Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Ayam Bahan Sisa yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada January 12, 2019

Bubur Ayam Bahan Sisa

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur Ayam Bahan Sisa yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bubur Ayam Bahan Sisa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Ayam Bahan Sisa, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Ayam Bahan Sisa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Ayam Bahan Sisa yaitu 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur Ayam Bahan Sisa diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Bahan Sisa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Bahan Sisa memakai 27 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan sisa? Iya... Karena memang yang saya pakai ini semua pakai bahan sisa. Nasi sisa semalam, yang tinggal satu piring. Ayam, di sini saya pakai bebek, sisa lauk semalam juga. Kerupuk pakai sisa dari tiap bungkus nasi goreng yang kadang lupa ga kemakan. Kuah dari sisa kuah ungkep ayam. Dan jadilah bubur nikmat ini.. MasyaAllah, ini idenya dari mba #lynulin. Tapi mamak masaknya pakai modifikasi sendiri. Ayahnya Syamil sampe ketagihan 😋

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Bahan Sisa:

  1. Nasi 1 piring sisa semalam
  2. Kerupuk
  3. Daun bawang, iris tipis
  4. Seledri, iris tipis
  5. Ayam goreng/ bebek goreng
  6. Secukupnya Kecap manis
  7. Secukupnya kecap asin
  8. Bawang goreng
  9. Fiber cream
  10. 100 ml air
  11. Bahan sambal
  12. 4 buah Cabai rawit merah
  13. 1/2 bawang putih
  14. Sedikit garam
  15. Sedikit Air
  16. Bumbu ungkep ayam (1/4 ayam)
  17. 1 ruas kunyit yg tua (bakar biar lebih keluar warna & aroma'a)
  18. 1 butir kemiri
  19. 1 sdt ketumbar
  20. 2 siung bawang putih
  21. 5 siung bawang merah
  22. Seruas Lengkuas geprek
  23. 1 batang sereh geprek
  24. 1 lembar daun salam
  25. 2 lembar daun jeruk
  26. secukupnya Garam, lada, penyedap
  27. Air (sampai ayam tenggelam)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Bahan Sisa

1
Kuah : Haluskan bumbu ungkep (bawang merah & putih, kemiri, ketumbar, kunyit). Ungkep ayam dg mencampurkan bumbu halus, sereh, lengkuas, daun salam, & jeruk. Bumbui dgn garam, lada & penyedap. Cek rasa jangan sampai keasinan ya... 😁 (sebelum diungkep ayam direbus dl sebentar, buang air rebusan pertama untuk menghilangkan darah'a).
2
Sisa air ungkepan dipakai utk kuah bubur'a. Ini saya kuah ungkepan kamarin yg disimpan di kulkas. Pas mau pake tinggal dipanasin, tambah air sedikit & fiber cream sedikit.
3
Bubur : masak nasi dengan menambahkan air, aduk sesekali sampai nasi berubah jd bubur. Kalau mau tambahin santan atau fiber cream boleh bangeet.
4
Sambal : haluskan semua bahan sambal, tambah sedikit air. (Kalau mau ditumis juga boleh).
5
Kalau sudah siap semua, Sajikan bubur dengan semua pritilan'a.. 😁

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur ayam kuning simpel

Bubur ayam kuning simpel

Pas hujan hujan lagi dimess lokasi kerja, bosan makan nasi jadinya buat bubur ini dgn bahan seadanya ya.. lumayan enak hingga dibagikan ke teman mess tetangga.

MPASI 6+ “Bubur saring Tahu” dengan slow cooker

MPASI 6+ “Bubur saring Tahu” dengan slow cooker

Punya baby udah masuk MPASI kadang bikin bingung mau dikasih menu apa?? Apalagi buat para ibu muda dan ibu pekerja yang super sibuk. Menu ini bisa dibuat pagi2 krn pake slow cooker yang cara kerjanya memasak dengan suhu kecil sehingga kandungan vitamin dalam sayur tetap terjaga kwalitasnya. Tidak perlu diaduk2 tinggal ditunggu sampai matang aja. Bisa disajikan untuk makan pagi dan makan sore krn tetap hangat dalam slow cooker.

2 porsi
Bubur ayam a.la Onga Rudy

Bubur ayam a.la Onga Rudy

Bubur ayam enak, gampang dan cepat. Saya diajari Onga Rudy (my brother), barakallah ya Onga buat resepnya. Insyallah bermanfaat.

