Resep Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak yang Lezat

Hallie Norris   03/10/2020 14:47

Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak
Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak

Sedang mencari ide resep sambal ayam bakar bumbu rujak yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal ayam bakar bumbu rujak yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Menu ayam bakar bumbu rujak, dengan sayur cap cay dan lalapan dimasukkan. Olahan ayam ini enak banget di makan pake nasi anget tambah kerupuk. Alhamdulillah lulus di Jago Recook Level AkuRaPopo, sekarang naik kelas menjadi Jago Recook Level Akuiso.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal ayam bakar bumbu rujak, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal ayam bakar bumbu rujak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal ayam bakar bumbu rujak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak menggunakan 14 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak:
  1. Gunakan 50 gr Cabe Besar
  2. Sediakan 20 gr Cabe Rawit
  3. Ambil 4 siung Bawang merah
  4. Sediakan 2 siung Bawang putih
  5. Siapkan 2 buah Tomat ukuran kecil
  6. Ambil 3 buah Kemiri
  7. Ambil 2 lmbr Daun jeruk
  8. Gunakan 1/2 sdt Terasi matang
  9. Siapkan 1 sdt air asam jawa(sesuai selera)
  10. Ambil secukupnya Gula merah
  11. Siapkan secukupnya Garam
  12. Siapkan secukupnya Gula pasir
  13. Sediakan secukupnya Penyedap
  14. Sediakan Minyak untuk menggoreng

Sekali coba pasti langsung jatuh hati. Apalagi jika keluarga gemar makan ayam, resep ini sangat cocok untuk disajikan sebagai variasi menu ayam. Ayam bakar bumbu rujak. foto: Instagram/@aneka_resep.id. Ayam Bumbu Rujak was a staple BBQ or grilled chicken dish that was often made at my parents' household back then.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak:
  1. Panaskan wajan goreng cabe merah,cabe rawit,bawang merah,bawang putih,tomat,kemiri hingga setengah matang lalu tiriskan dan haluskan dengan ditambah daun jeruk,terasi,gula merah,garam,gula putih dan penyedap.
  2. Goreng kembali sambal yang sdh dihaluskan dengan ditambah air asam jawa aduk~aduk hingga rata,cicipi terlebih dahulu kalau dirasa sudah pas rasanya angkat dan sajikan….

Ayam bumbu rujak is a typical Javanese food made from chicken meat which is still young and uses a red basic spice then grilled. A red base is a spice made from salt, garlic, onion, and red chili. Dengan bumbu ayam bakar yang lengkap anda bisa menyajikan hidangan ayam bakar kecap pedas manis. Cara membuat bumbu masakan ayam bakar juga cukup mudah. Resep ayam bakar rumahan bumbu kecap cukup menggunakan bahan bahan bumbu dapur sederhana.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved