Cara Gampang Menyiapkan Cuko Palembang (cuko Pempek) Anti Gagal

Lloyd Baker   25/10/2020 05:14

Cuko Palembang (cuko Pempek)
Cuko Palembang (cuko Pempek)

Anda sedang mencari ide resep cuko palembang (cuko pempek) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko palembang (cuko pempek) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko palembang (cuko pempek), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan cuko palembang (cuko pempek) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

It is made of fish and sago flours and served together with a dark, rich sauce called cuko. Cuko is made from brown sugar, chilli pepper, garlic, vinegar, and salt to boiling water. There are many varieties of Pempek.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cuko palembang (cuko pempek) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cuko Palembang (cuko Pempek) memakai 10 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Cuko Palembang (cuko Pempek):
  1. Gunakan 500 gram Gula merah
  2. Siapkan 500 Ml air
  3. Siapkan 1 sdm Ebi Kering
  4. Gunakan 1 sdt Gula Pasir
  5. Gunakan 1 sdt garam
  6. Sediakan 3 sdm air asam jawa
  7. Sediakan Bumbu Halus
  8. Gunakan 15 Siung Bawang putih
  9. Siapkan 25 buah cabe rawit (sesuai selera)
  10. Siapkan 5 buah cabe merah (optional)

Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental. "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan. Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat.

Langkah-langkah membuat Cuko Palembang (cuko Pempek):
  1. Rebus air bersama gula merah hingga mendidih lalu disaring
  2. Sangrai ebi lalu haluskan dan haluskan bumbu halus
  3. Gula merah yang sudah disaring drebus kembali hingga mendidih lalu masukkan ebi dan bumbu halus lalu masukkan air asam gula garam koreksi rasa 🌸

Bagi kami orang Palembang, biarlah rasa pempeknya kurang sedap dan enak. Pempek sebagai makanan khas Kota Palembang banyak disukai tak hanya oleh masyarakat Palembang, tetapi seluruh masyarakat di Indonesia menyukai makanan yang terbuat dari bahan tapioka dan ikan ini. Resep ini saya dapat dari hasil modifikasi sana dan sini. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cuko palembang (cuko pempek) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved