Bagaimana Menyiapkan Ogura Cake yang Lezat

Dipos pada October 12, 2022

Ogura Cake

Hari ini saya akan berbagi resep Ogura Cake yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Ogura Cake yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ogura Cake, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ogura Cake bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Ogura Cake biasanya untuk 12 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan Ogura Cake diperkirakan sekitar 1 jam 15 menit.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Ogura Cake oleh krasi mommy. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Mommy bisa menyajikan Ogura Cake memakai 14 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Halo Sobat Cookpad 😘 Udah lama ga nge-baking kue jenis ini haha. Mungkin sobat sempat berfikir apa beda "cotton cake" dengan "ogura cake". Keduanya hanya berbeda pada komposisi telurnya, namun tekstur dan cara proses serta pemanggangannya sama. Sama-sama menggunakan steam bake/waterbath/au bain marie, dimana pemanggangan menggunakan uap air panas sehingga menghasilkan tekstur kue yang lembut dan jika dimakan seperti "kapas".Disini aku hanya buat motif zebra dengan warna pastel. Tentu saja tuk motif, sobat bisa berkreasi sebebas mungkin. Yuk silahkan dicoba buat Ogura Cakenya. Selamat mencoba dan happy baking! 😘 Source: Savoury Day's Kitchen #cookpadindonesia #cookpad #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id *Note: - jumlah total kuning telur dan telur usahakan150 gr, berat bersih tanpa cangkang (bahan A). Jika jumlahnya kurang, tambahkan dgn putih telur sehingga menghasilkan total 150gr. - berdasarkan pengalamanku, jika jumlah telur sesuai dan pengocokan putih telurpun sesuai, maka tekstur adonan akan kental serta berjejak dan hasilnya tidak akan collaps atau bantet.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ogura Cake:

  1. Bahan A
  2. 5 butir (100 gr) kuning telur *baca note dicerita resep
  3. 1 butir (50 gr) telur utuh
  4. 60 gr minyak sayur
  5. 80 ml susu cair uht
  6. 75 gr tepung terigu protein sedang
  7. 1/2 sdt pasta vanila, beri 3 tetes pewarna kuning
  8. 1/2 sdt pasta red velvet
  9. 1/2 sdt pasta avocado
  10. Bahan B
  11. 5 butir (150 gr) putih telur
  12. Sejumput garam
  13. 1/2 sdt cream of tartar
  14. 75 gr gula pasir *lebih jika suka manis

Langkah-langkah untuk membuat Ogura Cake

1
Siapkan loyang diameter 18x8cm. Lapisi sisi dan dasar loyang dengan kertas roti. Lapisi luar loyang dengan aluminium foil tuk mencegah air masuk kedalam loyang pd saat memanggang. Siapkan loyang besar tuk wadah air panasnya nanti. Sisihkan. Panaskan Oven di suhu 150 C.
Ogura Cake - Step 1
2
Bahan A. Kocok telur dan minyak dengan balloon whisk sampai tercampur rata. Tuangkan susu cair, aduk kembali. Masukkan tepung terigu kedalam adonan sambil diayak. Aduk rata. Sisihkan.
Ogura Cake - Step 2
Ogura Cake - Step 2
3
Didalam wadah bersih, kocok putih telur, garam, cream of tartar dan gula pasir dengan mikser. Mulai dari kecepatan rendah lalu ke sedang (tdk perlu kecepatan maksimum). Kocok sampai putih telur mengembang, mengkilap dan firm peak (ada jambulnya). Note: mnrt pengalamanku, pengocokan putih telur dgn seluruh gula pasir (dr awal dimasukkan semua) adlh teknik yg paling bagus tuk mendapatkan hasil kocokan yg bagus dan anti gagal.
Ogura Cake - Step 3
Ogura Cake - Step 3
Ogura Cake - Step 3
4
Ambil 1/3 bagian adonan putih telur ke kuning telur. Aduk lipat sampai tercampur sempurna. Lalu masukkan lagi sisa adonan putih telur (dlm 3 tahapan). Aduk balik.
Ogura Cake - Step 4
Ogura Cake - Step 4
5
Bagi adonan 3 bagian sama rata. Beri dengan pasta pd masing² wadah. Jika mau diberi dlm beberapa warna, tips supaya adonan tidak kempis, adl ambil 1 sendok tiap adonan, letakkan kedalam wadah kecil, lalu diberi warna tersendiri dulu. Aduk rata. Lalu masukkan kembali tiap warna ke masing² wadah adonan sisa, aduk lipat.
Ogura Cake - Step 5
6
Masukkan adonan kedlm loyang bergantian seperti video dibawah ini. Tekstur adonan harus kental dan berjejak ya, seperti di video. Hentak2an adonan tuk meratakan adonan serta mengeluarkan gelembung udara yg terperangkap. Tuangkan air panas ke loyang yang lebih besar, kurang lebih dgn ketinggian air 1 ruas jari.
7
Panggang adonan kedalam oven selama 45-55 menit, atau sampai matang. Lakukan tes tusuk. Angkat. Segera keluarkan kue dr dalam loyang, krn jika dibiarkan terlalu lama didalam loyang, maka dasar kue akan basah (ada uap air terperangkap dlm dasar loyang). Dinginkan di cooling rack. Potong dan sajikan.
Ogura Cake - Step 7
Ogura Cake - Step 7
Ogura Cake - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Tape

