Langkah Mudah untuk Membuat GURAME Asam Manis yang Enak

Earl Armstrong   03/08/2020 08:58

GURAME Asam Manis
GURAME Asam Manis

Anda sedang mencari inspirasi resep gurame asam manis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gurame asam manis yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sebenernya kurang suka banget sama makanan yang asam manis kayak begini, cuma Mamaku selalu pengen dan pengen sampai bilang 'yuk ka, buat asam manis. Lihat juga resep Gurame Asam Manis enak lainnya. Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gurame asam manis, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan gurame asam manis yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah gurame asam manis yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan GURAME Asam Manis memakai 17 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan GURAME Asam Manis:
  1. Sediakan 1 ekor ikan gurame (berat 1kg)
  2. Sediakan 1 buah jeruk lemon/nipis
  3. Siapkan 1 sdm garam
  4. Sediakan 🦁 Bahan Pelapis :
  5. Sediakan Secukupnya tepung krispy (me: sasa tepung krispi)
  6. Gunakan 100 ml air
  7. Gunakan Secukupnya minyak untuk menggoreng
  8. Gunakan 🦁 Bahan Saos :
  9. Siapkan 2 siung bawang putih (cincang)
  10. Gunakan 1 ruas jahe (geprek)
  11. Gunakan 1 buah bombay (potong panjang korek api)
  12. Ambil 2 buah cabe merah besar (buang isi potong kotak2)
  13. Gunakan 6 sdm saos tomat (me: delmonte)
  14. Ambil 500 ml air
  15. Ambil 1 sdt maizena (larutkn dgn 4 sdm air)
  16. Ambil 5 sdm minyak wijen
  17. Gunakan Secukupnya gula pasir,garam & kaldu bubuk

Resep Gurame Asam Manis - Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani dan asam lemak yang sangat baik bagi tubuh. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi ikan sebagai menu masakan sehari-hari. Adapun ikan yang paling sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun swalayan adalah ikan patin, ikan lele, ikan salmon, ikan mas dan juga ikan gurame / gurameh. ID - Resep Gurame Asam Manis - Berbicara mengenai ikan gurame pastinya banyak yang mengenal ikan tersebut.

Cara menyiapkan GURAME Asam Manis:
  1. Bersihkn ikan gurame… kucuri dgn air lemon/jeruk nipis & taburi garam dgn rata di tubuh ikan bolak balik…. biarkn kurleb 5 mnt kmdian bilas lg dgn air bersih & goreng ikan setengah matang…. lalu filet ikan kecil2 lepaskn dr tulang durinya.
  2. Siapkn bahan pelapis…. tuang sebagian tepung krispi dlm mangkuk lalu larutkn dgn 100 ml air… aduk rata… tusmg filet ikan gurame dlm adonan tepung cair… aduk rata sampai ikan terlumuri adonan… ditempt lain tuang tepung krispi kering dlm piring/mangkok…
  3. Panaskn wajan penggorengan… tuangi minyak agak bnyk… tunggu sampai minyak panas. Goreng ikan yg sdh di lumuri adonan tepung basah td lgsg gulingkn dlm tepung kering… cubit2 pake tngn spt menggoreng kentaki… lalu goreng hingga kuning kecoklatan. Lakukan hal yg sama untuk tulang ikannya.
  4. Setelah smua nya selesai di goreng… tata daging ikan filet td diatas tulang ikan nya…. siapkn bahan saosnya
  5. Bikin saos asam manis : tumis bawang putih,bombay & cabe merah besarnya sampai harum kmudian tambhkn 500 ml air… beri bumbu pelengkap spt gula,garam & kaldu bubuk… tes rasa…. larutkn maizena dgn 100ml air… tuang dlm adonan saos… aduk rata kembali tunggu sampai meletup2,tuangi minyak wijen aduk rata lg & matikn kompor… kmdian siramkn saos diatas ikan gurame goreng krispi nya…

Dimana ikan gurame ini dari segi tekstur daging terbilang padat bahkan juga lembut. Biasanya anda bisa dengan mudah menemuinya baik di pasar tradisional maupun supermarket sekalipun. Ikan gurame selain di masak dengan di goreng bersama bumbu sederhana. Ikan gurameh juga bisa di masak menjadi Ikan Gurame Asam Manis, fillet gurame asam manis, ikan gurame bakar, gurame garing asam manis pedas, sup ikan gurame, pecak gurame, pepes ikan gurame, dan gurame asam manis pedas. Pada dasarnya, resep ikan gurame pada umumnya dibagi menjadi tiga macam, yaitu bakar, rebus dan goreng.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gurame asam manis yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved