Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur ayam legit manis yang Lezat Sekali

Dipos pada January 14, 2019

Bubur ayam legit manis

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur ayam legit manis yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Bubur ayam legit manis yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur ayam legit manis, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur ayam legit manis bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur ayam legit manis adalah 6-7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, kira-kira waktu penyiapan Bubur ayam legit manis diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur ayam legit manis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur ayam legit manis memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Efek #DiRumah Aja jadinya pingin makan terus. Sarapan pagi-pagi coba bikin bubur ayam. Kalau biasa pakai kuah kuning, sekarang bikin kuah hitam (kecap). Buburnya lembut jg, dapat bocoran dari abang bubur ayam, supaya tekstur bubur nasi lembut. Yuk simak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur ayam legit manis:

  1. 500 gram Ayam
  2. 250 gram Beras
  3. Bawang merah 6 siung, bawang putih 4 siung
  4. 1 sendok teh Ketumbar
  5. 1 sendok teh Cengkeh
  6. seujung jari Jahe seujung jari, kunyit
  7. 10 sendok makan Kecap manis
  8. 1,5 liter Air untuk kuah atau sesuai selera
  9. Garam, gula, bubuk kaldu, lada
  10. Seledri, daun bawang
  11. Sambal: jahe seujung jari, bawang merah 2 bh, bawang putih 2 bh
  12. 10 buah cabe

Langkah-langkah untuk membuat Bubur ayam legit manis

1
Beras dibuat bubur, biar wangi beri daun salam kering. Supaya tekstur bubur lembut, airnya ditambah sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk aduk. Pengadukan yg sering akan membuat bubur lembut dan halus. Dengan api agak kecil. Setelah dirasa pas, matikan api, dinginkan
2
Kuahnya: potong-potong ayam. Sisihkan. Lalu, rebus air tadi. Sementara menunggu air matang siapkan bumbunya.
3
Giling semua bumbu: bawang, ketumbar, kunyit, jahe sampai halus. Lalu, tumis bumbu halus dengan sedikit minyak bersamaan dengan cengkeh.
4
Kemudian masukkan bumbu tumisan tadi ke dalam air rebusan yg telah mendidih, lalu diikuti kecap, ayam yg telah dipotong potong. Beri garam dan gula. Tgg sampai mendidih, lalu ayam diangkat. Matikan api.
5
Potongan ayam digoreng, untuk selanjutnya disuwir kecil-kecil. Sementara itu di kuah, masukkan lada, bubuk kaldu, dan daun bawang. Tes rasa.
6
Untuk sambalnya: jahe, bawang, dan cabe digoreng. Lalu ditumbuk. Setelah halus, digoreng kembali dengam minyak, tambahkan gula dan garam. Aku td minyaknya kepanasan, jd agak item dehh..tapi rasanya tetap enakk..
Bubur ayam legit manis - Step 6
7
Terakhir, taruh bubur di piring, beri suwiran ayam, seledri, bawang goreng, kerupuk, telur rebus, siram dengan kuah, dan tambahkan sambalnya. Bubur ayam siap dinikmati. Nyamm...

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ketan Kuah Ultra

Bubur Ketan Kuah Ultra

Ini makanan favorite ku, biasanya beli jadi 7ribuan. Masak sendiri 7rb bisa dapet beras ketan 250gr. Mantap djiwooo 😁

MPASI 8mo - Bubur Saus Bayam

MPASI 8mo - Bubur Saus Bayam

Lama pengerjaan kurang lebih 30menit. Jangan dibekukan ya moms.

2 porsi
Mpasi 6 bulan pertama bubur daging menggunakan slow cooker Day 1

Mpasi 6 bulan pertama bubur daging menggunakan slow cooker Day 1

Finally Farrel anak saya udah mulai dikenalin makan bubur saring juga semoga sehat selalu 😍

3 porsi
2 jam
Bubur cenil ubi pandan 🍵

Bubur cenil ubi pandan 🍵

Pengen ngemil malam2. Jadi deh 🥣

Bubur Manado (Tinutuan)

Bubur Manado (Tinutuan)

Bubur Manado adalah bubur yang paling saya cari selama merantau di Jogja. Karena pandemi; tante bubur manadonya tutup. Berbekal instruksi oma Itsje dan alam bawah sadar lidah; saya pun eksekusi. Ternyata; hasilnya tidak mengecewakan. Saya bangga menjadi orang Manado.

Bubur Manado Seadanya #dirumahaja

Bubur Manado Seadanya #dirumahaja

Lagi kepingin sekali makan bubur manado. Dengan bahan2 yg ada aja dikulkas :D

Bubur kacang ijo ketan hitam

Bubur kacang ijo ketan hitam

Sore hujan, pengen makan yg hangat dan manis., kepikiran buat bubur kacang ijo😋

Bubur Masin Kerupuk Khas Gresik

Bubur Masin Kerupuk Khas Gresik

Duuh kangen banget sama bubur ini, biasanya makan di gresik tiap bkn ramadhan aja. Nah karena dulu ibuk pernah jualan bubur ini langsung cus telpon n tanya bikinnya gimana.. pulang kerja langsung eksekusi

5-7 porsi
OMLET BUBUR MPASI by irre_desirre

OMLET BUBUR MPASI by irre_desirre

anak lagi GTM??? ibu harus pinter pinter masak yg endus nih biar anak mangap terus.. yuk cobain menu gampang #omlet #bubur #mpasi 4bintang #pejuanggoldenapron3 #salamkenal #cookpadcommunity_ambarawa

1 Porsi
10-15 menit
Bubur Candhil Ubi

Bubur Candhil Ubi

Saya gunakan ubi putih yang kadar airnya sedikit,jadi takaran ini sudah pas menurut saya.sesuaikan saja penggunaan tepung kanji dengan jenis ubi yang akan digunakan ya.tapi kalau terlalu banyak akan membuat kenyal dan agak alot.kalau ini lembut dan empuk teksturnya.

Bubur anti galau

Bubur anti galau

Sarapan bubur aja yuk pagi pagi.. Pasti lezat banget terus anget anget

Bubur ayam anti ribet

Bubur ayam anti ribet

Bikin bubur buat makan malam...mumpung ujan... untuk topping bisa di sesuaikan yaa...

3 porsi
Bubur Ayam Mentega

Bubur Ayam Mentega

Untuk baby umur 6m+ Saya sudah 2x buat menu ini Yg pertama gagal karna ketika menumis bawang putih kurang matang (membuat buburnya bau bawang dan membuat baby ku tidak lahap makannya. Hanya habis 1/2 porsi untuk 1x makan) Tapi saya tidak menyerah, Saya buat ukang dihari berikutnya dengan mengurangi baputnya, yg awalnya 1 siung menjadi setengah siung . Kemudian ditumis sampai bnr bnr matang kecoklatan . Dan hasilnya baby ku lahap hap hap hap Sampai minyak nambah , karna gak saya kasih mewek deh . Hehe (takut melebihi takaran)

2 porsi
Bubur Manado

Bubur Manado

Resep ini dari temen yg kalau masak makanan manado, enak bgt menurut saya dan resep ini di ajarkan sama beliau dan org rmh suka juga. #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok

4 org
2 jam
Bubur Hintalu Karuang

Bubur Hintalu Karuang

Dingin abis hujan dari semalam #DiRumahAja bikin cemilan yg mudah aja . Bubur hintalu karuang kalo d pulau Jawa mungkin sama dengan bubur candil .

Bubur praktis!

Bubur praktis!

Suami lagi kurang enak badan tidak enak makan, malam2 minta di buatin bubur...cara yang saya pakai ini praktis cocok buat menu cepat saji enak dan sehat tentunya...

4 porsi
15 menit