Cara Gampang Menyiapkan Bakso Cuanki Homemade yang Anti Gagal

Dipos pada January 23, 2018

Bakso Cuanki Homemade

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakso Cuanki Homemade yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bakso Cuanki Homemade yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bakso Cuanki Homemade, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bakso Cuanki Homemade sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Bakso Cuanki Homemade sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda mungkin bisa mengidangkan Bakso Cuanki Homemade memakai 32 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PejuangGoldenApron2 #Minggu ke-9 source : Fitri Sasmaya Ceritanya lagi kangen bakso cuanki. Cuanki kependekan dari Cari uang jalan kaki. Bakso cuanki konon berasal dari kota Bandung. Walaupun banyak penjual cuanki keliling, tetap punya langganan sendiri. Biasanya si amang cuanki lewat jam 9 atau 10 malam. Suka kesel sih.. tapi enggak bisa nahan diri😀. Jam 9 malam sudah waktunya tidur, si amang ketrok - ketrok bambu didepan rumah. Dilema.. Antara beli atau tidak. Beli, takut berat badan naik. Enggak beli ko perut kruyuk - kruyuk mencium aroma bakso. Terpaksa kedapur ambil mangkok.. Hehe. Diluar si amang lagi dikelilingi tetangga pada bawa mie instant. Hadeeeh... Mak. Aku enggak tahan langsung ikutan ambil mie instant. Abaikan saja body yang semakin bulat😀. Sejak bulan puasa kemaren si amang enggak pernah lewat lagi entah pulang kampung atau pindah pangkalan. Saya recook resep Bakso kenyal mbak fitri sasmaya sedikit modif. Satu adonan bisa untuk 3 jenis Bakso, isian tahu dan pangsit. Untuk kuah, jika tidak menggunakan bumbu mie instant, silakan tambahkan garam atau kaldu bubuk sesuai selera.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakso Cuanki Homemade:

  1. 1 bungkus kulit pangsit
  2. 10 potong tahu kulit
  3. 20 butir bakso sapi (Beli jadi)
  4. Mie instant/mie kering
  5. Bahan Adonan Bakso
  6. 4 potong dada ayam
  7. 1 butir putih telor
  8. 7 sdm tepung tapioka
  9. 1 sdm bawang goreng
  10. 1/2 sdt merica bubuk
  11. 3 siung bawang putih
  12. Secukupnya garam
  13. Secukupnya kaldu bubuk
  14. Secukupnya es batu
  15. Bumbu tambahan isian pangsit
  16. 1 sdm saos tiram
  17. 1 sdm minyak wijen/goreng biasa
  18. Bumbu Kuah
  19. 4 gelas belimbing air
  20. 3 siung bawang merah
  21. 2 siung bawang putih
  22. 2 cm jahe, geprek
  23. 1/2 sdt merica bubuk
  24. Secukupnya tulang ayam
  25. Secukupnya garam
  26. Kaldu bubuk (optional)
  27. Pelengkap
  28. Sambal
  29. Saos cabe
  30. Kecap
  31. Irisan daun bawang/seledri
  32. bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Bakso Cuanki Homemade

1
Siapkan bahan. Haluskan bawang putih. Cuci ayam kemudian fillet buang tulang dan serat/lemaknya. Potong daging ayam sekitar 2 cm. Masukan potongan ayam dan es batu ke dalam chooper lalu giling.
Bakso Cuanki Homemade - Step 1
Bakso Cuanki Homemade - Step 1
Bakso Cuanki Homemade - Step 1
2
Masukan semua bumbu adonan bakso kemudian giling. Terakhir masukan tepung tapioka, giling kembali hingga benar - benar halus.
Bakso Cuanki Homemade - Step 2
Bakso Cuanki Homemade - Step 2
Bakso Cuanki Homemade - Step 2
3
Sisihkan sebagaian adonan bakso untuk isian pangsit. Belah bagian tengah tahu kemudian isi dengan adonan bakso. Kukus selama 20 menit. Angkat dan tiriskan
Bakso Cuanki Homemade - Step 3
Bakso Cuanki Homemade - Step 3
Bakso Cuanki Homemade - Step 3
4
Tambahkan saos tiram dan minyak wijen pada sisa adonan bakso, aduk rata. Potong kulit pangsit sesuai selera. Ambil 1 lembar kulit pangsit masukan adonan bakso secukupnya kemudian lipat.
Bakso Cuanki Homemade - Step 4
Bakso Cuanki Homemade - Step 4
Bakso Cuanki Homemade - Step 4
5
Lakukan hingga selesai. Panaskan minyak, goreng hingga keemasan. Angkat dan tiriskan
Bakso Cuanki Homemade - Step 5
Bakso Cuanki Homemade - Step 5
Bakso Cuanki Homemade - Step 5
6
Haluskan bumbu kuah kemudian tumis hingga harum. Masukan ke dalam panci rebus hingga mendidih bersama tulang ayam, bakso, tahu bakso dan garam lalu saring. Siapkan mangkok saji masukan mie dan bumbu mie, bakso, tahu bakso dan pangsit. Taburi bawang daun dan bawang goreng.
Bakso Cuanki Homemade - Step 6
Bakso Cuanki Homemade - Step 6
Bakso Cuanki Homemade - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pangsit Isi Mie Ayam

Pangsit Isi Mie Ayam

Ini mie ayam pangsit versi cemilannya. Bikinnya gampang dan cepat, cepat ngabisinnya juga 😁. Mienya hanya pakai mie instan. Bumbunya juga sederhana. Resep terinspirasi dari resep "Supermi Pangsit Gesit (Kreasi resep Supermie)". Karena saya mau bahan isinya terasa seperti mie ayam, jadi saya tambahkan bumbunya dengan kecap manis, lada bubuk dan daun bawang. Bumbu mie instannya tidak saya pakai ya karena sudah ada rasa gurih dari garam dan saus tiram. Ini sekalian ikutan challenge #CABEKU yang temanya "daging ayam" yang kalau dikreasiin itu ngga ada habisnya. Pokoknya #ayaminlopwityu yes... #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Bekasi

12 pcs
45 menit
Mie Rebus Sayur Telur

Mie Rebus Sayur Telur

🌾13 April 2019.. Hari ini males masak. Tapi sambal gak ada dan perut laper say. Kasihan, yang lain kalau gak ada yang di makan. Bikin yang simple simple aja dah.. #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #berburucelemekemas #resolusi2019 #BringBackMemories #Sarapanku #cookpadcommunity_kotapadang #3weekschallenge

Untuk 4 Orang
Mie Nyunda

Mie Nyunda

Mie kesukaan almarhum suamiku...

1 porsi
15 menit
Seblak Mie

Seblak Mie

Efek #dirumahaja #pejuanggoldenapron2 #bismillah #minggu27 #seblakmie #masakasyik #memasakituaaya #cookpad

Seblak Indomie simple

Seblak Indomie simple

Untuk bahan saya pakai yang ada di dapur ya hehehe.. untuk isian kalian bisa tambahkan baso, udang dan sayuran lainnya.. saya tidak pakai minyak cabai yang dari indomienya yaa🤣 terima kasih dan selamat mencoba 🍜💕

Mie Kuah Sambal Matah

Mie Kuah Sambal Matah

Sat.21/Oct.2017 #BantuMantenBaru Pengalaman pribadi sebenarnya 😅 Tetapi duluuuuu sekali (bertahun tahun tahun 😂 silam) bukan varian rasa sambal matah yg sy modifikasi, karena belum ada ya, melainkan varian mie goreng rasa lain. Kali ini sekalian nyicipin mie kuah sambah matah.

2 porsi
Indomie Tek Ebi Ulang Tahun

Indomie Tek Ebi Ulang Tahun

Tengah bulan ini teman kantor ada yang ulang tahun, untuk dapat masakan lebih banyak dan bahan murah mending cusss bikin sendiri , Indomie Tek. Selamat mencoba !!

Tahu Rambutan Simple

Tahu Rambutan Simple

Luarnya krispi dalemnya lembut Lo,, dijamin kok, ditambah bumbunya berasa Indomie goreng. Selamat mencoba ✨

Indomie rasa Udon

Indomie rasa Udon

Liat resep udon original ala restonya akari papa jd pingin bikin.Karena ngga punya udon mie instan pun jadi.Ngga punya kecap asin jepang (shoyu) kecap asin indonesia pun jadi.Jadinya maksa sedikit ya hehehe tapi tetep enak udon dengan kearifan lokal. #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Cookpadcommunity_PangkalanBun #OneRecipeOneTree

2 porsi
Mie Omelette

Mie Omelette

Menu ini menu yang sudah saya masak sejak saya SD loh. Percaya enggak? Hahaha Benerannn saya bahkan dulu lomba masak pakai menu ini. Saya ganti mie nya pakai mie bayam dan kelas saya menang. Hahaha 😁 Cocok buat makan pagi karena cukup mengenyangkan, ada mie nya. Untuk snack juga oke. Jangan skip keju dan margarinnya, itu yang bikin hasilnya gurih. Kalau untuk variasi isian sih terserah, seadanya saja. Saya suka ada jamur kuping hitam nya, menambahkan tekstur kres kres renyah gitu. Salam “Anyone can cook”

Mie gulung sosis

Mie gulung sosis

Resep ini simple sekali ..untuk camilan bisa ataupun u.pelengkap bekal anak ..😊😊

Mie schotel ekonomis

Mie schotel ekonomis

Resep punya Ummu Zahra Yusuf.,baca resepnya sekilas langsung PD bisa bikin apalagi bahan bahan nya murmer & fleksibel di kombinasiin pake brokoli,daging ayam atau kalo ada kacang polong juga sedap & ternyata emang beneran enak 😃.

Bola mie

Bola mie

Ceritanya nih baru beli cetakan takoyaki, tapi mau bikin takoyaki bahannya ga ada😄. Akhirnya ingat deh barangkali bisa bikin bola-bola telor buat bekal pagi anak-anak. Lagipula, tak ada apapun di kulkas yang bisa dibawa jadi bekal anak-anak🙈. Alhamdulillah, weldone! Simpel banget lho bikinnya! Ini resep simpel yang bisa dibuat oleh anak SD sekalipun🤭 dan, jadi rebutan anak anak lho🥰🥰🥰 #kapsulajaib

Bola Ayam Rambutan

Bola Ayam Rambutan

Source deviirwantari Cook by me @orincookies #CookpadIndonesia #BerburuCelemekEmas #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya #Resolusi2019 #GoldenApronChallenge

Bekal Suami Magelangan

Bekal Suami Magelangan

Bekal praktis tp enak.. kbetulan masih ada sisa nasi semalam tinggal sepiring kecil syang klo d buang, dr pda mubazir mending d bkin magelangan aja buat bekal paksu. Kebetulan udah lama bgt gk bikin n gak makan makanan ini, kangen jga ciee sma kotanya.. hehehe Ywdh lgsg cuss aja yuk moms..

Mie rebus simple tengah malam

Mie rebus simple tengah malam

Gara2 tengah malam laper eh ujan jd langsung kepikiran buat yg simple aj deh..😁