Cara Gampang Menyiapkan Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda yang Lezat Sekali

Dipos pada August 24, 2022

Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda

Sore-sore begini enaknya membuat Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda sekitar 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda diperkirakan sekitar 1 jam.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda oleh krasi mommy. Cukup dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda mungkin bisa mengidangkan Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda memakai 8 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Seharian coba lagi masak kue, udah lama gak masak kue begini kangen juga hehe. Masak sama adik laki-laki 😆

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda:

  1. 4 butir telur
  2. 1/2 gelas gula pasir
  3. 2 gelas tepung terigu
  4. 1 sdt SP/TBM
  5. 225 ml sprite
  6. 1/2 sachet susu kental manis
  7. Vanili sebagai pewangi (optional)
  8. Pewarna coklat/susu coklat bubuk (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda

1
Kocok telur dan gula pasir dalam mixer berkecepatan sedang sampai warna memutih pekat. Karena saya memakai telur dari kulkas, proses pengadukan dibiarkan agak lebih lama kurang lebih 10 menit.
Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda - Step 1
2
Sambil menunggu adonan bercampur, panaskan panci kukusan yang sudah diisi air dengan api sedang (tidak kecil dan tidak terlalu besar)
3
Masukan SP dalam adonan yang sudah memutih tanpa menghentikan mixer. Aduk rata lagi menggunakan mixer kira-kira 3-5 menit.
4
Campur susu kental manis putih, sprite dan terigu secara bertahap sampai adonan tercampur. Jangan matikan mixer dan masukan bergantian.
5
Setelah semua tercampur rata, matikan mixer dan pisahkan sekitar 6 centong nasi adonan ke wadah terpisah untuk membentuk adonan coklat. Tambahkan susu bubuk coklat yang telah disiapkan secukupnya dan aduk rata.
6
Bentuk di mangkok kukusan nasi stainless berlubang, yang sudah dilapisi kertas minyak. Kukus di panci selama 25 menit atau lebih sampai kue pecah menjadi 4 bagian seperti pada gambar. Jangan buka tutup panci dan jaga konsistensi air agar tidak surut.
Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda - Step 6
7
Setelah mengembang, cek adonan dengan menusuk lidi ke kue, jika sudah tidak menempel lengket, artinya kue sudah siap disajikan.
8
Angkat kue dan dinginkan
9
Kue siap dihidangkan,selamat menikmati
Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda - Step 9
Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda - Step 9
Kue Bolu Kukus Mekar Rumahan Tanpa Timbangan dan Baking Soda - Step 9
10
Note: pastikan SP dalam keadaan fresh dan kekentalan adonan terjaga. Panci yang di gunakan untuk mengukus harus sudah panas dan beruap sebelum dimasukan adonan kesana, jadi siapkan saat mengadon atau sebelum mengadon lebih baik. Jangan terlalu sering buka tutup panci agar tidak mengganggu proses pengembangan kue.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu tape keju

Bolu tape keju

Jadi kemarin lagi boring , lalu nntn vlog atta aurel , keinget pas dulu liat vlog ingat aurel bikinin atta bolu , jdi langsung cuss ke dapur langsung bikin deh ...

1 loyang
45 menit
190. Bolu Pisang No Mixer

190. Bolu Pisang No Mixer

Paling suka bebikinan yang irit telur. Hehe #PejuangGoldenApron3 3 Mei 2021

Bolu kukus mudah dan simple

Bolu kukus mudah dan simple

Bolu kukus no mixer mudah dan bahan simple 😊

12 potong
25 menit
Bolu coklat mocaf

Bolu coklat mocaf

10 orang
1 jam
Bolu sukade

Bolu sukade

Bolu jadul yg luar biasa enak dan masih tetap jadi kesukaan keluarga sampai sekarang #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bandung #AuthorsBandungHebring #RitaKusnadi #OlahanSukade #AnekaBolu #IdeBukaPuasa #IdeTakjil #MasakanIstimewa #CookpadIndonesia #ideDisert #IdeCakeLebaran #AnekaDisert

10 orang
80 menit
Cake Bolu Kuning Telur

Cake Bolu Kuning Telur

Lagi pengen makan kue aja, dan yg paling simple dan cepat bikinnya adalah ini.

