Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Pecel Homemade yang Sempurna

Dipos pada May 27, 2019

Pecel Homemade

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Pecel Homemade yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Pecel Homemade yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Pecel Homemade, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pecel Homemade di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Pecel Homemade kira-kira 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel Homemade sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Homemade memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kangen jajanan saat kecil akhirnya buat makanan pecel. Yg blm kesampaian makan pecel sm tempe gembus. Cus bikin yuk, mudah qo cara ngolahnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel Homemade:

  1. Bumbu pecel :
  2. 1/4 kg kacang tanah cuci bersih dan tiriskan)
  3. 12 cabe rawit (boleh mix dgn cabe lain)
  4. 4 siung bawang merah
  5. 3 siung bawang putih
  6. 2 ruas kencur (tergantung selera masing2 utk pemakaiannya)
  7. 2 biji asam jawa larutkan dengan air
  8. 1 buah jeruk limau
  9. 3 lembar daun jeruk
  10. 2 keping gula merah
  11. Secukupnya kecap manis
  12. Secukupnya air
  13. Secukupnya minyak untuk menumis
  14. Bahan sayuran :
  15. 2 buah wortel (rajang memanjang)
  16. 2 ikat bayam
  17. 2 ikat kangkung
  18. 1 ikat daun kenikir
  19. 1/4 kol (rajang kasar)
  20. 2 ikat daun kemangi

Langkah-langkah untuk membuat Pecel Homemade

1
Panaskan wajan berisi minyak diatas api sedang. Goreng bawang merah, bawang putih, kencur dan cabai hingga matang kekuningan untuk bawangnya. Angkat dan tiriskan.
2
Lanjut goreng kacang tanah hingga berwarna coklat emas dan matang. Segera matikan kompor lalu angkat dan tiriskan kacang tanah.
3
Blender atau ulek secara bersamaan bawang merah, bawang putih, kencur, cabai dan kacang tanah (kalau saya suka tekstur kacang lembut, jd tergantung selera. Biasanya untuk bumbu pecel itu tekstur masih ada sedikit kasar untuk bumbu kacangnya)
4
Setelah diblender atau ulek. Panaskan wajan beri minyak sedikit minyak goreng untuk menumis. Masukkan bumbu kacang. Beri air secukupnya, tambahkan gula merah, daun jeruk, asam jawa yg sudah dilarutkan dengan air dan jeruk limau. Masak hingga matang dan mengeluarkan minyak.
5
Sambil menunggu bumbu pecel. Cuci bersih semua sayuran. Siapkan alat kukusan, kukus semua sayuran dalam panci kukusan kurleb 10-15 menit kecuali untuk kemangi biarkan jng dikukus.
6
Setelah matang tata sayuran dan siram dengan bumbu kacang. Bisa tambahkan tempe goreng tepung sebagai teman makan pecel.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel Pecel ala Cah Nganjuk

Sambel Pecel ala Cah Nganjuk

Kangen pecel Nganjuk, jadinya buat sendiri aja deh karena kalau beli rasanya beda. hihi #sambelpecel #pecelkediri #pecelmadiun #cabeku

5 orang
15 menit
Pecel ala anak kosan

Pecel ala anak kosan

Masak apa yang ada

2 orang
30 menit
#5 Pecel Santan Terong & Ndog Ceplok

#5 Pecel Santan Terong & Ndog Ceplok

Bismillah... Lama ga ikut celens2.. kali ini mimi mau ikutan @KomunitasPaders yg lagi bikin celens.. Dlm rangka anniperseri Paders ke 5..yeeaayy...chukkaee..chukkae... Tantangan rikuk resep2 adminsay yg dipilih adminsay sambil nebak kesukaan adminsay yg mana.. 😁 Mimi masak resep @ayunabillarumaropen pecel santan ini.. menu simpel (semua resep pilihan adminsay simple semua, cucok buat mimi yg ziboeks) Tebakannya ini tuh kesukaan bujend @opibun kenapa..kenapa.. Krn karakter bujend tuh suka ama masakan simpel dan legit2 gini.. udh gitu keknya kurang suka yg terlalu pedes2 jd pecel gini pasti jd kesukaan bujend deh.. bener kaannn?? Mian ya makBil kalo resepnya di modif, kan kalo terong tempe mimi dah pernah rikuk, tp demi celens paders mimi masak lagi dengan berkreasi 😁. 💮Buat adminsay semoga sehat selalu, berkah+lancar rejekinya biar sering2 bagi2 hadiah.. Lope se Ponde-Papua lewat Bogor🥰🥰 🎂Buat Paders yg udh TK.. semoga makin rame lagi, byk member2 baru lagi, byk kegiatan lagi,, trs biar bisa mitap2 lagi potluck2 lagi.. Aamiin #Paders_HiFive #KomunitasPaders

10. Pecel Rawon Ayam

10. Pecel Rawon Ayam

Anak cantik ingin sarapan rawon, tp suami ingin sayur...Masih ada stok ayam, bumbu rawon dan bumbu pecel....Jadilah Pecel Rawon Ayam 🥰🥰👍 #CABEKU #ayaminlopwityu

Resep Cilok Bumbu Pecel

Resep Cilok Bumbu Pecel

Rasanya tu tangan nggak pengen berhenti ngolah gitu lho.. Hhihi.. Kalau ada bahan tepung tepungan pengen aja ngolah apa gitu. Akhirnya aku coba bikin cilok dengan memanfaatkan bahan yang ada di dapur 😆😆. Lets try..

