Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis) yang Enak Banget

Dipos pada July 21, 2017

Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis) yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis) oleh krasi mommy. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Kalau kamu mau, masakan Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis) memakai 15 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Sumber: Ricke Ordinary Kitchen, Tintin Rayner. Saya bikin setengah resep, menggunakan loyang 22 x 25 x 1,5 cm. Dapat juga menggunakan loyang 22 x 22 x 4 cm. Foto langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat di youtube channel: suka coba resep atau IG: @rizki.na 11.03.2018

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis):

  1. Bahan-bahan kue bolu:
  2. 35 gram tepung terigu protein sedang
  3. 5 gram tepung maizena (bisa diganti tepung protein sedang)
  4. 5 gram susu bubuk
  5. 45 gram gula pasir
  6. 1/4 sendok teh vanili bubuk
  7. 3 butir telur ukuran sedang
  8. 5 gram (1 sendok teh) TBM
  9. 62,5 gram margarin, lelehkan
  10. 175 gram keju cheddar untuk filling & topping
  11. Bahan cream (olesan filling & topping):
  12. 10 gram susu bubuk
  13. 20 gram gula bubuk
  14. 50 gram susu kental manis
  15. 50 gram margarin

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis)

1
Buat cream: Campur susu bubuk, gula bubuk, dan margarin. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. Tambahkan susu kental manis, kocok kembali hingga rata. Sisihkan.
2
Oles loyang dengan margarin dan alasi dengan baking paper. Olesi baking paper dengan margarin. Sisihkan. (Saya menggunakan silmat sebagai ganti baking paper).
3
Panaskan margarin hingga setengah leleh. Matikan api, lalu aduk-aduk hingga margarin meleleh seluruhnya. Sisihkan.
4
Panaskan oven dengan suhu 190โ„ƒ menggunakan setelan api atas bawah. Panas masing-masing oven dapat berbeda-beda, ada yang menggunakan suhu 200โ„ƒ. Sesuaikan dengan oven masing-masing, ya.
5
Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak. Tambahkan vanili bubuk, gula, telur, dan TBM/SP. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga kental berjejak, kurang lebih 5 menit. Lalu turunkan jadi kecepatan sedang dan kocok lagi selama 2 menit.
6
Masukkan margarin leleh perlahan-lahan sambil mengaduk adonan dengan menggunakan spatula. Pastikan margarin teraduk rata dan tidak tertinggal di bagian bawah wadah agar bolu tidak bantet.
7
Tuang adonan ke dalam loyang. Lalu panggang selama 15 menit di rak tengah.
8
Setelah 15 menit, lakukan tes tusuk. Tusuk kue dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi bersih dari adonan kue yang masih basah, artinya kue sudah matang. Keluarkan kue dari oven.
9
Siapkan wadah datar yang dilapisi dengan kain bersih. Lalu, balik kue ke atas wadah tersebut. Lepaskan baking paper. Gulung kue pelan-pelan. Lalu lepas gulungan hingga kue kembali seperti semula. Jika ingin diberi filling olesan cream, tunggu hingga kue bersuhu ruang.
10
Olesi kue dengan selai atau butter cream. Selain diberi olesan, kue dapat juga diberi tambahan isian seperti keju parut atau mesis.
11
Gulung kue dengan rapi secara perlahan-lahan. Olesi lagi bagian atasnya dengan cream. Lalu, beri topping berupa keju parut.
12
Tampilan bolu setelah dipotong-potong.
Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis) - Step 12
13
Bolu gulung keju dengan olesan selai strawberry di bagian dalamnya.
Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis) - Step 13
14
Proses pembuatan bolu gulung ekonomis.
Bolu Gulung Keju (Bolu Gulung Ekonomis) - Step 14

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu mawar cantik

Bolu mawar cantik

Kue favorit para pelanggan ๐Ÿ˜Š mudh buatny dn bahanny pun ekonomis ๐Ÿ˜„ cuuss kita ekskusi ๐Ÿ’ช๐Ÿ˜„