Bolu Tape

Bolu tape ini rasanya enak banget dan lembut. Tapi bagian atas bolu nya retak karna suhu oven terlalu panas. Setoran minggu ke 41 #PejuangGoldenApron3

Bolu pisang jadul moist

Bolu pisang jadul moist

Source Khalimah kitchen Simple gk pake ribet Enak lembut, saya buat dua kali resep y bunda Uk loyang 10x20 dan 9 x 20 Mantull

Bolu kukus untuk basecake kue ulang tahun

Bolu kukus untuk basecake kue ulang tahun

Udah pernah aku share sebelumnya tapi hari ini aku share lagi hehehe aku bagi 3 warna aja kali ini.

Onbitjkoek

Onbitjkoek

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu'alaikum... Alhamdulillah penyakit magernya sudah mulai ilang.. semangat lagi buat ikutan GoDa dan challenge² lainnya 🥰 Minggu ini temanya olahan Gula merah ide dari teteh cantik, teh @bayenia825 . Bikin onbitjkoek saja, kebetulan bocil lagi demen²nya sama bolu²an. Dan bagian pantat bolunya tadi sepertinya agak bantat dikit, tapi atasnya lembut bgt. Karna keburu² dan memang pulang kerja langsung ngedapur jadi bawaannya oleng mulu 🤭 Source : dr. @banusutanto dengan sedikit modifikasi #GoDa_ManisLegit #GoDa_Paders #Komunitaspaders #Cookpadindonesia #GA_TheNextLevel #Cookpadcommunity_Bali #Cookpadcommunity_Denpasar #CookFromHome

Cheese Buttercake 🧈🧀

Cheese Buttercake 🧈🧀

teman kopi dan teh ! wangi butter! mudah dan simple! bahannya juga ekonomis, cocok untuk snack kumpul keluarga.

1 Loyang 20x15 porsi
1 jam 30 menit
Bolu tape singkong

Bolu tape singkong

Long weekend.. pada kumpul di rumah.. rencana mau buat muffin karena ada tape singkong di kulkas.. tp pas searching cookpad ketemu resepnya mbak @selena cake. Adonan nya aku kasih keju parut.. Atasnya aku tabur almond slice.. Anak2 pada suka..

7 orang
1 jam 30 menit
Chiffon Pisang Oven Tangkring

Chiffon Pisang Oven Tangkring

Lagi kangen sama chiffon, mumpung ada stok pisang matang cuss bikin. Saya pake oven tangkring kesayangan, lebih nyaman manggang chiffon dengan suhu kecil cenderung sedang (suhu 150-160°C). Walaupun jadi lama waktu memanggangnya tapi hasil cakenya lebih set, tidak amblas.

