Cara Gampang Menyiapkan Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu yang Lezat

Dipos pada November 6, 2022

Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang simpel, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Ini bolu masa kecilku... Biasanya dibikin saat lebaran atau pada pesta perkawinan. ... Khas bolu ini terletak pada selai asam jawa yang dipadukan dengan gula merah dan dioleskan diantara bolu... Rasa asam manis segar dipadu dengan bolu jadul ... Selalu mengajakku bernostalgia ke masa lalu.... Meskipun tidak banyak orang luar Bengkulu yang tahu penganan ini... Tapi sekali coba dijamin suka... Hehehe.... Selamat mencoba #PejuangGoldenApron3 #Mingguke-40 #CookpadCommunity_Bogor

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu:

  1. 6 kuning telur
  2. 3 putih telur
  3. 250 gram gula pasir
  4. 225 gram tepung terigu
  5. 2 sdm susu bubuk
  6. 1/2 sdt vanili
  7. 1/2 sdt soda kue
  8. Selai asam jawa
  9. 200 gram gula aren
  10. 75 gram asam jawa
  11. 150 ml air
  12. sejumput garam

Langkah-langkah untuk membuat Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu

1
Kocok telur dan gula.sampai mengembang dan berubah warna. Masukkan vanili bubuk dan soda kue. Aduk perlahan. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit aduk rata. Bagi menjadi 3 adonan. Sisihkan.
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 1
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 1
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 1
2
Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas roti. Tuang adonan dalam loyang. Panggang sampai matang.. Keluarkan dari loyang. Dinginkan. Lakukan sampai adonan habis.
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 2
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 2
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 2
3
Sambil menunggu bolu matang bikin selainya dengan cara: tambahkan sebagian air ke dalam asan jawa. Remas-remas hingga kental Kemudian saring. Sisihkan.
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 3
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 3
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 3
4
Masukkan gula merah dan asam jawa dalam panci..aduk rata. Kemudian tambahkan air dan sejumput garam. Masak hingga mendidih dan sedikit kental. Jangan terlalu kental karena nanti akan mengental dengan sendirinya saat dingin.
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 4
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 4
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 4
5
Setelah bolu dingin, olesi merata dengan selai asam jawa. Kemudian tumpuk dengan lapisan sepanjutnya dan olesi kembali dengan selai asam jawa. Tutup dengan lapisan selanjutnya.
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 5
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 5
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 5
6
Bolu som siap dinikmati ditemani dengan secangkir teh hangat.... Selamat menikmati....
Kue Som (bolu asam jawa) khas Bengkulu - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Kukus Kopi Mocca

Bolu Kukus Kopi Mocca

Teman buat ngopi dan ngeteh di malam hari 👍 #recookmenyadik_asmiyuliantiwartiningsih #recookmenyadikkalbar #Cookpad #Cookpadindonesia #Cookpadcommunity #Cookpadcommunity_BORNEO #Cookpadcommunity_KALBAR

Bolu rumbai cheezy

Bolu rumbai cheezy

Bismillah.. Mbok ana pingin buat cake buat tetangga sebelah, tp buat cake ny pake panci... Ehmmm mikir kan ana, Btw, first time buat cake manggang nya pake panci hehe.. FYI, pancinya ukuran diameter 20 cm, yukk disimak!!!

12 porsi
1 jam
Bread Cake (Roti di dalam Chiffon Cake)

Bread Cake (Roti di dalam Chiffon Cake)

#BreadCake #RotiDiDalamChiffon #MasakItuSaya #MasakAsyik #SlaluSpecial #BagikanInspirasimu #GALoveYou #Semarak_GALoveIsYou #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Yogyakarta #CookpadIndonesia #Cookpad_id Minggu ini semarak di menangkan oleh Mrs Kori beliau menantang kita membuat kreasi berbentuk love / hati. Kebetulan minggu lalu dapat pelajaran dari chef temanku bikin BREAD CAKE yang mana di dalam cake terdapat roti atau ibarat kata kita bisa menikmatin camilan roti dan cake secara bersamaan. Jadi langsung praktek crtanya dan niat hati pengen bikin Bread Cake dengan model roti berbentuk lophe di dalamnya. Ternyata di luar perkiraanku bentuknya tidak ada bentuk lophe2 alias ambyar 😂😂. Tapi rotinya sangat uenaaak, mentul2 dan Mantaaap. mohon maap ya Mrs Kori 🙏🏼🙏🏼 yuk cobain resepku

Bolu keju dengan butter

Bolu keju dengan butter

Teksturnya bolu keju ini atas nya renyah, dalam nya lembut banget, tidak keras walaupun sampe besok.. Kalo mau asin, kejunya pake keju kraft.. Tapi kl tdk mau terlalu asin pake merk keju yg lain..

