Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Jali Jali / Barley Porridge yang Lezat

Dipos pada January 28, 2019

Bubur Jali Jali / Barley Porridge

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Jali Jali / Barley Porridge yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Bubur Jali Jali / Barley Porridge yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Jali Jali / Barley Porridge, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Jali Jali / Barley Porridge sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Jali Jali / Barley Porridge kira-kira 1 Porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Jali Jali / Barley Porridge sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Jali Jali / Barley Porridge memakai 6 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini Porsi untuk sendirian/ yang lg diet . Kesukaan dari kecil , lebih enak bubur jali dibanding bubur nasi / ketan tekstur dan rasanya berbeda . Olahan yang biasanya rumah suka ada kalau dapat kiriman dr panen saya pasti request jali jali . Sekarang ga perlu nunggu kiriman lg beli online aja udh buanyak banget . Kalo cara masak di rumah di aron dulu baru dibuat bubur , kalo saya pribadi agak ribet . Jd bikin cara sndr . Makanan sehat anti panas dalam dan tinggi serat bgs buat diet-ing juga . #Barley #Jalijali #Hanjeli #Bubur #OneRecipeOneTree #SatuResepSatuPohon #TeamTrees #PenjuangGoldenApron2 #buburJalijali

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Jali Jali / Barley Porridge:

  1. 50 Gr Biji Jali jali
  2. 750 ML Air
  3. 350 ML Santan Cair
  4. 35 Gr Gula Merah
  5. 2 Lembar Daun Pandan
  6. 1 Gr Garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Jali Jali / Barley Porridge

1
Cuci biji jali jali, dan rendam semalaman.
Bubur Jali Jali / Barley Porridge - Step 1
Bubur Jali Jali / Barley Porridge - Step 1
2
Keesokan hari nya, siapkan biji jali yang sudah mengembang, buang airnya dan tiriskan, lalu masukan dalam wajan bersamaan dengan gula merah, daun pandan yang sudah di simpulkan, santan cair, dan 650 ML Air.
Bubur Jali Jali / Barley Porridge - Step 2
Bubur Jali Jali / Barley Porridge - Step 2
Bubur Jali Jali / Barley Porridge - Step 2
3
Di aduk rata, tambahkan garam. Lalu masak hingga mendidih aduk sesekali.
Bubur Jali Jali / Barley Porridge - Step 3
4
Setelah air nya agak berkurang, dan tekstur jali jali sudah mulai kenyal, tambahkan sisa air 100 ML Ke dalam wajan masak kembali. Jika masih blm empuk tambah air seperlu nya. masak hingga tekstur jali jali empuk dan matang lalu angkat.
Bubur Jali Jali / Barley Porridge - Step 4
Bubur Jali Jali / Barley Porridge - Step 4
Bubur Jali Jali / Barley Porridge - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Gandum Ubi Jalar

Bubur Gandum Ubi Jalar

Bunda jangan terkecoh dari namanya ya...hehe...nama bubur ini sebenarnya yg sy tau adalah jenang (bubur) gandum (terigu) dalam bahasa Jawa. Jadi bukan biji gandum yg sebenarnya, tp hanya masalah penyebutan terigu dlm bahasa Jawa 😁Sedari kecil, sy terbiasa dg bubur ini krn banyak dijual oleh warung2 penjual snack dan bubur di Jogja tempat kelahiran saya. Jaman now, sdh tidak banyak lagi yg jualan bubur ini. Atau jika pun ada, bahannya sdh bukan terigu lagi tp diganti dg pati onggok. Sy buat bubur ini, karena ada challenge bubur manis dan juga utk mengenalkan bubur ini kepada anak sy dan katanya enak! Dia suka....😙😊👍 #JemputRejeki #SiapRamadan #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas

4 mangkuk
30 menit
Bubur Biji Wijen Hitam

Bubur Biji Wijen Hitam

Buat yang mau versi lebih sehatnya lagi, skip penggunaan gula pasir dan santan bubuknya, namun rasa wijennya akan sangat pekat.

Bubur ayam tanpa kuah

Bubur ayam tanpa kuah

Hari ini lagi naik asam lambungnya, jadinya terpaksa bikin bubur ayam sendiri deh. Tapi tanpa kuah karena memang kurang suka bubur ayam pake kuah 😁

2 porsi
Bubur rempah

Bubur rempah

Bubur ini mirip dengan bubur pedas/bubur sambas khas kalbar, hanya saja bubur ini tidak menggunakan daun kesum dan kelapa gongseng yang ditumbuk. Daun kesum sangat sulit dan bahkan tidak ada di sekitar saya. Pernah coba menanam namun gagal, bahkan sewaktu saya masih tinggal di jogja pun orang tua saya mencoba untuk menanam gagal juga. Ya sudahlah saya ganti saja dengan bunga kecombrang dan sepertinya diganti dengan daun ketumbar jg bisa, karena memiliki aroma yang mirip. Untuk kaldu, setahu saya di kalimantan menggunakan daging bisa iga atau tulangan sapi. Saya tidak pakai karena dalam bubur digunakan teri tumbuk/halus sebagai bumbu dan makannya pun dilengkapi dengan teri/ikan asin goreng. Katanya hewan laut tidak cocok dimasak dengan hewan darat (cmiiw), makanya saya beri opsi jika menggunakan teri/ikan asin makan kaldunya pakai kaldu jamur. Namun jika ingin menggunakan kaldu dari iga sapi/daging/tulangan sapi, pelengkapnya tanpa teri/ikan asin. Aaahh..padahal makan bubur ato makan nasi kan enaknya pakai ikan asin yes...sama sambel dan limau peras. Jadi saya pilih yang pakai hewan laut ajalah.

Bubur beras (dgn tumis kangkung wortel dan telur ayam)

Bubur beras (dgn tumis kangkung wortel dan telur ayam)

Tiba2 anak lanang pengen makan bubur.. Pdhl sebelumnya ga begitu suka, apalagi bubur yg manis2.. Emaknya doank yg demen 😅 Akhirnyaaaa bikin bubur beras trs diberi sayur dan telur.. Lahapnyaaaa ❤

3-4 porsi
45 menit
Bubur Oatmeal Tahu Teriyaki

Bubur Oatmeal Tahu Teriyaki

Pulang dari olahraga selalu liat tukang bubur ayam di depan stadion, pas sampe rumah jadi kepengen nyoba bikin sendiri

1 mangkuk
40 menit
Bubur Kacang Ijo Mix (pacar cina)

Bubur Kacang Ijo Mix (pacar cina)

Ga harus terus pacar cina temennya kolak aja ya moms, si kotak warna warni ini bisa juga di campur burcangijo nih.. Kebetulan ini resep mamah sih. Dia doyan banget ngemix bubur kacang 😂 #SiapRamadan Siap #JemputRejeki

Mpasi Chloe|Bubur Ayam Wortel

Mpasi Chloe|Bubur Ayam Wortel

Ak bikin buburnya agak beda dr yg biasa ku bikin, tp nasinya ga benyek, msh berasa tekstur nasinya. Kalo ada bubuk kaldu ayam juga lbh enak moms.Teksturnya di sesuain aja ya moms sama baby nya.

Bubur Tarigu / Kolak Terigu

Bubur Tarigu / Kolak Terigu

Ini salah satu makanan favorit saya waktu kecil. Ibu suka bikinin ini, resepnya dari Nenek. Literally terigu yang dibikin kolak, nggak pakai bahan lain. Kalau mau boleh ditambahin pisang, ubi, singkong, nangka, peuyeum atau duren biar tambah enak. Saya bikin versi orinya aja 😆 #JemputRejeki #SiapRamadan #CookpadCommunity_Bandung

2 porsi
20 menit
Bubur Ayam Chinese

Bubur Ayam Chinese

Beberapa hari ini suami Bapil parah,makannya uda ga napsu ini itu,jadi supaya tetep makan aku buatin aja bubur ini,jam 3 subuh aku buat,karena bubur mama ini enak bgt,papaku selalu nambah2 makan bubur.

5 mangkok
MPASI Bubur Kentang Salmon Tofu Buncis

MPASI Bubur Kentang Salmon Tofu Buncis

@nic.kitchen MPASI Bubur Kentang Salmon Tofu Buncis . . ⭐️Karbohidrat: Beras putih, kentang ⭐️Protein hewani: Daging ikan salmon ⭐️Protein nabati: Tofu ⭐️Sayuran: Buncis . . #nickitchen #mpasi #mpasi4bintang #mpasi6bulan #mpasi7bulan #buburbayi #bubursaring #takahi #slowcook #slowcooker

2 porsi
3 jam
Bubur salmon bayam merah

Bubur salmon bayam merah

First time masak salmon for my kiddos Alhamdulillah si kecil suka 💕 Selamat mencoba mom ☺️🙏🏻

Untuk 2 kali makan
Mpasi - Beef & Egg Porridge

Mpasi - Beef & Egg Porridge

8 Porsi @ 100ml
Mpasi 8 bulan : Bubur Tumis Kembang kol

Mpasi 8 bulan : Bubur Tumis Kembang kol

Belakangan bunda lagi keriweuhan dengan kondisi dirumah .. jd bunda blm sempet untuk masak Dan alhasil cuma bs beliin PROCIL untuk si Dede. Naaah kali ini bunda masak simpeel yg penting gizi terpenuhi .. selamat masak ♥️ Sedikit info : untuk sikecil, penggunaan sayuran Dan buah2an sangat dibatasi karna apabila terlalu banyak dapat menghambat penyerapan nutrisi si kecil. baiknya untuk si buah Hati adalah lemak baik .. jadiiii yuk masak, tumis Dan goreng :)

Bubur beras putih

Bubur beras putih

Mpasi 6 bulan abrisam

1 kali makan
Bubur Kacang Ijo Sederhana

Bubur Kacang Ijo Sederhana

Lagi makan bubur kacang ijo bikinan sendiri, jadi pengen berbagi resepnya .... Iseng aja ini mah🥰🥰