Cara Gampang Menyiapkan Bacem Ayam yang Bikin Ngiler

Ethan Powers   16/10/2020 18:30

Bacem Ayam
Bacem Ayam

Sedang mencari ide resep bacem ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bacem ayam yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam goreng bacem jogja enak lainnya. Baceman merupakan menu makanan favorit khas Indonesia. Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bacem ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan bacem ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bacem ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bacem Ayam memakai 14 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Bacem Ayam:
  1. Siapkan 500 gr daging ayam, potong sesuai selera
  2. Sediakan 300 ml air kelapa
  3. Gunakan Bumbu halus :
  4. Sediakan 5 butir kemiri
  5. Gunakan 5 siung bawang putih
  6. Siapkan 3 siung bawang merah
  7. Gunakan 1/2 sdm ketumbar
  8. Gunakan 1/2 sdm kaldu ayam bubuk
  9. Sediakan 2 cm lengkuas
  10. Sediakan Bumbu tambahan :
  11. Sediakan 3 lembar daun salam
  12. Siapkan 75 gr gula aren bubuk
  13. Ambil 75 gr kecap manis
  14. Gunakan 2 sdm air asam jawa

Cara memasak ayam dengan mudah serta cukup sederhana tetapi memiliki cita rasa yang enak berkesan, tentu tidak ada salahnya untuk dicoba. Kombinasi ayam bumbu bacem sederhana dari perpaduan rasa manis, asam dan gurih yang melekat pada lembutnya daging ayam yang menjadikannya sedikit lebih berbeda. Ternyata cukup mudah bukan cara membuat ayam goreng dengan bumbu bacem diatas. Walaupun sederhana cara membuatnya, Resep Ayam Bacem Goreng diatas rasanya tidak kalah lho dibandingkan dengan masakan ayam goreng bacem asli yang banyak tersedia di Jogya.

Langkah-langkah menyiapkan Bacem Ayam:
  1. Tumis bumbu halus dgn sedikit minyak, tumis sampe harum, masukkan gula aren bubuk, aduk rata.
  2. Tambahkan air kelapa, air asam jawa dan kecap manis. Aduk rata dan masak sampai mendidih, lalu koreksi rasa.
  3. Masukkan daging ayam yg sudah dicuci bersih dan dipisahkan kulitnya. Masak sampai air menyusut dan bumbu meresap.matikan api.
  4. Goreng bacem ayam dgn api kecil, jangan lupa dibalik supaya ngga gosong. Angkat dan tiriskan.
  5. Bacem ayam sudah matangg 🤤

Selain digoreng, ayam bacem diatas juga bisa dibakar tanpa merubah bumbu yang digunakan. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Lihat juga resep Ayam kalasan tahu tempe bacem enak lainnya. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bacem ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved