Cara Gampang Membuat Marble chiffon cake-Bolu marmer yang Enak

Dipos pada April 14, 2019

Marble chiffon cake-Bolu marmer

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Marble chiffon cake-Bolu marmer yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Marble chiffon cake-Bolu marmer yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Marble chiffon cake-Bolu marmer, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Marble chiffon cake-Bolu marmer bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Marble chiffon cake-Bolu marmer sekitar 12 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Marble chiffon cake-Bolu marmer diperkirakan sekitar 60 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Marble chiffon cake-Bolu marmer oleh krasi mommy. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Kalau kamu mau, masakan Marble chiffon cake-Bolu marmer memakai 13 jenis bahan dan 16 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Besok rencananya mau pergi picnic sekeluarga. Daripada beli snacks yang tidak karuan, saya memutuskan untuk membuat bolu marmer sebagai bekal. Resepnya mudah, murah dan tidak pakai lama. Hasil bolunya lembut, empuk dan lezat deh 😍. Berikut adalah resepnya untuk anda.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Marble chiffon cake-Bolu marmer:

  1. Bahan utama:
  2. 250 grams tepung terigu
  3. 210 grams gula pasir
  4. 200 ml susu cair
  5. 100 ml minyak sayur
  6. 7 butir kuning telur
  7. 30 grams chocolate powder
  8. 1 sdt baking powder
  9. 1 sdt vanilli bubuk
  10. 1/2 sdt garam halus
  11. Bahan merengue:
  12. 110 grams gula pasir
  13. 7 butir putih telur

Langkah-langkah untuk membuat Marble chiffon cake-Bolu marmer

1
Di dalam mangkuk campur tepung terigu, vanilli bubuk, baking powder dan garam halus. Aduk rata.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 1
2
Pisahkan antara kuning telur dan putih telur.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 2
3
Campur susu cair bersama dengan minyak sayur.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 3
4
Kocok gula pasir + kuning telur hingga pucat.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 4
5
Masukkan tepung terigu (aduk rata), kemudian masukkan susu cair dan minyak sayur. Aduk rata.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 5
6
Bagi adonan menjadi dua sama banyak.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 6
7
Membuat merengue: Kocok putih telur hingga berbusa, kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. Kocok hingga putih telur menjadi kaku. Bagi adonan menjadi dua bagian sama banyak.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 7
8
Adonan coklat: Masukkan coklat bubuk (aduk rata), kemudian tambahkan merengue (aduk rata) dengan spatula. Note: Gunakan coklat bubuk dengan kualitas prima untuk menghasilkan warna dan rasa yang maximal πŸ˜‰.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 8
9
Adonan putih: Masukkan merengue sedikit demi sedikit dan aduk rata.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 9
10
Masukkan adonan ke dalam loyang (saya menggunakan ukuran 25). Bentuk sesuai selera. Kemudian panggang di dalam oven dengan suhu 170 derajat Celsius selama kurang lebih 55-65 menit/hingga matang (tergantung kondisi oven masing-masing).
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 10
11
Setelah matang segera keluarkan dari oven. Balikkan loyang sampai cake menjadi dingin (kurang lebih 1-2 jam).
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 11
12
Setelah cake dingin, keluarkan dari loyang.
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 12
13
Potong-potong cake dan sajikan. Bisa dinikmati dengan memberikan taburan gula halus ataupun whipping cream di atasnya ❀️.. Cakenya super lembut, super fluffy, dengan rasa manis yang pas. Mantab banget deh.. β€οΈπŸ‘πŸΌπŸ˜Š
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 13
14
❀️❀️❀️
Marble chiffon cake-Bolu marmer - Step 14
15
Note: Resep ini saya buat menurut selera pribadi dan juga berdasarkan ketersediaan bahan baku yang ada. Untuk mendapatkan hasil masakan yang maximal, silakan disesuaikan dengan selera massing-masing.
16
Note: Hasil masakan bervariasi pada masing-masing individu.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu chiffon

Bolu chiffon

Snack Yang gampang murah meriah ketika lagi ngendon Di rumah aza

1. Bolu coklat pandan kukus

1. Bolu coklat pandan kukus

Hujan2 si bocil mau makan jajan terus. Dan ini kesukaan anakku bunda. Kalo g ada cemilan dia maunya roti mulu. Hehe

Bolu kukus santanπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Bolu kukus santanπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Ceritanya pgn warna hijau diberi chocolatos greentea mirip hijau lumut gpp lah, yang penting endes rasanyaπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

15 potong
1jam
Bolu GreenTea

Bolu GreenTea

#PejuangGoldenApron3

Cheese chiffon cake ekonomis(Slice cheese)

Cheese chiffon cake ekonomis(Slice cheese)

Ku pake loyang 18cm

8 porsi
80 menit
Bolu Chocolatos No Oven No Mixer

Bolu Chocolatos No Oven No Mixer

Di toko tempat usahaku jual coklat kiloan, suka ada sisa2 yg ga kebungkus. Kepikiran buat ditambahin bahan bolu. Nyari di cookpad, akhirnya nemu dari kak Choco Berry. Dengan tambahan chocolatos drink dan dimodifikasi sedikit sesuai dengan bahan yang ada. Enak juga ternyata.. Coklat kiloan bisa diganti dark coklat..

