Cara Gampang Menyiapkan Bolu Kukus Tanpa Sprite yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 26, 2021

Bolu Kukus Tanpa Sprite

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bolu Kukus Tanpa Sprite yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Bolu Kukus Tanpa Sprite yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Kukus Tanpa Sprite, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bolu Kukus Tanpa Sprite sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Bolu Kukus Tanpa Sprite adalah 13 cup. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu Kukus Tanpa Sprite dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda mungkin bisa mengidangkan Bolu Kukus Tanpa Sprite memakai 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PejuangGoldenBatikApron Uda lama ga bikin bolu kukus. Karena ga ada sprite, pakai adem sari aja. Langsung bikin karena gampang dan ga ribet. Bolu ini saya bikin hari minggu pagi jam 10an. Setelah dingin, saya masukkan ke dalam toples tertutup. Keesokan harinya jam 7 pagi utk sarapan masih empuk, tidak keras.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Kukus Tanpa Sprite:

  1. 250 gram terigu serbaguna (saya : Segitiga Biru)
  2. 240 gram gula pasir
  3. 1 sdt SP
  4. 2 butir telur
  5. 125 ml air putih (utk melarutkan adem sari
  6. 1 sachet adem sari
  7. 1/2 sdt vanilla bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Kukus Tanpa Sprite

1
Siapkan bahan2. Masukkan adem sari ke air sesaat sebelum mulai mixer. Jd ketika dimasukkan, buih masih ada. Siapkan juga kukusan, bungkus tutupnya dengan kain supaya uap air tidak menetes ke bolu saat mengukus.
Bolu Kukus Tanpa Sprite - Step 1
2
Campurkan semua bahan ke dalam baskom. Mixer kecepatan tinggi kira-kira 15 menit. Jangan lupa nyalakan api kompor supaya kukusan panas maksimal ketika memasukkan bolu nanti.
Bolu Kukus Tanpa Sprite - Step 2
3
Saya bagi menjadi 3 bagian. 1 bagian tidak saya beri pewarna. 2 bagian sy beri pewarna makanan, masing-masing pink dan ungu (kesukaan anak-anak).
Bolu Kukus Tanpa Sprite - Step 3
4
Tuang ke cup, jangan sampai full, karena nanti bisa mekrok. Kalau terlalu full, mekrokanโ€™nya nanti bisa jatuh. Masukkan ke dalam kukusan yang sudah panas. Kukus selama 15 menit tanpa dibuka-buka.
Bolu Kukus Tanpa Sprite - Step 4
5
Setelah 15 menit, bolu kukus sudah matang.
Bolu Kukus Tanpa Sprite - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Tape

Bolu Tape

Loyang 24 ( me : loyang 25 karna gak punya loyang 24 ) Hasilnya lembut dan gak serat

Bolu lembut 5 telur

Bolu lembut 5 telur

Malam cookpaders, minggu ini bolos dl posbarnya, karena lagi di booking buat kue untuk hajatan sodara, ini sih niatnya bantuin sambil belajar, karena baru banget nih buat bolu bolu begini, alhamdulillah berhasil seneng banget, resepnya dari bibi, kelas onlen dr bogor - solo wow pokoknya. #cookpadcommunity_bogor #PejuangGoldenBatikApron

Bolu kukus karamel super menul

Bolu kukus karamel super menul

Buka kulkas masih ada sisa sirup karamel y sudah daripada mubazir mending kita jadikan cemilan ngeteh sore2, ok mari buat ya bunda2 โค

Bolu Chocolatos tanpa mixer tanpa oven anti bantat

Bolu Chocolatos tanpa mixer tanpa oven anti bantat

cuaca sore mendung pengen ngemil yg berat hihi, kebetulan ada banyak stok chocolatos. yuk lah kita eksekusi..

Cake potong (bolu potong)

Cake potong (bolu potong)

Bisa untuk sajian lebaran,natal atau hadiah untuk orang terkasih ๐Ÿค— yukk berkreasi

ukr.24 cm
1 jam
Bolu Kukus Tiramisu Mini - 2 Telur

Bolu Kukus Tiramisu Mini - 2 Telur

Bolu Kukus Tiramisu Mini ini simple dan harum wangi moccanya. Cocok untuk teman minum ngeteh di musim hujan ini :) Source: IG @lysa_tangkulung

20 cetakan persegi uk. 5.5 cm
Bolu Pisang Kukus Simple ; no mixer

Bolu Pisang Kukus Simple ; no mixer

Bismillah... Ini sebenarnya percobaan ๐Ÿคฃ,jadi gak ada foto on process-nya ya karena tadinya ~takut~ gagal ๐Ÿ˜…๐Ÿ™

15 cup
1 jam
Bolu tape hijau

Bolu tape hijau

Biasa buat pakai tape singkong.. ini coba pakai tape ketan hijau.. rasanya luar biasa enak banget..

8-10 porsi
40-45 menit
Super Moist & Fragrant Butter Cake ๐Ÿฐ (Bolu Kismis)

Super Moist & Fragrant Butter Cake ๐Ÿฐ (Bolu Kismis)

Cake yg padat & lembut serta wangi mentega ini cocok buat teman ngeteh pagi2 atau untuk ngemil sore. Resepnya dari youtube โฉ Fun cooking with Yackikuka. Resep asli pakai coklat meises buat isian, tp boleh diganti dengan kismis atau almond atau keju parut, sesuaikan stok di rumah aja. #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity #ButterCake

Loyang 18 atau 20 cm
Bolu SKM Coklat

Bolu SKM Coklat

Source : Lusy Siswati Teksturnya bolunya agak padat, skm coklatnya berasa. Cocok dinikmati dgn minuman hangat ๐Ÿ˜‹

Chiffon Kopi Coklat Putih Telur / Egg White Coffee Choco Chiffon

Chiffon Kopi Coklat Putih Telur / Egg White Coffee Choco Chiffon

Salah satu cara untuk ngabisin stok putih telur yaa dibikin chiffon. Resep saya dapet dari channel youtube Zoe Liu "Ultra Moist Coffee Cocoa Egg White Chiffon Cake". Hasilnya udah bagus untuk ukuran saya yang masih newbie di dunia per-chiffon-an ๐Ÿ˜. Ternyata rasa & teksturnya sama aja kayak chiffon yang pake kuning telur. Cuma satu kurangnya, kopinya agak kebanyakan menurut saya jadi sedikit terlalu pahit dan coklatnya jadi kurang kerasa. Sebaiknya dikurangi sedikit kopinya.

1 jam 20 menit
1. Condensed Milk and Cheese Pound Cake SIMPLE YUMMY WAJIB COBA

1. Condensed Milk and Cheese Pound Cake SIMPLE YUMMY WAJIB COBA

Ini resep adaptasi dari resepnya tintin rayner yang sdh saya modifikasi. Rasanya enaaakkk banget ๐Ÿ˜˜ Perpaduan wangi gurih creamy dari SKM, Butter, dan cream cheese bener2 susah buat gak makan ini lagi dan lagi ๐Ÿคญ Ditambah lagi tekstur kuenya yg padet tapi moist krn dipanggang dg waterbath...hmmm Perfect healing ๐Ÿ˜‚ #PejuangGoldenBatikApron

Bolu Tape Keju

Bolu Tape Keju

Ada sisa tape dirumah.. Tinggal sisa 245 gr, resep asli 300 gr.. Kebetulan diikulkas ada stock keju dari mini market krn ada discount.. tapi lumayan jadi juga buat cemilan saat lapar.. Kalau ditaruh dikulkas makin enak.. Bahan2nya murah meriah n anti gagal..

1,5 jam
Bolu Cinnamon

Bolu Cinnamon

Ini bolu kesukaan si mbak..rasa2 kayu manis paling enak dimakan barengan sama minum teh

1 porsi
1 jam 30 menit
Bolu Susu Lembang

Bolu Susu Lembang

Minggu ke-5, buat sesuatu yang mudah saja. #PejuangGoldenBatikApron

328. Bolu Tape

328. Bolu Tape

Punya tape singkong dari tetangga, langsung yuuk aahh....kita buat bolu tape aja. Cocok untuk temen ngopi / ngeTeh soreยฒ ๐Ÿ˜ #CookpadCommunity_Bekasi #Cookpad_id #OlahanTapeSingkong

Bolu Susu Kukus Ala Anak Kos

Bolu Susu Kukus Ala Anak Kos

Pulang kantor tiba2 pengen bgt bolu, tapi inget tgl tua. Jadi sebagai anak rantau dan anak kos aku coba buat bikin sendiri dengan bahan2 breakfast yg ada dikosan, paling modal beli baking powder 6.000 dan SKM 1.500 karna yg lainnya udah ada hehe

1 orang
30 Menit
Bolu sakura a.k.a bolu karamel

Bolu sakura a.k.a bolu karamel

Bolu sakura a.k.a bolu karamel kali ini cocok buat bakulan buibuuu... rasa dan teksturnya paasss