Resep Gurame Asam Manis Anti Gagal

Dale Brady   04/08/2020 06:32

Gurame Asam Manis
Gurame Asam Manis

Lagi mencari inspirasi resep gurame asam manis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gurame asam manis yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gurame asam manis, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan gurame asam manis yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Sebenernya kurang suka banget sama makanan yang asam manis kayak begini, cuma Mamaku selalu pengen dan pengen sampai bilang 'yuk ka, buat asam manis. Lihat juga resep Gurame Asam Manis enak lainnya. Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah gurame asam manis yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Gurame Asam Manis menggunakan 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Gurame Asam Manis:
  1. Gunakan 1 ekor Gurame besar
  2. Sediakan 3 butir Bawang putih
  3. Gunakan 1 Bawang Bombay
  4. Ambil Seruas Jahe
  5. Sediakan 1 Wortel agak besar
  6. Ambil Jeruk nipis
  7. Sediakan 2-3 sdm Saus tomat
  8. Ambil 3-4 Sdm Saus sambal
  9. Gunakan 1 sdm Saus tiram
  10. Siapkan 1 sdm Kecap
  11. Ambil 1 sdt Lada
  12. Ambil 1 sdm Gula
  13. Sediakan Garam
  14. Gunakan Kaldu bubuk
  15. Ambil Tepung serbaguna
  16. Siapkan 1/4 kg Terigu, 3 sdm maizena
  17. Sediakan Minyak goreng

Resep Gurame Asam Manis - Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani dan asam lemak yang sangat baik bagi tubuh. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi ikan sebagai menu masakan sehari-hari. Adapun ikan yang paling sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun swalayan adalah ikan patin, ikan lele, ikan salmon, ikan mas dan juga ikan gurame / gurameh. ID - Resep Gurame Asam Manis - Berbicara mengenai ikan gurame pastinya banyak yang mengenal ikan tersebut.

Cara menyiapkan Gurame Asam Manis:
  1. Filet gurame kasih perasan jeruk nipis,stlh bbrp saat cuci bersih
  2. Encerkan tepung serbaguna,masukkan filet gurame ke larutan.. setelah itu campur terigu dan maizena kasih sedikit lada,garam campur rata
  3. Masukkan filet yang sdh dimasukkan ke adonan encer lalu masukkan ke campuran terigu dan maizena (adonan kering diamkan sebentar)
  4. Panaskan minyak, goreng gurame tepung di minyak panas..kemudian kecilkan kompor biar tdk gosong angkat apabila sdh kuning keemasan
  5. Saus - - panaskan wajan kasih sedikit minyak,masukkan bawang putih (tumbuk kasar) lalu bawang Bombay dan jahe…stlh bau harum masukkan wortel,kemudian saus tomat,saus pedas,saus tiram kecap,gula,garam,kaldu bubuk koreksi rasa kalo udah pas..encerkan maizena dg sedikit air…masukan jgn terlalu kental ya…
  6. Tata gurame goreng di piring lalu siram saus tadi (pnyku saus ak pisah)
  7. Selamat mencoba…

Dimana ikan gurame ini dari segi tekstur daging terbilang padat bahkan juga lembut. Biasanya anda bisa dengan mudah menemuinya baik di pasar tradisional maupun supermarket sekalipun. Ikan gurame selain di masak dengan di goreng bersama bumbu sederhana. Ikan gurameh juga bisa di masak menjadi Ikan Gurame Asam Manis, fillet gurame asam manis, ikan gurame bakar, gurame garing asam manis pedas, sup ikan gurame, pecak gurame, pepes ikan gurame, dan gurame asam manis pedas. Pada dasarnya, resep ikan gurame pada umumnya dibagi menjadi tiga macam, yaitu bakar, rebus dan goreng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat gurame asam manis yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved