Bagaimana Membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) yang Menggugah Selera

Dipos pada February 6, 2022

CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) adalah 15 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) diperkirakan sekitar 3 jam 30 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda mungkin bisa mengidangkan CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) memakai 8 jenis bahan dan 24 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bernama sarang semut, tetapi kue ini bukan berarti terbuat dari sarang semut betulan, melainkan punya bentuk yang mirip dengan sarang semut, berwarna coklat dengan rongga-rongga di dalamnya. Kue jadul yang kerap disebut kue karamel ini tak jarang menjadi sajian hantaran untuk acara syukuran. Caramel cake atau kue sarang semut merupakan salah satu kue khas Indonesia dan Malaysia. Di Malaysia kue ini dikenal dengan nama 'KEK GULA HANGUS'. Masyarakat di berbagai daerah di Pulau Sumatera menyebut kue sarang semut ini dengan nama bika karamel. Selain itu, kue sarang semut ini juga dikenal dengan nama bolu karamel. Hai, moms. Bikin bolu sarang semut tipe sponge cake yuk. Kenapa aku bilang tipe sponge cake karena margarinnya kita cairkan. Oh iya, untuk resep ini aku merujuk metode pembuatan caramel cake yang ada di negara Malaysia dengan metode perap atau adonan di diamkan selama 2,5 jam untuk mendapatkan lubang yang banyak serta hasil yang lentur walau tanpa tambahan tepung maizena ataupun tepung tapioka.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL):

  1. 570 gram gula pasir
  2. 620 mili air panas
  3. 10 butir telur
  4. 250 mili susu kental manis putih
  5. 280 gram margarin
  6. 300 gram tepung terigu curah warungan aja
  7. 2 1/2 sendok teh soda kue
  8. 2 1/2 sendok teh vanili cair/bubuk

Langkah-langkah untuk membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL)

1
Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api kecil hingga gula mencair dan berwarna kecoklatan. Noted: sambil terus diaduk-aduk yah, moms. Agar gula yang mencair tidak gosong. Karna kalau gosong nanti hasil karamelnya menjadi pahit.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 1
2
Setelah gula mencair semua lalu tuang air panas agar gula cepat larut.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 2
3
Hasilnya seperti ini, moms. Hasil akhir mendapatkan 620 mili gula karamel.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 3
4
Lelehkan margarin dengan api kecil. Margarinnya meleleh tapi tidak sampai terpisah antara lemak dan minyak yah, moms.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 4
5
Aduk 10 butir telur dengan ballon whisk atau pakai sendok kayu boleh juga.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 5
6
Tambahkan susu kental manis putih dan aduk kembali.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 6
7
Beri vanili cair dan aduk kembali.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 7
8
Lalu beri margarin cair dan aduk lagi.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 8
9
Beri tepung terigu.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 9
10
Beri juga soda kue. Dan aduk kembali.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 10
11
Oles loyang persegi ukuran 20 cm dengan bahan olesan : 1 sendok teh margarin 1 sendok teh minyak sayur 1 sendok terigu Aduk rata sampai menjadi pasta dan oles ke sekeliling loyang. Lalu saring adonan caramel cake diatas loyang sambil ditekan² tepung yang masih menggumpal agar didapat adonan yang halus.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 11
12
Biarkan adonan selama 2,5 jam.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 12
13
Nyalakan api bawah suhu 160°C (aku pakai oven gas) dan oven selama 40 menit (nyalakan timer hpnya, moms). Kenapa api bawah saja dulu? Agar didapat permukaan cake yang mulus.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 13
14
Setelah 40 menit lalu nyalakan api atas posisi api kecil saja dan kecilkan api bawah (sangat kecil) dan tetap disuhu 160°C. Lalu oven kembali selama 20 menit.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 14
15
Setelah kue matang biarkan kue tetap diloyang hingga dingin baru keluarkan dari loyang.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 15
16
Ini bagian bawah cake yang telah dikeluarkan dari loyang.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 16
17
Ini bagian atas cake yang telah dikeluarkan dari loyang.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 17
18
Cara memotong cake: Potong cake secara vertikal. Ini aku bagi 3 yah, moms.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 18
19
Ambil satu bagian cake lalu kita lihat arah serat cake lalu potong cake berlawanan dengan arah serat cake. Seperti yang divideo dan photo. Ini bisa diiris menjadi 4 bagian. Jadi didapat 12 lembar cake.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 19
20
Seperti ini hasilnya, moms. Lalu satu lembar cake kita potong lagi menjadi 3. Hasil yang didapat 36 cake.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 20
21
Ini hasilnya yah, moms.
22
Cakenya lembut, lembab dan kenyal.
23
Kalau takut melihat lubang-lubang yang banyak moms boleh memotongnya seperti ini, yah. Noted: Pada saat baru keluar dari loyang kue akan terasa kaku tetapi kue akan semakin lembut, semakin lembab dan semakin lentur pas keesokan harinya dan yang pasti semakin enak yah, moms. Untuk: 36 Caramel Cake.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 23
24
Caramel cake tipe butter cake.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Jadul / Marmer Cake ekonomis 2 telur

