Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Sala Bulek yang Sempurna

Dipos pada July 23, 2021

Sala Bulek

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Sala Bulek yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Sala Bulek yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Sala Bulek, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Sala Bulek di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sala Bulek sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sala Bulek memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ku rindu makanan khas waktu kuliah dulu. Hampir tiap buka puasa di perantauan dulu selalu beli ini. Tapi ini keras yaπŸ˜… kalo yg asli lebih lembut creamy gitu. Percobaan perdana. Kebanyakan rebon aku sih. Jadi warnanya begitu. Trus kelupaan pake daun kunyit. Kalo di tempat asalnya pake daun kunyit, warnanya juga kuning seger gitu. Tapi Alhamdulillah enak sih menurutku. Sedikit mengobati rindu.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sala Bulek:

  1. 200 gr tepung beras rose brand
  2. 7 btr cabai merah
  3. 5 btr bawang merah
  4. 2 btr bawang putih
  5. Sedikit rebon. Boleh pake daging ikan asin yg disuir
  6. Seruas kunyit
  7. Seruas jahe
  8. Secukupnya gula dan garam
  9. Air

Langkah-langkah untuk membuat Sala Bulek

1
Gongseng tanpa minyak tepung beras rose brand dengan api kecil selama 10mnt.
2
Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan jahe. Lalu rebus dengan sedikit air. Jangan terlalu banyak. Beri gula dan garam.
3
Campurkan bumbu halus dengan tepung hingga bisa diuleni. Disini kecukupan air sangat penting karena jika terlalu banyak akan sulit diuleni sebab terlalu cair.
4
Bentuk bulat-bulat kecil. Diamkan selama satu jam. Lalu masukkan ke minyak yg masih suhu ruangan dengan api sangat kecil, agar terendam.
5
Lama kelamaan, minyak akan mulai panas dan menggoreng. Lalu gunakan api besar. Jangan diaduk2. Aduk jika sudah terlihat kering. Angkat dan selamat menikmati.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Oreo cheesecake

Oreo cheesecake

Adem lembut buat buka puasa #FestivalRamadanCookpad

Bakmi sayur ayam

Bakmi sayur ayam

Memanfaatkan stok yang ada dalam kulkas... Jadi campur campur bahan jadi satu... Alhamdulillah buat buka puasa nikmat juga lah..

Es blewah feat kelapa muda KW

Es blewah feat kelapa muda KW

Seger dingin buat buka puasa atau setelah tarawih 😁

Pepes lele kemangi

Pepes lele kemangi

Bojo lagi gak boleh makan yg goreng2-an...jadi buat lauk yg serba kukus2-an...cocok untuk berbuka dan sahur juga

3 porsi
Gulai ikan nila

Gulai ikan nila

Alternatif menu berbuka puasa

6 porsi
Rajungan saos tiram

Rajungan saos tiram

Menu buka puasa request suami

3 porsi
Es Cincau Matcha

Es Cincau Matcha

Assalamualaikum,wr.wb,,,,,Sobat Cookpaders,,,, Saya mau ajak Sobat Cookpaders buat minuman yang bercita rasa manis,creamy dan sensasi green tea yang menyegarkan dan sebagai penunda lapar,untuk mengharap kesunnahan berbuka puasa Minuman ini bisa disajikan dingin ataupun hangat,aman dikonsumsi mulai balita hingga lansia Selamat mencoba,,, #DirumahAja #BagikanInspirasimu #FestivalRamadhanCookpad #RamadhanPenuhIdeMasakan #Cookpadcommunity_surabaya #Cookpadcommunity_madura #Clovercookinglover

Urap jagung manis

Urap jagung manis

Kapan ya pandemi ini berakhir? Mengharuskan kita tetap #DiRumahAja supaya gak bosan yuk #KeDapurAja bikin takjil buka puasa yang mengenyangkan seperti urap jagung ini. Sebenarnya udah lama cookmark resep mbk LilisSyam @LilisSyam26 , tapi hawa malas ada aja. Karena pekan ini ada #WeekendChallenge #CABEKU #FestivalRamadanCookpad bersama #cookpadcommunity_semarang yang temanya #AnekaOlahanJagung jadi semangat cus langsung bikin. #MasakItuSaya #CocomtangPost_WarnaKuning #GoDa_Paders #GodaRamadhan_AntiRempongClub #Cookpad_Paders #KomunitasPaders #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia #year2020week18

Bihun goreng sederhana

Bihun goreng sederhana

Menu berbuka puasa dadakan Liat bihun buanyak banget jadi di olah aja dari pada mujabir eeh salah mubajir 😁😁

Sambal Terong Ala RumahanπŸ’

Sambal Terong Ala RumahanπŸ’

Menu berbuka puasa hari ini

Untuk 5 porsi
Pancake lembut simple

Pancake lembut simple

Jadi kemaren siang2 suami ngirimin minta bikinin pancake saat berbuka puasa nanti,.....saat buka2 resep pancake ketemu lah sama resep mbak @rieya riya yg sangat simple.....dan jadilah pancake kesukaan suami #audisidutarecook #cookpadcommunity_borneo #cookpadcommunityindonesia #cookpad #cookpadcommunity #farhahsquad

Es mutiara

Es mutiara

Persiapan untuk buka puasa kalau beli 1 bgkus kurang, mndgan bkin bsa ber- x x nambah

Sop buah ceria 😊

Sop buah ceria 😊

Pas disajikan buat berbuka puasa πŸ₯°

Nastar Keju

Nastar Keju

Ini lanjutan dari selai nanas kemarin ya...jadi selainya udah di dalam nastar dan udah di dalam perut πŸ˜…. Kesukaan mas suami nih...jadi kalo bikinnya buat lebaran, udah banyak pilihan dan udah kenyang duluan, jadi bikinnya pas puasa gini aja, di cemil2 pas buka puasa..ntar lebaran bikin lagi 😍 #PejuangGoldenApron2 Tgl.12-05-2020 (minggu ke 33)

Bakwan sayur

Bakwan sayur

Makanan wajib kalo buka puasa ya gorengan kali ini bikin bakwan sayur

Ayam geprek

Ayam geprek

Bingung buat lauk buka puasa buat anak , jadilah ini ayam geprek , Alhamdulillah sukaa πŸ˜‹

Sop iga bakar, empuk

Sop iga bakar, empuk

Buka puasa pake ini tuh rasanya hemm.. ini saya share resep iga bakarnya dulu ya. Sop nya postingan berikutnya, karna sekalian bikin sop iga.

Sop ikan kakap

Sop ikan kakap

Berbuka puasa dengan yang segar segar dan yang ada stock di kulkas karena lagi Lock Down.#DiRumahAja

1 porsi
Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda

Minuman untuk berbuka puasa, bikin sendiri selalu lebih terjamin dan sesuai selera serta stok yang ada 😁, selamat berbuka

Perkedel Kentang Daging

Perkedel Kentang Daging

Recook resep dari Devy Synthia dgn modifikasi Udah lama pengen bikin perkedel daging buat menu buka puasa πŸ˜‹

22pcs