Cara Gampang Menyiapkan Bolu Tape Panggang yang Sempurna

Dipos pada November 9, 2022

Bolu Tape Panggang

Bagaimana membuat Bolu Tape Panggang yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bolu Tape Panggang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bolu Tape Panggang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Tape Panggang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Mumpung masih ingat nih, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bolu Tape Panggang diperkirakan sekitar 1 jam.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu Tape Panggang bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda mungkin bisa mengidangkan Bolu Tape Panggang memakai 11 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Seperti biasa setiap Senin ada sharing dr anggota #CookpadCommunity_Depok kali ini dr mba Arti Winarni. Supermom yg membagi waktu antara kantor dan rumah.. Yang masih sempat ngadain cooking class utk ibu2 dikompleknya.. Waaww emejing bgt kan.. Dan aq pengen bisa kaya gitu.. 😍😍 Saluttee.. mba Arti!! Aq minjem semangatmu ya.. 🤩🤩 Kali ini aq mau recook Bolu Tape Panggang, krn ada tape dikasih tetangga dr kemarin blm diapa2in.. Aq modif sedikit bahannya ya.. Kalau mau cek resep aslinya disini: https://cookpad.com/id/resep/11779288-bolu-tape-panggang?invite_token=BwyXVxSaxgqaPAzpNHc8bMcz&shared_at=1613092673 #RecookDepok_ArtiWinarni #MasakItuSaya #CookingWithHeart

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Tape Panggang:

  1. 4 butir telur ayam yg besar (resep asli 5)
  2. 200 gr gula pasir
  3. 200 gr tepung terigu protein sedang
  4. 200 gr tape singkong (resep asli 300, saya seadanya 😁)
  5. 1 sdt SP (emulsifier)
  6. 1/2 sdt baking powder
  7. 2 sdm susu kental manis (resep asli tdk pakai)
  8. 100 gr margarine + 50 gr butter (resep asli 200 gr margarine)
  9. Topping :
  10. Keju parut
  11. Kismis

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Tape Panggang

1
Siapkan bahan2. Haluskan tape dengan sendok, buang sumbunya tambahkan SKM, aduk rata. Cairkan margarine.
Bolu Tape Panggang - Step 1
Bolu Tape Panggang - Step 1
Bolu Tape Panggang - Step 1
2
Masukkan telur, gula dan SP dalam mixing bowl. Mixer dengan kecepatan sedang ke tinggi sampai kental berjejak. Sambil menunggu poles loyang dengan margarine dan taburi terigu sampai rata. Saya pakai loyang 20x20 cm.
Bolu Tape Panggang - Step 2
Bolu Tape Panggang - Step 2
Bolu Tape Panggang - Step 2
3
Setelah mengembang, turunkan speed ke yg paling rendah. Masukkan terigu yg sudah dicampur baking powder perlahan². Masukkan tape yg sudah dihaluskan. Mixer sebentar sampai rata. Lalu masukkan mentega cair. Matikan mixer.
Bolu Tape Panggang - Step 3
Bolu Tape Panggang - Step 3
Bolu Tape Panggang - Step 3
4
Panaskan oven suhu 170⁰. Aduk balik adonan dengan spatula, jangan sampai ada mentega yg mengendap didasar mixing bowl. Tuang kedalam loyang, hentakkan 3x agar udara yg terperangkap dlm adonan keluar. Beri topping sesuai selera, saya pakai keju parut dan kismis.
Bolu Tape Panggang - Step 4
Bolu Tape Panggang - Step 4
5
Panggang selama 45 menit, sampai berwarna kecoklatan. Sesuaikan oven masing² ya. Lakukan tes tusuk dengan lidi, bila sudah tidak ada adonan yg menempel berarti kue sudah matang.
Bolu Tape Panggang - Step 5
Bolu Tape Panggang - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu kukus gula jawa

Bolu kukus gula jawa

Kangen sama ibuk dlu sering bikin ini.. Jadi pingin bikin versi sendiri tp resep ibu..

15 porsi
1 jam
Bolu pisang anti gagal

Bolu pisang anti gagal

Cobain beli pisang sunpride 4 biji, saya makan 1 karena ada maag jadi gak kuat banyak, sisanya 3 biji gak ada yang nyentuh sampe mateng sekali, harus diakali biar gak kebuang so cari-cari resep di cookpad dan ketemu resep simpel tapi anti gagal dan mantap, yuk cuuussss....🥰 Source : Pani Amelia

12 buah
20-25 menit
Bolu ketan hitam panggang keju

Bolu ketan hitam panggang keju

4 porsi
1 jam 25 menit
Bolu keju dengan butter

Bolu keju dengan butter

Teksturnya bolu keju ini atas nya renyah, dalam nya lembut banget, tidak keras walaupun sampe besok.. Kalo mau asin, kejunya pake keju kraft.. Tapi kl tdk mau terlalu asin pake merk keju yg lain..

Bolu kukus nutrijel

Bolu kukus nutrijel

perdana bikin ini,,, dan Alhamdulillah anak lanang suka bgt krna nyoklat bgt ini kaya brownis kukus ...

Bolu kukus anti gagal

Bolu kukus anti gagal

dari dulu jaman belom nikah suka makan bolu kukus buatan mamaku☺️ skrng udh nikah bikin sndiri bolu kukus?m, dgn resep anti gagal.

14 biji
1jam 30 menit
290.Marmer Butter Cake loyang 16"

290.Marmer Butter Cake loyang 16"

Kue jadul satu ini selalu menjadi pilihan utama bila ada acara , meskipun pakai loyang 16" ukuran kecil kue ini tetap punya rasa yg premium lembut dan enak banget karena full butter ... kepoin ya 15/02/21 #MarmerButterCake16" #CakeJadul #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Banyuwangi

Bolu marmer/marmer cake super lembut dengan metode all in one

Bolu marmer/marmer cake super lembut dengan metode all in one

Ini marmer cake terlembut yang pernah aku buat ya teman teman...ini menggunakan teknik all in one,yaitu mengocok telur,gula,tepung,tbm menjadi satu.teknik ini biasa menghasil kan kue yang lembut,berpori halus,dan agak lembab😃.pokonya ga bikin seret di kerongkongan deh😉selamat mencoba ya ..semoga berhasil Source:sobat dapur

1 loyang 24 cm tinggi 7 cm/25 cm tinggi 10 cm
Bolu Kukus Mekar (metode all in one)

Bolu Kukus Mekar (metode all in one)

Assalamualaikum... Sore ini saya buat bolu kukus mekar moms. Resep dari mbak Nila Sutedja dengan metode all in one. Alhamdulillah berhasil mekar sempurna padahal saya pakai cetakan putu belanda dan cetakan kue nona manis. Untuk cairan saya pakai susu dan tanpa sprite juga santan. Saya ada video di step terakhir jadi kelihatan mekarnya ya moms ❤🙂 ✍ Untuk notes supaya hasil maximal ( saya copy dai mbak Nila) : 1. Gunakan air hangat, bila pakai susu cair atau santan, hangatkan dulu sebentar saja ya. Bila menggunakan air soda ( sprite ) pakai yang suhu ruang jangan dingin. 2. Mixer adonan harus benar-benar kental ya, mixer selama 10-15 menit, tergantung mixer masing-masing. 3. Air kukusan jangan terlalu banyak, sebatas seruas jari telunjuk saja. 4. Bila air kukusan terlalu banyak, maka air akan mengenai dasar bolu kukus & menyebabkan bantat, sehingga bolu kukus tidak bisa mekar sempurna. 5. Setiap selesai mengukus kloter pertama bolu kukus, selalu cek air kukusan ya, supaya tidak asat. Bila air akan habis, tambahkan air lagi lalu didihkan kembali hingga beruap banyak. 6. Selalu gunakan api besar dan uap harus banyak, baru masukkan adonan. 7. Jangan terlalu banyak saat mengukus bolu kukus, beri jarak agak berjauhan supaya bisa mekar sempurna #bolukukus #bolukukusmekar #Cookpadcommunity_ParePare #Cookpadcommunity_Makassar

Coffee Mocca Cake (bolu kopi moka kukus)

Coffee Mocca Cake (bolu kopi moka kukus)

