Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Cilok Bumbu Kacang yang Lezat Sekali

Dipos pada August 24, 2019

Cilok Bumbu Kacang

Anda sedang mencari inspirasi resep Cilok Bumbu Kacang yang mudah Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Cilok Bumbu Kacang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Cilok Bumbu Kacang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Cilok Bumbu Kacang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok Bumbu Kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok Bumbu Kacang memakai 27 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ciloknya pakai isian daging sapi sisa kurban kemarin 😁 Ini jadinya banyaaaaak banget, sampe udah bungkusin buat mbak bawa pulang. Sisanya aku simpen di magic jar biar tetep hangat dan kenyal kalau mau makan lagi. Bumbunya juga enaaaak banget! Suami pulang kerja sampe ketagihan. Must try kalo buat nyemil2!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok Bumbu Kacang:

  1. Bahan Cilok
  2. 250 gr Tepung Tapioka
  3. 250 gr Tepung Terigu
  4. 4 Siung Bawang Putih (ukuran besar, haluskan)
  5. 2 Sdm Garam
  6. 1 Sdm Kaldu Jamur (bisa diganti kaldu ayam/kaldu sapi bubuk)
  7. 1 Sdt Merica bubuk
  8. Secukupnya Air
  9. 2 Batang daun bawang (cincang kecil2)
  10. Isian Cilok
  11. 100 gr Daging Sapi (cincang kecil2 atau digiling)
  12. 1 Sdt Kecap Asin
  13. 1 Sdm Minyak Wijen
  14. 1 Siung Bawang Putih
  15. 1/2 Sdt garam
  16. Air (sedikit)
  17. Bumbu Kacang
  18. 250 gr kacang tanah (sangrai)
  19. 2 Siung Bawang Putih (sangrai)
  20. 5 Buah Cabai keriting (Sangrai)
  21. 6 Buah Cabai Rawit (sangrai) (bila suka pedas bisa ditambahkan)
  22. 4 Lembar Daun jeruk
  23. 1 Sdt Garam
  24. 100 gr Gula merah
  25. 2-3 Sdm Saus Sambal (opsional)
  26. Minyak
  27. secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Cilok Bumbu Kacang

1
Marinasi daging yang sudah di cincang dengan kecap asin, bawang putih yang sudah dihaluskan, minyak wijen, dan garam. Diamkan sekitar 10menit, lalu tumis tanpa minyak. Bila sudah berubah warna masukan sedikit air, lalu diamkan hingga bumbu meresap, dan air sat.
2
Campur semua bahan cilok, aduk rata. Masukan air, lalu aduk adonan hingga tidak lengket ditangan. bentuk adonan menjadi pipih, masukan isian daging, lalu bulatkan sesuai selera.
Cilok Bumbu Kacang - Step 2
3
Masak air hingga mendidih, masukan sedikit minyak goreng agar adonan tidak lengket satu sama lain. Bila air sudah mendidih, masukan adonan cilok. Tunggu hingga matang. Tanda cilok sudah matang, cilok akan mengapung. Angkat, dan tiriskan.
4
Bumbu kacang : Sangrai kacang tanah, bawang putih dan cabai dengan minyak. Kira2 5-10menit dengan api kecil. Lalu blender atau uleg kacang, bawang putih dan cabai hingga halus.
Cilok Bumbu Kacang - Step 4
5
Panaskan minyak hingga benar2 panas. Masukan daun jeruk dan adonan kacang tanah, masak hingga minyak menyerap dan adonan kacang terlihat agak kering. masak dengan api kecil saja.
6
Masukan air kedalam adonan kacang sekitar 2 gelas (bisa di kondisikan kekentalannya), lalu masukan gula merah. Aduk rata, bumbui dengan garam dan saus sambal. Tunggu sambil sesekali di aduk hingga mengeluarkan minyak. (Masak dengan api sedang)
Cilok Bumbu Kacang - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cilok bumbu kacang dan kelapa goreng

Cilok bumbu kacang dan kelapa goreng

hay gaes. aku buat cilok untuk di jual di sekolahan dasar, pas banget sekolahnya t di samping rumah aku. jdi aku cari siswa untuk bawain jajanan aku untuk di jual. allhamdullilah modal 15.000 untung bisa 50.000 lumayan kan. cilok yg aku buat ini seperti cilok pada umunya. hanya saja ada tambahan kelapa parut terus di oseng oseng baru aku tumbuk, warnaya menyerupai kacang jadi untuk mengentalkan bumbu kacang aku. aku tambahin deh kelapa oseng biar lebih guruh, beraroma, dan kental gaes.

Sate Usus bumbu kacang #BikinRamadanBerkesan

Sate Usus bumbu kacang #BikinRamadanBerkesan

Menu angkringan yang murah meriah

CILOK Bumbu Kacang

CILOK Bumbu Kacang

Kangen jajanan depan sekolahan yang satu ini 😄

Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

#BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

2 porsi
45 menit
Cilok Bumbu Kacang🍡

Cilok Bumbu Kacang🍡

Salah satu jajanan Mingguan saya jatuh pada pilihan Cilok, selain hampir tiap minggunya saya membeli Cilok. Cilok juga ada bermacam-macam yaitu Cilok Bumbu kacang, kuah dan juga ada yg goreng... Bahkan dari dulu hingga sekarang ini jajanan yg paling sering kita temui di pinggir jalan, sekolah, Mall , dan pasar. Suatu ketika saat itu si sulung yg sudah naik ke TK A mengeluh kepada saya, kalau ada beberapa teman-temannya yg suka membawa cilok di sekolah untuk bekalnya.. Tentu saja si sulung juga langsung berkata " Bunda ko tidak bikin cilok juga, temanku tadi ada yg bawa cilok, aku juga mau bawa cilok kaya temanku bunda ". Tidak terpikirkan oleh saya kenapa selama ini hanya bisa beli dan kenapa saya tidak membuat sendiri bukankah caranya mudah dan tidak memakan banyak waktu,selain lebih sehat untuk anak-anak... Dan semenjak itu saya selalu berinisiatif membuat cilok sendiri. Ciloknya pun ada berbagai macam isian keju, telur puyuh, daging dll... Untuk isian bisa di sesuaikan dengan selera masing-masing. Tetapi untuk resep ini saya membuat yg original tanpa isian. Dan saus kacang saya memakai yg instan bungkusan siap pakai. Source : TasteMade Indonesia #OneRecipeOneTree #JajananMinggu #CookpadCommunity_Tangerang

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang empuk dan menul2

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Hujan2 pasti nyari cemilan...bkin cemilan simple aja biar cepet mateng....#5resep pertamaku

1 menit
Kering tempe kacang (bumbu seadanya)

Kering tempe kacang (bumbu seadanya)

Ada lebihan tempe sisa dibikin mendoan, dripada semangit saya bikin saja stok kalau lagi nda ada lauk, dicemil juga enak.

Bumbu kacang

Bumbu kacang

Temennya cilok n bakwan

Tahu Telor Bumbu Kacang #BikinRamadanBerkesan

Tahu Telor Bumbu Kacang #BikinRamadanBerkesan

#day25 #bikinramadanberkesan Makanan serba beli dulu waktu masih mahasiswa dan anak kost sekarang dipraktekin di dapur 😄😅 biasanya yg ky gini nih menu tengah2 bulan saat stock kiriman sdh hampir menipis dan cari yg murah tapi ttp bergizi 😁😁

Tumis Tempe Kacang Panjang Putren bumbu Sambel Terasi

Tumis Tempe Kacang Panjang Putren bumbu Sambel Terasi

Panjang ya namanya padahal praktis kok ini..memanfaatkan sisa sambel terasi yg ada dirumah.Ibu2 mau irit dan gampang aja yekan😋😍Rasanya enakkk banget bikin galau kalap ngambil nasi anget😆😅sambel bisa diganti sambel yg lain.takaran sambel bisa ditambah sesuai selera,bisa ditambah cabe,sayur juga bisa diganti sayur lain.Pokoknya bebas😋 idenya dari resep mbak Frielingga sit tapi aku ngga pake teri goreng dan aku pake sambel terasi yg ada dirumah aja,ngga buat sambal baru😆

Sate tuna bumbu kacang no msg no minyak

Sate tuna bumbu kacang no msg no minyak

ceritanya seminggu ini lagi diet ketat, bukan karena ingin nurunin berat badan, tapi anjuran dokter..hehe

16 tusuk
Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Maaf ngga ada foto step by stepnya,, saya lupa hehehehe... Saya ngga pakai isian, Klo mau di isi bisa pakai sosis, keju atau kornet. Sesuai selera ya..

Bumbu Kacang Siap Pakai

Bumbu Kacang Siap Pakai

Bumbu kacang Endolitah bisa buat apa aja, buat pecel, ketoprak, gado2, saus cilok, nasi lengko, tahu gimbal dll

5-6 porsi
Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Di sediakan untuk orang terkasih

2 mangkuk