Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada January 12, 2019

Tajhin palappa (bubur khas Situbondo)

Bagaimana membuat Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Tajhin palappa (bubur khas Situbondo), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) memakai 21 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tajhin palappa adalah menu sarapan khas Situbondo. Kenyangnya pas, tapi gak bertahan lama juga sih πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ coba deh tanya sama perantauan asal Situbondo, kangen gak makan tajhin palappa?

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tajhin palappa (bubur khas Situbondo):

  1. Bubur
  2. 250 gram beras
  3. 2 liter air
  4. 1 sdt garam (sesuai selera)
  5. Seujung sendok lada bubuk
  6. Tambahan sajian
  7. 2 bungkus santan instan, bisa juga pakai santan peras
  8. 1 ikat kangkung
  9. 100 gram tauge atau cambah
  10. 5 potong tahu
  11. Hongkong/heci/ote-ote (opsional)
  12. Sebungkus kerupuk warna
  13. Bumbu kacang
  14. 250 gram kacang
  15. 100 gram petis ikan
  16. 1 bungkus petis udang
  17. Secukupnya garam
  18. Secukupnya gula
  19. Secukupnya belimbing wuluh atau cuka
  20. Secukupnya air
  21. Secukupnya lombok (opsional)

Langkah-langkah untuk membuat Tajhin palappa (bubur khas Situbondo)

1
Pertama-tama, cuci beras hingga bersih. Siapkan panci besar, tuang beras dan air ke dalamnya. Masak menggunakan api besar. Bagian ini bisa ditinggal sementara untuk mengerjakan yg lainnya.
2
Potong-potong kangkung, lalu cuci bersih. Rebus sampai matang atau setengah matang sesuai selera. Lalu siapkan cambah, lanjutkan merebus setelah kangkung. Tiriskan.
Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) - Step 2
3
Goreng tahu setengah matang. Tiriskan.
Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) - Step 3
4
Goreng kacang sampai kecoklatan. Tiriskan.
5
Aduk-aduk beras tadi agar tidak ada yang menempel di dasar panci. Apabila beras tidak sepenuhnya mekar, tambahkan air lagi sedikit demi sedikit.
6
Apabila beras sudah menjadi lebih mekar dan lembut, tambahkan garam, lada, dan santan. Aduk sampai rata. Tunggu sampai bubur lebih kental. Matikan kompor.
7
Siapkan cobek besar dan ulekan. Tuang kacang segenggam kacang goreng, 2 sendok makan petis ikan, 1 sendok teh petis udang, 2 buah belimbing wuluh diiris-iris atau bisa diganti cuka, lombok sesuai selera, garam, dan gula. Haluskan perlahan, tambahkan air sedikit demi sedikit. Adonan jangan terlalu encer.
8
Siapkan piring. Isi dengan bubur sesuai selera. Tambahkan kangkung dan cambah, lalu jangan lupa dengan irisan tahu. Kalau ada hongkong/heci/ote-ote, tambahkan juga pada tahap ini.
Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) - Step 8
9
Tuang bumbu.
Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) - Step 9
10
Remukkan kerupuk warna, tambahkan di atas bubur (opsional)
Tajhin palappa (bubur khas Situbondo) - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Manado praktis

Bubur Manado praktis

Suami gk bosan2 maem bubur ini,palagi unt sarapan,katanya hangat di perut. #PejuangGoldenApron2 minggu ke 37 #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Bubur ayam paling simple

Bubur ayam paling simple

Bismillah #resep24 Request si mba yg lgi demam sama batuk..sore sore minta bubur,gercep bikin ini..seadane bahan..

