Bagaimana Membuat Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang yang Menggugah Selera

Dipos pada February 3, 2017

Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang

Bagaimana membuat Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda bisa membuat Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

#cookpadcommunity_bandung #berburucelemkemas #resolusi2019 #3weekschallenge

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang:

  1. Bahan A
  2. 4 butir telur
  3. 100 gr gula pasir
  4. 1 sdt SP
  5. 1/4 sdt vanili bubuk
  6. 1/4 sdt garam
  7. Bahan B
  8. 100 gr tepung kunci
  9. 1/4 sdt baking powder
  10. 1 sdt pasta pandan
  11. 50 ml minyak goreng
  12. 50 ml santan instan
  13. Bahan C
  14. Pisang ambon lumut
  15. Butter cream

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang

1
Panaskan kukusan terlebih dahulu. Mixer telur, gula, vanili dan garam hingga larut. Kurang lebih 5menit. Lalu masukkan SP.
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 1
2
Mixer hingga kaku. Masukkan tepung, baking powder, santan dan minyak. Lalu pewarna hijau.
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 2
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 2
3
Aduk hingga rata. Masukkan ke dalam loyang yg sudah dilapisi kertas roti.
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 3
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 3
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 3
4
Masukkan adonan ke dalam loyang. Hentak2kan. Lalu kukus kurang lebiu 15-20menit.
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 4
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 4
5
Angkat bolu lalu tunggu hingga uap panasnya hilang. Keluarkan dr loyang dan lepaskan dr kertas roti. Gulung perlahan menggunakan kertas nasi. Buka kembali gulungan, jika sdh tidak panas, oleskan dengan buttercream dan susun pisang di atasnya. Gulung kembali hingga padat.
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 5
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 5
6
Tunggu hingga gulungan set lalu potong sesuai selera. Bolu kukus gulung pisang siap disajikan
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 6
Bolu Kukus Gulung Pandan Pisang - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu gulung simple

Bolu gulung simple

sesuai dg judulnya, bolu gulung ini simple n irit banget, tp soal rasa jangan salah... lembuuuuut banget, saking lembutnya pas bolu dimasukin mulut langsung meluncur aja tanpa harus dikunyah ( lebayyyyy ), tp bener deh nggak ada seret seretnya sm skali, jd kalo makan nggak langsung minumpun nggak masalah :-D resepnya aku tengok punya ci tintin (thanks ci )... tp aku buatnya setengah resep (kalo gagal kan nggak rugi banyak :-P ). Aku buatnya pas malem hari, setelah digulung, nunggu dingin sbntar lalu aku masukin kulkas, pas paginya aku nyoba enaaaak bngt, lembut plus dingin2 gmanaaaa gtu, manisnya juga pas (menurutku lho yaaa ). kalo pengen buletanya tebel n banyak harus doble ya resepnya...

Strawberry Rollcake

Strawberry Rollcake

Bolunya lembut bgt.. Wangi.. Enakk deh pkknya.. Sikecil doyan bgt sama kue 1 ini... Nambah lagi.. Nambah lagi.. 😂

2 roll
Bolu Gulung Panggang

Bolu Gulung Panggang

Isi selai nyam nyam,resep source tintin rayner modif susu diganti santan

1 loyang
1 jam
Hurricane swiss roll

Hurricane swiss roll

ikutan latah yg lg rame di instagram..😊 source: linagui kitchen

Bolu gulung (super2 Simple)

Bolu gulung (super2 Simple)

Dgn bahan yg ala kadarnya Alhamdulillah hslnya lembuuuttt bangeeettt...

Bolu Gulung Pandan Selai Srikaya no sp, bp &ctt

Bolu Gulung Pandan Selai Srikaya no sp, bp &ctt

Bolu Gulung pandan baiknya pakai filling apa ya? Selai nanas kurang nyambung. Selai blueberry masih bisa. Tapi kayaknya selai srikaya lebih pas. Ternyata banyak blog malaysia yang udah buat.

25x30cm
Bolu Gulung Nanas "4 telur"

Bolu Gulung Nanas "4 telur"

10.18.09 Maapkan bentuk bolgul yg blm sempurna buibuu😅😅 masih blm dpt feell yg pas sm ovennya. tapi lbh mendingan dari bolgul sebelumnya😂😂 tangan blm lemes buat ngegulung² jadi msh berantakan sana sini. motifnya juga kurang rapih. Tapi ini resep walopun irit telur tapi ttep enak kok buibuu😀😀wajib dicoba apalagi spt sy pemula baking Happy Baking👏👏

6 potong
Steamed Roll Cake "Mulberry Sweetheart"

Steamed Roll Cake "Mulberry Sweetheart"

Ceritanya di depan rumah ada pohon murbei yg buahnya lebat banget. Kalo di malang harganya 40rb per kg, pdhl di rumah tinggal petik. Buah murbei / mulberry / blackberry ini kaya akan karbon dioksidan dan bagus buat jantung serta direkomendasikan utk yg lagi diet. Yg merah rasax asem, yg item manis

15 porsi
60 menit
Puding Roll Cake

Puding Roll Cake

Arisan kmrn bingung mau bikin puding apa☺hanya pengen bikin puding yg tampil beda....akhirnya mentok2 bikin puding bolu gulung aja. Perpaduan antara sirup marjan, SKM putih, dan bubuk creamer.....agak susah mmg pd saat menuang adonan pudingnya krn bolunya ngambang😊akhirnya dgn susah payah dan takut tdk enak....alhamdulillah pudingnya enak.....disajikan pd saat arisan, coment mereka enak mantep☺😊 untuk bolgulnya boleh bikin sendiri atw beli jadi yah bun....untuk resep ini bisa menghasilkan 2 buah loyang brownies ukuran 20x10 dan loyang 1/2 lingkaran.

90 menit
Bolu gulung ekonomis

Bolu gulung ekonomis

Nyari2 resep bolu gulung di cookpad,nemu nih resep yang oke punya

45 menit
Spinach Roll Cake

Spinach Roll Cake

#PejuangGoldenApron3 Minggu 28... Roll cake ini adalah proses uji coba yg panjang.🤣 Sampai akhirnya saya berhasil membuatnya dengan hanya 30gr gula pasir dan jugaa isian baby spinach di dlmnya. Saya suka skali baking. Tapi takut anak2 terbiasa mengkonsumsi terlalu banyak gula. Jadi resep ini cocok untuk anak2. Rasanya tidak manis. Anak2 biasanya malah lebih suka yang tanpa topping. Tapi untuk tampilan cantik resep, kali ini saya isi toping homemade hazelnut butter sma nuttela dan jugaa crushed hazelnut...🥰

Bolu gulung filling strawberry

Bolu gulung filling strawberry

Masih dari buku resep ci tintin rayner. Kalo sesuai resep fillingnya pandan, berhubung isian pandan aku ngga punya,jd aku isi pake selai strawberry. Untuk tekstur bolunya lembut. Maklum ya penampakan bolu gulungnya begitu,baru perdana bikinnya. Tapi alhamdulillahnya bolunya tidak patah pas digulung. Monggo dicoba. Oiya untuk ukuran loyang yang aku pake 25x26 ( adanya loyang ukuran itu )

Bolu Gulung Ala Meranti (Irit 3 telur aja)

Bolu Gulung Ala Meranti (Irit 3 telur aja)

Kangen sama rasa Bolu Gulung Meranti dari Medan. Udah bbrp kali gagal menaklukkan si bolu gulung. Selalu patah saat digulung. Cari2 resep, ketemu resep ini. Aku pakai setengah resep karena loyang ama ovenku yg kecil. Resep aslinya dari tabloid saji. Dishare oleh mba Afterina di milis. Hasilnya lembut, mudah digulung. Isiannya selai nanas aku buat sendiri. Udah banyak yg pesan bolu gulung ini. Enaknya mirip bolu gulung Meranti yg asli. Monggo dicoba..

6 porsi
25 menit
153. Oreo Swiss Roll

153. Oreo Swiss Roll

Source: Henjiwong Kalo ada yang ribet kenapa pilih yang gampang. Cara baru menikmati OREO 🤭🤭🤭. Kapan hari liat postingan henjiwong di IG. Mumpung punya oreo dan sisa susu cair di kulkas, langsung pagi ini eksekusi. Gampil banget bikinnya, untuk rasa jangan ditanya. Kalau kalian penggemar oreo pasti bakalan syukaaa... #CookpadCommunity_Malang

Mini roll cake rainbow

Mini roll cake rainbow

Hasil dari uprek di dapur Dari pada bingung mau ngapain karena hujan seharian,jadilah bolu gulung rainbow mini ala kadarnya. Ekspektasi warna warni cantik ala mejikuhibiniu Tapi pewarna yang ada hanya4 warna. Next pengin nyoba yg warna kumplit😍

-+ 30 gulung
20 menit