Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mie ayam yang Lezat

Cory Munoz   01/10/2020 07:58

Mie ayam
Mie ayam

Sedang mencari inspirasi resep mie ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mie ayam yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mie ayam, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mie ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Mie ayam, mi ayam or bakmi ayam (Indonesian for 'chicken bakmi', literally chicken noodles) is a common Indonesian dish of seasoned yellow wheat noodles topped with diced chicken meat (). It especially common in Indonesia, Singapore and Malaysia, and can trace its origin to Chinese cuisine. In Indonesia, the dish is recognized as a popular Chinese Indonesian dish, served from simple travelling.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan mie ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Mie ayam memakai 31 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Mie ayam:
  1. Ambil Mie basah/ mie kering
  2. Sediakan 2 buah dada ayam
  3. Ambil 1 batang serai geprek
  4. Siapkan 3 lembar daun salam
  5. Gunakan 1 ruas jahe geprek
  6. Gunakan 3 sdm kecap manis (sesuai selera)
  7. Sediakan 1 sdm kecap asin (sy skip ganti garam)
  8. Sediakan 1/2 sdt merica
  9. Gunakan 1/2 sdt gula pasir
  10. Siapkan 1/2 sdt kaldu bubuk
  11. Siapkan Bumbu halus ayam
  12. Sediakan 5 siung bawang merah
  13. Ambil 3 siung bawang putih
  14. Sediakan 2 buah kemiri
  15. Ambil 1 ruas kunyit (sy kunyit bubuk)
  16. Gunakan Bahan minyak ayam
  17. Sediakan 100 ml minyak sayur
  18. Sediakan Kulit dan lemak ayam
  19. Gunakan 3 siung bawang putih
  20. Ambil Bahan kuah
  21. Siapkan Air Kaldu ayam
  22. Gunakan Garam
  23. Gunakan Merica
  24. Siapkan Kaldu bubuk
  25. Siapkan Bahan pelengkap
  26. Gunakan Pokcoy/ sawi yang telah direbus
  27. Ambil Bawang goreng
  28. Siapkan Daun bawang
  29. Siapkan Seledri
  30. Sediakan Saos
  31. Sediakan Rawit ulek

Mie Ayam is unlike most Indonesian cuisine, where the secret is in the sauce, the clue to a good mie ayam is the perfect al dente noodle. For this dish, bakmie is boiled in stock and topped with succulent slices of gravy-braised chicken. Mie ayam often accompanied with wonton (Indonesian: pangsit) either crispy fried or in soup, and also bakso (meatball). Lihat juga resep Mie Ayam Asin Gurih enak lainnya.

Cara membuat Mie ayam:
  1. Buat minyak ayam, masukan 100 ml minyak ke wajan dan kulit ayam biarkan dengan api kecil sesekali diaduk biarkan sampai ayam kering lalu angkat ayamnya saja kemudian masukan bawang putih cincang tumis hingga matang angkat sisihkan.
  2. Cuci bersih ayam kemudian rebus dengan air yang cukup, setelah mendidih sebentar buang airnya kemudian beri air lagi rebus ayam sampai empuk dengan api kecil biar keluar kaldu nya.
  3. Angkat ayam nya saja biarkan dingin sebentar lalu pisahkan daging dengan tulang, potong2 dagingya sisihkan.
  4. Panaskan 2 sdm minyak pada wajan masukan bumbu halus ayam tambah daun salam, jahe, dan serai tumis hingga harum kemudian beri air.
  5. Masukan potongan ayam beri garam, gula, kaldu bubuk, dan kecap aduk2 biarkan air menyusut tes rasa angkat.
  6. Untuk kuah nya, saring air kaldu bekas merebus ayam tambahkan air jika kurang, beri garam, merica, dan kaldu bubuk biarkan mendidih tes rasa angkat.
  7. Untuk penyajian ambil 1 sdm minyak ayam masukan dalam mangkok terus beri mie aduk rata dengan mie, beri toping ayam, pakcoy, dll siram dengan kuah taburi bawang goreng, daun bawang, dan seledri boleh ditambah saos atau ulek rawit suka2 (sy ditambah pangsit yg kemarin masih ada).

Brilio.net - Mie ayam merupakan salah satu hidangan yang digemari banyak orang. Rasanya yang lezat dan kemudahan untuk mendapatkannya, jadi banyak alasan orang menyukai olahan mie yang satu ini. Kalau berbicara soal resep rahasia MIE AYAM tentunya ada beberapa tahap proses pembuatan masakan MIE AYAM, yakni mulai dari pembuatan mie hingga cara membuat masakan mie ayam serta cara penyajiannya. Resep mie ayam spesial enak menjadi andalan pedagang kaki lima dan menjadi rahasia mereka. Anda membutuhkan resep mie ayam enak, yuk ikuti petunjuk lengkap cara mudah membuat masakan mie ayam komplit dari persiapan bahan bahannya hingga cara membuat mie serta cara penyajian mie ayam spesial. mau buaka usaha mie ayam ? ini dia resep mie ayam enak yang ku jual sendiri, mie ayam ini perpaduan khas solo dan wonogiri dengan penambahan rasa khas cina/.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mie ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved