Langkah Mudah untuk Membuat Bolu Kukus Pisang yang Lezat Sekali

Dipos pada April 2, 2020

Bolu Kukus Pisang

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bolu Kukus Pisang yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Bolu Kukus Pisang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu Kukus Pisang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu Kukus Pisang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bolu Kukus Pisang kira-kira utk 40-50 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Bolu Kukus Pisang sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bolu Kukus Pisang memakai 14 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Kue ini sebenarnya modifikasi dari Banana Cotton Cake dengan bahan yang lebih murah meriah.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Kukus Pisang:

  1. 6 buah telur suhu ruang
  2. 500 gr tp terigu
  3. 500 gr gula pasir
  4. 1 sachet skm putih
  5. 1 sachet santan instant kecil
  6. 100 ml air
  7. 1 buah pisang ambon dilumatkan
  8. 1 sdt SP
  9. 1 sdt extract vanilla
  10. 1/2 sdt perasa pisang
  11. 250 ml minyak sayur
  12. secukupnya pewarna kuning
  13. margarine untuk dioleskan di cetakan
  14. 50 gr dark cooking chocolate (cokelat blok) dilelehkan untuk hiasan

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Kukus Pisang

1
Ayak tepung terigu, sisihkan.
2
Campur rata, skm dan santan instant dengan air 100 ml yang ada di dalam resep, sisihkan
3
Mixer gula pasir, telur, SP dan extract vanila dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 10 menit, matikan mixer. Masukkan tepung terigu sedikit sedikit sambil diaduk rata.
4
Kemudian masukkan campuran skm, santan dan air aduk rata, lalu masukkan pisang yang sdh dilumatkan aduk rata.
5
Lalu masukkan minyak sayur aduk sampai rata, terakhir masukkan perasa pisang dan pewarna kuning aduk kembali sampai rata. Olesi cetakan kue pisang (ukuran sedang) dengan margarine, tuang adonan kue ke dalam cetakan.
6
Panaskan kukusan, alasi tutupnya dengan serbet bersih supaya air tidak menetes ke kue. Setelah panas, kukus kue selama 10 - 15 menit.
7
Setelah dingin hiasi dengan coretan coklat blok yang sudah dilelehkan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu kukus wuennaakk

Bolu kukus wuennaakk

Resep recook dari mba ratnasari nih,, hasilnya lembut bgt,cocok bgt buat temen ngeteh atau ngopi

15 porsi
Bolu kukus gula merah

Bolu kukus gula merah

resep ini sudah di modifikasi teksturny seperti kapas dan langsung lumer dimulut....

Bolu Kukus Mawar

Bolu Kukus Mawar

Ini saya isi meses biar ada manis coklatnya,rasanya lembut banget mungkin karena penggunaan tepung protein rendah.

Bolu kukus super empuk dan simple

Bolu kukus super empuk dan simple

Awalnya cm iseng tambahin resep yg ngasal dan yg jadi malah enak bgt

30 menit
Bolu Kukus Tiramisu

Bolu Kukus Tiramisu

Yeye💃💃.. pertama kali coba & berhasil walopun blum perfect, senenglah pastinya💕 Resep dari Mama Upay. Dulu saya pikir buat bolkus itu mudah, tnyata ga, apalagi kalo gagal, ga gampang dilupakan😢😭 karna hrs stabilkan perasaan #halah.. & yakinkan diri kalo saya bisa. Nti bisa2 mendadak ga pengen liat dandang, telur & personel2 yg berhubungan dgn kukusan #lebay.. tp saya jd tau bbrp hal ttg kukus mengukus jdnya☝👉 ♡mixer telur dan gula hrs sampe putih, kembang & berjejak ♡hentak2kan loyang sblm masuk ke kukusan spy udara2 dlm adonanya keluar ♡air kukusan jgn tlalu byk & jgn tlalu sedikit yaa ♡pastikan kukusan dipanasin dulu sampe beruap2 sblm loyang dimasukkan ♡jgn bolak balek buka tutup kukusan, nti matengnya ga sempurna ♡lapisi tutup kukusan dgn serbet bersih spy air gak netes2 ke kue ♡mengukus dgn api sedang cendrung kecil spy permukaan kue ga bergelombang kek sungai😂.. wah, curhat ni jdnya, panjang amat😩.. resep mana resepnya😁😁

Bolu pisang kukus (2 telur) no mixer

Bolu pisang kukus (2 telur) no mixer

Recook punya mb anik wina. Source mba yunda yun. Sedikit penyesuaian/modif. Thanks resepnya. Judul aslinya bolu pisang chocochips, cuman aq ngga pk chocochips 😁.

47. Bolu kukus putih telur

47. Bolu kukus putih telur

Ini sisaan putih telur bolu kukus gula merah, hihihi mubadzir pasti kalo udah masuk kulkas males dibikin 😊😁😂

Bolu kukus merekah tanpa soda (mirip semangka) anti gagal

Bolu kukus merekah tanpa soda (mirip semangka) anti gagal

Mau bikin kue buat si kecil tanpa soda Buat ini berhasil merekah Ikuti langkahnya pasti bisa, yakin anti gagal ya

Bolu kukus semangka

Bolu kukus semangka

Sudah lama pengen eksekusi bolu ini. Mirip semangka. Ngubek ngubek cookpad ketemu resep milik bunda tri shanti. Trims resepnya bunda. Resepnya saya modif dikit.

Bolu zebra kukus simple ✌👍

Bolu zebra kukus simple ✌👍

Masih ada sisa bahan utk bolu....jd dibikin bolu simple aja deh No ribet 😀✌😃

Bolu Tiramisu Kukus Putih Telur

Bolu Tiramisu Kukus Putih Telur

Sudah lama sekali ingin coba bikin cake tiramisu tapi gak sempet-sempet. Resepnya belum ada yang klop. Ada yang pesen juga ditolak 😅 Akhirnya kemaren-kemaren lihat postingan Mba FridaJoinCoffee, Tiramisu Kukus. Resep dan bikinnya simpel. Ada putih telur sisa bikin vla susu, jika bisa bikin brownies kukus dari putel, mungkin bisa juga bikin cake tiramisu kukus dari putel. Timbang-timbang putih telur dan itung-itung rasio dari resep Mba Frida akhirnya beranikan diri dicoba bikin cake tiramisu kukus dari putel biar ga berakhir jadi telor dadar terus putelnya 😆

Bolu Kukus Tiga Rasa

Bolu Kukus Tiga Rasa

Sengaja takaran membuat kue ini disederhanakan tanpa timbangan. Hanya gelas belimbing saja dan cetakan puding yang mudah di dapat dipasar sehingga memudahkan bagi pemula untuk mempraktekannya.

16 porsi
60 menit
Bolu Kukus Mekar Bintik Pelangi

Bolu Kukus Mekar Bintik Pelangi

Memodifikasi bahan ternyata ada kepuasan sendiri ketika berhasil. Begitu juga dengan resep ini, awalnya sempat gak mekar, tapi penasaran, mencoba lagi... dan inilah hasilnya. Untuk itu kalau ingin berhasil, ikuti langkah membuatnya dengan benar. Pasti deh gak gagal. Kenapa namanya ada bintik pelangi? Karena ada meisesnya warna warni kayak pelangi.

20 porsi
30 menit