ÿ’œ #week39

Es Campur Special

Es Campur Special

Assalamu'alaikum moms, es campur special ini saya menggunakan fiber cream sebagai pengganti santan. Dan lebih special nya lagi saya beri parutan Cokelat Dark Colatta Compound di atas nya. Jadi ketika si cokelat ini bertemu dengan kuah yg dingin bercampur es batu, dia akan membeku. Dan rasanya krenyes krenyes di mulut saat di kunyah. Oke, langsung aja ya moms... #escampur #escampurspecial #resepkreasi #kreasifibercream #resepdessert #resepminuman #resepsimpel #resepmudah #resepviral #minuman #kreasidarkcolattacompound #kreasiminuman #comunitascookpad #comunitycookpad #resepcookpad #semuabisamasak #masakgakperluribet #sajianbukapuasa #minumansegar #sajianberbuka #sajianramadhan #fibercream #darkcolattacompound #PekanPosbar #PekanPosbarEsCampur

1 porsi
Lemon Butter Cake

Lemon Butter Cake

Bismillah...Setelah sekian purnama mager nulis resep, akhirnya aku datang lagi ๐Ÿ˜‚. Resep dr @yunileisure yg aku modifikasi sesuai selera.

461. Puding Lumut Lapis

461. Puding Lumut Lapis

Minggu lalu Kaltim kedatangan sahabat dari Semarang Nah bahas soal puding lumut gitu Alhamdulillah jadi makin nambah ilmu deh Terimakasih banyak mbak iyus untuk ilmunya Kebetulan kami sama-sama penyuka ungu hahhaha Ungunya bisa disesuaikan selera ya Ini warnanya punya saya begini hihii Untuk manisnya sesuaikan selera ya Yuk coba juga๐Ÿ’œ Source Iyus Sugesti #PejuangGoldenApron3 #KupasHabisResep #PudingTailangot_Iyus #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #DutaRecookBalikpapan #DutaRecookBorneo #DutaRecookBalikpapan #Bunnabelajarmasak #resepalaBunna๐Ÿ’œ #alaBunna๐Ÿ’œ #week39

#176 Es Oyen Bandung

#176 Es Oyen Bandung

Source: Achirul Octaviani https://cookpad.com/id/resep/11376819-es-oyen-bandung?invite_token=hBpMPi3XsTWv7mup5JXLyEjK&shared_at=1600614495 27.12.2020

1 cup
5 menit
Es Mentimun

Es Mentimun

Hari ini masak acar wortel timun, resepnya disini : https://cookpad.com/id/resep/14628635-acar-wortel-timun-bumbu-kuning?invite_token=jEdcrrwEJy18zy43eNKBEF69&shared_at=1613965803 dan karena isi timunnya tidak dipakai, jadi dibuat es ajadeh ๐Ÿ˜„

Shake shake Cookies Tiwul

Shake shake Cookies Tiwul

Bismillah.... Assalamu'alaikum sobad cookpaders..... Smoga snantiasa dalam lindunganNya...Aamiin๐Ÿคฒ Duet tlah tiba...duet tlah tiba...horee... HatiiiiQu gembiraaa๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.... Krna duetnya bareng ma simanis indry...Ups...imud jaree....wkwkwkk.....yang jelas Q suka ma haskar2nya....kereeenn ๐Ÿ‘๐Ÿฅฐ....nama team kami adalah "Team KEBULIN PAWON"... Karna dia bis pulkam dari Gunung kidul...naahh loohh .....terkenal dengan tepung gapleknya kaann๐Ÿ˜Š Akhirnya Bereksperimen dech ma ntu tiwul..... BTW...tiwul mah paporid Q.....why not....๐Ÿคญ๐Ÿ˜„ Alhasil sperti inilah haskar dari team kami.....Cookies bukan sembarang cookies....๐Ÿช๐Ÿชbisa wat maenan anak2 juga...๐Ÿคญ๐Ÿ˜„ Pnasaran kaann...๐Ÿ˜‹..yuuhh cekidotโญโœŒ Source : Baking with 'Otang' Ini link resep aslinya yaa๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡https://cookpad.com/id/resep/14177982-cookies-icing-sugar-oven-tangkring?invite_token=1k4RGniNN3Ckq4kDnfcDPAyb&shared_at=1610034601 #LihaiRecook3_semarang #SemangcookMadu_jan21 #PejuangGoldenApron3 #cookpadCommunity_semarang #kebulinPawon

