Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Terik Ayam yang Lezat Sekali

Dipos pada January 26, 2022

Terik Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Terik Ayam yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Terik Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Terik Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Terik Ayam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Terik Ayam yaitu 10 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang diperlukan dalam memasak Terik Ayam diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Terik Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Terik Ayam memakai 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Terik Ayam:

  1. 1 ekor ayam kampung potong-potong lalu bersihkan
  2. Bumbu halus:
  3. 8 siung Bawang merah
  4. 4 siung Bawang putih
  5. 1 ruas Jahe
  6. 1 ruas Kunyit
  7. 1 sdt Ketumbar
  8. Bahan lain:
  9. 4 lembar Salam
  10. 1 ruas Lengkuas
  11. 2 batang Sereh digeprek pangkalnya
  12. secukupnya Garam
  13. secukupnya Gula jawa
  14. 1 liter Santan
  15. secukupnya Minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Terik Ayam

1
Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, tambahkan daun salam, lengkuas dan sereh. Tumis sampai berubah warna dan matang, kemudian tambahkan 500 ml santan.
2
Masukan ayam, beri garam dan gula jawa. Masak sampai mendidih dan sesuaikan rasanya.
3
Tambahkan sisa santan. Masak lagi sampai ayam matang dan empuk. Jika santan habis dan ayam belum empuk bisa d tambahkan santan lagi.
4
Tambahan: gunakan ayam kampung yang masih muda karena dagingnya cenderung lebih gurih dan lebih cepat empuk jika dimasak.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Telur Opor

Telur Opor

2-3 orang
20 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Hari ini masak, mau ny syi babeh 3 mcm saza, Opor Ayam, semur sapi n sambal godog, skrg ak mau posting rame2, Opor Ayam & tmn2 ny.. Jam 11 siang sdh beres, karena bumbu2 sdh eke tumis dr kmrn2 tuk sambel godog & Opor Ayam ini.

Opor Ayam endessss

Opor Ayam endessss

Saya suka santan kental

Opor tahu telur

Opor tahu telur

Opornya dibuat simpel dan gak terlalu banyak santan #SiapRamadhan

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Masakan resep orang tua πŸ’›

10 Orang
Terik tahu telur kuah susu

Terik tahu telur kuah susu

Suami lagi ngga enak badan.kalo makan rasanya pahit.biasanya kalo makan semangat banget bikin orang yang ngeliat langsung laperπŸ˜‚πŸ˜‚dia minta di masakin opor padahal aku baru masak ayam mentega.jadi aku buatin terik tahu telur kan rasanya mirip opor😁😁saya recook resepnya mba titiek purnomo dan sukmawati_RS tapi santan saya ganti susu biar qonita bisa ikut makan #cookpadcommunity_jakarta

Opor telur tahu

Opor telur tahu

Bagi yang diet santan masih bisa loh makan opor ini

Opor tahu telur

Opor tahu telur

Ini enak ❀

Opor Ayam

Opor Ayam

Di sekolah praktek opor ayam,mumpung resepnya masih inget dan dicoba di rumah Alhamdulillah enak,langsung aja masukin resep nya di Cookpad.

Opor Ayam

Opor Ayam

Favorite πŸ‘Œ

Opor ayam temen makan lontong.... πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Opor ayam temen makan lontong.... πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

SubhanAllah tak terasa bulan Ramadhan hampir selesai, semoga kita sekeluarga dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang akan datang.. Aamiin Allahumma Aamiin... Kita sambut hari yang bahagia ini dengan mengucap syukur Alhamdulillah..πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ

Terik Tahu Telur Ayam

Terik Tahu Telur Ayam

Pagi, Mom! Kenalkan ini menu khas di Solo. Hampir selalu ada masakan ini di warung-warung penjual bubur yang buka pagi buta gitu, Mom. Bisa untuk teman nasi putih atau bubur nasi yang gurih. #PejuangGoldenApron2 #SatuResepSatuPohon

Opor Kuning Indofood

Opor Kuning Indofood

Kali ini masak opor kuningnya pake bumbu indofood, tp spti biasa ttp hrs pake tambahan bumbu sendiri biar makin mantep.. happy cooking 🀩

Opor ayam

Opor ayam

Awalnya hanya ingin membuat ayam ungkep buat stok, tapi karena sudah lama gak bikin opor, akhirnya dibagi 2. Setengahnya buat opor, setengah bagian ayam hanya diungkep buat stok.

Opor ayam

Opor ayam

Tahun ini, nggak sempat buat sambal goreng kentang dan ampela, jadi untuk sensasi pedas nya, di tambah aja dengan sambal terasi matang. .😁😁

Opor Ayam

Opor Ayam

Request suami opor ayam bumbu kuning

Opor Ayam

Opor Ayam

Assalamu'alaikum, salah satu menu persiapan buka puasa hari ini😊 #SiapRamadan

Opor telor dan wortel

Opor telor dan wortel

5 Oktober 2019, mau makan siang dari pagi tukang sayur ditunggu tak kunjung datang. Dikulkas ada telor, wortel dan daun bawang. Kalau di goreng atau didadar biasa aja ya... Yaudah saya ekaekusi dibikin opor. Untung saya selalu stok bumbu racik indofood. Jadi semua beres. #PejuangGoldenApron2