Bolu Kukus Warna

Bolu Kukus Warna

Bolu kesukaan anak-anak. Untuk resep aslinya bahan A menggunakan 6 butir telur dan bahan B menggunakan tepung 150 gr dan ada susu bubuknya 10 gr. Bisa ditambahkan sendiri ya. Karena dirumah tidak ada susu bubuk jadi saya tambah ke tepungnya jadi 190 gr Bolu ini bisa juga lo dibikin jadi bolu gulung mini. Menggunakan loyan 20x20. Jika sudah matang dan dingin bisa dipotong memanjang dan diberi filling butter cream / selai lalu digulung ^^ Resep ini dari yutup nya bu fatmah bahalwan. Semoga Allaah menjaga beliau

Bolu ketan putih

Bolu ketan putih

2 orang
1 jam
Classic Butter Cake

Classic Butter Cake

Pertama bisa bikin bolu ya bikin butter cake ini #GA_TheNextLevel

Bolu Pisang

Bolu Pisang

ini tuh bolu pisang, d rumah jarang yg suka pisang, sampe pd mateng... ya syudah lah d bikin bolu... pas udh jd ginian langsung deh d serbu... alhamdulillah enak... apalagi d makan pas masih hangat, empuuuuuk bgt

4-6 orang
50 menit
Bolu jadul all in one

Bolu jadul all in one

Aduknya ga pke lama moms 😀😀😀, jdnya hemat waktu dan tenaga.

1 jam 30 menit
Bolu Pisang

Bolu Pisang

Kreasi pisang biar gak bosen dimakan begitu aja.. Saya masaknya pakai ricecooker dan hasilnya tetep uenak.. Wangi banget gitu pisangnya... Sampai keesokan harinya tetep moist..

Meg cheese pandan butter cake

Meg cheese pandan butter cake

Yang suka keju,pasti suka banget cake yang 1 ini katena selain ada keju slice di dalam nya, luarnya pun disiram keju yang pasti ngejuu abisss resep direbake wktu baking demo @MEG Cheese Indonesia #megcheesepandanbuttercake #AkuManis #PekanPosbar #FotoKece #KampoengRamadan #PekanPosbarManisGurih #CookpadCommunity_Bogor

6 orang
1 jam
Bolu mekar tanpa mixer

Bolu mekar tanpa mixer

Ini ngak pakek mixer ya bun pakek yg alat manual Selamat mencoba

10 porsi
15 menit
Bolu kukus ketan hitam empuk anti gagal

Bolu kukus ketan hitam empuk anti gagal

Ini trmasuk kue kesukaanku dr kecil dan karna kangen bgt sma masa kecil coba buat deh.. Suami suka jugaaa.. hehehe Semoga suka dengan resepnya

Bolu Tapai

Bolu Tapai

Bolu tapai ini saat dipanggang, seisi rumah jadi wangi banget. Apalagi di resep cici Xander Kitchen pemakaian tapainya cukup banyak. Bolu ini tipe sponge cake krn telur dan gula dikocok dulu, setelah itu baru masukkan butter cair. Hasilnya adonan cukup kental tapi setelah dipanggang, cakenya moist n gak padat, cocok buat camilan sore2. Buat anak2 yg kurang suka wangi tapai yg dominan, tambahkan selai blueberry deh, pasti jd suka. Saya lampirkan resep asli dari buku resep cici Xander Kitchen, terjamin deeh resepnya.

1 loyang tulban 18 cm & 5 loyang mini pie
2 jam (termasuk oven 50 menit)
Bolu Sarang Semut/Caramel (kukus)

Bolu Sarang Semut/Caramel (kukus)

Gembira deh nemu resep bolu sarang semut yang dikukus. Sudah lama pingin coba buat, tapi kebanyakan dipanggang dengan double pan dst., kok ribet, udah males duluan hehe.. Source: IG @iboeok.haura dengan sedikit modifikasi agar tidak terlalu manis Kalau mengikuti ukuran sendok, pastikan menggunakan sendok ukuran, bukan sendok makan biasa yang sizenya bervariasi.

Ogura japanese cotton cake

Ogura japanese cotton cake

Favoritnya anak2. Lembuuutt. Recipe by betty cenn. Rebake & bit modify

1 loyang 22cm
1 jam 30 meni
Bolu gulung 4 telur praktis takaran sendok

Bolu gulung 4 telur praktis takaran sendok

Resep ini menggunakan 6 telur tp sy kurangi takarannya hanya menggunakan 4 telur.. ini resep sangat recomended sekali, apalgu utk pemula..

1 loyang
1 jam
Bolu Marmer Lembut Anti Gagal

Bolu Marmer Lembut Anti Gagal

ini pake resep mama.. dan kalo biasa mama buat bolu marmer selalu enaak.. apalagi dimakan pas anget2.. duhh lembut empuk.. enak di mulut.. wanginya waktu di panggang udh kemana2.. bikin tergodaaaa. 🤩🤩 kenapa anti gagal? ini ak baru pertama kali bikin dan langsung berhasil.. wkwkk asalkan ikuti step2nya aja guys.. pasti berhasil.. yuk coba dibikin.. 😁 . #PejuangGoldenApron3