Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sup Ikan Nila yang Sempurna

Dipos pada July 25, 2021

Sup Ikan Nila

Sore-sore begini enaknya membuat Sup Ikan Nila yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Sup Ikan Nila yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Sup Ikan Nila, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sup Ikan Nila sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Sup Ikan Nila kira-kira 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sup Ikan Nila sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sup Ikan Nila memakai 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Recook resep dari Dapur Si Emak, cabenya dimasukkan akhir karna sekalian masak buat anakku. Seger banget buat buka puasa. Dan yang bikin bahagia, si ayah sampe nambah digadoin 😁😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sup Ikan Nila:

  1. 2 ekor ikan nila
  2. 1/2 buah tomat
  3. 5 buah cabe rawit utuh
  4. Daun jeruk
  5. Daun bawang
  6. 1 btg sereh (geprek)
  7. Lengkuas (geprek)
  8. Secukupnya garam, gula, penyedap
  9. Bumbu Iris:
  10. Bawang merah
  11. Bawang putih
  12. 1 ruas kunyit
  13. 1 ruas jahe

Langkah-langkah untuk membuat Sup Ikan Nila

1
Cuci bersih ikan nila, beri perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar lalu bilas.
2
Panaskan minyak. Tumis bumbu iris, salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas geprek hingga harum.
3
Tambahkan air. Masukkan gula, garam, dan penyedap secukupnya.
4
Masukkan ikan nila, masak sampai ikan empuk. Tambahkan tomat dan daun bawang, dan cabe rawit utuh, masak sebentar. Koreksi rasa.
5
Sajikan selagi hangat :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Muffin cheese lembut

Muffin cheese lembut

Bosen sama menu buka puasa goreng2an .., jd krucils request muffin keju.. Looks yummy n moist, pdahal belum nyoba krn msh pada puasa😁

10 cup
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Assalamualaikum teman-teman...ini bubur kacang hijau ala mamah saya di Jawa Barat, teksturnya gak se-kental Bubur kacang hijau yang saya temui di Jogja ini, yang ini cair, sebab tidak ada tambahan tepung kanji. Sering mamah buatkan untuk buka puasa keluarga. Segar aja rasanya, rasa rindu kampung halaman juga tentunya. Dicoba yuk, super simple dan pasti enak. Dinikmati hangat - hangat, Srupuut ....Srupuuut.... . . #THRMamahCookpad #SilaturahmiRecook #takjilramadan #ramadhandirumahaja #Selaluistimewa #cookpadcommunity_yogyakarta

Tumis Telor Ceplok

Tumis Telor Ceplok

Hari ini lagi drop daya tahan tubuh, dan tetap harus masak untuk berbuka. Masak yang praktis dan cepat biar bisa istirahat juga Karena masih punya balita yg masih asi ,lebih dihemat tenaga dulu. Kalau kurang bisa cari tambahan sayur diluarπŸ€— Tetap semangat untuk Ramadhan

Es jelly susu

Es jelly susu

Tinggal tambahkan es batu untuk nanti buka puasaπŸ˜‹πŸ˜‹

Cilok Empuk Anti Gagal

Cilok Empuk Anti Gagal

Lagi lagi efek buka puasa bosen dengan gorengan dan lontong. Bereksperimen dengan resep yang ada di cookpad. Akhirnya Nemu juga yang klop makasih resepnya Asri Arifianti. Bener2 gak kenyel bgt tapi lebih ke empuk mantap.

Acar Kuning Ati Ampela

Acar Kuning Ati Ampela

Acar kuning ini seger dan mantab rasanya, cocok untuk menu buka puasa, dengan tambahan ati ampela kuahnya makin gurih. Cara membuatnya juga mudah.

Pempek tanpa ikan

Pempek tanpa ikan

Ingin buka puasa pake pempek. Krn lagi di rumah aja jadi buat sendiri deh

10 buah kecil
Bakwan Sayur Spesial Kaldu Ayam

Bakwan Sayur Spesial Kaldu Ayam

Sebenernya ini bakwan sayur biasa. Ku sebut spesial karena air campuran adonan terigunya dari air rebusan ayam. Jadi ceritanya sebelum bikin bakwan, aku ngerebus ayam buat menu buka puasa. Pas liat air bekas rebusannya, kok sayang kalo dibuang. Sari nya banyak. Jadi aja kepikiran buat dicampur ke adonan bakwan. Rasanya? Mantuulll bun πŸ‘Œbakwan sayur tapi ada sari sari ayamnya.

