Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak bijak salak / cadil yang Lezat

Dipos pada March 18, 2021

Kolak bijak salak / cadil

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Kolak bijak salak / cadil yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Kolak bijak salak / cadil yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak bijak salak / cadil, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak bijak salak / cadil di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak bijak salak / cadil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak bijak salak / cadil memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Favoritnya suami dan anak kalau bulan Ramadhan adalah berburu takjil, tp krn ada wabah corona gini jd agak takut mau beli2 diluaran. Alhasil bikin sendiri deh. Bahannya gampang, resep mudah dibuat, dan ga mahal juga. Selamat mencoba..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak bijak salak / cadil:

  1. Bahan biji salak :
  2. 400 gram ubi kuning
  3. 250 gram tepung tapioka (sy pakai merk alini)
  4. Sejumput garam
  5. Bahan Kuah bubur
  6. 6 sdm tepung tapioka
  7. 150 gram gula aren
  8. 75 gram gula pasir
  9. 600 ml air
  10. 1/2 sdt vanili bubuk
  11. Sejumput garam
  12. 1 lembar daun pandan ikat simpul
  13. Bahan areh santan
  14. 65 ml santan kara
  15. 150 ml air matang
  16. Sejumput garam
  17. Gula secukupnya (sy skip)
  18. 1 lembar daun pandan ikat simpul
  19. 1/2 sdt vanili bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Kolak bijak salak / cadil

1
Cara memasak biji salak : kukus ubi sampai matang, kalau sudah matang segera hancurkan sampai lembut kemudian campur dg tepung tapioka dan garam sampai tercampur rata. Bentuk bulat kecil (jangan terlalu besar krn nnti saat direbus jd mengembang).
2
Bahan kuah : rebus bahan kuahnya kecuali tepung tapioka. Setelah gula larut masukkan bahan biji salak, rebus sampai adonan seluruhnya mengapung (artinya si biji salak sdh matang). Larutkan tepung tapioka dg sedikit air sampai semua larut kemudian masukkan ke adonan kuah gula. Aduk cepat spy tepung mengental dan tidak menggerindil biarkan sampai mendidih dan kuah mengental kemudian matikan api.
3
Membuat bahan santan : campur semua bahan santan dlm panci aduk2 sampai rata lalu masak di atas kompor dg api kecil sampai mendidih, koreksi rasa.
4
Tata dalam mangkok bubur biji salak kemudian beri kuah santan sesuai selera.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak susu (ubi&jagung) *nosantan

Kolak susu (ubi&jagung) *nosantan

cocok buat kalian yang lagi diet atau hidup sehat. Dan rasanya dijamin enak๐Ÿ’ฏ creamy๐Ÿ˜‹ lebih enak dibanding pake santan.

2-3 porsi
Kolak ceria

Kolak ceria

ceria seperti nama kolaknya๐Ÿ˜ tanpa santan ya moms, #dirumahaj #masaksederhana #belanjadrrumah #ramadhan

Kolak tape kolang kaling

Kolak tape kolang kaling

Pulang kerja karna ndk WFH harus bisa mensiasati waktu, sengaja ndk beli takjil diluar, karna kangen dengan menu bukber diluar jd sekalian kita ikut #FestivalRamadhanCookpad #RamadhanPenuhIdeMasakan special disiapkan unk pak suami, Alhamdulillah beliau sukaa๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

2 porsi
20 menit
Kolak pisang labu cincau

Kolak pisang labu cincau

Ini juga sisa menu buka puasa kemarin, kenapa saya tambahkan cincau karena kolak bersantan jadi butuh yg bisa mredakan tenggorokan agar tidak serak2 gimana gitu karna kebanyakan minum santan ๐Ÿ˜†

Kolak pisang gula putih

Kolak pisang gula putih

Berhubung satu rumah ga suka gula merah tp pengen jg buka puasa pake kolak, ya udah emak nyoba bikin kolak pake gula pasir aja.. dan tetep enak kok.. ๐Ÿ˜

Kolak ketamujo(ketan talas mutiara kacang ijo)

Kolak ketamujo(ketan talas mutiara kacang ijo)

menu takjil untuk berbuka puasa

Kolak Pisang Ubi tanpa Santan

Kolak Pisang Ubi tanpa Santan

bulan ramadhan, waktunya bikin yg manis-manis buat buka :)

4 porsi
Kolak pisang

Kolak pisang

Lagi bulan ramadhan pas banget ada pisang yg mateng (panen) langsung kepikiran deh buat kolak sbg takjil ๐Ÿ˜

Kolak labu kuning

Kolak labu kuning

pingin berbuka bikin kolak kesukaanq#festivalramadhancookpad

Kolak waluh(Labu kuning)+jagung manis

Kolak waluh(Labu kuning)+jagung manis

Waluh/labu kuning untuk menurunkan suhu tubuh.. Cocok buat berbuka dan menjaga kondisi tubuh saat berpuasa.

4 porsi
Kolak Pisang Simpel

Kolak Pisang Simpel

Pengen ngemil di jam genting, cekricek cuma punya pisang kepok..langsung ekysekusiong.

2-3 orang
30 menit
Kolak Kacang Ijo

Kolak Kacang Ijo

Menu kolak andalan keluarga saya, anak2 dan suami suka kolak yg berkuah banyak gini krn sekalian dicampur es batu jadilah es kacang ijo ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Kolak Ramadhan

Kolak Ramadhan

Menu takjil dengan porsi 33 gelas #kolakramadhan #kolak #menuramadhan #menutakjil #menupuasa #dirumahaja #festivalRamadanCookpad #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo

Kolak Pisang Koka Mutiara

Kolak Pisang Koka Mutiara

Resep Kolak Pisang ini mengingatkan saya pada almarhumah nenek bude yang meninggal karena kanker payudara. Beliau adalah #PahlawanDapur sesungguhnya, karena beliau memasak sendiri semua masakan untuk warung makannya, yang selalu ramai. Salah satu menu andalan warung makan beliau adalah kolak pisang kolang kaling yang laris manis. Sayangnya hingga beliau meninggal saya tidak mengetahui secara detail resep kolaknya ๐Ÿ™ Hari ini saya masak dengan memori masa lalu, hehe... Sengaja kuah kolaknya saya buat putih, perpaduan santan segar, susu kental manis dan gula batu. Ternyata rahasia rasa segar kolak adalah penggunaan santan segar dari kelapa yang baru diparut. Rasanya akan berbeda jika kuah kolaknya memakai santan instan, jadi kalau masak kolak, sebaiknya santan segarnya jangan diganti ya... :). Selamat mencoba. #PejuangGoldenApron3 #markobar_makanantradisional #cookpadcommunity_semarang #Godateflon_minggu22 #MasakAsyik

Kolak pisang

Kolak pisang

Dirumah banyak stok pisang, dan kebetulan ada labu kuning dan ubi kuning.. cuss lah bikin kolak pisang. Dimakan pas musim hujan mantap..