Bagaimana Menyiapkan Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut yang Enak Banget

Dipos pada May 26, 2022

Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut

Hari ini saya akan berbagi resep Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut yaitu Loyang 24 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Dengan bahan-bahan yang simpel, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Kalau kamu mau, masakan Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Penasaran banget sm bolu yg satu ini, udah lama masuk dalam list untuk di baking. Akhirnyaa kesampaian juga. Ini recook resepnya xanderkitchen yg anti gagal bangett. Yuk dicobain.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut:

  1. 500 grm gula pasir
  2. 500 ml air panas
  3. 200 grm butter,lelehkan
  4. 150 grm tepung terigu
  5. 150 grm tepung sagu/tapioka
  6. 1/2 sdt baking powder
  7. 1/2 sdt soda kue
  8. 200 ml susu kental manis
  9. 5 butir telur
  10. 1 sdt vanilla pasta (me:skip)

Langkah-langkah untuk membuat Karamel Cake/ Bolu Sarang Semut

1
Masak gula hingga mencair. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga gula larut. Matikan api. Dinginkan.
2
Campur telur & susu kental manis dengan ballon whisk hingga tercampur rata. Tambahkan tepung2 + baking powder + soda kue yg sdh diayak bergantian dengan karamel sampai habis sambil diaduk.
3
Tambahkan butter cair, aduk rata lagi menggunakan whisk. Jika masih ada adonan yg bergerindil, saring adonan. Hasil akhir adonan memang cair yaa.
4
Tuang dalam loyang yg sudah dioles carlo. Panggang hingga matang kira2 45-60menit, tergantung oven.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Pandan Lapis Coklat

Bolu Pandan Lapis Coklat

Bolunya padat tapi empuk/lembut, ditambah lapisan coklat di tengahnya, jadi perpaduan rasa yang mantap. Note: Kalau disini terlihat permukaan lapisan bawah dan atas bergelombang, itu karena saya rasa terlalu kencang diaduk ketika memberi pewarna pandan.

Bolu Pandan Gula Aren

Bolu Pandan Gula Aren

Bismillah...

Bolu Kukus, 2 Telur, No Mikser, untuk base cake Blackforest

Bolu Kukus, 2 Telur, No Mikser, untuk base cake Blackforest

Aku pakai ini untuk cake dasar dari Kue Ulang Tahun Karakter yang aku jual, rasanya enak dan lembut walau hanya menggunakan 2 telur saja. :)

1 Kue Size 20 C
1 Jam 30 Menit
Bolu tape

Bolu tape

Masih baru mateng harum dan menul menul

Bolu sukade

Bolu sukade

Super simpel dengan metode all in one dan jadinya lembut... Cobain yuuukkk... #bolusukade

50. Bolu Ketan Hitam Keju

50. Bolu Ketan Hitam Keju

Beli bolu ketan item tapi rasanya kurang pass.. jadi coba eksekusi sendiri πŸ˜‹ #PejuangGoldenApron3

Bolu Tiramisu Kukus

Bolu Tiramisu Kukus

Bismillah Ini kali kedua aku bikin Bolu Tiramisu. Pertama bikin jaman dulu udah lamaaa bangett.. Ehh ternyata sekarang booming lagi! Jadi pingin bikin lagi πŸ˜ƒπŸ˜ƒ kali ini pakai resepnya Mom fridajoincoffe @cook_5237292 (aku setengah resep) 😘😘 Tapi hasilnya koq mirip Topomap Cake rada bergelombang gitu, hihihi mungkin karena aku kurang kecil apinya πŸ˜‚πŸ˜‚ Pada adonan putih aku tambah sedikit meisis πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Rasanya lembut, wangii kopi Mocca, mix wangi coklat. Enyakk! πŸ˜πŸ˜πŸ‘

6. Bolu Kukus Rainbow

6. Bolu Kukus Rainbow

Kuenya lembut, enak πŸ₯°πŸ₯° Baru selesai masak dan matang langsung ludes sama orang rumah πŸ₯° Puji Tuhan pada suka semua.

6 - 10 orang
36 menit
Bolu kukus dancow anti ribet

Bolu kukus dancow anti ribet

Sore-sore si sulung minta cemilan, maklum sudah tanggal tua kulkas pun sudah mulai menjerit minta di isi (curhat dikit ya Mak) πŸ˜… Akhir nya pakai bahan seadanya hanya modal beli SKM doang karna stok sudah abis Ini bolu bener2 lembut Alhamdulillah anak2 syukaaa πŸ’•

3 orang
25 menit
Bolu milo ngunah

Bolu milo ngunah

Aku mendapatkan resep ini dari ibuku dimana aku ikut membantu buat bolu. Biasanya ibuku buat pakai coklat bubuk. Nah, karena aku adalah anak kost jadi aku buat pakai bahan yang murah dan seadanya disini, dan karena aku hanya punya rice cooker jadi aku mengukusnya pakai rice cooker deh. Semoga terinspirasi dan semoga resepnya bermanfaat ya teman dan kakakΒ² semuanya πŸ₯°

2-5 orang
-+ 30 menit
Bolu Pandan Santan

Bolu Pandan Santan

30 - 45 menit
Bolu Pisang Putel (putih telur)

Bolu Pisang Putel (putih telur)

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum... Ceritanya memanfaatkan si Putel(putih telur)sisa bebikinan kue lebaran requestnya anak-anak ku...dan kebetulan punya pisang kematengan 5 biji akhirnya kepikiran bikin bolu pisang...Yuuk capcuuuz intip resepnya,gulanya boleh dikurangi yaa sesuai selera kalau menurutku ini kemanisan,apa pengaruh dr pisangnya ya yg sdh manis😁 Thank u resepnya mba Nani πŸ™ Sc : Nani setiati Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/13445512-bolu-pisang-putih-telur?invite_token=zagFyqUHVRrdX2Wp5hRU9nFe&shared_at=1620560200 #PejuangGoldenApron3 #kampoengramadan #KURMA_KreasiDapurRamadan #KampoengRamadan #RecookPapadaan #Recook_Nanisetiati #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Barabai #Recookoftheweek #DutarecookBarabai #Masakitusaya #CookpadCommunity_borneo

10 potong
1 jam 20 menit
157. Bolu putih telur

157. Bolu putih telur

Source : Shyswy Stok putel melimpahhh.. 😳 Ngebolu dulu.. Resep nya saya menyesuaikan putel yang ada dirumah mom's dari resep asli saya kali 2..jadi dapat buanyak bagiΒ² tetangga.πŸ₯° #wongSoloMasak #CookpadCommunity_Solo #PejuangGoldenApron3

Bolu pandan marmer

Bolu pandan marmer

Bolu pandan dengan sedikit motif marmer jd kelihatan lebih cantik. Perpaduan santan dan pasta pandan.. Menjadikan bolu ini guriih dan wangii... Marii mom kitaa masak 😁 Source : syifa, Amanda

Bolu Pisang

Bolu Pisang

Resep lihat di youtube ( Lazifa Abi ) Fb : Binti Rothiyah Loyang tulban 24 cm Loyang hanya dioles margarin tanpa di taburi tepung

Ogura Cheese Cotton Cake

Ogura Cheese Cotton Cake

Bikinnya dah lamaaa banget, baru sempat ngetik2 πŸ˜… Source : Tintin Rayner

loyang 20x20 cm
Yoghurt Lemon Chiffon Cake

Yoghurt Lemon Chiffon Cake

Nyoba pertama kali yoghurt chiffon resepnya christine wirianto. Rasanya enak bgt mewah gitu