Langkah Mudah untuk Membuat Marble Chiffon Cake yang Menggugah Selera

Dipos pada June 26, 2021

Marble Chiffon Cake

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Marble Chiffon Cake yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Marble Chiffon Cake yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Marble Chiffon Cake, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Marble Chiffon Cake sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Marble Chiffon Cake sekitar loy dia 20cm. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Marble Chiffon Cake dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Cukup dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda bisa membuat Marble Chiffon Cake memakai 12 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Maafkan, foto selalu seadanya. Resep hasil belajar online bareng bu ketu bu RinJu. Resep anti gagal asalkan semua bahan yg kita pakai fresh semua. Baik telurnya atau tepungnya. Step by step diajarin, sampai tips dan trik jg dikasih. Sungguh cikgu ku yg satu ini gk pelit ilmu. Barakallah ya bu ketu. Semoga selalu diberi kesehatan dan panjang umur, amin.... Disini saya pakai 6 telur ya Bun, disebabkan loyang yg saya beli berdiameter 20 cm. Jadi kalau mau pakai 4 telur tdk apa² hanya hasilnya jadi kurang tinggi. Tidak pakai cream of tartar atau perasan jeruk nipis jg tidak apa² tapi dg catatan semua bahan FRESH. Tetap akan saya tulis resep aslinya, utk yg saya pakai saya tulis dibelakangnya. Silakan dipilih mau resep yg mana. Source : Rini Julia https://cookpad.com/id/resep/2517625-marble-chiffon-cake?invite_token=HPkEJvHw9T8d1rEoGkZFJv9k&shared_at=1607240070 #KolebKombes #CookpadCommunity_Bekasi ##CookpadCommunity_ID

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Marble Chiffon Cake:

  1. 4 btr telur
  2. 100 gr tp terigu kunci
  3. 100 ml susu uht plain
  4. 100 gr gulpas halus
  5. 40 ml minyak goreng
  6. 50 gr dcc, lelehkan
  7. 1 sdm bubuk coklat
  8. 1 sdm bubuk matcha (tambahan sy)
  9. 1/4 sdt cream of tartar (sy 1 sdm air jeruk nipis bs skip)
  10. 1/4 sdt vanili bubuk
  11. 1/4 sdt bp
  12. 1/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Marble Chiffon Cake

1
Siapkan bahan. Yg satu pakai 4 telur. Percobaan berikutnya pakai 6 telur.
Marble Chiffon Cake - Step 1
Marble Chiffon Cake - Step 1
2
Pisahkan kuning telur. Pakai telur suhu ruang, jangan telur dingin atau baru keluar dari kulkas.
3
Timbang dan ayak tepung terigu bersamaan dg bp dan vanili. Sisihkan dalam satu wadah.
4
Masukkan garam dan minyak ke dalam kuning telur, aduk rata kemudian tuang susu cair, aduk pakai wisk. Masukkan tepung terigu perlahan-lahan tapi jangan terlalu lama mengaduknya.
Marble Chiffon Cake - Step 4
Marble Chiffon Cake - Step 4
Marble Chiffon Cake - Step 4
5
Mixer putih telur dg kecepatan rendah hingga setengah mengembang. Masukkan cream of tartar atau air perasan jeruk nipis dan gula pasir bertahap (3x) kemudian mixer dg kecepatan tinggi sampai putih telur kaku atau soft peak. Di percobaan kedua saya skip perasan jeruk nipis.
Marble Chiffon Cake - Step 5
Marble Chiffon Cake - Step 5
6
Tuang adonan putih telur kedalam adonan kuning telur sedikit demi sedikit dengan cara aduk balik, pelan-pelan saja sampai adonan habis. Di tahap ini jangan lupa panaskan oven 160-170°c.
Marble Chiffon Cake - Step 6
Marble Chiffon Cake - Step 6
7
Bagi adonan jadi dua bagian (sy tiga bagian). Salah satu bagian adonan beri dcc yg sudah dilelehkan lalu beri bubuk coklat, satu bagian beri bubuk matcha, sisanya biarkan putih, aduk rata.
Marble Chiffon Cake - Step 7
8
Tuang adonan ke dalam loyang secara bergantian (sesuaikan dengan kreasi masing²)
Marble Chiffon Cake - Step 8
9
Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven (otang) di rak tengah tutup lobang atas, panggang kurleb 30 mnt atau sampai matang kekuningan (sy bake pertama 30 mnt, bake kedua 35 mnt) sesuaikan oven masing-masing. Lakukan tes tusuk. Bila sudah matang keluarkan dari oven dan langsung disimpan dg posisi terbalik (telungkup) tunggu hingga cake benar-benar dingin. Saya ada 2 jam. Note: lapisi loyang dengan aluminium foil utk mencegah adonan bocor.
Marble Chiffon Cake - Step 9
10
Potong-potong, sajikan. Note: di menit ke 15 atau adonan sdh set, kerat bagian atas adonan agar tidak sampai retak tak beraturan. Tidak dikerat pun tidak apa².
Marble Chiffon Cake - Step 10
Marble Chiffon Cake - Step 10
Marble Chiffon Cake - Step 10
11
Alhamdulillah masuk grid dan berhak zoom meet dg chef ganteng juara master Chef RCTI "Chef Beng"
Marble Chiffon Cake - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Kukus Meses

Bolu Kukus Meses

Udah 6 kali bikin bolu kukus selalu gagal..Yaa mungkin terkena kutukan bolu kukus kali ya ,hehe. Tapi alhamdulliah sekarang selalu berhasil. Sering dapet pesenan juga malah dan ini untuk usaha jualan juga . Hehe Terkadang resep bahan sudah benar tapi teknik pembuatan yg salah jadi bolu kukusnya bisa GATOT alias gagal total.. Semoga resep dari saya ini bisa mencabut kutukan bolkus anda sekalian . Hehe Selamat mencoba.

15 porsi
15 menit
Bolu labu kuning panggang

Bolu labu kuning panggang

Pertama kali buah labu kuning aku buat bolu. Optimis bisa sukses meski ada aja rasa takut gagal dan gak enak. Alhamdulillah berhasil juga, malah komentar orang rumah bolunya mirip kue lapis :) sengaja dikasih campuran coklat supaya anak² selera. Oiya, ini dibuatnya kemarin siang ya, aku simpan di Tupperware dan rasanya tetap uenak). Seperti biasa bahan² lainnya sesuai stok di dapur aja (belum belanja lagi).

Bolu Tiramisu

Bolu Tiramisu

Bolu ini sangat cocok utk penggemar kopi seperti saya dn suami... tapi anak2 saya pun jg suka sama bolu ini.. krn bolunya gk seret,lembut,enak dan harum aroma kopi.. biasanya kopi hanya diseduh saja sbg minuman kali ini dibuat sebagai cemilan pendamping kopi... 😊🥰👍

loyang uk 18 porsi
Bolu kukus 3 rasa (Dragon, Choklat, Pandan.)

Bolu kukus 3 rasa (Dragon, Choklat, Pandan.)

Lagi suka bikin bolkus. Kali ini Bolu kukus dengan 3 rasa, ringan lembut pakai resep dari mb Anny Risyani #CookpadCommunity_Semarang #SemangcookRecook_Annyrisyani

Bolu Mini No Mixer No Oven

Bolu Mini No Mixer No Oven

Anak-anak doyan banget ngemil..apalagi mereka Sekolah dari rumah karena pandemi. Kalau lagi PTS ( Penilian Tengah Semester) gini pada galau pengen cemilan buat mambah semangat belajar..jadilah mamak berkreasi bikin-bikin cemilan..dan taaaraaaa pada doyan..alhamdulillah..

15 pcs
30 menit
Bolu kukus tiramisu

Bolu kukus tiramisu

Source : cp : fridajoincoffee Malam minggu ga ngapa ngapain,gabut,bikin kue ini ajjah,dripada jajan diluar Endul,lembut,higienis,en poko'e dijamin ketagihan😋 Maklumi layer putìhnya yg ga sama😢,karena loyang akuh ternyata ga muat bebh 😄, Yang paling penting dpet pujian dari pak su dan anak2 😂 yaasssshh,,,makasih mak frida🥰

_+ 40 menitan
Banana Cake (Bolu Pisang)

Banana Cake (Bolu Pisang)

- No mixer - Otang (oven tangkring) - pisang Raja Sereh - anti gagal walau buat baker ‘nubie’ (kaya saya 😉) - hasil: lembut,manis pas. modified, Recipe Source : AndiNaoMey (inspired : Chef Farah Quinn)

12 potong
60 menit
Bolu marmer keju si Otang (oven tangkring)

Bolu marmer keju si Otang (oven tangkring)

Ga jauh" Dr sekeluarga doyan ngemil jd tiap hari ngebaking untuk yg tercinta 😍

3-4 orang
60 menit
Bolu Cappucino/Base Cake Cappucino/Oven Listrik/Oven Tangkring

Bolu Cappucino/Base Cake Cappucino/Oven Listrik/Oven Tangkring

bosen ya base cake kue kalau ga blackforest atau ga bolu, coba resep cappucino yu yg kopinya berasa dan ga bikin eneq pastinya hehe

Bolu tape singkong / peuyeum

Bolu tape singkong / peuyeum

Niat hati mau bikin birthday cake pas si bungsu ulang tahun, tapi kenyataannya c kecil sakit jd cancel deh. Pas bulan besoknya pas lg bikin bolu tape keingetan hiasan kue yg belum kepake, dari pada mubazir jd mamak tempelin deh 😅

Bolu ban jadul lembuttt, tidak seret

Bolu ban jadul lembuttt, tidak seret

Perdana bikin cake ban jadul, Alhamdulillah berhasil. Yeayyyy lembut, enak, nggak seret. Kata ponakan lebih enak ini daripada beli🤣🤣. Dalam sekejap hampir ludes. Resep lihat dicookpad ala mbak y.s.o dengan sedikit modif sesuai stok bahan yg ada Makasih mbak y.s.o resepnya🙏😘

8 org
1jam 30 menit
Bolu Katuk

Bolu Katuk

Sumber kheyla's kitchen Dengan sedikit modifikasi

Bolu red velvet ekonomis

Bolu red velvet ekonomis

Rabu: 23/09/2020 #PejuangGoldenApron2 #Minggu52 #CookpadComunity_Jateng Source:🥧nHnCook🐝ll Hikmah

60 menit
Bolu Kukus Tiramisu. Cepat kilat 10menit.wajib Coba!

Bolu Kukus Tiramisu. Cepat kilat 10menit.wajib Coba!

Bismillah. 4 November 2020 Gak nyangka 2 telur bisa jadi bolu kukus marmer. Ini resep mertuanya mba marryline. Beneran sukses. Anti gagal. Asalkan telurnya segar dan ikutin step by step dengan benar. Selamat mencoba ya. . Source mba @marryline Putry #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost_DiKukusAja #ResepTrianaFitria

ramean
Bolu kukus chocolatos

Bolu kukus chocolatos

Bolu dngan resep mudah,enak serta irit bahan😁🤭

3 orang
1 jam
Bolu pisang kukus

Bolu pisang kukus

Resep ini tanpa mixer,tanpa oven dan takaran sendok karena belum punya timbangan 😁😁

Bolu Susu Kopi

Bolu Susu Kopi

Dalam rangka untuk mendukung Bulan Peduli Kanker Payudara kita, saya sebagai #PahlawanDapur agar selalu memberikan semangat kepada saudara kita yang sedang membutuhkan semangat terutama untuk saudara kita yg sedang berjuang melawan kanker payudara. Kita sendiripun harus selalu waspada terhadap kesehatan payudara kita. Jangan lupa SARARI ya teman. Jika ada hal yang dirasa mencurigakan, segeralah ke dokter. Oh iya resep bolu ini saya recook dari mbak Neni Kuswati. Si bolu saya beri pewarna pink dan ada beberapa bahan yang saya mix. Menyesuaikan kesukaan anggota keluarga di rumah 😀 Si bolu ini aslinya dikukus tapi ini saya panggang. Tetap lembut meski tanpa sp 😀 #RecookCoboyNeniKuswati #CookpadCommunity_Surabaya #RecookCoboy #StarOfTheRecook #PejuangGoldenApron3 minggu ke 22 resep ke 4

10 potong
45 menit
Marble chiffon cake💜

Marble chiffon cake💜

Ikutan class online. Sama mba @Rini julia.. Kuenya enak lembut..langsung habiss ma krucil krucilku..makasi mba @Rini julia ilmunya ..🙏😘 #KolebKombes #Cookpadcommunity_Bekasi

Roll Cake Putih Telur

Roll Cake Putih Telur

Kamis, 26 November 2020. R=53 #GA_TheNextLevel #Week_26_Resep_32 Bismillah..... Ini kelanjutan dari resep kemarin, memanfaatkan sisa putih telur dr roll cake kemarin. Dan kebetulan lihat resep ini, jadi langsung capcus. Resep nya sy lihat resep nya mba @ettyyuni. Bikin nya simpel dan cepat, dan rasa nya yg lembut jd kesukaan anak gadis sy 😁 Source : mba @ettyyuni