Bolu Singkong

Bolu Singkong

Opsi lain mengolah singkong menjadi panganan yg enak. Ini sdh kesekian kalinya saya buat bolu singkong ini dan selalu suka rasanya. Saya pakai loyang persegi 22x22 cm Source: Rachma wati1975 #olahansingkong #cookpadcommunity_kaltim #cookpadcommunity_borneo

Bolu Kukus Putih Telur

Bolu Kukus Putih Telur

Memenuhi tantangan Semarak dari Mrs.kori yaitu “kreasi makanan berbentuk Love/hati” Eh pas bgt Punya putih telur sisaan masak tadi pagi, dari pada mubazir siang ini kita intip resepnya mba windri Aries di jakbar utk mengolah putelnya jadi bolu kukus. Semoga berkenan ya Mrs.kori☺️🙏🏻 Bolu kukus ini super lembut dan manisnya pas banget..wangii..ngga bikin eneg dan ngenyangin . Cocok bgt buat teman sarapan atau minum teh disore hari. Dicobain yuu teman2.. #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok #GALoveIsYou #Semarak_GALoveIsYou #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLovers

Bolu Pisang

Bolu Pisang

Berhubung dirumah ada pisang udah mateng banget, dan udh ga ada yang nyentuh , akhirnya dibikin aja bolu ini.

2 loyang
1,5 jam
Bolu Tape 2 telur

Bolu Tape 2 telur

Tape atau tapai merupakan hasil fermentasi dari singkong ataupun beras ataupun ketan. Ragi untuk fermentasi tape merupakan campuran beberapa mikroorganisme, terutama fungi (kapang dan jamur). Tape yang dipakai dalam resep ini adalah tape singkong. Saya recook dari Mba Irmayanti. Pas resepnya. Manisnyapun pas. Boleh dicoba. Yang mau resep aslinya https://cookpad.com/id/resep/13732129-bolu-tape-2-telur? #cookpadcommunity_Jakarta: BeCAK, Berkunjung ke Community Antar Kota #GowesBecak_keBogor

Bolu susu panggang

Bolu susu panggang

Manis banget ini.yg doyan manis manis pasti suka.tapi yg kurang suka manis bisa di kurangi gula dan susu nya.

50 mnt
Chiffon pandan sakura

Chiffon pandan sakura

Chiffon cake ini memang fluffy, lembut and moist, tapi termasuk cake yang tricky dari segi pembuatan, saya pun juga pernah mengalami kegagalan hingga saya tidak mau berhenti mencoba hihihi... tapi jangan khawatir, selama mengikuti step by step Insha Allah berhasil. Sebenarnya chiffon sudah pernah ada diresep sebelumnya cuma beda jumlah telur dan rasa. Selamat mencoba Happy Baking...🥰🤩 #GA_TheNextLevel Source: Ig Rondut

Snack: Bolu Nanas Kukus (14 month+)

Snack: Bolu Nanas Kukus (14 month+)

Mulai dikenalkan dikit2 dengan bahan penambah dalam kue2an. Cukup sejumput2 aja pakenya ya. Kalo bisa ga pake sih gapapa. Pake bahan yg tinggal sisa2 aja bikinnya. Teksturnya sedikit lengket ya. Mungkin karena ada maizenanya. Terigu nya habis, jadi ditambah maizena sedikit. Alhamdulillah doyan anaknya.

6 potong
Bolu Kopi Meses

Bolu Kopi Meses

Source : Tyas Widiastuti #markobar_KopinginPeluk #lihairecook5_semarang #GA_theNextLevel #CookpadCommunity_Semarang

Bolu Pisang kukus

Bolu Pisang kukus

Membuat bolu pisang ini mudah dan bahannya gak banyak, bisa untuk buah tangan saat silaturahmi☺

50menit
Blackforest rollcake

Blackforest rollcake

Bismillah Resep Buku Simple & Moist Cake by Tintin Rayner #PejuangGoldenApron3

Bolu pandan potong (1 telur)

Bolu pandan potong (1 telur)

Ngemil di musim hujan sangat cocok Bikin kue ini sambil ngeteh sore hari #bolupandanpotong #bolupandang

Bolu pisang

Bolu pisang

10 porsi
1 Jam