Bagaimana Menyiapkan Pempek Ayam Cuko Mangga, Lezat Sekali

Dean Owen   16/10/2020 18:33

Pempek Ayam Cuko Mangga
Pempek Ayam Cuko Mangga

Lagi mencari inspirasi resep pempek ayam cuko mangga yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek ayam cuko mangga yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada yg g suka ikan karena amis, ada yg g suka udang karena alergi. Sekian lama absen akhirnya bisa main cookpad lagi. Resep Pempek Dos cuko no pedas😁👌.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek ayam cuko mangga, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek ayam cuko mangga yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek ayam cuko mangga yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek Ayam Cuko Mangga menggunakan 19 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pempek Ayam Cuko Mangga:
  1. Gunakan Bahan Pempek
  2. Ambil 250 gram daging ayam rebus
  3. Siapkan 500 gram tepung terigu
  4. Siapkan 800 gram tepung tapioka
  5. Ambil 5 siung bawang putih
  6. Sediakan secukupnya Merica
  7. Ambil secukupnya Garam
  8. Ambil 400 CC kaldu ayam
  9. Ambil 300 CC air biasa
  10. Gunakan Cuko
  11. Sediakan 2 buah mangga muda
  12. Sediakan 250 gram gula merah
  13. Gunakan 2 siung bawang putih
  14. Ambil 5 buah cabe rawit
  15. Sediakan sedikit Terasi
  16. Sediakan secukupnya Asam
  17. Gunakan secukupnya Garam
  18. Gunakan 500 CC air
  19. Gunakan Opsional : ebi sangrai

Sudah pernah posting kuah cuko ini dan pas nyontek resepnya mau bikin lagi kuah cuko yang ini tiba-tiba gak tau kenapa resepnya kehapus😂 dan saya buru-buru klik dan terlambat karena saya gak tau kenapa malah klik "hapus" dan saya cuma bisa bengong😅, dan kuah pempek ini. Haii hari ini aku bikin pempek ayam rasanya enaak bgt kalian harus coba. Disini untuk menghaluskan dagingnya aku pake chopper kesayangan aku yaitu chopper. Pempek kapal selam diisi dengan telur ayam di bagian dalamnya.

Cara menyiapkan Pempek Ayam Cuko Mangga:
  1. Haluskan bawang putih dan merica. Haluskan ayam rebus.
  2. Rebus kaldu ayam dan air. Begitu mendidih, masukkan ulekan ayam dan bumbu. Tambahkan garam, boleh dibuat lebih asin karena akan ditambah dgn tepung terigu.
  3. Kecilkan api, masukan tepung terigu. Aduk sampai Kalis.
  4. Angkat, bisa sambil dcicip. Kalau kurang asin bisa tambah garam lagi
  5. Aduk merata. Lalu, tambahkan tepung tapioka. Aduk sampai Kalis, hingga g nempel2 ditangan dan bisa dibentuk
  6. Bentuk sesuai selera. Bisa dibuat bentuk lenjer, kapal selam (tambahkan kocokan telur ditengah). Lalu, rebus hingga mengambang. Angkat dan tiriskan. Lalu, siap d goreng
  7. Membuat cuko : haluskan bawang putih, cabe rawit dan terasi (jika ditambah ebi, dihaluskan juga). Rebus air dgn gula merah.
  8. Begitu gula larut, tambahkan bumbu halus. Tambahkan garam dan asam. Lalu, saring.
  9. Masak sebentar sambil tambahkan serutan mangga. Sajikan saat udara panas, cuko dingin dan pempek yg telah digoreng

Adonan yang rentan bocor ketika diisi dengan telur menjadi tantangan tersendiri ketika membuatnya. Salah satu tips yang bisa dicoba adalah dengan membulatkan adonan pempek dan kemudian membuat cekungan di bagian tengah adonan. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep cara membuat kuah pempek, atau bisa disebut dengan cuko.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pempek Ayam Cuko Mangga yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved