Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Kue lumpur kentang yang Enak Banget

Dipos pada February 6, 2021

Kue lumpur kentang

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Kue lumpur kentang yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue lumpur kentang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kue lumpur kentang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kue lumpur kentang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Kue lumpur kentang adalah 55 biji. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue lumpur kentang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue lumpur kentang memakai 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PekanInspirasi #Pekan_JajananDaerah #cookpadcommunity_kediri Kue lumpur jajanan daerah khas keluarga saya, resep warisan turun temurun. Saya warisi dari ibuk saya. Rasanya manis dan legit bikin nagih, gak cukup makan sebiji. Selain untuk konsumsi keluarga juga andalan saya untuk suguhan acara pengajian, hajatan dan jualan di even Bazaar sekolah tempat saya ngajar dan kantin sekolah.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue lumpur kentang:

  1. Bahan:
  2. 1 kg kentang
  3. 750 gr tepung terigu segitiga biru
  4. 1800 ml santan dari setengah butir kelapa tua
  5. 500 gr gula pasir
  6. 200 gr mentega
  7. 2 vanili bubuk
  8. 4 buah telur
  9. 1/2 sdm garam
  10. Topping:
  11. secukupnya Kurma/kismis

Langkah-langkah untuk membuat Kue lumpur kentang

1
Rebus kentang lalu kupas kulitnya dan potong kecil-kecil. Rebus santan dan tambahkan garam dan gula aduk hingga larut dan mendidih, lalu biarkan sampai dingin. Sambil menunggu santan dingin, cairkan mentega, biarkan sampai dingin.
Kue lumpur kentang - Step 1
Kue lumpur kentang - Step 1
Kue lumpur kentang - Step 1
2
Blender telur. Tuang dalam baskom. Blender kentang dan larutan santan sampai halus. Tuang dalam baskom yg berisi blenderan telur tadi. Aduk rata.
Kue lumpur kentang - Step 2
Kue lumpur kentang - Step 2
Kue lumpur kentang - Step 2
3
Masukkan terigu, vanili dan mentega cair yg sudah dingin. Aduk rata
Kue lumpur kentang - Step 3
Kue lumpur kentang - Step 3
Kue lumpur kentang - Step 3
4
Aduk rata, jangan ada yg bergerindil. Kuncinya adukan searah jarum jam dilakukan cepat selama 10 menitan. Insyaallah jadi haluus adonannya.
Kue lumpur kentang - Step 4
Kue lumpur kentang - Step 4
5
Panaskan cetakan lumpur diameter 7cm, olesi dengan margarin. Tuang adonan 3/4 bagian cetakan. Beri topping kurma/kismis setelah adonan agak set.
Kue lumpur kentang - Step 5
Kue lumpur kentang - Step 5
Kue lumpur kentang - Step 5
6
Masak hingga matang kira kira 10 menit dengan api kecil.
Kue lumpur kentang - Step 6
Kue lumpur kentang - Step 6
7
Angkat dan sajikan.
Kue lumpur kentang - Step 7
Kue lumpur kentang - Step 7
Kue lumpur kentang - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Pisang Kukus Ampas Almond (Glutenfree)

Bolu Pisang Kukus Ampas Almond (Glutenfree)

Punya ampas almond jangan dibuang bisa untuk buat kue dan makanan lainnya sebagi pengganti terigu dengan ampas almond ini enak dan sehat jadi gluten free 🤗. *Based resep saya lihat IG dr Zaidul Akbar cuma ditambah kurma ajwa dan madu😊. #DiRumahAja #CABEKU #Telur3in1 #BerburuCelemekEmas #Revolusi2020

Orange Smoothie

Orange Smoothie

Orange smoothie yang cantik dan sehat...

Jus Merah

Jus Merah

Untuk menghilangkan rasa seperti tanah pada buah bit, bisa dengan cara dikupas lalu rendam air panas atau campur jus dengan kurma

Infuse water kekinian

Infuse water kekinian

Berawal dr keinginan utk hidup sehat ,so lets do it ,simple & easy ,🍹🍸

Banana Bread versi sehat tanpa gula

Banana Bread versi sehat tanpa gula

Punya tiga pisang yang udah mateng banget, lalu terinspirasi resep @anakjajan dari IG. Tapi dimodifikasi tanpa gula, diganti pake madu. Ditambahin oatmeal walnuts dan kurma.

Peach Gum  Dessert

Peach Gum  Dessert

Dessert kekinian yang lagi happening banget di Jakarta dan sekitarnya? Gak salah lagi.. Pasti Peach Gum Dessert. Pertama kali coba beli, berasa kayak rasanya kurang jadinya malah bikin sendiri dan bagi ke teman2 & sodara2. Semuanya syukaaa.. Dessert yang 1 ini, selain enak juga sehat. Jarang-jarang kan.. Kolagennya tinggi, sehingga baik untuk kulit dan bahan-bahan alami yang digunakan juga banyak khasiatnya (browsing sendiri ya khasiat masing-masing bahan.. Panjang kalo diceritain disini..hehe) Aku nggak pakai takaran sih, jadi silahkan coba-coba sendiri deh ya..

Gluten Free Chia Seed Loaf (29)

Gluten Free Chia Seed Loaf (29)

Lagi pengen ngemil cake, roti dan sebangsa nya. Tapi gak mau yg dari tepung terigu. Karena cerita nya saya lagi atur pola makan. Jadi pake Oatmeal. Jadi nya bikin ini inspirasi dari beberapa resep diet orang yg nge gym.