Es Buah

Es Buah

di hari minggu yang cerah ini aku bebikin Es Buah untuk yang Lagi kerja bakti bebersih rumah dan tanaman...supaya pada senang...hehe...moga capeknya pada hilang setelah minum Es Buah yang menyegarkan ini ๐Ÿ˜Š happy Sunday๐Ÿ’ž

4 gelas
10 menit
Puding Tutti Frutti

Puding Tutti Frutti

Bismillaah, minggu Ke-40 (Sabtu, 6 Maret 2021). Masih belum move on dari perlovean, semarak pekan ini pun tema nya kreasi puding cinta ๐Ÿค—๐Ÿ˜. Ide dari mba Devy yang tengah berbahagia, semoga selalu samawa, langgeng selamanya. Aamiin. Kali ini saya buat puding tutti frutti dengan motif marble, rasanya enak, manisnya pas, seger karena pakai syrup rasa buah jeruk, stroberi, melon dan anggur. Ga bau amis sama sekali walaupun pakai putih telur. Yuuks, kepoin resepnya ๐Ÿ˜. Source : tabloidbintang.com #GAPudingInLove #Semarak_GAPudingInLove #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bandung #AuthorsBandungHebring #PejuangGoldenApron3

Es Air Kelapa Jeruk Nipis

Es Air Kelapa Jeruk Nipis

Sc..happy end Seger banget nich.. #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_eksis #RememberGenkPeDa_happyend #CookpadCommunity_Surabaya

Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih

Kocokan semarak clover dimenangkan oleh mbak neili, kita diajak untuk berkreasi dengan makanan / minuman khas Solo ๐Ÿ˜€ Kali ini saya bikin minuman yang segar dan menurut saya cukup bikin kenyang ๐Ÿ˜‚ Ada sebagian bahan tambahan dari saya dan ada tape ketan ijo dapat dari tetangga ๐Ÿ˜€ Source Resep : Primarasa dengan beberapa gubahan dari saya #SoloBalapan #Semarak_SoloBalapan #CloverCookingLover #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron3 minggu ke 41 resep ke 3

Es Kopyor Selasih

Es Kopyor Selasih

Source : Dhiah Oddie Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Cookpaders๐Ÿ˜Š, Pengen minum es kopyor yang biasa sering dijual saat bulan ramadan. Nemu resepnya Mbak Dhiah Oddie, cus bikin deeh. Asli seger dan enaak๐Ÿ˜. Terima kasih resepnya mbak Dhiah, semoga semakin sukses๐Ÿ˜˜. #CookpadCommunity_Malang ๐Ÿ’žMalang, Minggu-29 Nopember 2020๐Ÿ’ž

+/- 4 gelas
+/- 40 menit
Set Menu Nasi Kuning

Set Menu Nasi Kuning

Assalamualaikum Kita di GODA lagi nih sama PAdeRs. Set menu yang saya pilih adalah nasi kuning dan teman temannya. Saya recook nasi kuning, sambal goreng kentang dan es timun selasih nya Adminsay Ayu. Ayam bakar solo punya Eomma Kai, Teh Wilda dan perkedel kentang punya Bujend, Teh Opi. Tentunya dengan modifikasi dan bhan bahan yg ada di rumah. Barakallah Fii Umrik untuk Teh Wilda, sehat selalu bahagia dunia akhirat. Teruntuk Putra tercinta Bujend, Teh Opi. Barakallah fii umrik, semakin sholeh, diberi kesehatan, semakin sayang dengan keluarga dan selalu dilindungi Allah SWT. Untuk Mbak Ayu, semoga dilancarkan segala urusan, rejeki ngalir, sehat selalu dan tetep semangat berkarya. Source : Nasi Kuning : Mba Ayu https://cookpad.com/id/resep/4011352-nasi-kuning-pr_homemadestreetfood Ayam bakar solo : Teh Wilda https://cookpad.com/id/resep/4647224-ayam-bakar-solo Perkedel : Teh opi https://cookpad.com/id/resep/6212100-perkedel-kentang Sambal goreng kentang dan es Timun: Mba Ayu https://cookpad.com/id/resep/5070195-28sambal-goreng-kentang-prramadhan_masakbesar https://cookpad.com/id/resep/2725485-es-timun-selasih #GodaanGA_Adminsay #Goda_Paders #komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadindonesia #PejuangGoldenApron3 #dapoertara #HuntersInAction #emaknusantarakreatif #cookpadcommunity_surabaya

