Cara Gampang Membuat Chiffon Pisang Oven Tangkring yang Lezat Sekali

Dipos pada October 8, 2022

Chiffon Pisang Oven Tangkring

Sore-sore begini enaknya membuat Chiffon Pisang Oven Tangkring yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Chiffon Pisang Oven Tangkring yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Chiffon Pisang Oven Tangkring, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Chiffon Pisang Oven Tangkring bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Chiffon Pisang Oven Tangkring sekitar 16 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Chiffon Pisang Oven Tangkring diperkirakan sekitar 90 mnt.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Chiffon Pisang Oven Tangkring dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Mommy bisa menyajikan Chiffon Pisang Oven Tangkring memakai 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi kangen sama chiffon, mumpung ada stok pisang matang cuss bikin. Saya pake oven tangkring kesayangan, lebih nyaman manggang chiffon dengan suhu kecil cenderung sedang (suhu 150-160°C). Walaupun jadi lama waktu memanggangnya tapi hasil cakenya lebih set, tidak amblas.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Chiffon Pisang Oven Tangkring:

  1. 🍁 Adonan Kuning Telur
  2. 200 gr pisang matang (berat tanpa kulit)
  3. 5 butir kuning telur
  4. 50 ml minyak sayur
  5. 80 gr terigu kunci biru
  6. 1/2 sdt vanila bubuk
  7. 1/8 sdt garam
  8. 🍁 Adonan Meringue
  9. 5 butir putih telur
  10. 85 gr gula pasir, diblender
  11. 1/2 sdt cream of tartar (atau 1/2 sdm air lemon / jeruk nipis)

Langkah-langkah untuk membuat Chiffon Pisang Oven Tangkring

1
Siapkan bahan. Gula pasir diblender sebentar, pindahkan ke wadah. Setelah itu pisang juga diblender agar halus rata.
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 1
2
Membuat adonan kuning telur. Aduk2 kuning telur hingga rata, masukkan pisang aduk rata. Masukkan minyak, aduk rata lagi. Terakhir masukkan terigu dan vanila bubuk sambil diayak. Aduk hingga rata. Nyalakan oven 160°C, api kecil cenderung sedang.
3
Membuat meringue. Mixer putih telur hingga berbusa, masukkan cream of tartar atau air lemon/jeruk nipis. Mixer lagi speed rendah. Masukkan gula pasir bertahap (3 kali). Mixer hingga firm peak, cirinya ada jambul melengkung bila mixer diangkat, tidak lemes tapi tidak kaku sekali. Saya biasanya mixer 7 mnt dgn speed rendah.
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 3
4
Masukkan adonan putih telur ke adonan kuning telur bertahap (3 kali). Aduk perlahan dengan whisk. Terakhir ratakan dan aduk balik dengan spatula hingga rata.
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 4
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 4
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 4
5
Tuang ke dalam loyang chiffon (loyang tidak dioles apapun). Aduk melingkar dengan tusuk sate, lalu hentakkan pelan agar gelembung udara keluar. Panggang selama 60 - 90 mnt. Saya 90 mnt dengan api kecil sedang kira2 suhu 150-160°C.
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 5
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 5
6
Bila sudah matang, balikkan loyang, dinginkan min.1 jam hingga loyang dingin. Keluarkan dari loyang dengan pisau tajam.
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 6
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 6
7
Hasilnya kempus2 kaya spon. Bila bagian atasnya turun sedikit, kemungkinan atasnya belum kering benar. Pastikan loyangnya sudah dingin baru dikeluarkan. Cakenya juga dipotong ketika sudah dingin.
Chiffon Pisang Oven Tangkring - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu pandan

Bolu pandan

5 orang
Bolu Ketan Hitam Panggang

Bolu Ketan Hitam Panggang

Hampir saja lupa posting minggu ini🤣 Yuk ah ramaikan #ComBoAnjangsana_Suroboyo dari #CookpadCommunity_Bogor Source : Galuh Ajeng Anggraini #PejuangGoldenApron3 #Minggu40Atin

1 loyang
1 jam
Bolu kopi Indo cafe

Bolu kopi Indo cafe

Sudah lama gak aktif, mau cobain kue bolu rasa baru..., Buat nemenin minum teh sore...seger banget...