6 porsi
45.menit
Bubur Kacang Ijo Fiber creme Ricecooker

Bubur Kacang Ijo Fiber creme Ricecooker

Assalamualaikum...Aku mau membagikan karya selama Lockdown #dirumahaja. Selamat mencoba yaa. Rasanya juga enak. Senangnyaaaaa🥰

Bubur Ayam Cirebon

Bubur Ayam Cirebon

Sarapan dan maksi dgn menu yang sama dengan tadi pagi ... Bubur Ayam Abang ala2 homemade lah .... tadi pagi da bikin sepanci besar, ak kira ga akan habis, eh pas si Hubby pulang sore n makan dan doi suka, dia blg malamnya mau makan bubur lagi.. tp buburnya sdh habis, jadinya aku harus masak lagi buburnya krn kuahnya msh nyisa.. Resep dr beberapa sumber dan modif by @mache_kitchen

Bubur sumsun

Bubur sumsun

2 porsi
Bubur ayam oatmeal terenak

Bubur ayam oatmeal terenak

Super nagih! Bubur ayam chinese untuk diet!

Bubur manado

Bubur manado

Sejak kecil sudah akrab sama makanan ini, krn mama Sering buat Skg Jadi salah satu makanan favorite suami😍

me
The healthiest porridge that you can make "bubur sehat simple"

The healthiest porridge that you can make "bubur sehat simple"

QadarAllah paksu lagi sakit gigi sampe gak bisa makan 🥺Doakan yaa supaya dia kembali normal, akhirnya terciptalah bubur yang ala kadarnya Ini meskipun awalnya paksu gak mau tp setelah dipaksa beberapa kali akhirnya dia menyerah🤭🤭 paksu lahap banget makannya

2 porsi
45 menit
Bubuh Sela (Bubur Ketela)

Bubuh Sela (Bubur Ketela)

Bubuh Sela adalah bubur ketela dalam bahasa Bali. Hidangan ini pasti dikenal dengan banyak versi dan variasi di seluruh Indonesia. Versi di rumah saya, isi bubur ini bisa bermacam-macam tergantung stok bahan-bahan di kulkas. Sementara, kita buat resep Bubuh Sela versi hari ini dulu ya. Selamat mencoba!

8-10 porsi
30 menit
Bubur Nasi Gurih Lezat

Bubur Nasi Gurih Lezat

Sahabat lagi sakit tifus, jadi kepikiran bikinin bubur trs tinggal beliin sop ayam. Untuk yg sakit maag, tifus dan semacamnya sebaiknya jgn pakai santan yaa..

4 / 5 porsi
Mpasi 7+ Bubur Sop Bakso

Mpasi 7+ Bubur Sop Bakso

Karbo : nasi Prohe : bakso ayam home made Prona : tahu Sayur : wortel & tomat

2-3 porsi @80ml
Bubur kentang 🥔

Bubur kentang 🥔

Manfaat kentang : menjaga kesehatan pencernaan , mengurangi risiko infeksi dan baik utk kulit bayi

Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Ada ubi di gantungan lemari piring, sayang kalo ga di olah tp bingung mau olah apa eh kebetulan suami suka biji salak akhirnya bikin deh hehehe

8 porsi
Bubur dari nasi

Bubur dari nasi

Selama tinggal disini, belum pernah nemu bubur yang cocok dilidah, akhirnya bikin sendiri, tapi dari nasi sisa smalem 😂🤭

2 porsi
30 menit
30. Bubur Ayam Homemade Simpel

30. Bubur Ayam Homemade Simpel

Apa menu buka puasa pertama teman"? Nah, ini adalah menu buka puasa pertama kami 😅. Gak ada angin gak ada hujan anak" request bubur ayam utk buka puasa pertamanya...baiklah...dengan bahan seadanya jadilah ini...😅 Toping gak lengkap its okay lah yaa, yg penting anak" hepii...😄😄😄

Bubur kental sapi jaipo

Bubur kental sapi jaipo

Gara2 suami sakit langsung da malem2 masak bubur #WeekendChallenge #cookpadcommunity_surabaya

kurleb 50 menit
Day. 18 Bubur Sop Telur Puyuh (6 month+)

Day. 18 Bubur Sop Telur Puyuh (6 month+)

Si kecil mulai bersin2 dan agak batuk. Jadi bikinkan bubur dengan kuah yg lebih banyak dari biasanya. Alhamdulillah sarapannya bersih tak bersisa. 😘 Makan malamnya ga habis. Masih kenyang habis minum susu sepertinya.

Bubur beras

Bubur beras

BUBUR BERAS ( SEDERHANA TAPI BISA BUAT KUMPUL KELUARGA)

15 mangkok