Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Tinutuan a.k.a Bubur Manado yang Anti Gagal

Dipos pada December 24, 2018

Tinutuan a.k.a Bubur Manado

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Tinutuan a.k.a Bubur Manado yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Tinutuan a.k.a Bubur Manado yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Tinutuan a.k.a Bubur Manado, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Tinutuan a.k.a Bubur Manado ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Tinutuan a.k.a Bubur Manado biasanya untuk 4-5 org. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tinutuan a.k.a Bubur Manado sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tinutuan a.k.a Bubur Manado memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

25.09.2020 (17.2) TINUTUAN a.k. a bubur Manado adalah salah satu masakan khas dari Sulawesi Utara. Olahan bubur ini cukup lengkap gizi krn didalamnya tdk cuma ada sayuran spt bayam, kangkung, kemangi, jagung, tapi jg umbi2an spt labu kuning,  ubi & singkong. Membuatnya jg cukup mudah lho ternyata. Disini saya mengacu pd resepnya bunda @isnasutanto dgn takaran bahan2 yg disesuaikan dgn stok di dapur saya ya hehee Sumber: IG @isnasutanto dgn modifikasi #WeekendChallenge #berLABUpadamu #dkitcheners_ #myinspirations #PB042020_anekabubur #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity_jakarta #cookpad_id #dapurmama_at #GATNL_17thweek

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tinutuan a.k.a Bubur Manado:

  1. 1 gelas takar beras (me: kurleb 135 gr)
  2. 1 liter air
  3. 200 gr labu kuning, potong dadu kecil
  4. 1 bh (120 gr) ubi merah, potong dadu kecil
  5. 1 bh jagung, pipil
  6. 1 ikat bayam
  7. 1 ikat kemangi
  8. 1 btg daun bawang, iris halus
  9. 1 btg sereh, geprek (resep asli 3 btg)
  10. 2 sdt garam
  11. 1 sdt kaldu bubuk
  12. 1/2 sdt gula
  13. 3 siung bawang putih, cincang halus
  14. 3 sdm minyak sayur, utk menumis
  15. 1/2 sdt lada bubuk
  16. Pelengkap:
  17. Secukupnya ikan asin, sambel, bakwan jagung, kerupuk

Langkah-langkah untuk membuat Tinutuan a.k.a Bubur Manado

1
Cuci bersih beras, sisihkan. Campur di dlm panci: beras, labu kuning, ubi, jagung pipil, sereh & air. Masak dgn api sdg sambil diaduk2.
Tinutuan a.k.a Bubur Manado - Step 1
Tinutuan a.k.a Bubur Manado - Step 1
Tinutuan a.k.a Bubur Manado - Step 1
2
Sementara itu, tumis bawang putih cincang & lada bubuk sampai harum (tp jgn sampe gosong ya) 
Tinutuan a.k.a Bubur Manado - Step 2
3
Setelah 3/4 matang buburnya,  masukkan tumisan bawang td.  Aduk2 rata sambil ditambahkan garam, gula & kaldu bubuk, aduk2 lagi.
Tinutuan a.k.a Bubur Manado - Step 3
4
Terakhir masukkan sayuran: bayam,  kemangi & daun bawang,  aduk2 lagi sambil koreksi rasa ya. Masak sampai bubur matang (saya gak sampe halus bener ya buburnya)
Tinutuan a.k.a Bubur Manado - Step 4
Tinutuan a.k.a Bubur Manado - Step 4
5
Penyajian: tuang bubur di mangkok/piring, tambahkan ikan asin,  sambel & bakwan jagung serta kerupuk.  Nikmati bubur Manado utk sarapan bersama keluarga. 
Tinutuan a.k.a Bubur Manado - Step 5
Tinutuan a.k.a Bubur Manado - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kari India

Bubur Kari India

Jadi karena udh lama ga masak, pengen masak sesuatu yg berbeda gitu. Kebetulan habis beli bubuk kari india jd pengen coba enak atau nggak wkwk ini cocok buat org diet yg gamau kalori banyak. Kalori untuk buburnya aja 316 kkal/5 porsi tapi kalo ngambilnya lebih sedikit kalorinya ikut berkurang ya. Telur kari 413 kkal kurang lebih. Jadi per porsi bubur kari india ini 476 kkal kurang lebih ya. Sehat dan nikmat 🥰 selamat mencoba semoga suka.

1 orang
15 menit
Bubur ceker magic com

Bubur ceker magic com

Sudah cuci beras mau masak nasi eh mati lampu, akhirnya beras nginep semalaman, pas dimasak lembek banget hampir jadi bubur, drpd gak nyambung makan pake lauk pauk, jadilah dibikin bubur ceker.

4 porsi
1 jam
Bubur ayam oat (185 kal)

Bubur ayam oat (185 kal)

Saya termasuk susah makan oat krn teksturnya jadi nggak bisa tertelan.menu ini dari yutup mbak yulia balthschun.alhamdulilah enak seperti bubur ayam.nyam nyam

1 porsi
45 menit
Bubur Lemak & Salmon Tomyam (MPASI 8M)

Bubur Lemak & Salmon Tomyam (MPASI 8M)

Menu MPASI 8 bulan hari ke-10.

Bubur Manado, bahan dasar oats dan barley flakes

Bubur Manado, bahan dasar oats dan barley flakes

Assalamualaikum.. hai hai.. saya punya resep diet sehat buat sarapan nih.. Kadang suka bosen makan oats hambar2 gitu.. akhirnya iseng nyobain dibikin bubur plus sayuran dan segala macamnya, apalagi dipakein sambal terasi tomat.. seger.. eh paksuami suka banget, ketagihan deh🥰 Yuk kita langsung masak #makanansehat #sayuran #dietsehat #jelajahresepsehat

3 orang
15 menit
Bubur MP (merah putih)

Bubur MP (merah putih)

Dikasih resep lagi sm bude iyah,, kmrin bikin ini pas moment syukuran kcil2an.

2 mangkok kecil
setengah jam
Bubur Sup Ayam Telur ala Mama Puput 🥰

Bubur Sup Ayam Telur ala Mama Puput 🥰

Hmmm... bingung mau bikin mpasi apa, sdgkn di kulkas bahannya ada untuk bikin sayur sop. Akhirnya aku putuskan bikin sayur sop tapi untuk baby dibuat bubur. Dan alhamdulillah My Boy sukak dan lahap makannya 😋🤗🥰 Btw maaf gak bisa di foto cara pembuatannya, soalnya buru2 my boy nangis. 🙏 Selamat mencoba bunda 😇 Semoga baby nya sukak yah 🥰 Mpasi untuk 10bulan ke atas.

4x makan
45 menit
Bubur Baso Daging Rambutan Mpasi 7+bulan

Bubur Baso Daging Rambutan Mpasi 7+bulan

Tekstur sesuaikan ya moms 🙂

5 porsi
1 jam 30 menit
Bubur Rica Rica Tuna (MPASI 8+)

Bubur Rica Rica Tuna (MPASI 8+)

#cookpadcommunity_yogyakarta #mpasi

Bubur Bassang Khas Makassar

Bubur Bassang Khas Makassar

#JelajahResepKhasNusantara. Dimakassar kan banyak keluarga besar mother. Nah kalau pas jalan-jalan kesana nggak pernah mau ketinggalan makan menu ini. Ternyata mother juga bisa buat. Mmm serasa masih dimakassar. Source: Andi Nur Azyfha #DutaRecookBeraksi #DutaRecookBorneo #DutaRecookKaltim #DutaRecookBontang

2-3 orang
30 menit
Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan (Bubur Manado)

Resep manjur buat bumil yg lagi mabok sama bawang2an, nutrisi tetap terjaga krn ada sayur2annya juga, rasanya gurih dan enak bgt ga bikin enegg.. ini resep dr ibu ku... sok mangga dicoba.. simpel bgt resepnya looh..

MPASI 6+ BUBUR AYAM MENTEGA #mpasi6bulan #mpasi7bulan

MPASI 6+ BUBUR AYAM MENTEGA #mpasi6bulan #mpasi7bulan

Ini bisa buat 7+ juga ya. Kali ini mamaknya Nara pakai panci

2 porsi
45 menit
Bubur Kacang Ijo Santan Pisah

Bubur Kacang Ijo Santan Pisah

Dikasih kacang ijo hasil panen mbah uyutnya Kimkim, jadi pengen burjo 😁 berhubung cuaca yang mendukung, dan niat yang sudah terkumpul, akhirnya eksekusi deh burjonya 😂 rasanya mantul kayak beli di abang2 😋😍

Steam Pumpkin Chicken Porridge Healthy Menu (Dairy Free, MSG Free, Diet Friendly)

Steam Pumpkin Chicken Porridge Healthy Menu (Dairy Free, MSG Free, Diet Friendly)

Lagi punya labu parang, mau bikin menu yg 1000% healthy, scrolling resep di cookpad dan nemu yg bs dimodifikasi

2 orang
Bubur oat pumpkin gula aren

Bubur oat pumpkin gula aren

Penggemar oat mana suaranya?. Oat ngg enak? Oat hambar? Jgn diolah gitu2 aja Oat ini bisa untuk mpasi y jadi masak kyk gini bisa untuk sarapan balita -manula 😊

MPASI; Bubur Ubi alias Mantang hehehe

MPASI; Bubur Ubi alias Mantang hehehe

Dilatarbelakangi dengan Baby Hanif susah Bab usia Baby Hanif 6 bulan akhir mau ke 7 bulan gitu, setalah baca-baca google katanya Ubi ampun buat pencahar Poop baby..

Bubur Nasi Sisa Semalam

Bubur Nasi Sisa Semalam

Pernah punya problem yg sama..? Nasi tersisa nanggung, mau jadi nasi goreng cuma sepiring.. sedangkan warga di rumah empat orang dengan lambung pemamah biak.. Mau bikin cireng lagi tapi nanti dianggap cuma cemilan.. Akhirnya kujadikan bubur aja 🥳 khan jadinya buanyaak 😁 lumayan lah perut anget di pagi hari.. #GenkPejuangDapur #CookpadCommunity_Jakarta

4 mangkok
20 menit