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Menu wajib yg harus ada ketika buka puasa dirumah, masaknya udah dari ramadhan kemarin sih tp baru sempet upload aja. Bikinnya mudah yuk reecook

Bubur Manado Beras Merah Rumahan, Mudah, Simpel dan Enak

Bubur Manado Beras Merah Rumahan, Mudah, Simpel dan Enak

Resep ibu yang satu ini, coba saya modifikasi dengan beras merah. Alhamdulillah ternyata lumayan enak jugaaaa, sekeluarga sukak! Apalagi dimakan pas anget-angetnya ditemenin sama ikan asin, endesssss maksimal! Cocok buat yang lagi diet nih :) #bubur #berasmerah #buburberasmerah #menudiet #menudietenak #buburmanado #masakanmanado #resepmudah #resepdiet

Mpasi 6 bulan Day 1 | Bubur Ayam Wortel

Mpasi 6 bulan Day 1 | Bubur Ayam Wortel

Saya menerapkan menu lengkap untuk mpasi anak sesuai anjuran dr.Meta Hanindita, Sp.A(K). Menu lengkap terdiri dari karbohidrat, protein (utamakan protein hewani), lemak dan sayur ATAU buah. Sayur dan buah sifatnya hanya perkenalan.

3 porsi
Menu 5 ribu. Bubur sedap sekejap secepat kilat

Menu 5 ribu. Bubur sedap sekejap secepat kilat

pagi hari adalah momen dimana Jiwa dan Raga blm nyambung nyambung amat. daripada langsung keluar cari sarapan cuma pake daster. mari masak sebentar,,

4 porsi
20 menit
Bubur Ayam

Bubur Ayam

Karena lagi susah makan (sariawan dan gusi bengkak) maka jadilah masak bubur aja biar bisa makan

Bubur ayam polos (bubur cina)

Bubur ayam polos (bubur cina)

Bosan makan sesantanan. Sisa ayam opor dipake buat masak bubur, eh kok ternyata enak. Sayang hasil perbuatan pertama belum sempat difoto, udah diserbu suami. Besokannya, suami ga enak badan karena cuaca semarang lagi ga jelas. Terus langsung nagih minta bubur polosan lagi. Kebetulan ada sayap, jadi kaldunya pake kaldu sayap aja. Ga usah pake condiments macem2, bubur polos gini aja udah nagih banget gurihnya. Enjoy!

6 orang
30 menit
Bubur kentang πŸ₯”

Bubur kentang πŸ₯”

Manfaat kentang : menjaga kesehatan pencernaan , mengurangi risiko infeksi dan baik utk kulit bayi

Mpasi 7 bln bubur tuna

Mpasi 7 bln bubur tuna

Untuk stok mpasi seperti tuna... Salmon...dan ati ayam... Itu udah aq potong2 dan aq masukan freezer.. Jadi klo aq mau masak tuna tinggal ambil 1 potong

Bubur Ubi

Bubur Ubi

Kemarin tetangga nawarin ubi Tawangmangu, cuzz pesen 1kg. Kebetulan di kulkas ada setok #KelapaSeribuManfaat si kelapa parut, let's go kitchen bikin ini untuk cemilan berat #DirumahAja. Sekalian catat resep nya karena ada teman yang tanya😊. #CABEKU #WeekendChallenge #Chacha'sKitchen

5 porsi
20 menit
Day. 16 Bubur Tomat Ati Ayam (6 month+)

Day. 16 Bubur Tomat Ati Ayam (6 month+)

Nyobain kacang ijo utk pertama kali. Tapi lupa rendam kacang ijonya dari semalam. Alhasil masaknya lama dan kurang empuk. Jadi skip kacang ijonya deh. Lain kali harus rendam kacang ijonya minimal 3 jam nih biar cepat masaknya. Alhamdulillah habis tak bersisa buburnya. 😘

Bubur Sosis Nugget Rice Cooker

Bubur Sosis Nugget Rice Cooker

Punya nasi lebih?, Langsung tambah air dan masukan stok yang ada di kulkas (sosis/nugget/bakso/dll). Masak lg dg rice cooker.. tara.. menu bubur praktis ini bs dibuat kapanpun.. yuk cobain..