16 potong
90 mnt
Bolu pisang no oven no mixer

Bolu pisang no oven no mixer

Source : Emily cook Bismillah.. Ini mantul banget resep nya, walau gak bisa puas makan banyak2 🤭 Baru kali ini bikin bolu pisang yang empuk, ngembang dan menul2. Resep asli pakai 2 telur dan memakai loyang tulban ukuran 16x7, karena menyesuaikan loyang tulban punya sendiri, jadi bahan2 aku tambah, memakai telur 3 dan bahan lainnya juga tambah. Ini dia resep lengkap nya Tips : 1. pakai pisang Ambon yang benar2 matang kulit nya banyak bintik hitam. 2. Pakai soda kue yang masih bagus, aku pakai cap kupu-kupu #PejuangGoldenApron3 #Week39

Bolu marmer(pak sahak)

Bolu marmer(pak sahak)

Bismillah.... . Alhamdulillah beberapa kali coba resep bolu marmer yg ekonomis baru dpt resep @Ratu Deas Saputri yg cocok buat tambah varian bakulan😉.....yummmy😋😋

#057 Bolu Kukus Mekar Labu Kuning

#057 Bolu Kukus Mekar Labu Kuning

Masih bereksplorasi dengan labu kuning, dapat resepnya Rachma Waty1975. Terimakasih ya 🙏 Enak, padat, teksturnya mirip kue muffin, jadi lebih mengenyangkan dibanding dengan bolu kukus biasa. Source : https://cookpad.com/id/resep/13724145-81bolu-kukus-mekar-labu-kuning?invite_token=6PheocThE4EYHkyHvmxQ9zA4&shared_at=1615891113

Bolu Marmer

Bolu Marmer

Alhamdulillah berhasil bikin bolu yang ekonomis, lembuut dan wangii 😍 Source: youtube Calista Kitchen

Resep bolu pandan rice cooker lembut dan nikmat

Resep bolu pandan rice cooker lembut dan nikmat

Bolu Pandan y kebnyakan pasta pandan jdi wrna y trllu hijau tpi rasa'y ttap yummy bun...

Bolu 8 telur

Bolu 8 telur

Berawal dari 8 putih telur yang dikocok tak mengembang ( buat chifon) Akhirnya saya tambahkan 8 kuning telur lagi sambil berharap hasilnya tidak ambyarrr... Alhamdulillah laku ma anak dkk😄

Bolu keto, tanpa oven tanpa mixer

Bolu keto, tanpa oven tanpa mixer

Ga punya oven, ga punya mixer. Cuma ada happy call sama blender

4 porsi
30 menit
Bolu Keju

Bolu Keju

Udah setahun ya kita di rumah aja😥 kata suami, biar gk stres harus makan yg enak² 🤭🤭 Alhamdulillahnya diri ini terus bersemangat buat bikin cemilan 😁udah bayangin rasanya bolu empuk, lembut, gurih keju.. lgsg cari resep & Alhamdulillah hasilnya 90% memuaskan😁 rasa ok, walau kurang berasa sdkit kejunya, lembut✔️, empuk✔️.. perasaan ud takut bantet krna lelehan margarin kecampur sdkit air 😰 ditambah si adek nangis trs mnta gendong.. ya sudah bismillah saja.. Berhubung gk punya loyang bulat jd pke loyang brownies (lupa uk.brp) 🤭

2 loyang
Bolu sarang semut 8 telur Fatmah Bahalwan

Bolu sarang semut 8 telur Fatmah Bahalwan

Pesanan ini sdh lama banget nampang di draft,cuma lagi malas aja mau ngetik....resepnya bu Fatmah memang selalu cocok dihati,ada untungnya juga cetakannya lengket dibagian bawahnya,karena bisa tahu sarangnya yang full...bagian bawah saya tambal pakai butter cream,karena yang mau dipake kan bagian atasnya.ini pesanan hantaran.hiasannya minta yang sederhana karena untuk menempuh perjalanan jauh selama 3 jam.

Bolu Kukus Mekar Lembut Ekonomis tanpa Air Soda || Menu Bakulan

Bolu Kukus Mekar Lembut Ekonomis tanpa Air Soda || Menu Bakulan

Bismillah 27 februari 2021 Source : Susana el #Cookpadcommunity_bogor

Bolu moccacino

Bolu moccacino

10 porsi
1jam
Ogura coklat Sponge cake

Ogura coklat Sponge cake

Kali ini nyobain bikin Ogura rasa coklat. Ogura texture lembut banget kayak sponge cake sayang pas lagi manggang airnya d dalem habis jadinya udah dingin sedikit kempes tapi rasanya enak banget texture lembut udah kayak sponge beneran. #PejuangGoldenApron3