Bolu Jadul / Marmer Cake ekonomis 2 telur

Lagi pengen bolu yg simpel aja dan yg irit telur 😂 pelit ya...😂 Biarin aja... Source: @astiyalestari #cookpadcommunity_bekasi

Bolu Pisang

Bolu Pisang

Buat kue ini awalnya krn ada pisang hampir busuk dirumah, dari pd dibuang mending di olah jd bolu pisang 😉 dan ternyata pak suami suka 😍

Bolu Karamel (Sarang Semut)

Bolu Karamel (Sarang Semut)

Suka banget sama Bolu yg satu ini. Dari kecil klo mama pulang arisan psti yg dicari² bolu ini. Karena emang seEnak itu😁Karna sekarang lgi ppkm jdi mamaku jarang arisan. Jadinya bikin sendiri deh.

Swiss Roll

Swiss Roll

1 buah
Bolu Kukus Chocochips

Bolu Kukus Chocochips

tanpa telur, tanpa mixer, pasti mekar. cemilan andalan keluarga, sangat mudah dan cepat buatnya.

7 cup sedang
30 menit
Bolu Pisang Moist

Bolu Pisang Moist

Postingan resep pertama di cookpad. Bolu Pisang Moist ini sebenarnya resep dari blog milik mbak Endang JTT (https://bit.ly/3BLJk6b)Namun, beberapa item pendukung ku ubah sesuai dengan bahan yang ada di rumah. Hasilnya tetap moist dan enak menurutku.

45 menit
Bolu Talas (Gluten Free)

Bolu Talas (Gluten Free)

Customer saya ngasih orderan kyk masterchef, jiwa raga ini merasa tertantang😂 Bolu Talas tanpa tepung jd trial pertama yg lulus 🤭 ini murni resep nurul dan tidak cooksnap resep org lain, kata org sby "Bondo Nekat" langsung di jual :D #CookpadCommunity_Bandung #CookpadIndonesia #Palawija

Choco Ogura Cake

Choco Ogura Cake

Menyambut weekend kita bikin cake coklat yuuk, pas harga telur lagi murah nih. Ogura cake alias cake busa yg empuuk n fluffy bikinnya mudah, yg penting kocokan putih telur bisa soft peak, dan panggangnya pakai au bain marie sampai matang sempurna. Resep dari cici Tintin Rayner, dijamin sukses, asal pelan2 & sangat teliti ikuti step2nya yaa. #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity

1 loyang 20 cm
Bolu kukus mawar

Bolu kukus mawar

Berawal dari si kakak yg minta dibuatin bolu kukus warna warni, akhirnya buat bolu kukus mawar ceria. Kakak sama dede sukaa.. Sekali angkat dari kukusan habis di lahab sama mereka bikin bunda nya jadi tambah semangat bebikinan kann.. Cara buatnya gampang, aku pakai 3 warna request para bocil.

1 jam
Bolu Kukus Cokelat Pandan

Bolu Kukus Cokelat Pandan

Tekstur bolu kukus ini empuk lembut mirip tekstur bolu kukus mekar... beberapa hari kemarin #CookpadCommunity_Palembang ngadain event BELADAS kemaren diisi oleh pakar pempek @niungniung tp kali ini aku buatnya bolu cokelat pandan yang terinspirasi bolu pandannya mba wiwik.. pas bangett buat sarapan dan temen ngopi, ngetehh.. Untuk rasa manisnya aku gak pakai banyak gula karna emang kurang suka yg terlalu manis... kalau teman2 pecinta manis gulanya boleh ditambah... #Wongkito_CooksnapNiungNiung #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity_id #bolukukus

Chiffon Cake

Chiffon Cake

Beres bulan ini ditantangin admin clover bikin Chiffon Cake..jujur ak belom pernah bikin chiffon yang sesungguhnya..biasanya bikin bolu tp tehnik proses seperti chiffon tp gk pake loyang chiffon..awal bikin ak gagal cake gk mau mengembang langsung nyusut pas di dinginkan,belajar dari kesalahan sepertinya ak kurang lama untuk pengocokan putih telur dan kurang lama pas ngoven,akhirnya di WAG mbk lilis share hasil chiffon nya yang cantik,tertarik banget ak dan ku kepoin resep beliau dan ekesekusi sambil ngerempongin beliau..alhamdulillah jadi chiffon cake ku,seneng bukan Kepalang akhirnya ak bisa..makasih ya mbk lilis.. Source : lilis dapur tara #imaimey #imaimeychiffoncake #Olahantepungteriguimaimey #Anekacakeimaimey #BeresChiffonCake #BeresAgust2021 #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya

Bolu/Bandeng crunchy

Bolu/Bandeng crunchy

Dulu waktu masih di rmh my mom dan mertua indah, syelalu tinggal makan😁. My mom & Mertuaku kl masak enakkk deh, berhubung sekarang sdh dirmh sendiri perdapuran hrs di handle sendiri, jd kl masak sibuk tanya resep kl gk ke my mom (skrng kk yg handle) atau mom mertua, Nah…. ini salah satu resep mom mertuaku…dijaminnn ladzizzz 👍

6 orang
30 menit
Mini Rainbow roll Cake 🌈

Mini Rainbow roll Cake 🌈

Mini Rainbow roll cake ini cocok untuk isian snack box atau hantaran. Gulungnya masih belum rapi, tapi kalau kita berlatih terus Maka hasilnya akan lebih baik. tipsnya menggulung Rainbow roll ini adalah gulung ketika hangat,jadi supaya lebih lentur ketika digulung dan tidak patah. untuk mengiris tiap bagiannya usahakan tipis jangan tebal tebal ya. Source : Dapur Yoshi #BeresNgeRollRainbow #BeresCloverSept2021 #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_surabaya

Bolu karamel / bolu sarang semut panggang panci

Bolu karamel / bolu sarang semut panggang panci

Sukaaa banget sama makanan satu ini. Enak dan gak eneg rasanya buat aku. Hehehe Aku dapat resep ini dari youtube chalista kitchen tapi yg aku buat aku kalikan 2 bahannya, biar lebih gede, hehehe. Di bawah ini linknya ya👇 https://youtu.be/b2OZF4gBKBc

Bolu Pisang Kukus (no mixer)

Bolu Pisang Kukus (no mixer)

Punya pisang ambon yg sudah kematengan, akhirnya eksekusi bolu pisang kukus resep nya @mamafathan Resep nya praktis tanpa mixer plus mantul no gagal. Source : @mamafathan #CookpadCommunity_Jakarta #RememberGenkPeda_MamaFathan #CooksnapAdmin_MamaFathan

Bolu vanila

Bolu vanila

Resep asli sponge cake. Tp di loyang chiffon

Bolu Ketan Hitam Panggang Gluten Free

Bolu Ketan Hitam Panggang Gluten Free

Source : ig murni sarifudin Pertamakali bikin bolu ketan panggang karna batita ku seneng makan bolu2an. Bolu ini teksturnya lembut, empuk, berpasir (ciri khas bolu ketan), no oily dan tanpa tambahan tepung terigu yaa.. Btw ini bisa dibikin ekonomis pake margarine atau premium pake butter yaa.. rasanya so pasti beda yaa Silahkan dicoba bu ibu enak loh 🥰

Bolu gulung coklat kukus

Bolu gulung coklat kukus

#BakingAlaYurie #CookpadCommunity_Surabaya #ResepSederhana

Ontbijtkoek

Ontbijtkoek

Resep yang saya pakai adalah gabungan dari dua resep berikut : @sajiansedap https://youtu.be/5Ca5XADZdPw dan @chalistaakitchen https://youtu.be/SiQ1T2yFkco . Terima kasih atas resepnya 😊

18x18cm
45 menit