Resep Soto Betawi Daging dan Jeroan Sapi dengan Susu, Menggugah Selera

Joshua Tate   21/11/2020 11:39

Soto Betawi Daging dan Jeroan Sapi dengan Susu
Soto Betawi Daging dan Jeroan Sapi dengan Susu

Anda sedang mencari inspirasi resep soto betawi daging dan jeroan sapi dengan susu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi daging dan jeroan sapi dengan susu yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Soto Betawi Daging dan Jeroan Sapi dengan Susu. Dasarnya aku dapatkan resep kompleks rempah ini dari mba @hanhanny , cuma aku mengubah komposisi dan memberikan berbagai teknik memasak dan bahan tambahan. Di lidahku, ini sangat nampar rasanya 😂😂😂😂.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi daging dan jeroan sapi dengan susu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto betawi daging dan jeroan sapi dengan susu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto betawi daging dan jeroan sapi dengan susu yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Betawi Daging dan Jeroan Sapi dengan Susu menggunakan 40 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Soto Betawi Daging dan Jeroan Sapi dengan Susu:
  1. Ambil 1 kg daging sapi dan jeroannya
  2. Gunakan 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  3. Gunakan 600 ml susu ultra UHT vanila
  4. Ambil 1.5 liter air
  5. Siapkan 2 buah jeruk nipis
  6. Siapkan secukupnya air untuk balansir
  7. Sediakan secukupnya garam, kaldu bubuk rasa sapi, dan minyak goreng
  8. Gunakan 🐄 pelengkap :
  9. Siapkan 3 buah jeruk limau
  10. Siapkan 5 buah tomat ukuran kecil
  11. Siapkan 5 buah kentang ukuran sedang
  12. Siapkan 3 batang daun bawang iris
  13. Sediakan 2 batang daun seledri iris
  14. Gunakan secukupnya bawang goreng
  15. Sediakan secukupnya kecap manis
  16. Gunakan secukupnya emping
  17. Siapkan secukupnya acar timun dan wortel
  18. Gunakan 🐄 bahan sambal :
  19. Ambil 20 buah cabai rawit merah
  20. Sediakan 2 siung bawang putih kating
  21. Siapkan 🐄 bumbu halus :
  22. Sediakan 5 butir kemiri
  23. Siapkan 15 siung bawang merah
  24. Sediakan 13 siung bawang putih
  25. Gunakan 1 sdt lada bubuk
  26. Ambil 1/2 sdt pala bubuk
  27. Siapkan 1/2 sdt jintan bubuk
  28. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk
  29. Ambil 2 cm kencur
  30. Sediakan 2 cm kunyit
  31. Gunakan 4 cm jahe
  32. Ambil 🐄 bumbu tambahan :
  33. Sediakan 3 lembar daun salam
  34. Sediakan 5 lembar daun jeruk
  35. Sediakan 2 butir kapulaga
  36. Sediakan 4 butir cengkeh
  37. Siapkan 1 buah bunga pekak
  38. Siapkan 1 batang serai besar (memarkan)
  39. Ambil 4 cm laos (memarkan)
  40. Siapkan 3 cm kayu manis

Namun soto betawi sering juga menggunakan bagian lainya seperti mata, terpedo, hati, dan juga daging sapi yang sering menjadi bahan campuran di dalam soto betawi. Tetapi demi kesehatan dan mengurangi kandungan lemak dan kolesterolnya, kita akan menggunakan daging sapi saja dan dipiliha bagian daging yang kandungan lemaknya rendah. Suka banget sm masakan soto yg satu ini. Biasanya beli di warung soto langganan,tp berhubung bnyk daging sapi.jd bikin sendiri dech.nyoba",enak.yummy Andin's Kitchen.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Betawi Daging dan Jeroan Sapi dengan Susu:
  1. Pisahkan daging dengan jeroan. Rebus daging sampai empuk dengan 1,5 liter air. Biarkan air menjadi kaldu. Selama menunggu daging empuk, cuci bersih jeroan kemudian lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan diamkan selama 30 menit untuk menghilangkan baunya lalu bilas bersih. Setelah jeroan dibilas, balansir jeroan selama 3 menit untuk memastikan bau jeroan dan rasa asam air jeruk tidak lagi ada. Masukkan jeroan ke dalam rebusan daging biarkan bercampur menjadi kaldu dan empuk.
  2. Haluskan bumbu halus lalu tumis bumbu halus bersama dengan bumbu tambahan sampai matang. Jangan sampai masih langu.
  3. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging dan jeroan yang telah empuk dan menjadi kaldu. Tambahkan santan, susu, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih dan matang sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  4. Masukkan daun bawang dan seledri kemudian tes rasa. Matikan api.
  5. Kentang goreng : Kupas kentang lalu rebus kentang hingga empuk kemudian goreng hingga kematangan yang diinginkan. Tiriskan dan sisihkan.
  6. Membuat sambal : Rebus cabai rawit merah dan bawang putih hingga empuk dan air nyaris habis. Haluskan bersama sisa air yang ada di panci.
  7. Cara penyajian : tempatkan soto pada mangkok, tambahkan potongan tomat dan potongan kentang goreng, kemudian beri taburan bawang goreng. Sajikan bersama nasi hangat, jeruk limau, acar, sambal, emping, dan kecap manis sebagai pelengkap bila suka.
  8. Saya tidak pakai emping yaa karena saya kurang suka emping.
  9. Selamat mencoba.
  10. Begitu lezat rasanya. Lupa pakai acar pula 😓😓😓😓.

Sajian oseng ini biasanya jadi menu tambahan di beberapa warung Soto Betawi di kawasan Tangerang Selatan. Bahannya berupa daging sapi rebus yang dipotong-potong tipis. Soto betawi memiliki rasa yang gurih khas yang berbeda dengan soto lainnya. Campuran santan dan susu memberikan perpaduan rasa gurih santan dengan sensasi creamy dari susu. Bila Anda tidak menyukai jeroan, Anda bisa memesan soto betawi dengan isian daging sapi saja.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto Betawi Daging dan Jeroan Sapi dengan Susu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved