Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Telur Tahu yang Bikin Ngiler

Dipos pada January 15, 2022

Opor Ayam Telur Tahu

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam Telur Tahu yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Opor Ayam Telur Tahu yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam Telur Tahu, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam Telur Tahu sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Ayam Telur Tahu adalah 3-4 Porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Telur Tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Telur Tahu memakai 29 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Telur Tahu:

  1. 0.5 Kg Ayam Negri Utuh Kecil (Potong 8)
  2. 4 Butir Telur
  3. 3 Tahu Kotak 10x10 cm (Bagi 4)
  4. 1 Sereh
  5. 2 Daun Jeruk
  6. 3 Daun Salam
  7. 1/2 Santan Kara
  8. 1 Liter Air
  9. Penyedap:
  10. 2 Sdt Gula
  11. 2 Sdt Garam
  12. 2 Sdt Ketumbar bubuk
  13. 2 Sdt Lada
  14. Bumbu Halus:
  15. 5 Siung Bawang Merah
  16. 4 Siung Bawang Putih
  17. 4 Kemiri
  18. 1/2 Ruas Jari Kunyit (Optional kalau mau jadi opor kuning)
  19. 1 Ruas Jari Jahe
  20. 2 Ruas Jari Lengkuas
  21. 1 Sdt Garam
  22. Sedikit Air untuk menghaluskan
  23. Pelengkap:
  24. 2 Jeruk Nipis
  25. secukupnya Minyak

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Telur Tahu

1
Bersihkan ayam dan potong menjadi 8 bagian. Keringkan ayam. Lumuri dengan 1 - 2 sdt garam & jeruk nipis. Diamkan 15 - 30 menit supaya ayam tidak amis. Cuci dulu sebelum digunakan.
2
Potong tahu 10x10cm menjadi 4 bagian. Goreng dengan minyak semuanya sampai solid dan tidak buyar sekitar 15 menit. Tiriskan.
3
Rebus telur 15 menit. Tiriskan. Kasih air dingin / tunggu adem, baru dikupas.
4
Cuci dan bersihkan kulit bahan bumbu halus dan potong-potong kecil. Blender semuanya jangan lupa berikan sedikit air agar tidak seret blenderannya.
5
Siapkan panci dan tumis bumbu halus menggunakan minyak secukupnya. Setelah agak kecoklatan dan wangi, tuangkan air santan kara yang sudah dicampur dan aduk dengan semangkuk / seliter air.
6
Masukan ayam, sereh, daun salam, dan daun jeruk yang sudah digeprek semua, aduk. Tunggu mendidih. Isi panci harus selalu diaduk.
7
Kasih bumbu penyedap (gula, garam, ketumbar dan lada) lalu cicip. Kalau kurang sedap tambahkan sesuai selera.
8
Begitu sudah oke dan ayam mulai matang, masukan telur dan tahu. Diamkan dulu beberapa saat dan opor sudah selesai.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Tahu bulat

Opor Tahu bulat

Beli tahu bulat kebanyakan, tdk dimakan spy tdk mubazir sisanya dibumbui opor aja..... #JembatanMerahPlaza #SalamGemes #CookpadCommunity_Surabaya

2 porsi
20 mnt
Opor nangka

Opor nangka

Masak praktis... 😁😁

Fun MPASI : Opor Ati Ayam (Bisa dari 6m+)

Fun MPASI : Opor Ati Ayam (Bisa dari 6m+)

Opor ini dibikin pas lebaran jadi bisa bikin buat dewasa dan buat bayi dibedain bumbunya aja biar nggak terlalu strong 😁 #resepmpasi #resepopor #oporayam #mpasi6bulan #mpasi7bulan #mpasi8bulan #mpasi9bulan #mpasigampang #mpasihomemade

3x makan
30 menit
20. Opor Ayam Kemangi

20. Opor Ayam Kemangi

Kemarin mendapat panggilan mendadak dari kantor, pulang zuhur. Lalu istirahat. Ba'da ashar masih ada jadwal menyimak kajian online. Akhirnya masak lauk sahur jam 8an selesai tarawih. Rencana mau masak opor ayam dan kentang mustofa. Qodarulloh, gas habis saat sedang menggoreng kentang kloter tiga. Syukurlah opornya sudah matang. Jadi sahurnya lauk opor ayam dan kentang goreng yang belum dibumbui itu, alhamdulillah 😊😇 Oh ya, saya hanya memasak beberapa ons ayam, jadi takaran bumbunya disesuaikan saja ya.. Resep opor ini enak sekali. Kebetulan saya tidak pakai kemangi. Mungkin akan lebih segar jika pakai kemangi ya 😉

Ayam Bakar Bumbu Opor

Ayam Bakar Bumbu Opor

Punya sayap sisa 6 potong aja dikulkas mikir mau dimasak apa 😄 biar anak2 ga bosan dibakar aja deh yah dan sukses bikin makan mereka lahap ☺ #PejuangGoldenApron3

Opor ayam tahu

Opor ayam tahu

😉

3 org
1 jm
Terik Soun Legend ala Mbah Uti (Nenek)

Terik Soun Legend ala Mbah Uti (Nenek)

Ngomongin masakan terkadang salah satu mengingatkan kita pada seseorang, ibu, nenek atau siapapun karena citarasa menu yang dirasakan saat kita makan selalu mengingatkan org tersebut. Itulah kenapa judulnya Legend 🤭 karena ini sallah satu menu andalan alias jadul saat dlu wktu saya masih kecil nenek saya slalu bikin menu2 simple dengan citarasa yg khas. Semangat mencoba dan semoga bermanfaat.

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

#Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar

6 porsi
60 menit
Opor Ayam Praktis Instant

Opor Ayam Praktis Instant

ini salah satu menu masakan yang paling favorit bangett dan sering banget dikangenin, cuma dulu tuh males bikinnya karna dibayanginnya tuh bikin opor susah bangettttt eh pas dicoba dengan resep yang praktis, cepat ternyata gampang juga yaaaa

7 porsi
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Masakan favorit sikecil,

MPASI 6m+ Opor Ayam Kentang

MPASI 6m+ Opor Ayam Kentang

Suasana lebaran anak bayi ikutan makan opor

Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

H-5 menuju idul fitri #FestivalRamadanCookpad. #TiketMasukGoldenApron3. #CookpadCommunityBogor.

2 orang
Opor Ayam Bumbu Putih

Opor Ayam Bumbu Putih

Ini salah satu khasnya masakan lebaran yang selalu ada, ya kan..... Saya pakai bumbu ala almh mama, tapi untuk menghaluskan bumbu saya tidak setelaten beliau yang menggunakan cobek, saya pakai food processor biar cepat 😁 #PejuangGoldenApron3 #resepmingguke9