4 orang
45 menit
Chiffon Cake Lembut (3 telur)

Chiffon Cake Lembut (3 telur)

Masih dari rebake-an Ci Tintin. Hari ini nyobain bikin chiffon cake. Daripada beli di bakery atau sekedar liat2 resep chiffon yg keliatannya susah2 gampang..sebagai baking lover gak afdol kalo blm pernah bikin cake kapas yg satu ini. Hasilnya?? Lembut..empuukk.. Dan yg pasti besok pgn bikin loyang yang agak kecil, biar bisa lebih tinggi hasilnya. Gak kayak di foto ini, yg tinggi cuman pinggirnya, jadi kyk kapal gt.. Hehehe..Kesannya bantet, pdhal nggak lho. Tetep kempus2. Trus pgn nyobain varian rasa lain biar gak monoton warna putih polos aja :)

Shifon cake with butter cheese

Shifon cake with butter cheese

Awalnya bingung pgen bikin kue yg simpel dan ga ribet apa ya..akhirnya bikin kue ini deh..soalnya ada si kriwul jg yg skg gabisa diem dan kudu dalam pengawasan terus..jd ya kudu bagi waktu pinter pinter..yuk bikin aja deh..resep ini juga bisa dipake roll cake juga kok..

60 menit
Bolu Kukus

Bolu Kukus

karena ibu aku ultah, jadi aku bikin bolu simple dan bahannya mudah ditemui, murmer. dan ternyata rasanya enakkk.

Chiffon Cake Putih Telur

Chiffon Cake Putih Telur

Buat yg punya stok putel bejibun dlm kulkas jgn khawatir krna masih bisa diolah jd cake lho😁 Selama teksturnya masih kental&tdk berbau, putel aman buat diolah jd cake. Cuzz yg punya stok putel...πŸ˜‰

Chiffon Cake Pandan irit

Chiffon Cake Pandan irit

Ini resep ku dapat dari instagram pas lihat video di Doyanbaking. Penasaran donk pas tau bahannya semua ada di rumah, aku modif dikit menyesuaikan ketersedian bahan yg ada. Dan juga aku bikinnya lebih dikit dari resep aslinya... Karena gak punya loyang chiffon juga, jadinya pakai tulban deh hehehe πŸ˜‚

10 porsi
30 menit
Bolu chocolatos

Bolu chocolatos

bikin camilan sederhana buat anak dengan bahan bahan yang mudah didapat

Bolu simple chocolatos coklat

Bolu simple chocolatos coklat

Alhamdulillah minggu ini bisa ikutan 25 kumpulan resep baking tanpa oven,yg kemarin di resep terunik ngak bisa ikutan karena minggu kemarin sibuk bngt,gaya nya sok sibuk gitu ..😁😁😁. Kali ini saya buat dari resep yg mudah dan simpel bngt pilihan ku jatuh pada Bolu simple chocolatos macha punya nya bunda Eni Winarti mksh bunda resep nya,tp aq ganti chocolatos yg coklat krn aq ngak suka yg macha,jg aq kukus pakai kukusan td nya udh niat ngukus pakai magicom tp ternyata loyang yg ada terlalu tinggi jd magicom nya ngak bisa d tutup 😊😊

Chiffon oreo greentea lembut enak

Chiffon oreo greentea lembut enak

Cookmart resep ci tin cuma di sesuaikan bahan bahan yang ada di rumah jadi di modif sedikit cake ini lembut banget enak simpel buatnya

Chocolatos Roll Cake

Chocolatos Roll Cake

Tanpa ada cookpad mungkin kemampuan saya tidak akan bertambah. Berawal dari keinginan u/hanya setor resep lalu ikut challange(menang)akhirnya jadi termotivasi u/memiliki kemapuan lebih dari memasak. Belajar baking merupakan keinginan terbesar saya. Membuat cake serba dikukus karena ndak punya oven & berkali-kali pula hasilnya bantat, beli loyang yang sudah berbulan-bulan dipengen Alhamdulillah akhirnya kebeli karena cuma punya satu loyang besar(dapet dikasih) & membuat hasil cakenya kurang maksimal dg takaran bahan porsi kecil. Berkali-kali saya nonton tutorial cara bikin roll cake ini. Memberanikan diri untuk praktek buat, berdoa terus saat proses pembuatan, ditambah dengan kendala kukusan yg kurang besar jd loyang ndak bisa nempel di dasar kukusan belum lagi kertas roti buat alaspun habis .. Masyaalloh rasa-rasanya sudah pasrah bagaimana jadinya nanti. Setelah matang, kukusan dibuka MasyaAlloh leganya bisa mengembang. Sekarang giliran gulung kue (ini bener-bener pengalaman pertama saya) Bismillah ya Alloh semoga bisa, Alhamdulillah bisa walaupun hasilnya belum sempurna tapi seneng banget apalagi anak-anak lahap banget makannya sambil bilang "Kok Bunda bisa se buat kue uenakk gini..?." Setiap baking selalu mendebarkan buat saya, selalu ada doa "semoga tidak bantat" & selalu ada kebahagiaan juga kepuasaan ketika berhasil. Resep ini saya adaptasi dari resep Ik_Ben_Krisna #DariPengenJadiBisa #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadIndonesia #SatuResepSatuPohon

Bolu Coklat Tepung Beras

Bolu Coklat Tepung Beras

Terinspirasu dari youtube tri puji. Karna dirumah stok tepung beras masih banyak banget, jadilah ngide bikin bolu..🀣

3-4 porsi
15 menit