1 Porsi bisa 15 potong besar
45 menit
KurCok Kacang Mede

KurCok Kacang Mede

Camilan menyehatkan dari kurma dan kacang mede ini selalu ada di toples setiap hari raya. Cara buat nya mudah dan praktis. Kebetulan #cocomtangpost minggu ini adalah serba olahan dari kacang. Dan karena selalu stock kurma di bikin deh resep ini, bahan yang lain juga ready, Alhamdulillah,, kurcok 👍🏻 eeh cucook ..👩🏻‍🍳 #CABEKU #Cocomtangpost_olahandarikacang #Cookpadcommunity_Tangerang #CookpadIndonesia #GA_TheNextLevel #week4

2 toples
Umm Ali

Umm Ali

Umm Ali adalah makanan penutup yang sangat populer dan menjadi hidangan lezat dari Timur Tengah. Rasanya yang creamy, manis, dan lembut bikin kangen siapapun yang udah pernah nyobain.

Oatmeal Barley Milk (susu Oatmeal dan Jalijali) 2 Bahan

Oatmeal Barley Milk (susu Oatmeal dan Jalijali) 2 Bahan

#SayangAnak #SiapRamadan #CelemekSakti #oatmilk #oatmeal #barley#jalijali #susuoatmeal #SliceCuteCake Anak anak itu suka nya susu ya , jd kita buat yg sehat . Aku Udah dari lama suka sama susu oats , jujur aja makin masak makin makan makin gendut . Apalagi sekarang ga bisa kontrol suka bgt minum susu Full cream , untuk ganti susu Low fat/ skim rasanya ga bisa secepat itu . Untung aku seneng banget sama oatmeal , granola , atau muesli dan bubur barley walaupun jarang olahraga tp makanan harus selang seling makan sehat . Eits ini bisa untuk anak anak juga kok . Adik aku yg paling kecil doyan banget makanan oatmeal sama muesli . Apalagi bentukan nya udah susu doyan deh dia suka tambah madu / kurma / sirup maple .

Kue Lumpur Kentang

Kue Lumpur Kentang

Bismillaah, Minggu ke-1 (Jumat, 5 Juni 2020) Sering banget jajan kue lumpur kentang ini, rasanya enak, gurih, manis dan legit. Teksturnya lembuut dan ga bikin eneg. Pas buka inbox, ada pesan cinta dari TehMin, weekend ini ada event #BandungSilihAsaan dengan tema olahan kentang. Ahaaa, langsung deh kepikiran buat kue lumpur kentang ini, buat ngobati kangen jajanan favorit. Dan ternyata hasil buatan sendiri lebih membahagiakan, hihi...☺. Hatur nuhun, inspirasi resepnya Teh Cony Septiani 🤗, punya saya mah ga di oven, langsung dipanggang di cetakannya. Rasanya bravo, sesuai ekspektasi. #BandungSilihAsaan_OlahanKentang #CookpadCommunity_Bandung #PejuangGoldenApron3 #AuthorsBandungHebring

Banana Smoothie

Banana Smoothie

263kkal

Fresh Juice (no added sugar)

Fresh Juice (no added sugar)

Ini resep jus wortel favorit aku nih. Pengen nge-bookmark buat diri sendiri hehe. Kalo ada yang pengen nyoba silakeunn.

19. Pisang Cokelat Pound Cake

19. Pisang Cokelat Pound Cake

Modifikasi resepnya Peaceful Cuisine lagi ah~ (ini gluten free dan tidak pakai telur) LET’S CAKE!

5 Layer Dessert Box 💐

5 Layer Dessert Box 💐

Penasaran jaman masih kerja dulu, suka order beginian, 25k segelas kecil.. Cussssslah pas udh jd mamak RT jajal sendiriiiiii, inovasi sendiri, mix sendiri sesuka hatiiiiih.. Ndyaaaang dijajaaaal jugak!!!

Hot chicken wings

Hot chicken wings

Beli ayam cuma bagian atas aja, biar banyak dagingnya, aslinya si karna ga suka bagian pada. Heheh. Karna sekali beli dapet 4 potong sayap ayam. Mending dibikin hot chicken wings aja. Dengan bantuan bon cabe yang dipake super banyak, jadilah rasa ini teramat pedas 🤣 #AhlinyaAyam

Peanut Butter Energy Balls

Peanut Butter Energy Balls

Inspired recipes by Purelykaylie.com dengan sedikit modifikasi, karena bahannya terbatas

Baesuk

Baesuk

Baesuk adalah makanan herba penyembuh saat kondisi tubuh sedang menurun dan menjadi penambah gizi. Yang jelas bisa menjaga imun tetap baik, menambah stamina dan dipercaya membuat awet muda. Itu bila dikonsumsi dalam keadaan panas. Tetapi bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin juga. Biasa sebagai desert khas Korea. Source : Firda@home #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok #CookpadIndonesia #minumancicilia

Minuman Asam Amino

Minuman Asam Amino

Bismillah. Assalamualaikum. Seger, mengembalikan tenaga dan baik untuk otak. Apalagi diminum saat berbuka puasa...uwow nikmat banget. Adapun asam amino berfungsi utuk memperbaiki jaringan tubuh. Menjaga keseimbangan cairan tubuh. Menjaga suasana asam basa di dalam tubuh. Monggo bunda di coba... Sumber : Dapoer Oznon (Linda) Oleh : Griya Syar'i #PejuangGoldenApron2 #Genk_PejuangDapur #GenkPeDa_DapoerOznon

Peach gum healthy dessert

Peach gum healthy dessert

Kondisi skrg harus makan dan minum yg sehat2 saja spy tidak gampang terkena virus.. Krn buat sendiri jadi isi nya di buat banyak variasi nya #peachgumhealthydessert #peachgumhealthydrink #snowbirdnest #stayhealthy #StaySafe #lawancovid19

6 gelas