Bagaimana Menyiapkan Bolu kukus ketan hitam yang Enak

Dipos pada July 21, 2022

Bolu kukus ketan hitam

Anda sedang mencari inspirasi resep Bolu kukus ketan hitam yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Bolu kukus ketan hitam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bolu kukus ketan hitam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu kukus ketan hitam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu kukus ketan hitam sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Bolu kukus ketan hitam memakai 7 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Resep aslinya dari @luvitaho, sy lihat di YouTube. Ini link nya: https://youtu.be/ZabydZaIQ-c Waktu pertama kali coba, langsung berhasil. Tapi krn loyangnya tidak dioles mentega jd bagian luar kuenya bruntusan. Yg ini percobaan kedua dengan oles loyang. Hasilnya jauh lbh bagus, tp masih sedikit bruntusan di bagian bawah loyang. Mungkin perlu lebih tebal mengolesnya πŸ˜† Yg pasti, rasanya tetap enakkk... Langsung disimpan disini untuk referensi bikin berikutnya. Peralatan: - hand mixer philips - mixing bowl - spatula - loyang tulban non stick, 20 cm - panci kukus bima 26 cm - kain dapur - timbangan digital idealife

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu kukus ketan hitam:

  1. 4 butir telur (me: ayam kampung)
  2. 120 gr gula castor/pasir
  3. 6 gr emulsifier (me: SP cap kupu2)
  4. 180 gr tepung ketan hitam (me: mama suka)
  5. 1/2 sdt baking powder
  6. 100 ml minyak (me: extra light virgin oil bertolli)
  7. 65 ml santan (me: kara/sun kara/sasa)

Langkah-langkah untuk membuat Bolu kukus ketan hitam

1
Persiapan: oles loyang dengan mentega. Lapisi tutup kukusan dengan kain lalu panaskan kukusan. Kain berfungsi untuk mencegah titiknair jatuh ke kue nanti. Santan & minyak jg dipanaskan sampai hangat saja.
2
Kocok telur dengan SP. Karena sy menggunakan telur ayam kampung, jumlah telurnya disesuaikan jadi 5 butir. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi (me: 5) hingga setengah mengembang.
3
Masukkan gula, kocok lg dengan kecepatan tinggi sampai berwarna putih pucat mengembang. Pastikan mixing bowl yg digunakan bersih & tidak berminyak. Kalau berminyak nanti telornya tidak akan ngembang.
4
Masukkan bahan2 kering: baking powder, tepung ketan hitam. Jangan lupa diayak. Kocok lagi menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur saja (me: 1).
5
Masukkan santan yg sudah dihangatkan. Aduk dengan spatula hingga rata.
6
Masukkan minyak yg sudah dihangatkan. Aduk dengan spatula hingga rata. Pastikan rata ya, pinggiran bowl-nya di scrap.
7
Masukkan adonan ke loyang. Tap ringan. Kukus selama 30 min dengan api sedang. Jika sudah 30 min, coba tusuk bolu dengan tusuk sate. Kalau tidak ada adonan yg menempel tandanya sudah matang.
Bolu kukus ketan hitam - Step 7
Bolu kukus ketan hitam - Step 7
8
Angkat, pindahkan ke piring datar. Potong sesuai selera. Sajikan πŸ˜„

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Kukus Ombre Putih Telur

Bolu Kukus Ombre Putih Telur

Minggu ini acara Semarak Clover Bertemakan Olahan Putih yg dipilih oleh Mbak @Desfita Dea. Kebetulan sekali kemarin² abis bebikinan Lapis Legit untuk acara BERES Clover, jd masih banyak persediaan Putih Telur yg belum digunakan. Kali ini bikin yang simpel yaitu Bolu Kukus Ombre , bolu ini lembut banget manisnya pas jadinya dirumah pada suka. Walau terbuat dari putih telur tp bolu ini gak amis, jdnya makan tetep enak tanpa bikin eneg. Kebetulan 25 Mei kemarin hari Ultah buat Keponakan Mbak @Desfita Dea dan Saya Sendiri. Nah ini sebagai bentuk ucapan selamat ulang tahun, semoga ponakan mbak @Desfita Dea diberikan Umur yg barokah, kesehatan, menjadi anak yg sholeh/a dan menjadi anak kebanggan keluarga. Aaamin.... 🀲🀲 Begitu jg harapan saya semoga dengan bertambahnya usia bisa menjadi pribadi yg lebih baik lagi. Aaaaaamin 🀲🀲 Source : @Dapur Nuu Nuu #GABerPutelPutel #Semarak_GABerPutelPutel #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3 #GoldenApronSeason3 #BoluKukusPutihTelur #BoluKukus #BoluKukusOmbre

Bolu Kukus Sprite

Bolu Kukus Sprite

#PejuangGoldenApron3 #week45 Akhir-akhir ini aku dapet pelatihan di disnakerja, karena emang lagi pengangguran πŸ˜‚ jadinya nyari peluang buat ngisi waktu, sekalian nambah skill. Jadilah aku terjebak di jurusan tata boga, ini salah satu resep yang diajarkan oleh instrukturnya, lumayan kan buat referensi, yuk diliat resepnya..

Banyak
45 menit
Rum Raisins Pound Cake

Rum Raisins Pound Cake

Haruuuum sekali. Enaaaak. Fav aku banget 😍 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali

Bolu Mocacinno

Bolu Mocacinno

Source @dapur_neeta #GA_TheNextLevel

45 menit
Bolu pisang marlin

Bolu pisang marlin

Dapat oleh2 pisang marlin banyak banget..cepat matang pula,ya udh bikin bolu aja ..saya pakai perkiraan ,ga timbang2 😁

Roll Cake Chocolatos (kukus No BP)

Roll Cake Chocolatos (kukus No BP)

Roll cake chocolatos maknyoooos banget rasanya, tetep dari bahan yang sama tapi tanpa baking powder πŸ˜„beda di buttercreamnya aja lebih di banyakin kali ini coba pakai loyang uk 30 x 25 yang penting rasanya tetep ala erni's kitchen

Bolu Tape Ekonomis Tanpa SP & TBM

Bolu Tape Ekonomis Tanpa SP & TBM

Kali ini buat bolu tape tanpa sp & tbm... Dan walau tanpa Sp & tbm hasilnya tetap lembut dan ngembang... Dan ini hasilnya benar2 lembut banget...

Bolu Gulung

Bolu Gulung

Ini kue pertama yang saya buat, H-1 hari raya Idul Fitri. Recook dari chanel youtube Chalistaa Kitchen dengan sedikit modifikasi. Sebenarnya saya pakai takaran sendok, dari resep di youtube tersebut saya konversi takarannya berdasarkan keterangan di video youtube channel CR Cook. Rasanya enak, hanya saja bolu sedikit pecah.

13-15 potong
1ΒΌ jam
Bolu Kukus Ubi Ungu

Bolu Kukus Ubi Ungu

🌺 Bismillah,........ Resep dari mbak Annisa.Karlina, Step2 nya mudah utk diikuti, bahannya mudah didapat, manisnya passs bngt buat saya dan klrg yg tidak terlalu suka manis, teksturnya lembut dan mmmm uenakkk πŸ˜‹ Warnanya kurang genjreng, next kalau bikin lagi mgkn perlu ditambah pewarna makanan ungu spy lebih menggoda 😊 Berikut link resep aslinya πŸ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/7645973-bolu-kukus-mekar-ubi-ungulabu-kuningpandan?invite_token=MNpKeVFdWa3vHsemUoQ4MhdV&shared_at=1616164183 #PekanPosbar #PekanPosbarManisGurih #SiManis

Bolu Labu Kuning

Bolu Labu Kuning

Nyobain bolu ini ternyata enak,lemak2 manis gimana gitu😁 Source:IG fridajoincoffe #GA_TheNextLevel

Ontbitjkoek roti favorit

Ontbitjkoek roti favorit

Roti ini lembut dan memiliki rasa yang khas. Aq bkn tipikal orang yg suka roti apa aja tp kalau ontbitjkoek ini aq gak bisa nolakπŸ˜… Source : @Aisyahw_05

Bolu Pandan Almond Ekonomis dan Simple

Bolu Pandan Almond Ekonomis dan Simple

Bolunya lembut banget dan aroma pandannya 🀀🀀🀀

Bolu kukus energen no mixer

Bolu kukus energen no mixer

Terlintas pengen nyobain

-+30 menit
Bolu pisang 4 telur

Bolu pisang 4 telur

Harus d save biar dsni biar ga lupa

1 loyang
1jam 15mnt
Bolu pandan santan

Bolu pandan santan

Lembut dan wangi...

Bolu putih telur

Bolu putih telur

Karena banyak bgt sisa putih telur sisa bikin kue kering, jadilah mikir bs dibikin apa. Trs nemu resepnya mom servia mardian. Taraaaa bolunya g berpori, tp lembut bgt.

1 pcs uk. 22 po
60-70'