Resep Sambel Ijo padang yang Bisa Manjain Lidah

Eugenia Wilkerson   03/10/2020 14:50

Sambel Ijo padang
Sambel Ijo padang

Lagi mencari inspirasi resep sambel ijo padang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambel ijo padang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

This is one of the best must have chilli sambal or sauce or paste from Padang Indonesia. I used to study in Bandung, Indonesia and every time I went there, I will never forget to eat in Padang or Minang restaurant. And the must in my menu Sambal Ijo.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambel ijo padang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambel ijo padang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sambel ijo padang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sambel Ijo padang menggunakan 9 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambel Ijo padang:
  1. Sediakan 6 bj cabe ijo besar
  2. Siapkan 15 bj cabe rawit ijo
  3. Gunakan 4 siung bawang putih
  4. Siapkan 8 siung bawang merah
  5. Siapkan 2 buah tomat ijo
  6. Sediakan 4 lembar daun jeruk
  7. Gunakan Garam
  8. Gunakan Gula pasir
  9. Siapkan Minyak goreng

Sambal ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas tapi tetap nikmat. Sambal yang disebut juga lado ijo ini tidak punya rasa pedas yang nendang memang, tapi rasa dan aromanya entah mengapa pas berpadu dengan semua makanan bersantan. Resep cara membuat sambal ijo, salah satu sajian wajib di setiap rumah makan padang. Rasa pedas gurihnya cocok sebagai pelengkap makanan.

Cara membuat Sambel Ijo padang:
  1. Siapkan bahan cabe bawang dan tomat, cuci bersih
  2. Chopper kasar cabe dan bawang, iris tomat ijo
  3. Panaskan minyak,tumis sambel sampai setengah matang
  4. Masukan tomat ijo, daun jeruk,garam dan gulpas masak sampai benar2 matang

Jika kamu sangat suka, tidak perlu juga selalu beli di rumah makan padang ya. Bikin sendiri saja di rumah, kamu bisa simak resepnya sebagai berikut. Siapa yang suka makan makanan Padang, mesti tahu sambal hijau antara hidangan yang mesti ada dalam menu mereka. Saya pun kalau ke restoran Padang/Minang, memang tak tinggal sambal yang satu ni, tak lengkap kalau tak ada sambal hijau ni. Untuk pengetahuan korang, sambal hijau ni ada macam-macam cara nak buat dia, ada yang letak ikan bilis, petai dan ada yang letak belacan, tapi kali ni saya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sambel ijo padang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved