Bagaimana Menyiapkan Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist) yang Enak Banget

Dipos pada April 9, 2019

Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist)

Hari ini saya akan berbagi resep Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist) yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist) sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Mommy bisa menyajikan Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist) memakai 13 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Plus tips. Sekali lg berhasil rikuk dari resep Tintin Rayner.... Sayang bgt klo ga di pajang sini😁.... Udah lama bikinnya, skr krg kerjaan santai...ubek ubek foto di hp... Yaaa skalian simpan resep disini... Bikin chiffon sih susah susah gampang ya... Soalnya ada aturan khusus buat chiffon...ya loyangnya khusus...ya mixer putih telur sendiri...lalu hrs ditangkupkan klo dah matang...sekali kali bikin bs amblesss jg pas tangkupkan kuenya......πŸ˜…... Bnr bnr perjuangan...namun hasilnya donk..chiffon cake terkenal dgn kelembutan dan kempus kempusnya yg bikin kita ketagihan. Ada waktu klo bikin lg br lengkapi ft step by stepnya...(saya sbnrnya mau nggu bikin lg baru masukin cookpad...tapiii masalahnya ga tau kapan bikin lg...😁...resep lain bykk yg mau aku coba...gpplah ya resepnya dulu masukin sini).

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist):

  1. Bahan A:
  2. 120 gr Tepung Terigu Protein rendah (Kunci)
  3. 25 gr Gula pasir
  4. 75 cc Susu cair (me:ultramilk)
  5. 60 gr Minyak goreng
  6. 1 sdt Essens Vanila (Kualitas Baik)
  7. 1/2 sdy essens Mocca
  8. 5 butir Kuning telur
  9. Bahan B:
  10. 7 butir Putih telur
  11. 1/4 sdt Garam
  12. 1/2 sdt Cream of Tar tar atau 1 sdt air jeruk nipis
  13. 110 gr Gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist)

1
Campur semua bahan A kecuali essens Moka, aduk dgn whisk hgga tercampur rata, licin tdk bergerindil. Sisihkan
2
Bahan B: Mixer putih telur, cream of tar tar dan garam sampai berbusa, masukan gula secara bertahap (3x)...sambil trs dimixer sampai kaku (jika mixer diangkat adonan yg nempel puncaknya menghadap atas)
3
Tuang bahan B Ke dlm pasta A (no 1) secara bertahap, aduk dgn spatula dgn teknik aduk lipat hgga rata. Krn warna adonan mirip, jd hati hati pastikan rata tdk ada adonan putih telur yg menggumpal.
4
Bagi adonan menjadi 2, salah satunya di beri essens moka...lalu aduk agar essens tercampur rata.
5
Tuang ke dlm loyang khusus chiffon (ukuran 22 cm). Tuang secara selang seling, lalu pakai tusuk sate atau ujung sumpit di kluwer kluwer agar membentuk motif marble.
6
Panggang suhu 170 dercel selama kurleb 55 menit sesuaikan oven masing masing (tes tusuk jika perlu)......
7
Jika sudah matang, lgsg tangkupkan loyang atau jungkir kan hadap bawah permukaan kue. (bisa pakai botol, atau klo loyangnya sdh ada kakinya bs lgsg saja). Tggu suhu ruang br dikeluarkan dr loyang, dan potong potong.
Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist) - Step 7
8
Sajikan.
Chiffon Marble Vanilla Mocca (Super Lembut dan Moist) - Step 8
9
Tips: Jgn lupa oven hrs sdh dipanaskan terlebih dahulu kurleb 10 - 15 menit sblm loyang kue masuk.
10
Tips: Loyang jgn dioles apa apa.
11
Tips: Klo takut tetap ambles kuenya pas panasin oven masukan loyang chiffon supaya ikut dipanaskan dulu, nanti keluarkan baru tuang adonan.
12
Tips: Paling menentukan keberhasilan chiffon pada proses pengocokan putih telur hrs kaku. Sering sering cek dgn cara angkat mixer, klo ujung adonan hadap atas stop. Jgn jg berlebihan kocoknya.
13
Tips: Proses pencampuran bahan A dan B hrs rata tp jgn berlebihan aduknya...aduk dgn teknik aduk balik dgn spatula...
14
Hasil akhir adonan yg benar hrs kental...klo agak encer malah luber krn loyang chiffon kan semacam loyang bongkar pasang yg bawahnya tdk rapat.
15
Pastikan pas ditangkupkan posisi jgn tggi tggi klo kawatir ambles...

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chiffon putih telur

Chiffon putih telur

bikin nastar trus punya banyak putih telur... Bingung mw di apaiN... Utak atik cookpad... Dapet d resep ce2 tintin rayner yang cucok bgt... Dijamin enak... #Berburucelemekemas #resolusi2019

1 loyang
1 jam
Chiffon Pandan Cake

Chiffon Pandan Cake

Aku gak ingat kalo foto dibalik dulu kuenya, jadi pake foto yang ada aja. πŸ˜“ ini buatnya kira-kira satu bulan yang lalu.. Karna.. Semua resepku gak langsung aku post.. Dan gak semua juga aku posting.. Happy Cooking ❀

Chifon keju wortel

Chifon keju wortel

Pgn dr kemarin bikin cake pake wortel. Sekalian ngabisin stok creamcheese. Klo ga ada creamcheese bs pake cheese spread ya....yakin ini enak gurih bgt krn pake santan jg...kletis2 wortelnya jg enak...ga krasa sdh maem 3 potong....klo ga inget ini buat si kecil udah tkembat semuaπŸ˜‚...penampakan mmg kurang mulus tp don't judge a cake by it looks😊

Pandan Chiffon Tanpa Kuning Telur

Pandan Chiffon Tanpa Kuning Telur

Chiffon tidak harus pakai kuning telur .. cukup dengan putih telur saja sudah sangat enak dan tentunya rendah kolesterol 😊😊

16 porsi
Chiffon Cake Ketan Hitam

Chiffon Cake Ketan Hitam

Assalamu'alaikum... Mulai ketagihan nih bikin chiffon setelah kegagaln yang berkali-kali.. Penasaran sama chiffon yang pake ketan hitam, ternyata memang legit rasanya..empuk banget..

Hokkaido chiffon cupcake

Hokkaido chiffon cupcake

#Recook_Nana_Hanif #cookpadcommunity Perdana bikin... daannn berhasill yeayy!! Lgs joget2 keliling tiang listrik 😁😁

Sifon Cheese Cake

Sifon Cheese Cake

Cake enak, buatnya gampang, bahannya ekonomis, camilan enak buat teman minum kopi

Chiffon Cake Putih Telur

Chiffon Cake Putih Telur

Di foto ini sebenernya ada 2 macem cake, satunya lemon, lainnya cheese. baru sempet foto pas potongannya udah acak2an. tadinya ga akan diupload, fotonya juga ngasal banget. tapi tiap aku posting di IG story selalu ada yg nanya resepnya. yang coklat kemaren juga resepnya sama, cuma susu bubuk diganti coklat bubuk. cairannya aku cairin DCC + susu cair sampe total 180 ml.

Ube chiffon cake

Ube chiffon cake

Tema princess owl utk halloween bareng tmn2 di homemadeloversss 😊😊

Marble chiffon

Marble chiffon

#marblechiffon #chiffonlingga

Orange chiffon cake

Orange chiffon cake

Masih seputaran kue chiffon, kepengen nyoba chiffon dg beda rasa. Biasanya cm buat chiffon pandan, kali ini buat orange chiffon. Kebetulan dikulkas msh ada stok jeruk sunkist gt, jd pake air perasan jeruk sunkist dan sedikit parutan kulit jeruk nya..hmmmm wangi dan seger bgt kuenya... Enak deh, boleh dicoba moms. Recipe : mykitchen101en

Chiffon Pandan #ketobetic cake fluor

Chiffon Pandan #ketobetic cake fluor

Reecok resep nya mba @siska kurniaprima szabo.. mksh mba 😘 Aq ikut saran mba siska buat diposting resep nya.. krn kmrn ga ngerti cara posting di CP cm bs posting reecok aj πŸ˜….. for me never failed resep nya 😍. Oiya.. resep asli pk tepung almond.. berhub almond fluor saya habis jd saya konversi ke ketobetic cake fluor aj. Dn berhub saya ga punya loyang tulban chiffon saya pk tulban biasa πŸ˜….. (duh mw bikin cemilan byk ga punya nya) dan 1 lagi.. berhubung saya ga suka keju saya pake topping lain dn berhub ad sodara yg ga keto tp pengen nyoba cemilan keto saya pk topping sukade πŸ˜…. Cukup sekian kebanyakan berhubung nya niy

Chiffon pandan putih telur

Chiffon pandan putih telur

Punya putih telur dikulkas banyak banget bingung mau diapain Iseng2 cari resep cake yg pake putih telur dan nemu resep nya cici cantik @TintinRayner Lngsung deh eksekusi... tapi sedikit aku kurangi dan tambahi resepnya Kalau diresep asli sih pake susu bubuk tapi nggak pake Yg punya stock putih telur boleh deh coba resep ini karna gampang banget

23 biji
60 menit
Black forest cake (base chocolate chiffon)

Black forest cake (base chocolate chiffon)

dulu suka bingung sama black forest,kok rasanya sama aja dengan cake coklat biasa hihi... akhirnya googling historynya.. trus liat anna olson yang membuat basic cakenya dari chiffon.. akhirnya cocoknya disini.. telur nggak perlu banyak meski 20cm loyangnya,bisa dapat 3 layer,meski kirschwasser tidak dapat saya temukan,saya bisa pakai pasta yang hampir sama.. dan tastenya..jelas! uenaaakkk... resep ini sudah saya ubah dari aslinya,dan jd andalan saya.. gunakan telur yang bagus,bahan berkualitas & coklat bubuk Dutch process agar bisa mendapatkan rasa coklat yang "deep". pasta/brandy yang saya gunakan bisa di skip.. tapi jelas rasanya akan lain..

16 porsi
2 jam
Siffon pandan lembut loyang tulban biasa..😚

Siffon pandan lembut loyang tulban biasa..😚

Source : Dapur Dina. Foto yg terpampang hanya setengah resep dari resep aslinya, karna masih coba-coba. Tetapi seneng banget setelah tahu betapa naiknya tuh bolu di dalam oven. Ini sifon sama sekali tanpa bahan pengembang apapun. Jadi sehat buat krucil krucil. Anakku si montok Ken sampai habis setengah loyang. Bapaknya disisain cuma 3 potong...hari berikutnya Ken minta lagi. Bapaknya juga. Sampai sekarang mereka nggak ada bosennya sama siffon ini. Wangi pandan dan teksturnya yg lembut dan ringan serta tidak seret memang bikin nagih...makan 1 potong tak cukup...jd curhat nih..yuk lihat aja resepnya. Makasih ya buat mba Dina...saya penggemarmu...ini salah satu resepmu yg jd andalanku...love love lahhh pokoknya...😘

Pandan Chiffon Cake

Pandan Chiffon Cake

Resep ini di saya dapat dari ignya ci Tintin Rayner..rasanya enak, manisnya pas.. Hiasannya masih belepotan πŸ˜‚

Lemon Chiffon Keto

Lemon Chiffon Keto

#ketopad #ketikabuahmasukdapur #glutenfree #sugarfree Ikutan challenge nya cookpad β€œketika buah masuk dapur” kali ini saya bikin chiffon dengan rasa lemon dan lemon glaze... rasa nya segar 😍 Saya pakai loyang chiffon diameter 10cm Untuk lemon glaze nya harus menggunakan sweetener yang seperti gula pasir ya, saya pakai Lakanto Penasaran ?? Yuk dicoba resep nya ya 😁

Chiffon cake pandan

Chiffon cake pandan

Udah beberapa kali coba baru 2x ini berhasil, yg pertama jadi cantik banget, tp sayang bnaget anak2 terlalu semangat makannya sampe tidak memperbolehkan kuenya difoto dan yg kedua ini kurang rapat pori2nya, kayaknya salah satunya karena ngaduk putih telurnya kurang rata dan tidak dihentakkan juga. Tapi makannya tetap kembus2 kok, cm tampilannya kok yg kurang mulus. Kali ini pasta pandannya kebanyakkan jg menurutku, td pas tuang ada krucil ganggu2 jadinya kebanyakan tuangnya.Lain kali coba lagi .

Chiffon pandan

Chiffon pandan

Kmrn ad yg pesan 3 loyang chiffon. Krn perlu putel agk banyak dibikin egg yolk cake. Eh ternyata di bagi ke teman pd mesen jd 3. Jadi total 6 kue dibikin hr ini. Jam 10 mulai beraksi sampe selesai jam 2 siang. Dan ternyata pd ambil lgs ke rmh bener2 fresh from oven. Makasih ya ud dipesen. 😊😊😊. Sini merapat yg mw bikin sendiri. Bagi yg males jgn salahin hrg jd berlipat yaπŸ˜„

1 loyang