5 - 10 org
2 jam
Bolu kukus putel ❤️❤️❤️

Bolu kukus putel ❤️❤️❤️

Ad putih telur bnyak di kulkas, gercep pagi langsung buat bolu kukus aja yang gampang tapi enak

Bolu Tape Premium

Bolu Tape Premium

Lihat cake tape seliweran di line tag ku...jadi pengen makan cake tape juga. Pinjam resepnya mbak veykeu... @kiarra cake and cookies ... akhirnya keturutan deh makan bolu.tape yang moist dan lembut ini. Yummy. Makasih resepnya ya mamah sachia...🙏🙏🙏 #PejuangGoldenApron3 #Mingguke-38 #CookpadCommunity_Bogor

Bolu Tape ketan hitam lembut tanpa mixer

Bolu Tape ketan hitam lembut tanpa mixer

Suami pulang kantor bawa tape ketan hitam di kasi sama teman kantor. Terus di suami minta dibikin kue. Saya cobalah eksekusi 😅

7 orang
30 - 35 menit
Ogura pandan putih telur

Ogura pandan putih telur

Kemarin habis bikin Cookies, banyak sisa putih telur. Kebetulan Uda lama pengen nyoba Cake Ogura ini, tapi seperti biasa kebanyakan alasan 🤭🤭 jadi tertunda terus. Alhamdulillah Hari ini pas Ada waktu dan ga Malas, langsung eksekusi 😉 #PejuangGoldenApron3 #cookingispassion #cookingischallenge #cookpadcommunity_jakarta #GoodfoodGoodMood #CookingisFun #AnekaCake #CakeCollection #GenkPeda_Eksis #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_DesiDresviana #OguraCake #OguraPandanPutihTelur Resource : Desi Dresviana

Bolu gulung keju

Bolu gulung keju

Setelah lama ga nulis resep akhirnya bisa share resep lagi. Mon maap bukibuk kalo step2nya gabisa ke foto semua soalnya di sambi momong bayik yang lagi aktif2nya hehe. Oiya ini saya pakai takaran sendok takar itu ya,timbangannya lagi di mertua hehe. Untuk suhu dan waktu pemanggangan di sesuaikan dengan oven masing2 ya bukibuk... Yuk ah mari eksekusi... Source: chalistaa kitchen

Bolu kukus santan takaran sedok

Bolu kukus santan takaran sedok

#PejuangGoldenApron3

#PANDAN CHIFFON CAKE

#PANDAN CHIFFON CAKE

Sebelumnya bikin chiffon hanya pake loyang biasa, karna belom punya loyang khusus chiffon. Tetep jadi dan bagus hasilnya hanya saja butuh perjuangan buat ngeluarinnya dari loyang terutama bagian bawahnya 😄 alhamdulillah kali ini trialnya sudah bisa pke loyang chiffon. Resep asli punya bunda tintin rayner hanya saja endapan pandannya saya ganti dengan pasta pandan.

1loyang
60menit lebih
Moo moo Roll cake (ala2 Chocomory nya Cimory)

Moo moo Roll cake (ala2 Chocomory nya Cimory)

Ini basecakenya Japanese cake ya rasa lembut ga terlalu manis cake di padu dengan dengan filling whipping cream coklat ...cake nya asliiii eeennnnak banget ya kayak makan Roll cake dengan eskrim bocah2 di rumah doyan banget...belum set aja udah minta trus td whipping cream nya agak keenceran efek jadi filling jd belepotan..tapi rasa bener ngobatin kangen Roll cake di Cimory yuk cobain

loyang 28x28 cm
30 menit
Bolu keto, tanpa oven tanpa mixer

Bolu keto, tanpa oven tanpa mixer

Ga punya oven, ga punya mixer. Cuma ada happy call sama blender

4 porsi
30 menit
Bolu Jadul

Bolu Jadul

Kangen yang jadul jadul nieh Setoran minggu ke 39 #PejuangGoldenApron3

Bolu kukus mekar

Bolu kukus mekar

Awalnya sempat gagal ya buat kue satu ini tapi setelah di uji coba akhirnya ketemu resep bolu kukus mekar yg menul - menul

Bolu Mocca Nougat Jadoel

Bolu Mocca Nougat Jadoel

Kepengen banget tetiba makan bolu mocca nougat ini. Setelah sekian lama save resep ini. Baru di eksekusi sekarang. Ohya resep ini walau masuk kulkas tetep lembut banget loh. Kalau mau yg padat bisa pakai semua takaran 250gr ya. Tepung, gula dan margarin. Kalau saya suka yg lembut begini. Buttercreamnya kalau ga ada butter juga bisa pakai full margarin. Pakai margarin yg bagus ya biar enak rasanya.

8 orang
1 jam
Bolu Caramel

Bolu Caramel

Bikinnya simple banget, gag perlu mixer campur campur jadi deh...untuk takarannya saya pakai gelas belimbing.

24 potong
Strawberry Shortcake Ogura

Strawberry Shortcake Ogura

Bosan di rumah,bikin cemilan yang seger" yukk!😊 Langsung buka resep nya @tintinrayner ketemu deh nih cemilan yang lembut ,seger & mudah banget cara bikinnya, tanpa butter tapi enakkkkk👍👍👍 #strawberryshortcakeogura #CookpadCommunity_Bogor

5 orang
1 jam 30 menit