Saya suka banget yang berbau kopi atau mocca. Sayangnya di kue ini warna kopinya kurang nonjol, karena ketutup adonan mocca.. hehe.. Tapi gak masalah, sebab aromanya udah ngilik2 idung Resep sederhana andalan saya dengan 3 telor aja, gak usah banyak2 tapi lembut. Ditambah olesan butter cream dan blenderan kacang sisa stock bumbu pecel yang dicampur gula pasir. Serasa kembali ke masa kecil waktu perayaan ulang tahun :)

Cheese Chiffon Putih Telur

Cheese Chiffon Putih Telur

Enak krenyes2 kejunya 😍 Banyak sisa putih telur di freezer, bingung mau diapakan. Akhirnya browsing2 nemu resep chiffon putih telur, lumayan putelnya kepake sedikit demi sedikit. Resep dimodifikasi dari mbak Annastasia rr.

Loyang 24x10 cm
92. Butter Cake Ekonomis

92. Butter Cake Ekonomis

Dalam rangka penghabisan stok mentega (butter) yg mau expired 😁 Hasilnya enak, lembut bgt, manisnya pas. Pas bgt buat nemenin minum teh/kopi

Bolu pisang

Bolu pisang

10 porsi
1 Jam
Bolu Kopi Simple (takaran sendok)

Bolu Kopi Simple (takaran sendok)

Suka dengan kopi, dan aroma kopi. Jadi dicoba dengan campuran kopi didalamnya pasti lebih menggoda aromanya.. Cuss... dicoba ya...!!

35 menit
Bolu Jadul kering

Bolu Jadul kering

Nyoba nyoba bikin bolu jadul kering buat temen kopi / teh hehe... cuss

Bolu Sarang Semut (Bolu karamel)

Bolu Sarang Semut (Bolu karamel)

source : Desi Dresviana Alhamdulillah pekan kemarin kami di kampung CoCoK kedatangan embak cantik namanya mbak @Desi Dresviana yang memberikan tips dan trik bagaimana membuat Bolu karamel atau Bolu sarang semut agar berhasil dan sukses dengan "sarangnya"🤗,,,kali ini saya buatnya setengah resep saja,,terima kasih resep dan ilmunya mbak @Desi Dresviana 🙏🤗 #KupasHabisResep #BoluKaramel_Desi #KulaEtamCoCok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #PejuangGoldenApron3 #GoldenApronChallenge #bolukaramel #resepnyaQueen #Cake #Bolu

Bolu Sarang Semut (Bolu Caramel)

Bolu Sarang Semut (Bolu Caramel)

Source: Desi Dresviana Cake Caramel, makanan yang sering ibu saya buat. Tapi saya sendiri baru pertama kali ini membuatnya untuk menyelesaikan PR recook bolu Sarang Semut mbak Desi. Tidak pernah buat karena ada ketakutan dalam membuat caramel nya. Takut gosong, karena klo gosong kuenya jadi pahit. Hihi... Tapi klo tidak dicoba tidak akan pernah bisa. Yuk ah kita baking-baking. #GA_TheNextLevel #KupasHabisResep #BoluSarangSemut_Desi #RecookBubuhanKaltim #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Bontang #BoluCaramel

Bolu kukus mekar tanpa soda

Bolu kukus mekar tanpa soda

Ini enaak ya bund,lembut dan gak amis..untuk santan bisa di ganti dengan susu cair dengan takaran yang sama.. Source by Erna kemall

Bolu Kukus Mekar (Tanpa Soda)

Bolu Kukus Mekar (Tanpa Soda)

Bismillaah, Minggu Ke-35 (Sabtu, 30 Januari 2021). Pekan ini, GACC mengadakan posbar Kreasi Nuansa Merah Kuning idenya mba Carolina. Sebagai wujud toleransi dan saling menghormati teman-teman yang akan merayakan Hari Raya Imlek. Semoga kita semua sehat selalu dan tetap saling menghargai, aamiin. Untuk memeriahkan posbar ini, saya buat bolu kukus mekar tanpa soda. Dijamin enak, ga bau amis, lembutnya ga bikin seret. Kalau yang ga suka manis, gulanya kurangi aja dikit ya. Saya buat double resep. #GACC_KreasiNuansaMerahKuning #SalamKompakSelalu #Cookpadcommunity_Bandung #AuthorsBandungHebring #PejuangGoldenApron3

25 buah