4-5 porsi
Simple Pizza Oven

Simple Pizza Oven

Haiii, kemarin coba bikin pizza dengan crust ala ala buat buka puasa... Selamat mencoba juga ya

2 porsi
Bubur jagung dengan pulut putih

Bubur jagung dengan pulut putih

Ada teman nih yg di Malaysia cerita mau buat buka puasa bubur jagung katanya.jd kepingin deh..... Akhirnya aku pun buat bubur jagung jg.untung ada di warung jualnya tinggal 3 bonggol.

Puding Stup Roti Kukus

Puding Stup Roti Kukus

Setiap buka puasa paksu selalu minta yg manis2 alhasil buat yg simpel ajah iah biar langsung jadi ..tapi hasilnya wakhh enak banget...apa lagi disantaap dalam keadaan dingin #festivalramadhancookpad #cabeku

Kolak pisang kolang kaling

Kolak pisang kolang kaling

Yang tidak pernah ketinggalan untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Kesukaan anggota keluarga

Sambal ijo (terasi)

Sambal ijo (terasi)

Inspirasi Dateng karena suami suka sama yang namanya sambel, requestnya dia hari ini buat menu buka puasa 😘 Alhamdulillah salah satu hikmah Corona bisa melaksanakan puasa ramadhan bersama suami 😘

Es Kelapa Alpukat

Es Kelapa Alpukat

Hari ini belanja buah-buahan di dunia buah, lihat alpukat tiba-tiba teringat es kelapa alpukat yang biasa saya beli di dekat tempat kerja sebelum ada wabah corona. Kangen sekali sama makanan manis nan lezat ini, akhirnya saya buat es kelapa alpukat untuk menu berbuka.

5 porsi
5 menit
Es Cocopandan Yogurt

Es Cocopandan Yogurt

Buka puasa cari yang seger-seger. MamaVaro cobain resep baru dari coba-coba, ternyata rasanya enak, manis asem seger. Kebetulan hari ini udah mulai dibuka tiket pejuang golden apron 3, waktu golden apron 2 kemarin niatnya pengen ikutan, eh malah telat udah kelewat. Bagi mak2 bun2 semuanya yang mau jadi pejuang golden apron 3 yuk lah kita sakmasak 😁 #TiketMasukGoldenApron3 #FestivalRamadanCookpad #CABEKU #cookpadindonesia #RamadanPenuhIdeMasak #menuberbuka #menuminuman #minumansegar #escocopandan #esyogurt #yogurt #resepminuman

Katsu Tempe

Katsu Tempe

Punya stok tempe di freezer, tapi udah bosen dimasak itu itu lagi. Nah kebeneran banget ci Devina Hermawan share resep Katsu Tempe ini di channel youtube nya. Langsung eksekusi deh. Kata si kakak, "tampilannya udah kayak chicken katsu, ma...". Begitu buka puasa, dia langsung nyomot dong, padahal di depannya ada daging cincang kesukaannya. Sangking semangatnya mau makan tempe katsu ini katanya. Dan kata si kaka, rasanya enaaak ga kalah sama chicken katsu. Bikinnya gampang. Saya bikin 1 papan tempe jadinya 15 potong. Separuh digoreng dadakan menjelang buka puasa, separuhnya lagi simpen di kulkas buat digoreng saat sahur. Yuk direcook sebagai variasi olahan menu tempe. Happy cooking 😘 #PejuangGoldenApron2 #OlahanTempe #Katsu

Tahu isi telur

Tahu isi telur

menu camilan buka puasa orang rumah sukanya gorengan drpd kue2 apalagi roti2, pasti lama habisnya. Kl gorengan pasti ceper ludesnya... πŸ˜‚ Ini enak banget menurutku πŸ˜‚ dan tentunya simple.

Telur Crispy Asam Manis

Telur Crispy Asam Manis

Menu yg satu ini bisa jd referensi buat makan sahur atau buka puasa di bulan ramadhan ini. Buat yg gak mau ribet ky saya, yuk coba! Hehe Resep aslinya sih ini tuh pake ayam crispy, tapi saya buat ganti pakai telur.

4 porsi
Tahu brontak

Tahu brontak

Menu buat buka puasa

30 menit
Es Mangga Selasih

Es Mangga Selasih

Cocok untuk berbuka puasa

6 porsi