Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) yang Sempurna

Dipos pada December 31, 2018

Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras)

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) biasanya untuk 3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) diperkirakan sekitar 1 jam+.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) memakai 21 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tanpa menggunakan beras sama sekali. Kali ini sy mencoba mengolah bonggol pisang yang 65% nya adalah karbohidrat untuk bubur ini. (Silakan dicari informasi untuk kandungan bonggol pisang yang bermanfaat untuk tubuh manusia) Resep ini hanya satu dari sekian banyak kegunaan bonggol pisang. Dengan mengganti beras dengan bonggol pisang di resep Tinutuan milik mamah Nini - Yuni Kurniasih, sy mengajak memanfaatkan bonggol pisang jika memang ada, memungkinkan, ataupun mudah untuk didapat. Rasa & aroma bonggol pisang setelah diproses adalah plain. Jadi cocok dipadukan dengan bumbu atau bahan apapun. Ketika menyantap bubur ini, terasa biasa-biasa saja tanpa ada rasa atau bau aneh-aneh. Seperti beras, bonggol pisang juga gluten free, buat yg berkebutuhan sesuai, olahan bonggol pisang bisa jadi alternatif. Oh ya, sy mencampur jagung saat memblender bonggol pisangnya. Maksudnya agar memberi sedikit kekentalan di adonan bonggolnya. Tapi jika tidak suka jagung, bisa digantikan dengan parutan singkong. Namun tanpa keduanya pun, buburnya tetap baik-baik saja koq. Bubur Manado dari bonggol pisang, sy jadikan setoran spesial #PejuangGoldenApron2 di minggu ke 49. Sebagai warga #cookpadcommunity_bogor yg biasa makan bubur nasi, entah kenapa setelah makan bubur bonggol pisang saat maksi, sy malah ngga laper-laper lagi sampai malam, masih kenyang aja😁 Baiklah, sekarang kalau ada bonggol pisang lagi, sy tau mau dibikin apa agar bonggolnya berguna dan perutpun bahagia😅😂🤣

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras):

  1. 500 gr bonggol pisang kepok, sudah bersih
  2. 500 ml air
  3. Perendam bonggol pisang:
  4. 1,5 liter air
  5. 1,5 sdm garam
  6. Campuran bubur:
  7. 100 gr jagung yg sudah dipipil
  8. 75 gr singkong yg sudah dipotong kotak kecil
  9. 75 gr labu parang yg sudah dipotong kotak kecil
  10. 75 gr wortel yg sudah dipotong kotak kecil
  11. 25 gr bayam sudah dipetiki
  12. 25 gr kangkung sudah dipetiki
  13. Bumbu & perasa:
  14. 1 batang sereh sudah digeprek
  15. 3 tangkai daun kemangi yg sudah dipetiki (sy tidak pakai)
  16. 2 sdm minyak sayur (boleh tidak)
  17. 1/2 sdm garam (sesuaikan lagi)
  18. Pelengkap:
  19. Ikan asin goreng/rempeyek teri
  20. Sambal tomat
  21. Kerupuk

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras)

1
Potong-potong kecil/iris bonggol pisang yang sudah dikupas (gunakan bagian yg putih dan teksturnya seperti bangkuang) lalu rendam dalam larutan perendam. Rendam semalaman, cicipi, jika masih terasa kelat, cuci bersih bonggol pisang dan ulangi perendaman menggunakan larutan yg baru.
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 1
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 1
2
Tiriskan bonggol pisang yg sudah direndam. Cuci bersih, lalu rebus dengan air menggenang sambil ditutup kurang lebih 15 menit. Tiriskan.
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 2
3
Rebus menggunakan api sedang cenderung kecil: labu parang, singkong dan 300 ml air. Tutup panci dan rebus sampai singkong dan labu empuk. Setelah empuk, tambahkan wortel dan serai. Rebus sampai wortel empuk.
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 3
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 3
4
Sambil menunggu wortel empuk, masukkan 200 ml air ke dalam blender. Tambahkan setengah dari bonggol pisang, lalu blender sampai halus. Setelah halus, tambahkan sisa bonggol pisang secara bertahap sampai semua bonggol habis dan halus. Setelah bonggol pisang halus, tambahkan jagung, lalu blender lagi sampai halus.
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 4
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 4
5
Tuang hasil blenderan ke panci rebusan labu, singkong dan wortel. Jika ada bonggol jagung, masukkan juga agar kaldunya menambah citarasa bubur. Tambahkan juga minyak sayur. Masak bubur sambil sesekali diaduk agar bagian bawahnya tidak gosong. Masak sampai bubur mengental dan semua bahan matang. Tambahkan garam lalu cicipi dan perbaiki rasanya. (Mungkin masih ada garam dari proses perendaman yg terbawa di bonggol pisang, pastikan dl rasa asin bubur sebelum menambahkan garam)
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 5
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 5
6
Terakhir masukkan bayam, kangkung dan kemangi. Sambil diaduk, masak sebentar sampai sayuran layu. Matikan api.
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 6
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 6
7
Pindahkan ke wadah saji. Hidangkan dengan pelengkapnya.
Bubur Manado Bonggol Pisang (tanpa beras) - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur ayam khas Tasikmalaya😁