2 porsi
Pecel Terong

Pecel Terong

Pecel terong ini merupakan salah satu masakan favorit keluarga kami di desa. Masakan yang diperkenalkan ibuk, yang selalu bikin rindu suasana desa. Cukup dimakan dengan nasi hangat pulen pecel terong ini sudah sangat nikmat sekali.

3 porsi
30 menit
190 Gado-gado Praktis dengan Bumbu Pecel Siap Pakai

190 Gado-gado Praktis dengan Bumbu Pecel Siap Pakai

Menu andalan kalau lagi pengen makan gado-gado tapi waktu masak terbatas, yaitu dengan memanfaatkan stok bumbu pecel siap pakai. Praktis, endulisius, dan semuanya suka. Untuk lontong menulnya, saya bikin sendiri, ga sampai berjam-jam. Cara bikin lontong menul yang hemat gas, bisa dibaca di resep saya sebelumnya dengan link berikut: https://cookpad.com/id/resep/13312436-170-lontong-menul-hemat-gas-metode-10-30-20 #PejuangGoldenApron3 #Week11 #OlahanSayuranKayana

2 porsi
15 menit
Lontong Padang / lontong pecal / lontong sayur

Lontong Padang / lontong pecal / lontong sayur

Rindu kampung halaman yuk masak , bahan2 mudah loh

7 porsi
1 jam
Pecel sayuran

Pecel sayuran

#JelajahResepSayuranHijau #JelajahResep

Bumbu pecel rumahan lembut

Bumbu pecel rumahan lembut

Sering kali pulang ke Kediri selalu bawa oleh2 bumbu pecel ini, Krn kmrin buru2 plgnya dan gak sempat ke pasar,akhirnya gak ke beli bumbu pecel ini 🤭dan pas balik plg ke malang sungkan kl gak ksh oleh2 ke tetangga,dan akhirnya ublek2 lah sdri buat bumbu pecel di rumah buat oleh2 ke tetangga 🤭🤗..Tarra hasilnya pun lembut dan sama persis dgn bumbu pecel Kediri👏👍

40 menit
Pecel Mie

Pecel Mie

Makanan saat msh di kampung halaman, ngangenin, tp ga ada yg jual.. jd bikin aja mom

3 Porsi
Tahu Telur Bumbu Pecel

Tahu Telur Bumbu Pecel

Maafkan sy yg terlalu doyan bumbu pecel hingga sayur"nya dan tahu telurnya ga nampak 😂🤣🤣.. Ni bumbu pecel bikin sendiri ya mudah kok pake blender aja biar cepat 😆.. Tingkat kepedasannya atur aja ya.. Disini sy pake gula merah yg sdh dicairkan terlebih dahulu jd tingkat kemanisan sesuai selera..

Jenang Pecel ala Magetan

Jenang Pecel ala Magetan

Kalo mudik ke rumah nenek, menu tradisional ini yang pertama kali saya cari.... Dari bahan bubur sumsum tanpa kuah gula merah namun diganti dengan sayuran dan bumbu pecel plus rempeyek...wow rasanya nagih banget.... Untuk ngobatin kangen karena lebaran taun ini ga bisa mudik, bikin sendiri yuk...😍😍😍 #CABEKU #PakKetipakTepung #CookpadCommunity_Surabaya

1 porsi
5 menit
🌿Pecel Tempe Kemangi🌿

🌿Pecel Tempe Kemangi🌿

Namanya pecel tempe tp beda jauh sama pecel sayuran biasanya. Tp ini rasanya enak.. cocok klo sama sayur bening 😀#Tempebuatanku#PekanPosbarTempe

Cireng bumbu pecel

Cireng bumbu pecel

Dulu pernah nyoba bikin cireng tp gagal total soalnya keras 🤭. Sekarang memberanikan diri buat nyoba lagi, alhamdulillah lumayan rasanya. Ditambah disiram bumbu pecel makin sedap.

Pecal Brambangrawit

Pecal Brambangrawit

Pecal ini sangat jos loh dengan bumbu pecal siap saji dari Brambangrawit tinggal seduh air panas bumbu pecal yang enak siap di nikmati, untuk sayuran sesuai selera saja, pecal ini rasanya pedas menggoda dan bikin nagih gitu, penasaran seperti apa rasanya monggo di coba, happy cooking! Salam sehat untuk kita semua. #AkuMemasakSesuatuUntukmu #Pecal

5-8 porsi
30 menit
565. Siomay Goreng Bumbu Pecel

565. Siomay Goreng Bumbu Pecel

Kemarin saatnya semarak tema putih telur dengan pilihan tema dari mbak Desfita Dea Karena cookpad eror mau share sampai malam tu susah banget Alhasil saya kirim sekarang deh Dan ini juga sekalian recook mbak irani, resep asli namanya batagor aci Tapi kalau saya bilang ni somay goreng🤭✌️ Kalau punya mbak irani tu pakai bumbu kacang, efek bumbu pecel buanyak jadi ya pakai bumbu pecel aja deh hehe Yuk dicoba Source Irani Nara #PejuangGoldenApron3 #GABerputelPutel #Semarak_GABerputelPutel #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Balikpapan #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeDa_IraniNara #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan #DutaRecookBorneo #DutaRecookBalikpapan #Bunnabelajarmasak #resepalaBunna💜 #alaBunna💜 #week52

Sambel Pecel Uleg

Sambel Pecel Uleg

Setor Menu #pejuanggoldenapron3 #cookpadcommunity_solo