30 porsi
Butter Cream (lembut sederhana)

Butter Cream (lembut sederhana)

Taruh dlm wadah dan simpan di kulkas, bisa tahan smp 3 bulan.

Pink Lava

Pink Lava

Bismillah . Masih ikut meramaikan arisan recook kombes. Pink Lava. Ini minuman enak bangeet segeeeerrr Source https://cookpad.com/id/resep/13049972-pink-lava?invite_token=Hw23SVkfwjdVEYG3j4Xw8FaY&shared_at=1612773885 . #RecookResep_febry #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_bekasi

2 gelas
Es Buah Campur Segar

Es Buah Campur Segar

Ada dua versi ya, yg ini es buah kuning, yang satu lagi es buah putih...ada di resep selanjutnya...sama2 seger dan tahan lama dikulkas, cocok buat acara keluarga

10-15 orang
1 jam
Pink Lava Tape

Pink Lava Tape

Masuk bulan Februari GadoGado L๐Ÿ’‹vers ngadain masak asyik bareng yang bertema ValenTAPE buat ramaikan bulan kasih sayang dengan event seru "Happy ValenTAPE GadoGado 2021" yang disponsori oleh Tulip Chocolate ๐Ÿคฉ Resep kreasi es lainnya dpt di lihat di #SegerAla_Elloet Source: Galia Safitri #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Kediri #ResepKandidat_Surabaya #HappyValenTAPEGadoGado #ValentineAsyik2021 #GadoGadoIndonesia #MasakAsyik #SimplyTasty #KreasiTape #LezaTo

Bolu Coco Pandan ๐Ÿฅซ

Bolu Coco Pandan ๐Ÿฅซ

Jadi dikulkas tuh ada stock syrup ABC rasa coco pandan, dapet dari parcel lebaran, karena lagi musim liburan dan banyak bocah dan kita gak pada doyan minum syrup jadinya di kreasiin dibikin bolu jadul sebagai pengganti gula, wah ternyata enak dan wangi banget terus bocah juga pada suka, alhamdulillah.. Selamat mencoba ya mom's.. #DiRumahAja #DiRumahAta #ResepDiRumahAta #ResepBoluCocoPandan #PejuangGoldenApron3 #MasakSekeluarga #BandungSilihAsaan_KanggoMurangkalih #CookpadCommunity_Bandung #CookpadCommunity_Indonesia #CookpadIndonesia

1 loyang
1 Jam
Es Lidah Buaya Leci Khas Pontianak

Es Lidah Buaya Leci Khas Pontianak

Pontianak, kota bersinar yang dilewati garis Khatulistiwa. Dikota kami ini lidah buaya yang katanya menjadi salah satu rahasia kecantikan Cleopatra, sempat menjadi salah satu komoditi andalan. Hingga kini pun olahan lidah buaya seperti minuman, manisan, teh dan kerupuk masih menjadi oleh oleh khas dari Kalimantan Barat. Minuman lidah buaya untuk buah tangan, biasanya dikemas per sajian dengan rasa leci, seperti resep berikut. Yuk berkunjung ke Pontianak #KulinerKhasKalBar #FestivalKulinerKalimantanBarat #FKKB_Pontianak #CookpadCommunity_Kalbar