Bubur ayam khas Tasikmalaya😁

Bubur nya enak bgt wajib coba..

5 porsi
Bubur ayam kampung

Bubur ayam kampung

Sarapan bubur ayam kampung sederhana, biasanya kalo lgi demam aja pasti dibikinin bubur ayam deh sama emak, jadi kangen moment ituu btw

Day. 39 Bubur Buncis Kuah Santan (7 month+)

Day. 39 Bubur Buncis Kuah Santan (7 month+)

Sarapannya ga terlalu banyak. Lebih pengen nyusu. Harinya adem sih. Jadi enak buat tidur.

Bubur Jasuke (Jagung, susu, keju)

Bubur Jasuke (Jagung, susu, keju)

Malam Cookpaders 👌 Berawal dari teman bikin Bubur Jagung jadi teringat Bibi yg di Jawa selalu bikin bubur Jagung, tapi saya belum pernah bikin, akhirnya saya tengok Resep Mbak Desriayu, cm banyak yg saya skip, yaitu Santan, Kayu Manis dan Vanila, kebetulan Stok Santan habis, serta nggak begitu gemar memasak dg Kayu Manis, Vanila ada seh, cm pengin menikmati Rasa alami jagung nya saja.. Sengaja cm bikin 1 buah Jagung, karena pengin bikin Bakwan Jagung untuk menu Lauk, selain itu juga baru pertama kali bikin Bubur Jasuke ternyata Nikmat banget.. Terimakasih Mbak Desriayu atas Inspirasi Bubur Jagungnya. Yuk Cekidot 👌 #WeekendChallenge #Cabeku #FestivalRamadahanCookpad #DiRumahAja #Cookpad_id #CookpadIndonesia #BuburJasuke #ResepBuburJasukeSastraDewi

2 porsi Kecil
Bubur Oat dan Sayuran (Sarapan Sehat)

Bubur Oat dan Sayuran (Sarapan Sehat)

Nutrisi makanan yang baik sangat penting bagi penderita kanker karena hal ini memengaruhi kondisi kesehatannya secara menyeluruh. Apa saja sih nutrisi makanan dibutuhkan...? Yaitu protein dan karbohidrat. Keduanya wajib dikonsumsi dalam sehari-hari. Karena untuk perbaikan jaringan tubuh, dan pemeliharaan sistem kekebalan tubuh serta energi yang diperlukan tubuh selama pengobatan kanker. Buat para moms dan adek2 pejuang lawan kanker jangan bersedih dan berkecil hati ya... segala penyakit pasti ada obatnya selain itu sebagai ikhtiar atau usaha kita dengan menjaga pola hidup yang baik, konsumsi makanan yang sehat2 saja ya... dan perlu diperhatiin ya moms untuk konsumsi makanan yang sehat gak perlu bahan2 yang mahal ya... karena semua bahan mentah dari alam semua ciptaan Allah jadi pastinya bermanfaat buat kelangsungan hidup kita seperti sayuran, buah dan hasil panen protein hewani yang semuanya produk lokal serta diolah dengan metode yang benar pasti aman untuk dikonsumsi. Apalagi masaknya penuh dengan rasa cinta pasti lezat 👌🏻😊 #BuburOatdanSayuran #SarapanSehat #KapsulAjaib #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Bandung #Dapoerezekicooking

BUBUR oat muantaap

BUBUR oat muantaap

Seneeng bgt oat bisa d bikin seenak ini, simpel n enak banget.. buat pecinta gurih, ini cocok banget buat d coba. Terharu sama rasanyaa😂 resep ini juga bisa buat bubur nasi resep by: kak Ulfa oktafia