20pcs
Bolu Kukus Ekonomis 1 Telur

Bolu Kukus Ekonomis 1 Telur

Ekonomis banget. 1 telur besar jadinya 17 buah. Kuncinya kocok sampai betul2 kental dan pastikan kukusan sudah sangat panas lalu kukus dengan api besar ya. Pastikan telurnya ukuran besar. Kalo buat bolu kukus, seringnya saya pakai yang protein rendah (Kunci Biru). Selalu mekar dan lembut, kempyus2 gitu. Mau pakai yang terigu protein sedang juga oke ( Segitiga). Sesuaikan stok aja. Kalo langkah2nya benar, pasti mekar kok. Saya ngocoknya pakai metode all in aja. Biar praktis. Source: Arista Hilman

17 cup
Bolu kukus murmer anti gagal (bolkus ekonomis)

Bolu kukus murmer anti gagal (bolkus ekonomis)

Ini resep sebelumnya udah pernah saya upload juga disini, tapi sedikit saya rubah sesuaiin bahan yang ada. Ini bolu cukup mengobati rasa pengen makan kue keknya ๐Ÿ˜…, sekalian udah beberapa bulan ga ngebaking juga jadi cuss ah pemanasan ini empuk lho bun dan ga bikin seret Ini resep ekonomis bun 2 telur pun udah lembut jadi kalau pengen kue yang ekonomis dan enak ini bisa jadi solusi pas tanggal tua mungkin ๐Ÿ˜ *maaf bagian atas kurang mulus karna cetakannya udah ga sempurna sempet meleleh karna kelupaan kukus kue alhasil gosong ๐Ÿคฃ

Bolu Pandan 3 Telur Super Irit

Bolu Pandan 3 Telur Super Irit

Ada kunjungan adik beserta istrinya ke rumah ,pengen bawain oleh-oleh tapi tanggal tua..lihat stok bahan bolu semuanya komplit.tapi sayang cuma ada 3 Telur..well otak berjalan bikin apa yah..bolu yg enak tapi ekonomis..that it's bolu pandan 3 Telur Super irit..๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Butter Cake (law thomas) ekonomis

Butter Cake (law thomas) ekonomis

Pengen nulis resep ini tapi lupa foto & keburu roti abis ๐Ÿ˜....ini versi ekonomis pake blue band semua

bolu marmer yang murmer

bolu marmer yang murmer

Dengar tetangga pda bkin bolu murmer ini jdi pengen nyoba, ternyatahasil nya memuaskan dan rsa nya lembut

6 porsi
60 menit
Bolu Hongkong Coklat

Bolu Hongkong Coklat

Resep saya copas dari Bu Nien Ing http://umekdidapur.blogspot.com/2011/09/step-by-step-membuat-bolu-hongkong.html?m=1 Mkasih bu resepnya, maap, saya ubah dikiiiit ajah. Menurut saya, bolu ini dah mewakili bolu yg rasa coklatnya dah dapet tp ekonomis. Klo gagal ya ga smpe nangis guling2 haha.. klo pun gagal ntr coba lg, krn ada saatnya qta kan berhasil yeeehhh...jd ayo habiskan jatah gagal qta, itu kata pak mario teguh hihii.. Wlpn irit telur cm 4btr aja tp dah lembut mgkn krn metode pengocokannya dipisah yaah ( br kmungkinan itu sih xixiii..), dibanding bolu 4 telur yg dikocoknya barengan kuning telur dan putih telurnya. Bolu ini jd idola di rmh..

35menit
Bolu kukus mekar

Bolu kukus mekar

Resep turun temurun dari keluarga. Simple, bahan bisa didapat dengan mudah, murah.

25 cup kecil.
25 menit
Bolu jadul ekonomis

Bolu jadul ekonomis

karna ada pesanan 10 loyang sekalian saya share resep bolu panggang ekonomis ini siapa tahu ada yg cocok, bolu nya lembut banget anak sy makannya g cukup 1

392. Boluย  Pisang Kukus Praktis Ekonomis

392. Boluย  Pisang Kukus Praktis Ekonomis

Happy Sunday Smart Cookpaders ... pagi-pagi si kakak laporan kalau pisang di dapur sudah pada menghitam kulitnya, gak menarik untuk dilihat, apalagi disentuh ... ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃWadduuh, break tiga hari aja gak ke dapur karena sakit sudah terima banyak laporan. Akhirnya si kakak tak suruh olah pisangnya bikin bolu pisang kukus yang praktis aja, karena saya tahu dia lebih enjoy motong kain daripada berdekatan dengan kompor. Dan ... jadi juga kudapan buatan si kakak, "yummy," kata si adek ... Alhamdulillah, bisa menyelamatkan sisa makanan, thanks ya kak๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‹ Inspirasi resep dari banyak sumber di medsos.

4 porsi
45 menit
Bolu pisang blender ekonomis๐ŸŒ๐Ÿฉ

Bolu pisang blender ekonomis๐ŸŒ๐Ÿฉ

Ga perlu risauu mw bikin bolu ga ad mixer..pake blender juga bs ya mom's buat cake untuk keluarga d rumah๐Ÿฅฐ

Bolu jadul ekonomis irit telur

Bolu jadul ekonomis irit telur

Resep asli dr mbak nur**** lupa nama panjangnya hihi Maaf ya mbak.. Resepnya mudah bgtttt bgettt Ga kaya bolu2 yg lain,aga seret.tp ini moistttt bgt,hampir mirip kaya spongecake yg di toko2 ituh Di resep asli pake telur 4,tp ini aku pke 3telur aja udah jd seloyang size 22* N margarinnya aku ganti minyak goreng

Bolu Kukus Pelangi mamao

Bolu Kukus Pelangi mamao

Ini bolu sangat ekonomis tapi dari rasa gak kalah enak sama bolu mahal ๐Ÿ‘ ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜.ini juga salah satu resep warisan almh. Ibu akoh ๐Ÿ˜Š

Chiffon Chocolate Roll Cake

Chiffon Chocolate Roll Cake

Roll cake versi ekonomis, cuma 3 telur, low fat dan less sugar. Dapet resep dari mbak ayoewidya83. Yuk dicoba mudah ๐Ÿ˜‹

504. Bolu Red Velvet (versi Ekonomis)

504. Bolu Red Velvet (versi Ekonomis)

Edisi telat posting. 20 September,hari lahirnya orang tersayang... Papaa dari anakยฒku. Dari kmren pengen bikin redvelvet,udh 4,5 taun gag bikin lagi. Bikin resep yg aq bikin buat bakulan dlu.. yg pke buttermilk dan di panggang, Gatot ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Udh gag sejiwa lagi kayanya. Akhirnya bikin lagi yg versi kukus. Dikirim resep sama teman yang didapat nya dr group masak di FB,ini lebih ke bolu kukus sih sebenarnya,hanya aq ditambahkan pasta redvelvet. So Far so good.... Bakal pake ini aja kalo pengen redvelvet,abis enaknya kebangetan. Frosting nya aq pake wippy cream aja biar gag ribet Source: Bunda Sitta FB #cookpadcommunity_Sumbar #mommyzhi89kitchen

1 loyang 16cm
30-35menit
Bolu Gulung Ekonomis Topping Meses

Bolu Gulung Ekonomis Topping Meses

Bikin bolu gulung ekonomis pake resep dari ci Tintin Rayner..hasilnya lembut & rasa ngga kalah jauh dgn resep bolgul premium ๐Ÿ‘๐Ÿป Kali ini saya pake taburan meses + choco ball dan fillingnya saya pake buttercream mocca.. jadi otomatis gula castornya saya kurangin biar ngga kemanisan yah ๐Ÿ‘Œ

8 potong
Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Resep bolgul ekonomis dr mba Ricke ordinary kitchen, gampang, lentur gk mudah retak saat digulung, recomended utk dicoba. Tapi sy cuma bikin 1/2 resep dr resep asli, krn telur cuma pny 3 aja๐Ÿ˜…

Bolu pandan murah meriah

Bolu pandan murah meriah

Bacaยฒ di grup ini ttg bikin bolu 2 telur... Mencoba eksekusi bolu ini, resep di tambahi di kurangi... Ini sdh empuk dan enak, besuk mau eksekusi yg pake susu bubuk dan coklat putih... Manisnya pas menurut saya tp klo ga suka manis gula bs di kurangi..

Bolu pandan ekonomis

Bolu pandan ekonomis

Warna nya memang gak menarik karena memang asli bukan pakai pasta (kebetulan memang gak ada pasta) hhhe tapi harumnya wangi banget, moist dan gak seret