Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Candil yang Enak

Dipos pada September 30, 2018

Bubur Candil

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur Candil yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bubur Candil yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Candil, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Candil sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Candil biasanya untuk 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, perkiraan waktu untuk memasak Bubur Candil diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sebentar lagi bulan Ramadhan, pemanasan dulu...πŸ˜‚ Bubur ini lembut sekali dan agak lain bahan Candil nya. Biasanya pakai ubi , tapi yang ini hanya tepung-tepung saja dan kali ini saya bikin 3 resep karena pasukan banyak.😁 Saya ambil resep dari blognya mbak Diah Didi, food blogger dari Semarang 😘. Dimakan hangat atau dingin masuk kulkas sama2 enak. Yuk buat...😊 #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Bekasi #DiRumahAja

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil:

  1. Bahan Candil:
  2. 100 gram tepung ketan
  3. 1 sdm tepung tapioka
  4. 1/4 sdt garam
  5. 100 ml air panas
  6. Bahan kuah gula merah:
  7. 2 Gandu gula merah atau sesuai selera
  8. 500 ml air
  9. 1 lembar daun pandan
  10. Bahan bubur:
  11. 3 sdm tepung ketan
  12. 1 sdm tepung beras
  13. 1 sdm tepung tapioka
  14. Sedikit air untuk melarutkan
  15. Bahan kuah santan:
  16. 200 ml santan(saya 1 buah santan instan tambah air)
  17. 1/4 sdt garam
  18. 1 lembar daun pandan, cuci, sobek/simpul

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil

1
Siapkan bahan-bahannya. Panaskan air.
Bubur Candil - Step 1
Bubur Candil - Step 1
2
Membuat Candil: Campurkan tepung ketan, tepung tapioka dan garam. Tambahkan air panas sedikit sedikit, sambil diaduk rata. Kira2 kalau sudah lembek tapi bisa dipulung, jgn ditambah air panas lagi. Kemudian pulung/bentuk bulat-bulat kecil.
Bubur Candil - Step 2
Bubur Candil - Step 2
Bubur Candil - Step 2
3
Buat kuah gula merah: campur air dan gula merah serta daun pandan, masak hingga gula larut. Saring bila perlu. Masukkan bulatan-bulatan Candil ke dalam air gula merah, biarkan hingga mengapung dan berwarna kecoklatan.
Bubur Candil - Step 3
Bubur Candil - Step 3
4
Larutkan bahan bubur/larutan tepung dengan sedikit air sampai halus dan rata. Masukkan kedalam kuah gula merah yg sudah ada candilnya.
Bubur Candil - Step 4
Bubur Candil - Step 4
Bubur Candil - Step 4
5
Aduk cepat larutan bubur agar menyatu dengan kuah gula merah. Sekiranya sudah matang merata, matikan api. Buat kuah santan dengan cara mencampur semua bahan, aduk rata dan didihkan sebentar lalu matikan api. Bubur Candil siap disajikan dengan kuah santan. Panas atau dingin...πŸ‘
Bubur Candil - Step 5
Bubur Candil - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil Ketan

Bubur Candil Ketan

Nyobain bikin bubur candil pake tepung ketan, karna kan biasanya saya bikin candil/biji salak ini selalu pakai ubi πŸ˜„πŸ˜. Ini ngintip resepnya mba Dhian Permana. Saya tambahin gula pasir sama pewarna makanan, di resep asli ga pakai ya, jd bs di sesuaikan aja sama selera masing2 bunda πŸ˜ŠπŸ™.

Kolak Ubi Pelangi (Cendil)

Kolak Ubi Pelangi (Cendil)

Baru pertama kali ini bikin kolak. Dan ternyata tidak se ekstrem yang saya bayangkan...πŸ˜‚πŸ˜‚ Dulu mah cuma terima makan doang,mau bikin maju mundur syantik...😁😁Alhamdulillah akhirnya bisa bikin juga sekarang....😁😁 Dan senangnya pas tanya ke mertua gimana rasanya,beliau jawab,"enak.." Seneng banget gak sih...πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒ Bisa nih buat ide jualan. Selain bahan mudah,juga gak banyak butuh biaya.😁😁 Source : Devi Endah,resep saya modifikasi ya... #JemputRejeki #SegarnyaBerbuka #semarakramadan #segarnyaberbuka #SiapRamadan #3weekschallenge #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglover #semarakclover #cookpadcommunity_malang

Candil ketan warna warni

Candil ketan warna warni

Krn kemaren br aja pesta demokrasi jdnya diundur kirim resep#Pekan Inspirasi#Antiribet#Siapramadan#

Candil alami & sehat

Candil alami & sehat

Karena banyak stock ubi ungu ,pandan & buah bit tepung ketan, jd iseng buat candil untuk takjil buka puasa.

Bubur Candil Ketan Hitam

Bubur Candil Ketan Hitam

Source resep #Griya_Syar'i tqπŸ™

1 mangkuk
30 menit
63. Bubur candil ubi kuning

63. Bubur candil ubi kuning

Buka puasa jadi sering makan bubur sumsum selain enak bikinnya ga ribetπŸ˜‹ #cookpadcommunity_bekasi #PekanPosBarManisGurih #AkuManis #KampoengRamadhan

3 orang
25 menit
Bubur candil gula merah homemade

Bubur candil gula merah homemade

Marhaban yaa Ramadhan

5 Porsi
Kolak Biji Salak (Candil) Ubi Ungu

Kolak Biji Salak (Candil) Ubi Ungu

Biar ga bosen menu takjil candilnya, kali ini buat si ungu unyu-unyu 😍. Candilnya enak, kenyal dan manisnya pas, aroma ubi juga pandan serta gurihnya santan semakin menambah cita rasa. Masih terinspirasi dari resepnya teh Sari Utami Kimdonghwa πŸ€—. #FestivalRamadanCookpad #CookpadCommunity_Bandung #AuthorsBandungHebring

Biji salak (cendil ubi)

Biji salak (cendil ubi)

4 orang
40 menit
Bubur Candil Labu Kuning

Bubur Candil Labu Kuning

Ada labu nganggur di kulkas, mumpung hr minggu kepikiran deh buat Candil.. Teruntuk Suami & anakku tercinta πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™

Jenang grendul / bubur bola ubi

Jenang grendul / bubur bola ubi

Setiap Ramadhan , saya pasti ikutan menyiapkan hidangan buka puasa walaupun saya tidak berpuasa tapi kebetulan ada adek ipar sy yg berpuasa. Ibu ibu hari ini sudah menyiapkan menu buka puasa??

Jenang Grendul Ceria

Jenang Grendul Ceria

🌺Bismillah... Gara-gara pingin ikutan celens #WeekendChallenge & #SeptemberCeria. Akhirnya ngutak Atik bahan yang ada di Dapur. Nemulah tepung ketan seuprit dan tepung tapioka. Mumpung momentnya juga pas. Bikin grendul yang warna warni.

2 porsi
45menit
Bubur candil ketan super lembut

Bubur candil ketan super lembut

Berkali2 buat bubur dr tepung beras rasanya agak aneh saja rasanya.. iseng2 coba ketan pulut Thailand beli online, hasil super lembut, rasa bener2 kaya jajanan pasar Thailand di pasar apungnya.. betul2 rasa jajanan Thai.. langsung ludes... tuh..

Bubur candil ubi

Bubur candil ubi

Bubur candil hampir sama dengan jenang gendul tapi beda rasa..