1 orang
10 menit
Bubur tepung bubble

Bubur tepung bubble

17 April 2020

Bubur oatmeal pisang

Bubur oatmeal pisang

Sarapan pagi cuma 203 kalori tapi kenyaaaang dan sehat

1 orang
3 menit
Bubur Gunting Singkawang

Bubur Gunting Singkawang

Dessert yang mudah dibuat & cepat proses mengolahnya, khas Singkawang, Kalimantan Barat. Disebut bubur gunting karena taburan cakuenya digunting tipis-tipis. Ini favorit keluarga kami di rumah. #KapsulAjaib Semoga resep saya juga bisa bermanfaat bagi para Ibu dari anak-anak pasien atau survivor kanker yang membutuhkan asupan makanan/minuman bernutrisi baik. 💕🙏 Semangat terus ya, buat teman-teman yang sedang berjuang melawan kanker.

10 porsi
Bubur Kulit Ayam gurih

Bubur Kulit Ayam gurih

Iseng kepengen bubur tadi pagi, karena lagi #dirumahaja ahirnya bikin sendiri aja... daaaaan enak banget.... ga boong Yuk yuk yuk recook, jangan lupa bagikan yah hasil recook kalian ❤️❤️❤️ Happy cooking

Day. 46 Bubur Ayam Kuah Apel (7 month+)

Day. 46 Bubur Ayam Kuah Apel (7 month+)

Ga terlalu lahap makannya waktu sarapan.

Bubur oat apel

Bubur oat apel

Persediaan udah menipis, coba sarapan yang manis-manis aja deh...😊

1 porsi
5-7 menit
Bubur waluh kacang hijau kupas

Bubur waluh kacang hijau kupas

Tiga hari anak lanang sakit mulutnya sariawan gak masuk makanan apapun cuma ASI dan susu, waktu dia bisa makan bubur kacang bahagia campur haru karena itu artinya dia berangsur sembuh, Hamdan syakirin lillah... #PejuangGoldenApron2 #minggu22

Burjo (bubur kacang ijo)

Burjo (bubur kacang ijo)

Bismillah.. 24 juli 2020. 3 tahun lebih saya sudah menggunakan panci presto, barang yang 1 ini beneran sangat lahh bermanfaat bwt saya dalam memasak. Menghemat waktu, bahkan untuk memasak nasi pun saya di panci presto cukup 8-10 menit nasi udah matang. Hemat listrik, hemat gas dan hemat waktu tentunya ☺. awal² pakai takut bgt, ehh skrg malah ketagihan, segala apa aja di prestoin biar cepat. Oya.. Mohon maaf utk menu burjo kali ini saya tidak menyertakan foto step by step spt sbelum nya, insyaAllaah lain kali di foto in 🙏🏻. Saya klo baca resep² suka cari yang ada fotonya.. Klo g ada fotonya brasa kurang menarik, bingung ngebayangin nya, krn saya g pandai ngolah bahan di dapur 🤭🙈.

Chicken porridge

Chicken porridge

Love, bayi kamu usia berapa sekarang? Bayiku sudah setahun aku suka ga sabar nyobain dia sama apa-apa aja makanan yg aku suka, pernah ga ngasih bayi bubur ayam yg kita makan eh ternyata dia malah keselek sama suwiran ayamnya (Jawa:keloloten), makanya kali ini aku berinovasi bikin bubur ayam yg nutrisinya lengkap tapi baby juga enjoy makanya yuuh ah

Bubur Tepung Beras Putih Organik Keju MPASI

Bubur Tepung Beras Putih Organik Keju MPASI

Biar si kecil tidak bosan, coba pakai tepung beras, saya pake merk Tepung Beras Organik Biofarm

3 porsi
10 menit
Bubur Daging Sapi Wortel Jagung baby

Bubur Daging Sapi Wortel Jagung baby

Untuk bayi 11mo

2 porsi
MPASI 10 bln +  LENGKAP (bubur ikan patin & teri nasi)

MPASI 10 bln +  LENGKAP (bubur ikan patin & teri nasi)

Si baby lagi nggak doyan makan besar. Senangnya Snack atau ga buah. Tapi mau ga mau, dia harus makanbesar kan.. Jadi saya putar otak, baca2 resep + berkreasi dengan bahan yg ada. Papinya beliin ikan patin, ya udah deh...si mommy berkreasi dengan si patin.