Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang yang Lezat

Dipos pada August 11, 2019

Sate Ayam Bumbu Kacang

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Sate Ayam Bumbu Kacang yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Sate Ayam Bumbu Kacang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Sate Ayam Bumbu Kacang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sate Ayam Bumbu Kacang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Sate Ayam Bumbu Kacang biasanya untuk ยฑ 50 tusuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Ayam Bumbu Kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Ayam Bumbu Kacang memakai 26 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Membuat sate memang agak ribet, apalagi kalau mau buat setoran seperti ini, harus mempunyai feel yang sangat bagus buat masak dan menulis resepnya, hehe.. Menurut saya, yang bikin sate enak, selain proses juga kecap yang dipakai. Bukan promosi ya, tapi saya paling suka pakai kecap Bango atau kecap Cap Orang Jual Sate. Kali ini saya bikin sate dengan marinasi hanya pakai kecap manis dan jeruk nipis. Rasanya ternyata g kalah enak dengan marinasi komplit. Untuk membuat empuk dagingnya, saya pakai metode bungkus dengan daun pepaya. Hasilnya, sate terasa empuk mantull ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜ #PejuangGoldenApron2 #MingguKe48

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Ayam Bumbu Kacang:

  1. 750 gr daging ayam fillet
  2. 2 lembar daun pepaya, remasยฒ dengan lembut
  3. 1 sdm air jeruk nipis
  4. 3 sdm kecap manis
  5. ๐Ÿ’• Bumbu Kacang:
  6. 250 gr kacang tanah
  7. 10 siung bawang merah, potong tebal
  8. 5 siung bawang putih, potong tebal
  9. 5 buah cabe keriting, potong panjang
  10. 150 gr gula merah, sesuai selera
  11. 2 sdm gula pasir
  12. 1/2 sdt garam
  13. 1 sdt munjung kaldu bubuk
  14. 500 ml air hangat
  15. 1 gelas air
  16. 2 sdm cuka, bisa diganti dengan air asam jawa
  17. 4 sdm kecap manis
  18. ๐Ÿ’• Olesan Bakar:
  19. Secukupnya kecap manis
  20. Secukupnya bumbu kacang yang sudah jadi
  21. ๐Ÿ’• Pelengkap:
  22. Lontong
  23. Bawang merah mentah
  24. Cabe rawit
  25. ๐Ÿ’• Lain-lain:
  26. Secukupnya tusuk sate, cuci, rendam sebentar lalu keringkan

Langkah-langkah untuk membuat Sate Ayam Bumbu Kacang

1
Membuat bumbu kacang: sangrai kacang tanah sampai matang. Setelah dingin, buang kulit arinya dengan cara diremasยฒ atau digosrek di atas tampah. Tampi agar kulit arinya pisah.
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 1
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 1
2
Tumis/goreng bawang merah, bawang putih dan cabe keriting. Masukkan dalam gelas blender, tambahkan 500 ml air hangat. Blender sampai halus. Masukkan kacang, blender lagi.
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 2
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 2
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 2
3
Tuang pada kuali atau panci. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai kacang mengkilat dan mengeluarkan minyak. Masukkan gula merah, gula pasir, garam, kaldu bubuk dan cuka/air asam. Aduk rata lalu tambahkan segelas air dan kecap manis. Masak sampai pas kentalnya. Done.
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 3
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 3
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 3
4
Membuat sate: potongยฒ daging ayam sesuai selera, kalau saya potong agak panjang. Daging bagian dada seberat 1 kg lebih, setelah dipisahkan kulit dan tulangnya jadi 750 gr.
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 4
5
Bungkus dengan daun pepaya yang sudah diremas dengan lembut, diamkan selama 30 menit. Bisa juga direndam sebentar dengan air parutan nanas.
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 5
6
Setelah 30 menit, tambahkan 3 sdm kecap manis dan 1 sdm air jeruk nipis. Aduk rata lalu tusuk pada tusukan sate masingยฒ sebanyak 3 potong. Lakukan sampai habis. Biasanya saya bikin malam lalu dimasukkan kulkas, paginya baru dibakar.
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 6
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 6
7
Tuang secukupnya kecap manis pada piring. Ambil secukupnya sate lalu lumuri dengan kecap manis.
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 7
8
Bakar sampai setengah matang. Saya pakai teflon.
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 8
9
Olesan yang ke-2. Tambahkan secukupnya bumbu kacang pada kecap yang buat olesan. Lumuri sate yang sudah dibakar ยฝ matang tadi lalu bakar sampai agak kering bolak balik. Bakarnya g usah terlalu lama biar daging juicy. Lakukan sampai habis.
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 9
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 9
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 9
10
Penyajian: tata dalam piring, lontong dan sate, siram dengan bumbu kacang. Taburi bawang merah mentah dan cabe rawit, endolitaaa rasanya ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 10
Sate Ayam Bumbu Kacang - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu bumbu kacang

Tahu bumbu kacang

Sebenernya pingen tahu petis, tapi adanya bahan bumbu kacang,,. Yadah, kita bikin bumbu tahu ala ala ajah,, dengan bahan yang tersedia,,

Tuna rol bumbu kacang menu diet

Tuna rol bumbu kacang menu diet

Punya tuna , Cari resep kok bosen2 ya. Semalam muter otak ngga dapet2 Liat kulkas Ada sawi putih Dan bumbu pecel. Jadilah kreasi baru menu diet . Klop isi Dan sausnya ๐Ÿ’“ #menudiet #rendahkalori

10 buah
30 menit
Cilok Bumbu Kacang ๐Ÿก

Cilok Bumbu Kacang ๐Ÿก

Sering banget nemu cilok bumbu kacang di jajanan pasar, coba coba buat cilok bumbu kacang. -Resepnyaa aku liat dari cookpadnya Nita Larasati https://cookpad.com/id/resep/9836015-cilok-tetap-empuk-saat-dingin-tidak-alot?invite_token=4RDAoMrVqT5xJ8HvknMDJWUP #dirumahaja

Rujak Coel Bumbu Kacang

Rujak Coel Bumbu Kacang

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูฐู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู… Kembali lagi kita waktunya ngabibita. Kali ini tema nya dari mba yuyun #ComBoNgabibita_RujakCoel bareng #CookpadCommunity_Bogor Pas banget cuaca kaya gini makan rujak biar makin syeger, ditambah stock buah lagi ada juga, Recook resep sendiri ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ biasanya kalau bikin ngga pernah pake kacang goreng. Paksu request pngen dipakein kacang horeng akhirnya nyoba dipakein sedikit. Ternyata rasanya enak dan ada sedikit kriuk* gtu dari bumbu nya,, digadoin juga enak ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿฅฐ ๐Ÿ“† 06 Juni 2020 #wk36 #DapurSelvi2020 #MasakItuSaya #DiRumahAja #KeDapurAja #PejuangGoldenApron2 #BerburuCelemekEmas #CookpadId #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Bogor

1-3orang
1menit
Bumbu Kacang

Bumbu Kacang

Baru pertama kali coba ๐Ÿ˜ tapi alhamdulilah pda suka๐Ÿ‘

3 porsi
Otak-Otak Ikan Bumbu Kacang

Otak-Otak Ikan Bumbu Kacang

Di sini belum sempet buat Otak-Otak nya Karna beli yg sudah jadi aja, next time baru Coba buat Otak-Otak

Mie bumbu kacang

Mie bumbu kacang

Bumbu kacang yg saya pakai disini saya bikin sendiri. Bumbu ini harusnya unt cilok, tp tanpa cabe krn anak2 saya suka jg. Jd kl saya tinggal tambahin saus pedes gtu. Bumbu itu dibikin dr kacang goreng kupas asin, air, bawang putih, garam, merica, kecap dan kaldu. Saya bikin agak banyak trus saya plastikin per 1 cup, trus dibekuin di freezer. Kl butuh tinggal dipanasin. Nanti kapan2 saya share resepnya ya.

Rujak bumbu kacang mede

Rujak bumbu kacang mede

Stok kacang Mede sisa lebaran masih lumayan byk๐Ÿ˜Š kepikiran pengen dibikin saos rujak. Seger Moms..yuk ngerujak #DiRumahAja #CookpadCommunity_jakarta #CookpadCommunity_Depok

4 orang
30 menit
Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Jajanan di saat #dirumahaja

45-60 menit
Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Masih ada stok bumbu pecel/bumbu kacang di kulkas resep udah saya share yah. Tinggal bikin ciloknya aja.

5 orang
2 jam
Cilok Empuk plus Bumbu Kacang

Cilok Empuk plus Bumbu Kacang

Source : Nita larasati larasati